Wisata

Menikmati Keindahan Wisata Jogja

Keindahan Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur istimewa. Dikenal sebagai peninggalan sejarah dari zaman nisan. Dibangun pada abad ke-9 dengan menggunakan batuan vulkanik seperti andesit dan juga bahan alam lainnya. Terletak di Magelang, Jawa Tengah dan juga di daftar UNESCO sebagai warisan dunia, Candi Borobudur menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk datan dan menyaksikan keindahannya.

Bangunan ini memiliki bangunan utama yang menunjukkan kompleks sejarah pada zaman dahulu. Bagian bangunan ini berdiri dengan kokoh dan dengan indah menunjukkan kekuatan dan juga keindahan dari kerja keras pada zaman sekarang dan pada masa yang lalu. Candi ini terbagi menjadi 3 tingkatan dan terdiri dari banyak candi kecil di dalamnya.

Jangan terkejut jika ketika kamu berjalan melihat dari atas ke bawah, kamu disajikan dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak akan pernah terlupakan. Dari kejauhan, bangunan utama candi terlihat seperti piramida. Perpaduan warna cerah perpaduan batuan vulkanik yang sangat halus dan indah terlihat sangat mempesona. Ketika kamu semakin dekat, kamu dapat melihat dengan jelas dan detail sekali, ukiran pada setiap batuan dan ukuran patung-patung yang sangat menakjubkan.

Ketika kamu memanjat ke tingkat paling tinggi yang bisa ditempuh, kamu akan disajikan dengan pemandangan langsung ke arah gunung Merbabu dan Merapi. Kamu bisa merasakan getaran adikuasa dari keindahan alam dan juga dari bangunan yang memiliki sejarah panjang ini.

Menurut cerita lokal, Candi Borobudur menandakan titik terjadinya perdamaian dunia. Candi ini dibangun oleh para penduduk untuk menghindari banyaknya bertentangan antara pihak yang berbeda. Candi ini bukan hanya memiliki nilai sejarah, tapi juga mengandung makna yang sangat kuat dalam kebudayaan lokal.

Sarana transportasi sangat mudah ditemukan untuk sampai ke Candi Borobudur, kamu bisa mengambil bis, kereta, atau taxi dengan mudah. Jarak yang perlu kamu tempuh sekitar 42 kilometer dari bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan sekitar 17 kilometer dari pusat kota Magelang. Kamu akan merasa sangat terpesona dengan keindahan alam yang dihadirkan oleh candi ini.

Jangan ragu untuk berkunjung ke Candi Borobudur. Jangan lupa memakai sepatu yang nyaman dan juga baju yang sopan. Kamu dapat mengambil banyak foto dari sudut candi untuk membuat kenangan yang indah dari liburanmu di Indonesia.

Menjelajahi Gua Jomblang


Gua Jomblang

Salah satu kegiatan wisata yang menarik di Jogja adalah menjelajahi gua. Dan salah satu gua yang cukup populer di Jogja adalah Gua Jomblang. Gua ini terletak di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Jomblang memiliki keindahan yang memukau dan banyak menyimpan keunikan dari segi geologinya. Di dalam gua, terdapat sebuah lubang di bagian atap gua yang disebut dengan ‘heaven’s light’ karena lubang ini memancarkan cahaya alami dari atas dan memperlihatkan panorama indah sinar matahari.

Gua Jomblang terbentuk dari proses alamiah yang memerlukan waktu ribuan hingga belasan ribu tahun yang lalu akibat susunan dari ribuan karst yang sudah berumur jutaan tahun yang lalu dan terkikis akibat erosi.

Jika Anda ingin mengeksplorasi keindahan gua ini, ada paket yang bisa Anda pilih dari berbagai pilihan yang ditawarkan oleh pihak pengelola Gua Jomblang. Dalam paket tersebut, Anda akan disediakan alat-alat pendakian seperti tali, karabiner dan sabuk pengaman sebagai tindakan pengaman dan juga serangkaian alat kesehatan yang berguna untuk kepentingan memastikan keselamatan para pengunjung.

Tak perlu khawatir jika Anda belum pernah menjelajahi gua sebelumnya, karena sebelum memulai kegiatan exploring gua Jomblang, para pengunjung akan mendapat penjelasan tentang apa saja yang wajib dilakukan dan apa yang harus dihindari selama menjelajahi gua. Selain itu, di dalam gua, para pengunjung akan di pandu oleh pendamping yang sudah berpengalaman dan juga orang-orang yang sudah terlatih sebelumnya sehingga membuat para pengunjung menjadi aman dan nyaman saat menjelajahi gua Jomblang.

