Wisata

8 Tempat Wisata Terpopuler di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

Wisata Sejarah di Jogja


Keraton Jogja

Jogja terkenal dengan sejarahnya yang panjang dan kaya. Banyak wisata sejarah di Jogja yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu wisata sejarah yang paling terkenal di Jogja adalah Keraton Jogja.

Keraton Jogja merupakan peninggalan sejarah Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton ini terletak di pusat kota Jogja dan menjadi salah satu ikon wisata Jogja yang paling terkenal. Dibangun pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengkubuwono I, Keraton Jogja memiliki arsitektur klasik yang khas dengan ornamen-ornamen Jawa yang indah.

Bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah, Keraton Jogja menawarkan banyak hal menarik untuk dijelajahi. Di dalam Keraton terdapat museum yang berisi koleksi kerajaan yang bersejarah seperti senjata-senjata, pakaian adat, dan perlengkapan upacara.

Selain museum, wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan wayang orang atau tari Kekayon yang dilakukan di pendopo Keraton. Pertunjukan ini mengambil cerita dari kisah pewayangan yang populer di Jawa seperti Ramayana atau Mahabarata.

Selain Keraton, wisatawan juga dapat mengunjungi Taman Sari. Taman ini merupakan sebuah bangunan sisa kejayaan Kerajaan Mataram dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Jogja yang wajib untuk dikunjungi.

Taman Sari dulunya adalah tempat istana para Sultan untuk bersantai dan menenangkan diri. Taman Sari memiliki bangunan-bangunan yang indah, kolam-kolam yang luas, dan sistem terowongan bawah tanah yang terhubung dengan keraton. Selain sebagai tempat rekreasi, Taman Sari juga berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi Sultan dan kerajaannya dikala perang, menyimpan senjata dan memfasilitasi transportasi yang rahasia.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Sari, jangan lewatkan untuk mengunjungi Sumur Gumuling. Sumur ini merupakan sebuah tempat yang terletak dekat dengan Taman Sari dan digunakan sebagai sarana pengairan. Keistimewaan dari Sumur Gumuling adalah arsitektur yang unik yakni dibuat dengan konsep bawah tanah dan berbentuk seperti tangga berputar.

Kunjungan ke Keraton Jogja dan Taman Sari sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin mengetahui sejarah Jogja dengan lebih dekat. Selain dapat menambah wawasan tentang sejarah jogja, wisatawan juga dapat merasakan langsung kehidupan di istana dan merasakan suasana masa lalu yang masih terasa di sana.

Keindahan Wisata Alam Jogja


Keindahan Wisata Alam Jogja

Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang paling diminati oleh wisatawan. Kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang harus dikunjungi. Salah satunya adalah wisata alam Jogja. Keindahan alam Jogja benar-benar menakjubkan dan dapat membuat siapapun yang mengunjunginya takjub dengan keindahan jagad alam yang terpampang di depan mata.

Pertama-tama, Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer di Jogja. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang aktif terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Gunung Merapi memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagi saat pagi hari ketika sinar matahari menyentuh puncak gunung. Selain itu, untuk menyaksikan keindahan alam gunung Merapi, ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan seperti hiking, camping atau jalan-jalan menggunakan jeep.

Kedua, pantai-pantai di Jogja juga menjadi sebuah destinasi yang harus dikunjungi, terlebih saat sunset. Salah satu pantai populer di Jogja adalah Pantai Timang. Pantai Timang unik, karena memiliki jembatan gantung penyeberangan yang menjadi ikon wisata di pantai tersebut. Pengunjung akan diajak menyeberang dari bibir pantai ke teluk di belakang via jembatan gantung yang dilengkapi dengan ketapel. Meskipun cukup menantang, pengalaman menyeberang melalui jembatan gantung sambil menikmati keindahan pantai Timang, bisa menjadi sebuah pengalaman tak terlupakan.

Ketiga, wisata alam taman nasional di Jogja pun tidak kalah menarik. Taman nasional Gunungkidul, memiliki keindahan alam yang begitu menakjubkan dan mempesona. Terdapat banyak destinasi wisata di sini seperti pantai-pantai cantik seperti Baron, Siung hingga Pantai Krakal. Selain itu, terdapat juga air terjun Kedung Pedut, dan Goa Pindul yang merupakan salah satu spot wisata petualangan yang menyajikan pemandangan gua alam di dalamnya.

Selanjutnya, salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jogja adalah Kalibiru. Bekas bekas lahan bumi Milik Perhutani ini kemudian direnovasi dan didatangkan banyak pernak-pernik untuk pengunjung bisa bermain dengan style ekstrem namun dengan aman. Berada di atas bukit Menoreh, pengunjung bisa menikmati panorama hijau hamparan hutan dan lembah. Kalibiru juga menawarkan kegiatan-kegiatan menarik seperti high rope, menara pandang, trekking serta spot foto yang sangat instagramable.

