Wisata

Menikmati Keindahan Wisata Dekat Malioboro di Yogyakarta

Pesona Keraton Yogyakarta di Sekitar Malioboro


Keraton Yogyakarta di Sekitar Malioboro

Keraton Yogyakarta atau Istana Ratu Boko merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di daerah Jogja. Terletak di pusat kota Jogja, tepatnya di sekitar Malioboro, keraton ini menjadi salah satu objek wisata utama yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Keraton Yogyakarta ini terkenal dengan keindahan arsitektur dan tradisi kerajaannya yang masih terjaga hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta dilihat dari segi sejarah adalah istana yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada abad ke-18 sebagai simbol kekuasaan raja-raja Mataram. Istana ini juga menjadi tempat kediaman Sri Sultan beserta dengan keluarganya. Keraton Yogyakarta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi karena telah menjadi saksi perjuangan raja-raja Mataram dalam menjaga kepentingan kerajaan. Oleh karena itu, di tempat ini kita dapat melihat banyak sekali peninggalan sejarah yang masih terawat hingga saat ini.

Keraton Yogyakarta juga dikenal dengan keindahan arsitektur bangunannya yang kental dengan nuansa tradisional Jawa. Di dalam istana ini terdapat sejumlah bangunan bersejarah seperti Pagelaran, Kencana, dan Bangsal Srimanganti. Bangunan tersebut bukan hanya indah dipandang tetapi juga mempunyai arti yang sangat penting dalam peradaban bangsa Jawa. Pagelaran, misalnya, digunakan untuk tempat upacara kerajaan, sementara Kencana dan Bangsal Srimanganti digunakan untuk tempat tinggal keluarga Sri Sultan.

Selain itu, keraton Yogyakarta juga menjadi saksi dari berbagai tradisi dan budaya Jawa yang masih dijaga hingga saat ini. Salah satu contoh tradisi yang masih dilestarikan adalah tradisi Kirab Keraton. Kirab Keraton adalah prosesi perjalanan keliling kota yang digelar pada saat Hari Raya Nyepi. Prosesi ini dipimpin oleh Sri Sultan beserta keluarganya dan para abdi dalem yang menggunakan berbagai busana tradisional. Selain itu, ada juga tradisi Grebeg Maulud yang digelar setiap tahunnya. Grebeg Maulud adalah tradisi berupa pawai yang diikuti oleh warga sekitar keraton yang menggunakan berbagai hiasan dan atribut tradisional.

Sebagai salah satu destinasi wisata Jogja di sekitar Malioboro, keraton Yogyakarta patut menjadi salah satu tujuan wisata bagi Anda yang ingin mengenal lebih dekat sejarah, budaya, dan tradisi Jawa. Dengan segala keindahan arsitektur bangunannya, keraton ini menjadi salah satu peninggalan peradaban bangsa yang layak untuk dilestarikan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi keraton Yogyakarta, jangan lewatkan momen kesempatan untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah, budaya, dan tradisi yang ada di balik kerajaan di Waktu Selamat Datang dan Sampeyan Tourism Information Center yang terletak di selatan Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Jelajahi Wisata Kuliner Beragam di Dekat Malioboro


Wisata Kuliner Di Yogyakarta

Yogyakarta memang tidak pernah habis dalam menghadirkan destinasi wisata yang menarik. Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke daerah ini adalah mencicipi wisata kuliner yang beragam, khas, dan lezat. Berada di sekitar Malioboro, terdapat banyak sekali pilihan kuliner yang dapat dijajal. Berikut adalah beberapa destinasi kuliner yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jogja.

1. Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa Pak Pele

Tempat makan pertama yang layak kamu coba adalah Bakmi Jawa Pak Pele. Restoran ini menyajikan menu makanan khas Jawa, yaitu bakmi jawa yang memiliki rasa yang sangat lezat. Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami, dan diproses sendiri oleh Pak Pele dan para karyawannya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Selain itu, lokasinya yang mudah dijangkau membuat restoran ini jadi salah satu destinasi kuliner yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga :   Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

2. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan

Terletak di Jalan Sagan, Gudeg Sagan adalah salah satu restoran gudeg yang legendaris di kota Yogyakarta. Warung makan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1959 dan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Gudeg pada umumnya disajikan dengan nasi, lauk dan sambal, yang menghasilkan rasa yang khas dan lezat. Gudeg Sagan juga menyajikan menu Gudeg Meguk, yang merupakan gudeg dengan jeroan sapi dan telur. Selain itu, kamu juga bisa memesan jenang grendul, dessert khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung ketan, kelapa, dan gula aren.

