10 Tempat Wisata Murah di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ala Backpacker di Jogja


Backpacker di Jogja

Yogyakarta, atau biasa disebut dengan Jogja, menjadi salah satu destinasi wisata populer bagi para pelancong. Jogja dikenal dengan sebutan kota budaya karena banyaknya destinasi wisata yang menawarkan nilai seni dan budaya. Kota yang juga terkenal dengan adanya kraton ini seringkali dijuluki kota pelajar karena memiliki banyak perguruan tinggi di dalamnya. Selain itu, Jogja juga terkenal dengan harga yang terjangkau bagi para backpacker yang ingin berlibur dengan budget minim.

Wisata ala backpacker di Jogja ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman berlibur dengan budget terbatas tapi tetap bisa menikmati keindahan wisata Jogja secara utuh. Kamu bisa menjelajahi Jogja dengan transportasi murah dan akomodasi yang sederhana tapi nyaman.

Di bawah ini beberapa wisata ala backpacker yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Jogja:

Borobudur

Borobudur

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mengunjungi Candi Borobudur yang terkenal itu. Candi bersejarah yang berasal dari abad ke-8 ini menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jogja. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang Borobudur yang memukau. Untuk biaya tiket masuknya sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 40.000 tergantung waktu kunjungmu.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis yang terkenal dan menjadi ikon wisata di Jogja ini bisa kamu kunjungi dengan mudah. Kamu bisa menikmati suasana pantai dan menikmati suasana lezat dengan harga yang terjangkau. Kamu hanya perlu membayar parkir sebesar Rp. 10.000 dan dikenakan biaya konsumsi sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 per porsi. Kamu bisa menikmati indahnya sunset dan suara deburan ombak yang tenang di malam hari.

Keraton Yogyakarta

Keraton Jogyakarta

Bagi kamu yang ingin melihat dan merasakan budaya Jawa, kamu bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta. Kamu akan merasakan suasana kerajaan yang ada di zaman dahulu ketika berada di Keraton ini. Kamu bisa membayar tiket masuk sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000 untuk destinasi unik dan menarik ini. Kamu akan merasakan atmosfer Keraton yang mendebarkan, didukung dengan guide yang ramah dan pengetahuan tentang sejarah Keraton yang luas.

Taman Sari

Taman sari

Tidak lengkap rasanya jika ke Keraton Yogyakarta tanpa mengunjungi Taman Sari. Taman Sari merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta yang menawarkan keindahan taman dan kolam yang terkenal. Kamu bisa merasakan keindahan arsitektur dahulu kala pada bangunan yang masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Biaya untuk tiket masuk sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000. Kamu bisa memilih untuk jalan-jalan di taman atau mandi di kolam renang yang airnya dituang dari tebing karang.

Kraton Jogja

Kraton Jogja

Tidak hanya Keraton Yogyakarta saja yang terkenal, tetapi juga Kraton Jogja yang menjadi icon Jogja. Kamu bisa menikmati pesona budaya Jogja pada Keraton ini. Kamu bisa melihat Istana Ratu Kidul, museum kraton, pagar gedhong dan pendopo, serta kalangan pada masa itu yang hidup dalam Keraton. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp. 5.000 hingga Rp. 15.000 untuk bisa menikmati keindahan Kraton Jogja.

Demikianlah beberapa tempat wisata ala backpacker di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Semoga informasi ini bisa membantu kamu berlibur dengan budget yang terjangkau.

Desa Wisata Kalibiru


Desa Wisata Kalibiru

Saat berbicara tentang wisata menawan di Jogja yang murah, Desa Wisata Kalibiru harus masuk dalam list. Tempat ini terletak di Kulonprogo dan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota. Di sini, pengunjung bakal disajikan pemandangan alam yang cantik. Mulai dari perbukitan hijau, hingga danau yang berkilauan di bawahnya.

Tak sekadar menikmati keindahan alam, di Desa Wisata Kalibiru, pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan menarik. Seperti menikmati wahana zipline yang mengantarkan pengunjung meluncur dari ketinggian, flying fox yang mengantarkan pengunjung menyeberangi lembah dengan kecepatan tinggi, dan naik perahu sekaligus memancing ikan di danau.

Ditambah lagi, tiket masuk ke Desa Wisata Kalibiru yang terbilang murah, yaitu hanya sekitar Rp5.000 per orang. Namun perlu diingat, beberapa wahana tambahan seperti zipline dan flying fox tentu akan dikenakan biaya tersendiri. Maka, sesuaikan kegiatan dan anggaran dengan rencana perjalananmu ke Kalibiru.

Rumah Hobbit Omah Kayu Paralayang


Rumah Hobbit Omah Kayu Paralayang

Ingin merasakan sensasi berada di dalam rumah Hobbit ala The Lord of The Rings? Datang saja ke Rumah Hobbit Omah Kayu Paralayang, Parangtritis. Terletak di ketinggian yang cukup tinggi, tempat wisata di Jogja murah ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menawan. Pengunjung bisa melihat pasir dan lautan di kejauhan, serta gunung-gunung yang berderet.

Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa masuk ke dalam rumah Hobbit yang dikelilingi kebun bunga dan berbagai tanaman hijau. Di dalam rumah itu, pengunjung bisa menikmati interior yang sudah didekorasi sedemikian artistik mirip dengan tempat tinggal para Hobbit.

