Wisata

Wisata Jogja Ala Eropa: Menikmati Keindahan Tanpa Jauh-Jauh Keluar Negeri

Ragam Arsitektur Eropa di Wisata Jogja


Arsitektur Eropa di Wisata Jogja

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata yang memiliki sedikit Eropa di dalamnya. Keindahan arsitektur bangunan merupakan ekses dari masa lalu kejayaan Kerajaan Mataram. Berikut ini ragam arsitektur Eropa yang bisa ditemukan di wisata Jogja:

1. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk adalah sebuah gereja yang terletak di Purwodadi, Laweyan, Solo. Gereja kuno ini dibangun pada tahun 1757 oleh Kaum Belanda. Gereja Blenduk memiliki arsitektur khas Belanda, yaitu bangunan yang tinggi kokoh, serta bentuk kubah yang cukup unik.

2. Istana Kepresidenan

Istana Kepresidenan

Istana Kepresidenan Yogyakarta adalah salah satu wisata Jogja ala Eropa yang paling ikonik. Istana ini telah menjadi lambang kejayaan Keraton Yogyakarta pada masa lalu. Bangunan Istana Kepresidenan berdiri dengan megah dan berbeda dari arsitektur tradisional Jawa. Hal ini karena Istana Kepresidenan menganut arsitektur Eropa yang elegan dan futuristik. Adapun ciri khas dari arsitektur Eropa yang bisa ditemukan di Istana Kepresidenan adalah adanya sentuhan unsur Greek Revival dengan bentuk kubah pada gedung yang mengesankan.

3. Monumen Selamat Datang

Monumen Selamat Datang

Monumen Selamat Datang terletak di Jalan Balapan, Yogyakarta. Monumen ini dibangun untuk memperingati kedatangan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta di Yogyakarta pada tahun 1949. Arthur Thomas Mann dan Hans Syllabus, dua arsitek Belanda, diduga yang merancang bangunan itu dengan gaya arsitektur Belanda klasik. Monumen Selamat Datang dibangun dengan bentuk kubah dan pilon berwarna merah yang merupakan khasanah arsitektur Eropa.

4. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu wisata Jogja ala Eropa yang terkenal di seluruh dunia. Bangunan Candi Borobudur menggunakan arsitektur Buddhis Mahayana. Meskipun berasal dari India, namun Candi Borobudur memiliki pengaruh arsitektur Eropa yang kuat. Ini terlihat dari bentuk teralis tempat Anda memegang tangan saat Anda berjalan di platform Candi Borobudur. Teralis ini terbuat dari besi cor, dengan motif yang menunjukkan sentuhan Eropa pada bangunan Candi Borobudur.

5. Vredeburg Fortress

Vredeburg Fortress

Vredeburg Fortress adalah salah satu penanda kejayaan masa lalu Belanda. Benteng ini didirikan pada tahun 1760 untuk mengamankan daerah Yogyakarta dari ancaman di masa lalu. Sekarang, Vredeburg Fortress telah menjadi wisata Jogja ala Eropa yang populer. Eksistensi Vredeburg Fortress sangat kental dengan arsitektur Belanda, hal ini dapat terlihat dari arsitektur pintu gerbang tegak dan jendela persegi panjang yang memanjang.

Kesepuluh destinasi wisata di atas menawarkan pengalaman yang berbeda dalam melihat ragam arsitektur Eropa di Jogja. Selain itu, wisata Jogja ala Eropa juga menawarkan pengalaman yang sangat berbeda, seperti kesejukan, kenyamanan dan estetika yang berbeda dari budaya lokal Jogja. Mulai dari bangunan kuno hingga lukisan pemandangan, wisata Jogja ala Eropa menawarkan variasi dan pengalaman yang unik bagi para traveller dan wisatawan lokal.

Menelusuri Kerajaan Tua di Yogyakarta dengan Nuansa Eropa


Keraton Yogyakarta

Ketika berbicara tentang wisata Yogyakarta, tentu tidak lengkap jika tidak menyinggung wisata Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta menjadi salah satu daya tarik wisata yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Yogyakarta. Keraton sendiri berarti istana dan kemudian Keraton Yogyakarta menjadi lambang kedaulatan Yogyakarta. Keraton Yogyakarta sendiri sudah ada sejak tahun 1756 dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Islam.

Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang sejarahnya. Kita akan membahas tentang nuansa eropa yang dapat ditemukan di dalam Keraton Yogyakarta. Nuansa eropa ini terlihat dari beberapa Sudut di Keraton yang mengusung bangunan dengan arsitektur eropa yang pastinya akan membuat Anda merasa seperti berada di Eropa.