Baca Juga :   Menjadi Terlaris! Nikmati Pesona Wisata di Kulon Progo Yogyakarta

Terakhir, wisata Gunung Kidul juga tidak boleh dilupakan sebagai destinasi wisata alam di Jogja. Gunungkidul memang daerah dengan banyak sekali destinasi wisata alam yang sangat indah. Salah satunya adalah Goa Pindul yang menawarkan keindahan gua alam di dalamnya. Selain itu, Puncak Gondang yang menjadi salah satu referensi point spot foto juga sangat unik dengan keindahan pemandangan lereng Gunungkidul.

Nah, itulah tadi tujuan wisata alam Jogja yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang sangat menggemari alam dan wisata, tak ada salahnya mencoba suguhan alam Jogja yang sangat menakjubkan. Datanglah ke Jogja dan nikmati segala keindahan jagad alam yang masih tersisa dan masa-masa terbaik di dalamnya.

Aktivitas Wisata Petualangan di Jogja


Aktivitas Wisata Petualangan di Jogja

Jogja tak hanya dikenal dengan keindahan alam dan budayanya yang kaya, tetapi juga menjadi destinasi wisata petualangan yang menarik. Ada berbagai aktivitas wisata petualangan yang dapat dilakukan di Jogja, mulai dari outbond, air terjun, hiking, sampai flying fox.

Nah, bagi kamu yang ingin merasakan sensasi petualangan selama berlibur di Jogja, berikut beberapa aktivitas wisata petualangan yang dapat kamu coba:

1. Outbond


Outbond

Bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman seru di alam terbuka, outbond bisa menjadi pilihan yang tepat. Jogja sudah banyak menyediakan tempat untuk bermain outbond seperti di Danau Stroberi dan Puncak Becici.

Di sana, kamu dapat mencoba beberapa aktivitas seperti trekking, flying fox, paintball, hingga panjat tebing. Selain menyenangkan, outbond juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebersamaan dalam diri seseorang.

2. Air Terjun


Air Terjun

Tak hanya indah untuk dipandang, air terjun di Jogja juga bisa menjadi lokasi petualangan yang menarik. Salah satu air terjun di Jogja yang terkenal adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati jalur hiking sekitar 30 menit. Namun, perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan sensasi menyegarkan di kolam air terjun.

3. Hiking di Kuwaru


Hiking di Kuwaru

Jogja memiliki berbagai tempat hiking yang dapat dicoba, salah satunya adalah di Kuwaru. Di Kuwaru, kamu akan melewati jalan setapak sepanjang 1,2 km dengan tingkat kesulitan sedang hingga berat.

Selama perjalanan hiking, kamu akan menemukan berbagai pemandangan yang indah seperti lembah dan tebing yang curam. Selain itu, di tengah perjalanan, kamu juga akan menemukan air terjun yang menyejukkan.

4. Flying Fox di Goa Pindul


Flying Fox di Goa Pindul

Bagi kamu yang ingin merasakan adrenalin dalam ketinggian, flying fox di Goa Pindul bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sana, kamu akan melewati flying fox sepanjang 400 m di atas sungai yang mengalir di dalam Goa Pindul.

Sensasi terbang bebas dengan panorama alam yang indah sudah pasti akan membuat kamu merasa berbeda. Tidak perlu khawatir, karena pengelola Goa Pindul sudah memastikan keamanan dengan perlengkapan yang lengkap.

Jadi, itulah beberapa aktivitas wisata petualangan yang dapat kamu coba ketika berlibur ke Jogja. Selalu pastikan untuk melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan aktivitas petualangan untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

Tour Wisata Jogja: Wisata Kuliner Khas Jogja

Gudeg


Gudeg

Gudeg adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang direbus bersama beberapa bumbu seperti daun salam, lengkuas, dan gula merah, yang kemudian dihidangkan bersama dengan nasi, ayam kampung, dan krecek. Biasanya Gudeg disajikan dalam nasi kotak yang disebut “pincuk”. Anda bisa menikmati Gudeg di beberapa tempat di Jogja, seperti di Wijilan, Jalan Kranggan, atau di sekitar pusat kota.

Bakpia


Bakpia

Bakpia adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan kacang hijau atau coklat. Kue ini biasanya dipanggang dan memiliki rasa manis dan gurih yang sangat enak. Anda bisa menemukan Bakpia di beberapa tempat di Jogja, seperti di Jalan Malioboro, atau di sekitar daerah Kotagede.

