Wisata

Menikmati Liburan Seru di Gembira Loka Jogja

Sejarah Gembira Loka


Sejarah Gembira Loka

Gembira Loka adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Yogyakarta. Wisata ini memiliki banyak sekali pengunjung, tidak hanya dari Yogyakarta, tapi juga pengunjung dari luar kota bahkan dari luar negeri. Taman kota ini menawarkan banyak hal, seperti kebun binatang, wahana permainan, air mancur menari, taman bermain, taman bunga, dan banyak lagi. Tidak mengherankan jika banyak orang senang berkunjung ke Gembira Loka.

Namun, sebelum menjadi taman kota seperti sekarang, Gembira Loka dikenal sebagai Kebun Binatang Yogyakarta. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1954 oleh seorang dokter ahli hewan bernama Dr. Sudharto. Pada saat itu, kebun binatang ini hanya memiliki sedikit hewan seperti monyet, ular, dan burung. Selang beberapa tahun, kebun binatang ini menyimpan berbagai jenis binatang dari seluruh pelosok Indonesia.

Di kemudian hari, pengelola mengubah nama kebun binatang menjadi Taman Margasatwa Gembira Loka. Wanita pertama yang menjabat sebagai pengelola Taman Margasatwa Gembira Loka adalah Ny. Sri Tjitrohamidjojo. Di era kepemimpinan Ny. Sri, taman margasatwa Gembira Loka semakin populer dan banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Akhirnya, untuk memperluas jenis wahana dan fasilitas, pengelola kembali mengubahnya menjadi Taman Rekreasi Gembira Loka atau biasa disebut Taman Kota Gembira Loka.

Selain sebagai tempat wisata, Taman Kota Gembira Loka juga berfungsi sebagai pusat belajar biologi dan lingkungan bagi siswa TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa bahkan masyarakat umum. Gembira Loka juga menjadi pusat penelitian dan konservasi satwa yang dilindungi. Gembira Loka lahir dari cita-cita para dokter hewan yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap satwa liar, khususnya satwa Indonesia.

Tidak hanya pengembangan dari sisi wahana dan jenis satwa yang ada, pengelola Taman Kota Gembira Loka juga membangun pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan pentingnya menjaga satwa-satwa liar di Indonesia. Oleh karena itu, dalam program rekreasi, pengelola tempat wisata ini juga selalu menambahkan program edukasi seperti kunjungan ke laboratorium biologi dan sirkus satwa. Program ini dilakukan supaya pengunjung dapat mengetahui, sekaligus mempelajari banyak tentang keanekaragaman hayati di Indonesia dan konservasi satwa langka.

Dari sejarah panjangnya, Taman Kota Gembira Loka selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pengunjung. Dengan menjaga kebersihan, keamanan, dan kesejahteraan satwa, maka Taman Kota Gembira Loka menjadi salah satu wisata yang terbaik di Yogyakarta.

Aktivitas Seru di Gembira Loka


wisata jogja gembira loka

Liburan ke Yogyakarta tentu tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Gembira Loka. Gembira Loka menjadi salah satu taman rekreasi keluarga terbesar di kota Yogyakarta. Tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang indah, tetapi taman rekreasi ini juga menawarkan berbagai macam aktivitas seru yang dapat dilakukan bersama keluarga atau teman-teman.

Taman bermain


taman bermain

Taman bermain merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit bagi pengunjung. Gembira Loka memiliki area bermain yang luas dan menyenangkan. Beberapa wahana yang bisa dicoba antara lain kereta gantung, roller coaster, taman bebek, taman miniatur, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga area bermain untuk anak-anak yang aman dan menyenangkan. Pengunjung bisa menikmati sensasi bermain bersama keluarga atau teman-teman, dan merasakan kegembiraan yang tak terlupakan.

Kebun binatang


kebun binatang

Tidak hanya menjadi taman rekreasi biasa, Gembira Loka juga memiliki kebun binatang dengan koleksi hewan yang beragam, seperti harimau, beruang, gajah, kuda nil, dan masih banyak lagi. Kebun binatang Gembira Loka menawarkan pengalaman unik dengan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan hewan. Pengunjung juga dapat memberi makan hewan-hewan tersebut dan mempelajari jenis-jenis hewan yang ada di Gembira Loka.