Keraton Yogyakarta

Pintu Utara

Ketika masuk ke Keraton Yogyakarta, Anda akan disambut dengan pintu utara dengan arsitektur eropa. Pintu ini sangat besar dan jelas terlihat dengan ornamen-ornamen dari arsitektur eropa. Beberapa orang mengatakan bahwa pintu ini terinspirasi lagi dengan pintu Versailles di Prancis. Tidak mengherankan apabila ketika berkunjung ke sini, kita benar-benar merasa seperti berada di Eropa.

Keraton Yogyakarta

Bangunan Barat Daya

Di sisi barat daya Keraton Yogyakarta terdapat bangunan yang meninggalkan kesan kuat bahwa arsitekturnya sangat eropa. Ada dua bangunan di sisi barat daya yang memiliki arsitektur eropa, yaitu bangunan pagelaran dan bangunan kesenian yang dahulunya berfungsi untuk pertunjukan seni dan budaya. Kedua bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono IX.

Keraton Yogyakarta

Bangunan Utara

Bangunan lainnya yang memiliki arsitektur eropa bisa ditemukan di sisi utara Keraton Yogyakarta. Di sisi utara terdapat pesagi dan sambi yang merupakan bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat istirahat para sultan atau tamu istimewa Keraton. Arsitektur kedua bangunan itu sangat bagus dan mewah. Kita bisa melihat ornamentasi-ornamentasi dari arsitektur eropa sehingga membuat pengunjung merasa seperti berada di negara-negara Eropa. Beberapa ornamen yang terdapat pada bangunan utara Keraton Yogyakarta ini yaitu relief, ukiran, patung, dan juga dekorasi yang sangat detail.

Baca Juga :   15 Destinasi Wisata Terbaik di Bantul Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Keraton Yogyakarta

Bangunan Selatan

Bangunan terakhir yang memiliki arsitektur eropa terdapat di sisi selatan Keraton Yogyakarta. Bangunan tersebut adalah Bangsal Kencana dan Bangsal Kencono. Kedua bangunan ini sangat mewah dan terlihat sangat modern meskipun telah berusia ratusan tahun. Ornamen-ornamen yang ada di bangunan tersebut masih tetap terjaga dan tidak banyak yang berubah. Kita akan merasakan nuansa eropa ketika masuk ke dalam bangunan-bangunan tersebut.

Keraton Yogyakarta

Jadi, itulah beberapa sudut di Keraton Yogyakarta yang memiliki nuansa eropa. Keraton Yogyakarta memang menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Selain ingin melihat keindahan arsitektur tradisional Keraton Yogyakarta, kita juga bisa merasakan nuansa eropa yang membuat wisata di Keraton Yogyakarta lebih menarik.

Pilihan Kuliner Bergaya Eropa di Tengah Kota Jogja


Makan siang ala Eropa di Jogja

Jogja bukan hanya terkenal dengan wisata budayanya yang kental, namun juga makanannya yang lezat dan beragam. Salah satunya adalah kuliner bergaya Eropa. Jika biasanya untuk menikmati makanan bergaya Eropa kita harus mengeluarkan budget yang cukup besar, namun tidak dengan di Jogja. Makanan bergaya Eropa dapat dinikmati dengan budget yang terjangkau dan rasanya tidak kalah dengan makanan Eropa asli.

Creme brulee jogja

Creme Brulee di Jogja, Rasanya Mirip di Paris

Creme Brulee merupakan dessert khas Prancis yang terkenal dengan lapisannya yang keras di atasnya. Di Jogja, terdapat sebuah cafe yang menyajikan Creme Brulee yang rasanya mirip dengan Creme Brulee di Paris, yaitu Cafe Sonnets. Terletak di daerah Prawirotaman, cafe ini memiliki sajian utama yaitu Creme Brulee dengan berbagai macam topping seperti blueberry, strawberry, atau caramel. Harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp 25.000 – 30.000 untuk satu porsi Creme Brulee. Untuk tempat, Cafe Sonnets sangat cozy dengan ornamen-ornamen bergaya Eropa yang membuat kita merasa seperti sedang makan di Paris.