Tak hanya keindahan alamnya yang menakjubkan, Gua Jomblang juga menyimpan beberapa keunikan di dalamnya, saat menjelajahi gua Jomblang, pengunjung dapat menemukan beberapa objek yang unik di dalamnya. Seperti pohon kelapa dari segi ukuran yang sangat kecil yang dapat tumbuh akibat ketersediaan air dan cahaya yang mampu menyentuh hingga ke bagian bawah tanah.

Bagi penggemar fotografi, menjelajahi gua Jomblang menjadi salah satu destinasi yang sangat direkomendasikan, karena selain keindahan gua yang memukau, gua Jomblang menjadi spot foto yang sangat instagramable. Terutama, di saat kawah gua terlihat sangat jelas melalui cahaya natural yang masuk melalui heaven’s light.

Jika Anda ingin menjelajahi Gua Jomblang, pastikan Anda membawa perlengkapan yang memadai seperti pakaian yang nyaman, alas kaki yang menarik dan dapat menempel dengan kuat, serta sebagai tindakan keselamatan, jangan lupa untuk membawa jaket yang hangat. Terlebih pada area dekat dengan heaven’s light, suhu cenderung lebih dingin akibat pengaruh dari lembah. Dan jangan lupa untuk menikmati setiap sisi keindahan Gua Jomblang yang memang sangat memukau dan membuat kita terkesima.

Kuliner Enak di Malioboro


Kuliner Enak di Malioboro

Wisata kuliner di Jogja tak lepas dari Malioboro, pusat kota yang populer di kalangan wisatawan. Di area Malioboro terdapat berbagai macam makanan yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut beberapa rekomendasi kuliner enak di Malioboro.

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang wajib dicoba saat berkunjung ke Malioboro. Salah satu tempat makan gudeg yang terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang sudah berdiri sejak tahun 1948. Rasa gudeg Yu Djum khas dengan cita rasa manis dan gurih, dan disajikan dengan potongan ayam kampung. Selain itu, terdapat juga kering tempe yang dapat menjadi pelengkap.

Bakmi Jowo Mbah Gito


Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo adalah makanan yang terkenal di Jogja dan mudah ditemukan di Malioboro. Namun, tempat yang sangat direkomendasikan adalah Bakmi Jowo Mbah Gito. Bakmi Jowo yang disajikan sangat lezat dan terdapat pilihan menu seperti bakmi jowo, bakmi godhog, dan bakmi special alias campur. Selain itu, terdapat juga menu sate usus yang menjadi menu favorit wisatawan.

Es Krim Pak Pong


Es Krim Pak Pong

Bagi Anda yang ingin mencari es krim yang unik dan terkenal di Jogja, wajib mencoba Es Krim Pak Pong. Es krim ini terkenal dengan rasa unik dan beragam, seperti rasa durian, rambutan, jagung dan lain-lain. Es krim ini sangat cocok dikonsumsi pada malam hari saat cuaca sedang panas. Lokasi es krim ini berada di sebelah selatan Stasiun Tugu Jogja.

Angkringan Kopi Joss


Angkringan Kopi Joss

Saat berkunjung ke Malioboro, jangan lupa untuk mencoba angkringan kopi joss yang terkenal di sana. Angkringan kopi joss merupakan tempat makan yang sederhana dengan suasana bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Jogja. Kopi joss sendiri merupakan campuran kopi dan arang. Rasa kopi joss yang unik dan legendaris ini berbeda dengan kopi yang biasa dicicipi di tempat lain. Angkringan kopi joss terletak di Jalan Wijilan No. 1, Yogyakarta.

Bakpia Pathuk


Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk adalah oleh-oleh khas Jogja yang sudah terkenal sejak lama. Bakpia ini terbuat dari campuran kacang hijau, gula, dan roti yang dibakar. Rasa bakpia Pathuk sangat enak dan gurih sehingga cocok menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Harga bakpia Pathuk berkisar antara 30 hingga 50 ribu rupiah per kotak. Bakpia Pathuk tersedia di sepanjang Jalan Malioboro.

Kuliner enak di Malioboro memang begitu beragam dan menggugah selera. Namanya saja sudah terkenal sebagai ikon kuliner di tempat wisata. Wisata kuliner di Jogja tentu tidak lengkap tanpa menyambangi Malioboro untuk mencoba berbagai macam makanan yang lezat. Nikmati wisata kuliner Anda di Malioboro dan selamat menikmati!

Wisata Budaya Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Jika Anda ingin merasakan kehidupan kerajaan tempo dulu yang begitu glamor dan mewah, maka Anda harus berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Keraton yang berarti istana, merupakan tempat tinggal sultan dan keluarganya. Dalam kompleks ini terdapat berbagai bangunan bersejarah yang memukau. Selain itu, sisi budaya serta seni tradisional juga bisa anda temukan disana.