Field Training Ground


Field Training Ground

Bagi pengunjung yang menyukai tantangan dan petualangan, Gembira Loka juga memiliki area Field Training Ground. Area ini didesain seperti arena militer dengan rintangan yang menantang. Di sini pengunjung dapat menantang adrenalin mereka dengan melewati rintangan seperti tangga, jaring-jaring, dinding, dan masih banyak lagi.

Flying fox


flying fox

Satu lagi aktivitas seru yang bisa dilakukan di Gembira Loka adalah flying fox. Pengunjung akan terbang di atas taman rekreasi dengan menggunakan tali baja sejauh 200 meter. Sensasi terbang di atas hutan dan menikmati pemandangan alam dari ketinggian tentu sangat mengasyikkan. Selain itu, di sini juga terdapat 2 jalur fly fox, yaitu jalur 50 meter dan 200 meter yang bisa dicoba oleh semua pengunjung.

Gembira Loka memang menawarkan banyak sekali aktivitas seru dan menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Selain keempat aktivitas di atas, ada banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di sini, seperti memancing ikan, bermain arung jeram, berkunjung ke museum, naik kuda, dan masih banyak lagi. Jangan lupa, kunjungi Gembira Loka saat berkunjung ke Jogja, dan rasakan sensasi liburan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman.

Baca Juga :   Menikmati Keindahan Taman Wisata Jogja

Spot Instagramable di Gembira Loka


Jembatan Cinta Gembira Loka

Setiap pengunjung yang hadir ke Gembira Loka pasti ingin mengabadikan momen kebersamaan mereka bersama keluarga, kerabat, atau pasangan kekasih mereka. Selain itu, Gembira Loka juga menyuguhkan berbagai spot yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto ria. Berikut adalah beberapa spot instagramable di Gembira Loka yang bisa menjadi pilihan untuk mengabadikan momen spesial anda.

Jembatan Cinta


Jembatan Cinta Gembira Loka

Jembatan Cinta adalah salah satu spot yang paling populer di Gembira Loka. Jembatan yang terletak di atas kolam air ini disebut-sebut sebagai jembatan yang membawa keberuntungan. Jembatan Cinta ini biasanya menjadi tempat pertama yang ingin dikunjungi oleh pengunjung pada saat datang ke Gembira Loka. Selain memberikan keberuntungan, pengunjung juga bisa mengambil foto dari jembatan ini sebagai kenang-kenangan mereka ke Gembira Loka.

Tugu Kuda


Tugu Kuda Gembira Loka

Spot selanjutnya yang cocok untuk foto di Gembira Loka adalah Tugu Kuda. Tugu Kuda adalah sebuah patung kuda yang tinggi dan terletak di tengah jalur utama Gembira Loka. Tugu Kuda juga sering digunakan sebagai latar belakang untuk foto anak-anak maupun keluarga. Tugu Kuda memiliki bentuk yang unik dan indah, sehingga menjadi spot yang banyak dijadikan sebagai objek foto para pengunjung.

Kebun Raya


Kebun Raya Gembira Loka

Spot terakhir yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto yaitu Kebun Raya. Kebun Raya ini sebenarnya adalah sebuah taman yang menyuguhkan berbagai jenis tanaman yang indah dan rindang. Pengunjung bisa mengambil foto di depan tanaman-tanaman yang berwarna-warni atau di belakang patung-patung yang tersedia di dalam Kebun Raya. Foto-foto yang diambil di Kebun Raya ini akan sangat terlihat indah dan menarik di Instagram dan sosial media lainnya.

Itulah tiga spot instagramable di Gembira Loka yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berfoto bersama keluarga, kerabat, atau pasangan kekasih anda. Selain itu, Gembira Loka juga menyediakan berbagai macam wahana yang menghibur dan seru bagi pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Gembira Loka dan merasakan sensasi liburan yang berbeda.

Spesies Hewan yang Bisa Ditemui di Gembira Loka


Foto hewan di Gembira Loka

Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata yang memanjakan pengunjungnya dengan keindahan alam dan juga keberagaman hewan yang bisa ditemui di sana. Berikut adalah beberapa spesies hewan yang bisa Kamu temukan di Gembira Loka.