Pastel jogja ala eropa

Bayangkan Makanan Indonesia dan Eropa yang Digabung, Itu Adalah Pastel Croissant

Kuliner Eropa lain yang bisa kita temukan di Jogja adalah Pastel Croissant. Pastel Croissant ini adalah menu kuliner gabungan antara Pastel dan Croissant. Pastel yang diberi sentuhan Eropa membuat kuliner ini terlihat unik dan menggoda. Terdapat beberapa tempat yang menyajikan Pastel Croissant di Jogja, namun salah satu tempat yang terkenal adalah Toko Oen. Toko Oen menjadi tempat yang sangat legendaris di Jogja dan memang dikenal dengan makanan bergaya Eropanya. Sebuah pie dengan filling klasik Indonesia disajikan dengan pastry berbentuk seperti croissant. Harga Pastel Croissant di Toko Oen adalah Rp 20.000 untuk satu buah. Selain Pastel Croissant, Toko Oen juga memiliki varian jenis pastry lain yang menggiurkan seperti apple pie, cream puff, dan strawberry shortcake.

makanan italia jogja

Central Java Italian Food, Sensasi Italy yang Tak Kalah dengan Negara Asalnya

Bagi pecinta makanan Italia, mungkin kalian akan merasa kesulitan mencari makanan Italia yang halal, enak, dan terjangkau di Indonesia. Namun kalian tidak perlu bingung, di Jogja terdapat sebuah restoran yang menyajikan makanan Italia yang lezat dan halal. Restoran tersebut adalah Central Java Italian Food. Restoran yang dikelola oleh keluarga Indonesia – Italia ini menyajikan aneka menu mulai dari pasta, pizza, dan masakan lainnya. Salah satu menu terbaik di Central Java Italian Food adalah Pizza Narita, pizza yang disajikan dengan topping daging asap, smoked beef, nanas, dan paprika. Harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp. 50.000 – 75.000 untuk setiap porsinya. Restoran yang bertempat di Jl. Parangtritis ini memberikan nuansa yang mirip dengan Italia, dengan dekorasi tradisional yang cukup kental.

Makanan bergaya Eropa di Jogja memang bukan makanan yang baru muncul, namun kuliner ini masih menjadi incaran bagi mereka yang ingin merasakan sensasi makanan bergaya Eropa yang murah dan enak. Dari Creme Brulee, Pastel Croissant, hingga makanan Italia, kuliner bergaya Eropa di Jogja akan memberikan pengalaman baru bagi kamu yang ingin mencari sesuatu yang berbeda. So, tunggu apa lagi? Jangan lupa mencoba kuliner bergaya Eropa ini saat kalian berkunjung ke Jogja!

Wisata Malam Bermalam akan Menyihir Anda dengan Elegansi Eropa


Jogja Ala Eropa Malam

Banyak orang mengunjungi Yogyakarta atau Jogja untuk menikmati keindahan wisata budaya yang ada di sini. Tak hanya siang hari, malam hari pun Yogyakarta mempunyai daya tarik tersendiri yang menarik untuk dinikmati. Dengan suasana yang berbeda-beda, wisata malam bermalam di Yogyakarta akan menyihir Anda dengan elegansi suasana Eropa.

Berikut beberapa tempat wisata malam bermalam ala Eropa yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Jogja:

Krakal Night Paradise


Krakal Night Paradise

Wisata malam bermalam ini memiliki konsep yang unik dan menarik. Dengan menggabungkan antara tradisional dan modern dengan nuansa ala Eropa, tempat ini menjadi salah satu wisata terpopuler di Jogja. Krakal Night Paradise menyediakan berbagai fasilitas yang mampu memanjakan para pengunjung, seperti vila cantik dengan nuansa pedesaan dan latar belakang pemandangan pantai yang menakjubkan. Selain itu, ada juga restoran bergaya Eropa dengan menu lengkap mulai dari tradisional hingga modern yang siap memanjakan lidah para wisatawan.

Baca Juga :   Wisata Keindahan Alam di Obelix Hills Yogyakarta

Breksi Cliff


Breksi Cliff

Breksi Cliff adalah tempat wisata malam bermalam yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Kota Jogja dari ketinggian. Dengan nuansa ala Eropa, Anda dapat menikmati suasana yang romantis di malam hari dengan merasakan angin sepoi-sepoi dan pemandangan lampu kota Jogja yang memanjakan mata. Selain itu, Anda juga dapat menikmati hidangan khas Jogja dan suasana yang nyaman di restoran yang telah tersedia.