Keraton Yogyakarta malam

Banyak orang yang merasa tertarik dengan nuansa Keraton pada waktu malam hari. Saat malam tiba, Keraton bersiap-siap untuk menggelar pertunjukkan kesenian budaya Jawa yang memukau. Anda bisa menyaksikan pentas seni yang dibawakan oleh para seniman lokal, diantaranya adalah gamelan, tari-tarian, dan wayang kulit. Nuansa keraton yang dipenuhi dengan lampu-lampu cantik akan membuat Anda terkesima dan mempesona.

Keraton Yogyakarta sejarah

Dalam kompleks ini, Anda bisa belajar banyak hal tentang sejarah Indonesia dan kerajaan. Anda bisa mengenal tentang kehidupan para sultan, istri dan keluarganya, hingga kepemimpinan dan kebijakan dalam kerajaan. Selain itu, di sini terdapat museum yang berisi koleksi-koleksi antik seperti senjata kerajaan, alat musik, gamelan, perhiasan, lukisan pelukis Yogyakarta asli, dan banyak lagi.

Pendopo Agung Keraton Yogyakarta

Salah satu bangunan yang paling terkenal di Keraton Yogyakarta adalah Pendopo Agung. Pengunjung bisa melihat dengan jelas bagaimana teknik teknik bangunan budaya Jawa pada masa itu. Selain itu, Anda juga bisa melihat-lihat barang antik pada ruangan bagian dalam. Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah bila pengunjung dapat menyempatkan untuk mengunjungi Keraton pada saat hari besar Islam yaitu saat idul fitri, karena pada hari tersebut, terselenggaranya upacara grebeg besar, yang melibatkan seluruh masyarakat Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta tari

Selain menikmati bentuk fisik bangunan, juga ada kesempatan untuk menonton beragam pertunjukkan seni tradisional yang dipentaskan oleh para penari. Tarian ini biasanya dimainkan pada saat upacara besar dalam kerajaan. Seni tari ini mulai berkembang sejak zaman Kerajaan Mataram periode pemerintahan Sultan Agung. Salah satu tarian yang amat terkenal adalah Tari Bedhoyo dan Tari Srimpi Gayeng. Dengan hanya bermodalkan kamera dan tiket masuk yang cukup terjangkau, Anda dapat merasakan pengalaman yang indah ini.

Keraton Yogyakarta tidak hanya sebagai landmark kota Yogyakarta, melainkan juga sebagai pusat budaya dan sejarah. Selain menghadirkan keindahan bangunan Istana yang mencerminkan kearifan dan kebudayaan tradisional, pengunjung juga dapat melihat berbagai benda dan hiasan tradisional yang dulu digunakan untuk acara kerajaan.

Santai di Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis, yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogjakarta, adalah salah satu tujuan wisata paling populer di wilayah tersebut. Selain dipenuhi dengan pasir putih yang bersih dan laut yang bening, pantai ini juga dikenal sebagai tempat yang kaya akan mitos dan legenda. Ada banyak kegiatan santai yang dapat dilakukan di sini, jadi pantai ini bahkan sempurna untuk menghabiskan sehari penuh.

Banyak tempat makan yang menyajikan makanan laut lokal dan kafe yang menyediakan minuman segar dan makanan ringan serta lokasi penginapan untuk menginap sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang menenangkan. Orang-orang yang mencari hal yang sedikit lebih petualangan dapat mencoba naik perahu nelayan dan berlayar di laut lepas atau mencoba surfing di ombak yang ada. Selain itu, pengunjung dapat menyewa kuda dan menjelajahi pantai sambil menikmati pemandangan lengkap.

Jika Anda mencari pengalaman spiritual, ada banyak tempat di sekitar Pantai Parangtritis yang dikatakan memiliki kekuatan magis. Contohnya yaitu tebing Parangkusumo yang tertutup selaput endapan pucangan atau tebing Parangijo, yang menyimpan goa yang diyakini sebagai tempat pencarian ilmu gaib oleh para penggiat spiritual.

Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Parangtritis untuk menyaksikan Sunset dan Sunrise yang indah serta pemandangan yg indah. Terdapat juga pesta kembang api pada malam hari. Mereka dapat duduk dan menikmati suasana diantara angin dan riak ombak sambil meresapi suasana alam. Pantai ini benar-benar memiliki daya tarik yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan!

Dalam rangka untuk menikmati pengalaman penuh yang ditawarkan oleh Pantai Parangtritis, kami menyarankan agar pengunjung datang lebih awal. Pantai di Jogjakarta biasanya ramai pada pagi hari dan tengah hari, jadi datanglah ketika cuaca belum terlalu panas. Selain itu, karena legenda dan mitos yang kuat seputar pantai ini, kami juga menyarankan agar pengunjung menghormati kawasan sekitarnya dan menghindari perilaku atau tindakan yang dapat mengganggu keseimbangan alam di pantai ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button