3. Warung Bu Ageng

warteg bu ageng

Gemar dengan sajian nasi campur? Warung Bu Ageng menjadi destinasi wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Terkenal dengan sajian nasi campur-nya yang khas, ditambah modifikasi rasa yang disesuaikan dengan lidah pelanggan. Semua menu diolah dengan bahan-bahan alami seperti yang menjadi keunggulan dari warung Bu Ageng. Walau berada di area Malioboro, harga yang dipatok sangatlah terjangkau.

4. Depot Bu Rudy

depot bu rudy

Warung makan ini juga tidak kalah populer dari beberapa resto lainnya. Berada di Jalan Wijilan, daerah ini menjadi home base bagi para pelajar, maka tidak heran kalau warung Bu Rudy selalu ramai setiap harinya, terutama saat musim liburan tiba. Menu andalan di warung ini adalah sate dan gulai kambing. Selain itu, kamu juga bisa menikmati jahe susu hangat yang sangat cocok diminum ketika cuaca dingin.

5. Oseng Mercon Mbah Marto Malioboro

oseng mercon mbah marto

Bukan cuman gudeg atau sate, di sini kamu bisa menikmati makanan pedas khas Jogja yang namanya cukup bikin merinding, yaitu oseng mercon. Di Oseng Mercon Mbah Marto, kamu bisa menikmati oseng mercon yang sangat terkenal dan terenak di Yogyakarta. Rasa sangat pedas karena menggunakan banyak cabai yang diracik dengan rempah-rempah. Hanya bagi pencinta pedas, maka kamu wajib datang dan ikut merasakan sensasi pedasnya.

Baca Juga :   Exploring the Cool Attractions in Yogyakarta

Itulah beberapa destinasi wisata kuliner di dekat daerah Malioboro yang bisa kamu coba. Tak hanya lezat, restaurant-restaurant tersebut juga terkenal dengan harga yang cukup terjangkau. Selamat jalan-jalan dan menikmati kuliner khas Jogja.

Serunya Berbelanja di Malioboro dan Sekitarnya


Berbelanja di Malioboro

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Malioboro dan sekitarnya. Kawasan Malioboro dikenal sebagai pusat perbelanjaan dan wisata di Yogyakarta, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya dikenal sebagai pusat perbelanjaan, tetapi Malioboro juga memiliki daya tarik wisata lainnya yang tak kalah menarik. Salah satunya yaitu keunikan tradisi dan budaya khas Yogyakarta yang masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Tidak heran jika Malioboro dan sekitarnya menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Pusat oleh-oleh khas Yogyakarta


Oleh-oleh khas Yogyakarta

Kawasan Malioboro dan sekitarnya dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Ada berbagai macam oleh-oleh khas yang bisa ditemukan di tempat ini, seperti bakpia, klompyang, geplak, wedang ronde, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa membeli kerajinan tangan seperti batik, wayang kulit, perak, dan keramik yang masih menggunakan teknik tradisional untuk pembuatannya. Salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib dicoba yaitu keripik oseng mercon. Keripik ini terbuat dari ubi jalar dan diolah dengan bumbu rempah yang pedas, sehingga rasanya sangat nikmat dan pedas. Sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Wisata Kuliner


Gudeg

Tidak hanya terkenal dengan oleh-oleh khasnya, tetapi Malioboro dan sekitarnya juga dikenal sebagai pusat kuliner khas Yogyakarta. Ada berbagai macam kuliner khas Yogyakarta yang bisa dicoba di sini, seperti gudeg, nasi kucing, bakmi jawa, sate klathak, dan masih banyak lagi. Tidak hanya enak, tetapi harga kuliner di sini juga cukup terjangkau. Salah satu kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba yaitu gudeg. Gudeg adalah masakan yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan santan dan rempah-rempah hingga empuk. Rasanya sangat lezat dan cocok sebagai menu sarapan atau makan malam.

Wisata Belanja


Toko oleh-oleh

Bagi Anda yang suka berbelanja, Malioboro dan sekitarnya adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sini terdapat berbagai macam toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam produk seperti batik, oleh-oleh khas Yogyakarta, dan kerajinan tangan. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat Pasar Beringharjo yang menjadi pusat perbelanjaan batik di Yogyakarta. Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai macam produk batik seperti kain batik, baju batik, dan aksesoris batik dengan harga yang cukup terjangkau.

Demikianlah ulasan tentang serunya berbelanja di Malioboro dan sekitarnya. Selain memiliki daya tarik wisata yang menarik, Malioboro dan sekitarnya juga memiliki keunikan budaya dan kuliner yang khas Yogyakarta. Jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Yogyakarta saat berkunjung ke sini. Selamat berlibur!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button