Rumah Stroberi


Rumah Stroberi

Rumah Stroberi memiliki konsep rumah Eropa yang dikelilingi oleh kebun stroberi yang indah. Lokasinya yang jauh dari keramaian membuat tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat dan menikmati suasana malam jogja ala Eropa. Selain itu, rumah stroberi juga menawarkan berbagai hidangan khas eropa yang lezat, seperti steak, pasta, dan hidangan lainnya yang siap memanjakan lidah Anda.

Kaliurang Hill


Kaliurang Hill

Jika Anda ingin menikmati suasana alam pedesaan ala Eropa, maka Kaliurang Hill adalah tempat wisata malam bermalam yang cocok untuk Anda. Tempat ini menawarkan suasana alam yang sejuk dan segar dengan pemandangan alam yang asri. Selain itu, terdapat juga vila bernuansa Eropa yang siap membuat pengalaman menginap Anda semakin istimewa.

Nah, itulah beberapa tempat wisata malam bermalam ala Eropa di Jogja yang bisa Anda nikmati. Meskipun di Indonesia, namun dengan konsep Eropa yang ditawarkan membuat tempat-tempat ini terlihat sangat elegan dan menarik untuk dikunjungi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, liburan ke Jogja!

Menjelajah Kemegahan Piknik di Tengah Kota Jogja ala Eropa


wisata jogja ala eropa

Jogja sebagai salah satu kota wisata di Indonesia memang tak pernah kehabisan daya tariknya. Ada begitu banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi di sana, sebagai bentuk menyambut para wisatawan, beberapa destinasi wisata Jogja menawarkan pengalaman kemegahan piknik di ala Eropa di tengah kota Jogja. Penasaran seperti apa wahana wisata Jogja ala Eropa? Simak selengkapnya.

taman pintar

Taman Pintar

Taman Pintar merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang sangat disukai anak-anak. Wahana wisata Jogja yang satu ini menyediakan berbagai macam permainan edukasi bagi anak-anak dan keluarga. Di sini, pengunjung bisa menjelajahi kemegahan piknik di ala Eropa dengan melepas lelah dan berfoto ria dengan bangunan bergaya Eropa dan masuk ke dalam zaman kuno dengan menelusuri museum yang unik dan menarik. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menonton berbagai macam pertunjukan animasi dan biologi yang sangat menarik.

the lost world castle

Lost World Castle

Lost World Castle merupakan salah satu destinasi wisata Jogja ala Eropa yang bisa dijelajahi untuk menikmati piknik berkonsep ala Eropa di Jogja. Sesuai dengan namanya, wahana wisata ini menawarkan bangunan bergaya kastil Eropa yang mempesona dan sangat Instagramable. Di sini, pengunjung bisa menikmati sajian makanan Eropa yang lezat dan juga dihibur dengan berbagai macam acara musik yang sangat meriah dan pastinya bakal memberikan pengalaman unik yang tidak terlupakan.

ticket garden

Ticket Garden

Destinasi wisata berikutnya yang akan memberikan pengalaman piknik ala Eropa adalah Ticket Garden. Berlokasi di Kota Gede, Yogyakarta, wisata ini menyajikan konsep piknik di taman ala Eropa dan cantik. Ada banyak spot foto yang akan membuat pengunjung terpukau dengan keindahan alam dan bangunan bergaya Eropa.

tugu hotel

Tugu Hotel

Tugu Hotel merupakan salah satu wahana wisata Jogja yang menawarkan pengalaman kemegahan piknik ala Eropa. Di sini, pengunjung akan merasakan pengalaman seperti berada di Eropa dengan menikmati fasilitas makan dan minum yang lezat serta pemandangan masih bertema ala Eropa. Tugu Hotel adalah destinasi wisata yang sangat cocok bagi rombongan keluarga, teman, dan pasangan yang ingin merasakan pengalaman piknik ala Eropa di Jogja.

indische koffie

Indische Koffie

Indische Koffie merupakan salah satu kafe di Jogja yang menawarkan pengalaman piknik berkonsep ala Eropa di Jogja. Dengan interior kafe yang dipenuhi oleh elemen bangunan bertema Eropa, Indische Koffie cocok bagi mereka yang ingin merasakan suasana ala Eropa di kafe Jogja. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam kopi dan hidangan ala Eropa dengan suasana yang sangat eksotis.

Itulah beberapa wahana wisata Jogja ala Eropa yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman piknik seru di tengah kota Jogja. Mulailah melakukan perencanaan wisata Anda berkunjung ke Jogja bersama keluarga, teman, atau pasangan di waktu liburan nanti dan rasakan pengalaman seru bersama-sama di kota Jogja yang menakjubkan ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button