Kucing Hutan


Foto Kucing Hutan di Gembira Loka

Kucing Hutan atau Leopardus javensis yang hidup di hutan-hutan Indonesia, di Gembira Loka memiliki habitat yang cukup luas untuk berkembangbiak. Kamu bisa melihat kucing hutan ini pada siang hari di kandangnya. Meskipun namanya mengandung kata “hutan”, Kucing ini sering ditemukan di pedesaan, persawahan, perkebunan. di Gembira Loka, para wisatawan tidak perlu khawatir melihat Kucing Hutan langsung di habitatnya. Jika ingin melihatnya, bisa mengambil gambar di kandangnya.

Burung Merak


Foto burung peacock di Gembira Loka

Burung Merak atau Peafowl memiliki hiasan bulu yang sangat mempesona. Saat bersuara, burung ini memancarkan keindahan pesona kepenariannya. Di Gembira Loka, Kamu bisa melihat burung ini dengan mudah di halaman taman. Ada beberapa ekor burung merak yang berkeliaran leluasa di bagian luar halaman. Selain peacock, terdapat beberapa jenis burung lain yang juga bisa Kamu lihat seperti ayam hutan, merak cina dan sejenisnya.

Harimau Sumatera


Foto harimau di Gembira Loka

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan satwa langka yang terancam punah. Di Indonesia, harimau sumatera dikategorikan dalam kelompok konservasi karena kepopulasian hewan ini semakin menurun. Namun, Kamu masih bisa melihat hewan langka ini di Gembira Loka. Tentunya, untuk melihatnya Kamu perlu membayar tiket masuk dengan harga yang sedikit lebih mahal dan berada di kandang terpisah dengan kandang harimau jawa.

Komodo


Foto Komodo di Gembira Loka

Di Gembira Loka terdapat satwa kadal raksasa, komodo. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia yang hanya ditemukan di Indonesia saja. Walaupun di habitat aslinya memakan daging segar, di Gembira Loka, komodo ini disediakan daging beku. Kamu mungkin harus kerja ekstra untuk melihatnya karena komodo termasuk satwa yang lambat dan sering tidur. Namun, jika Kamu beruntung, Kamu dapat melihatnya dengan lebih jelas. Jangan sampai lewatkan untuk melihat komodo, satwa asli Indonesia yang langka.

Nikmati Keindahan Alam di Taman Kelinci


Taman Kelinci Gembira Loka

Taman Kelinci adalah salah satu wahana di Gembira Loka yang bisa kamu nikmati selama liburan. Di wahana ini, kamu akan ditemani oleh ratusan kelinci yang lucu dan menggemaskan, serta disuguhi dengan lanskap alam yang asri dan menawan. Untuk menikmatinya dengan lebih nyaman, kamu bisa menyewa tikar agar bisa duduk dan bersantai dengan kelinci yang ada di sekitarmu.

Baca Juga :   11 Keindahan Wisata Air Terjun Di Bandung

Agar lebih seru dan menarik, kamu bisa memberi makan kelinci dengan wortel atau sayuran lain yang sudah disediakan di Taman Kelinci. Kamu juga bisa berfoto bersama kelinci sebagai kenang-kenangan dan mempostingnya di media sosialmu.

Taman Kelinci buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB dan tiket masuknya sekitar Rp 5.000,- per orang. Untuk pemesanan tiket atau informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Gembira Loka atau menghubungi nomor telepon yang tersedia.

Berpetualang di Taman Reptil


Taman Reptil Gembira Loka

Taman Reptil adalah kawasan wisata di Gembira Loka yang memamerkan berbagai jenis reptil dari seluruh dunia. Kamu bisa melihat langsung kelihatan reptil-reptil yang jarang kamu temukan di tempat lain seperti ular piton, iguana, dan bahkan buaya.

Untuk mengoptimalkan petualanganmu di Taman Reptil, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan bahwa kamu sudah membaca aturan dan petunjuk yang ada di setiap kandang reptil sebelum memasukinya. Selalu jaga jarak yang aman dan hindari menganggu atau menyentuh hewan yang ada di Taman Reptil.