Es Gempol


Es Gempol

Es Gempol adalah minuman segar yang terkenal di Jogja. Minuman ini terbuat dari buah gempol yang dilarutkan dengan air gula dan air es. Es Gempol biasanya dihidangkan dalam gelas dan diberi perasa jeruk nipis agar semakin segar. Anda bisa menikmati Es Gempol di beberapa tempat di Jogja, seperti di daerah Wijilan atau di sekitar Jalan Prawirotaman.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Sate Klatak


Sate Klatak

Sate Klatak adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil dan dibakar dengan arang. Sate Klatak biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan irisan mentimun dan tomat. Anda bisa menikmati Sate Klatak di daerah Sendangadi atau dekat dengan kawasan wisata Parangtritis.

Ayam Goreng Kalasan


Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan adalah salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal. Ayam ini biasanya dibumbui dengan rempah-rempah khas Kalasan, yang membuatnya memiliki rasa yang sangat enak dan gurih. Ayam Goreng Kalasan biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan irisan mentimun dan tomat. Anda bisa menikmati Ayam Goreng Kalasan di daerah Kalasan atau di sekitar Jalan Solo.

Kue Leker

Kue Leker

Kue Leker adalah salah satu kue khas dari Jogja. Adonan kulit tipis dan renyah berisi campuran kelapa parut yang dikombinasikan dengan gula merah. Kue Leker yang diolah pada arang ini memiliki tat rasa manis yang khas. Anda dapat menikmati kue leker ini di daerah Malioboro atau di sekitar Jalan Solo.

Itulah beberapa kuliner khas Jogja yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Beberapa tempat di atas bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk mencicipi kuliner khas Jogja. Selain itu ada banyak pilihan tempat lain yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi kuliner khas Jogja.

Wisata Belanja Seru di Jogja


Belanja Batik di Jogja

Jogja selain terkenal dengan wisata budayanya, juga terkenal dengan wisata belanjanya. Di sini, kamu bisa membeli oleh-oleh yang bervariasi, mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga kain khas Jogja seperti batik. Berikut adalah wisata belanja seru di Jogja yang wajib kamu kunjungi:

1. Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang terkenal di Jogja. Pasar ini sudah berdiri sejak 1925 dan menjadi pusat perbelanjaan yang ramai hingga saat ini. Di pasar ini, kamu bisa membeli segala kebutuhan, mulai dari keperluan sehari-hari hingga oleh-oleh khas Jogja seperti batik, t-shirt motif Jogja, hingga makanan khas seperti bakpia dan angkringan. Selain itu, pasar Beringharjo juga menjadi tempat wisata belanja yang murah meriah.

2. Malioboro


Malioboro

Malioboro merupakan jalan utama di Jogja dan dikenal sebagai pusat penjualan oleh-oleh khas Jogja. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa menemukan aneka pedagang yang menjual oleh-oleh seperti t-shirt khas Jogja, batik, kerajinan tangan, hingga makanan ringan seperti bakpia dan wingko Babat. Selain itu, Malioboro juga menjadi tempat wisata belanja yang ramai dan murah. Di sini, kamu bisa menawar harga pada barang yang ingin dibeli.

3. Pasar Buku Malioboro


Pasar Buku Malioboro

Pasar Buku Malioboro adalah pasar buku yang terletak di Malioboro. Pasar ini menyediakan buku-buku bekas dan baru dengan berbagai jenis dan tema. Di sini kamu bisa menemukan buku-buku tertentu yang susah didapat di tempat lain, seperti buku-buku bekas langka hingga buku-buku terbaru dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa menjual buku-buku bekas yang ingin kamu jual.

4. Jalan Prawirotaman


Jalan Prawirotaman

Jalan Prawirotaman adalah kawasan belanja alternatif yang berbeda dengan Pasar Beringharjo dan Malioboro. Di sini, kamu bisa menemukan barang-barang unik dan artistik seperti kaos, kalung, gantungan kunci, hingga furnitur unik yang cocok untuk oleh-oleh atau souvenir. Selain itu, di malam hari, Jalan Prawirotaman menjadi tempat nongkrong yang hits bagi anak muda Jogja.

5. Jogja Islamic Center (JIC)


Jogja Islamic Center

Jogja Islamic Center atau JIC adalah pusat perbelanjaan yang terletak di jalan utama Solo-Yogyakarta. Pusat perbelanjaan ini menjual berbagai macam oleh-oleh, mulai dari makanan khas Jogja seperti bakpia dan wingko Babat hingga kerajinan tangan berbahan dasar dari kayu. Selain itu, JIC juga memiliki pusat perbelanjaan kain khas Jogja seperti batik, lurik, dan songket yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau bahan membuat pakaian khas Jogja.

Itulah beberapa tempat wisata belanja seru di Jogja yang wajib kamu kunjungi. Selamat berbelanja!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button