Kamu juga bisa menonton atraksi dan pertunjukan reptil yang ada di Taman Reptil, seperti pertunjukan ular piton, iring-iringan raksasa, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa berfoto dengan hewan-hewan yang ada di Taman Reptil sebagai kenang-kenangan liburanmu.

Taman Reptil buka setiap hari dari 09.00-17.00 WIB dan tiket masuknya sekitar Rp 10.000,- per orang. Kamu bisa memesan tiket atau informasi lebih lanjut melalui website resmi Gembira Loka atau nomor kontak yang tersedia.

Menikmati Wisata Arung Jeram


Arung Jeram Gembira Loka

Arung Jeram merupakan salah satu wahana andalan Gembira Loka yang bisa kamu coba selama liburan. Di sini, kamu akan diajak menyusuri sungai buatan yang penuh dengan jeram dan tantangan lainnya. Arung jeram ini sangat cocok untuk kamu yang suka tantangan dan hasrat petualangan.

Sebelum memasuki wahana Arung Jeram, pastikan kamu sudah mengenakan perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm. Ikuti petunjuk dari instruktur yang ada di sungai agar kamu bisa mengarungi sungai dengan aman dan nyaman.

Wahana Arung Jeram di Gembira Loka dibagi menjadi dua kategori, yakni Arung Jeram Kelas II dan III dan Arung Jeram Kelas IV. Arung jeram ini buka setiap hari dari pukul 09.00-16.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar Rp 100.000,- per orang dan sudah termasuk perlengkapan keselamatan. Untuk pemesanan tiket atau informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Gembira Loka atau menghubungi nomor kontak yang tersedia.

Berkampong di Kampung Jawa


Kampung Jawa Gembira Loka

Kampung Jawa adalah area wisata yang memperkenalkanmu pada budaya dan tradisi Jawa, di mana kamu bisa belajar tentang Jawa dari dekat dan merasakannya secara langsung. Di Kampung Jawa, kamu bisa belajar tentang kerajinan tradisional Jawa, seperti ukir kayu, batik, dan tenun. Kamu bisa juga mencoba kuliner tradisional Jawa yang kaya akan rempah dan aroma yang khas.

Kampung Jawa menawarkan pengalaman baru dengan suasana yang kental nuansa Jawa, mulai dari bangunan bergaya Jawa, suasana pedesaan khas desa Jawa, dan penampilanan seni tradisional, seperti gamelan dan wayang. Kamu bisa berfoto di sana untuk mengambil momen indah bersama keluarga atau teman.

Bagi kamu yang ingin menginap dan merasakan pengalaman berlibur yang berbeda, di Kampung Jawa tersedia rumah-rumah penduduk yang bisa kamu sewa selama liburan. Harganya bervariasi, tergantung dari fasilitas dan jumlah tamu yang akan menginap. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi nomor kontak yang tersedia atau mengunjungi website resmi Gembira Loka.

Bersenang-Senang di Wahana Air Gembira Loka


Wahana Air Gembira Loka

Wahana Air adalah salah satu tempat yang paling diminati di Gembira Loka. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai wahana air yang seru dan menyenangkan, seperti kolam renang, kolam ombak, dan perahu bebas. Kamu juga bisa menikmati beberapa wahana yang lebih menantang, seperti rafting.

Sebelum mencoba wahana air di Gembira Loka, pastikan kamu sudah memakai baju renang, melakukan pemanasan yang cukup, dan mengikuti instruksi dari petugas yang tersedia. Wahana air di Gembira Loka cukup ramai, jadi pastikan kamu selalu memperhatikan keselamatanmu dan orang-orang di sekitarmu. Bagi kamu yang ingin bermain di kolam renang atau perahu bebas, pastikan kamu juga membawa perlengkapan mandi dan ganti baju.

Wahana Air di Gembira Loka buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB. Harga tiketnya sekitar Rp 35.000,- per orang untuk dewasa dan Rp 25.000,- per anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas dasar yang ada di Wahana Air. Kamu bisa memesan tiket atau informasi selengkapnya melalui website resmi Gembira Loka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button