Ditambah lagi, tiket masuk ke Rumah Hobbit Omah Kayu Paralayang juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp10.000 per orang. Namun, untuk masuk ke dalam rumah Hobbit, pengunjung harus membayar biaya tambahan yang besarnya sekitar Rp20.000-25.000.

Hutan Pinus Mangunan


Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan terletak di Dlingo, Bantul. Tempat wisata di Jogja murah ini bisa menjadi destinasi yang menarik untuk kamu kunjungi. Saat berkunjung ke sana, pengunjung akan disambut dengan jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan pinus yang hijau.

Di sini kamu bisa menikmati suasana alam yang begitu asri. Baik itu kita menempuh jalan setapak atau bersantai di gazebo yang tersedia sambil menikmati segelas kopi atau teh hangat. Namun, yang menjadi daya tarik utama Hutan Pinus Mangunan adalah pemandangan sunrise dan sunset yang amat menakjubkan.

Tiket masuk ke tempat wisata di Jogja murah ini cukup ramah di kantong yaitu sebesar Rp5.000 per orang.

Pantai Glagah


Pantai Glagah

Jika kamu mencari tempat wisata di Jogja murah yang menyajikan pemandangan alam lain selain pegunungan, Pantai Glagah bisa menjadi pilihan terbaik. Tempat wisata kawasan Pantai Glagah terletak di desa Glagah, Kulon Progo.

Pesona Pantai Glagah tak hanya bisa dijumpai di pantainya yang luas dan indah, tetapi juga sepanjang jalan menuju pantai itu. Terdapat beragam warung dan restoran yang menghadap ke pantai sehingga dapat menikmati pemandangan Pantai Glagah sambil menjamu rasa lapar.

Tak hanya menikmati pemandangan alam saja, kita pun bisa melakukan beragam kegiatan seperti bermain pasir ataupun naik perahu menuju ke tengah laut. Sangat cocok bagi siapa saja yang ingin merasakan kesegaran udara pantai dan relaksasi sederhana.

Tiket masuk ke tempat wisata ini cukup murah, yaitu sekitar Rp3.500 per orang dan Rp5.000 per kendaraan.

Curug Pulosari


Curug Pulosari

Keindahan alam di Jogja tidak hanya sebatas pemandangan pegunungan dan pantai saja. Namun, menjadi lengkap dengan adanya Curug Pulosari, tempat wisata di Jogja murah nan eksotis. Curug Pulosari terletak di Gunung Kidul.

Untuk menuju ke Curug Pulosari, pengunjung harus menempuh perjalanan yang memakan waktu hingga 30 menit melalui jalan setapak yang cukup menantang. Namun, usaha itu akan terbayar ketika kita tiba di lokasi curug yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter itu. Pengunjung akan terpesona dengan air terjun yang mengalir indah di tengah tebing dan hutan yang rimbun.

Tak perlu khawatir soal tiket masuk, karena hanya Rp2.000 saja untuk satu orang. Namun, karena tempat ini belum sepenuhnya dikembangkan menjadi wisata, maka di lokasi tidak banyak fasilitas yang disediakan. Sebaiknya kunjungi di pagi hari agar tidak terlalu terik mengingat lokasinya yang cukup terpencil.

Rekomendasi Wisata Alam Murah Meriah di Jogja


wisata alam jogja murah

Jogja atau Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik baik wisata kota, sejarah, kuliner, dan juga wisata alam. Mungkin sebelumnya kamu berpikir bahwa wisata alam di Jogja selalu mahal, namun jangan salah ternyata masih ada banyak pilihan wisata alam murah meriah di Jogja yang bisa kamu coba. Simak beberapa rekomendasi wisata alam murah meriah di Jogja berikut.

1. Pantai Glagah


pantai glagah jogja

Pantai Glagah menjadi spot wisata alam murah meriah di Jogja dengan suasananya yang tenang dan suasana pedesaan karena masih berada dalam kawasan perbukitan dan persawahan. Selain melihat pemandangan sunset, kamu juga bisa menikmati berbagai atraksi di area Pantai Glagah seperti banana boat, scooter, jetski, atau sekadar bermain pasir di pantai sembari menikmati kelapa muda.

2. Candi Gebang


candi gebang jogja

Candi Gebang atau Candi Abang yang terletak di Kabupaten Klaten menjadi salah satu wisata alam murah meriah di Jogja yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kamu tidak hanya berwisata mengunjungi bangunan-bangunan kuno ini, tetapi juga melihat keindahan alam sekeliling area Candi Gebang dengan udara yang masih segar.

3. Hutan Pinus Mangunan


hutan pinus mangunan jogja

Salah satu tempat wisata alam murah meriah di Jogja yang tengah hits di kalangan wisatawan adalah hutan pinus Mangunan. Lokasinya yang berada di daerah Bantul membuat suasana sekitar Mangunan akan terasa sejuk dan asri. Hutan Pinus Mangunan menawarkan pemandangan alam yang indah, baik pada pagi, siang, ataupun sore hari. Kamu juga bisa menikmati berbagai atraksi seperti ayunan, camping ground, dan spot poto Instagramable yang seru.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi wisata alam murah meriah di Jogja yang bisa kamu jajal. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan berwisata kamu sekalian dan tetap patuhi protokol kesehatan maka bisa terhindar dari paparan virus Covid-19. Selamat berwisata!

Kuliner lezat dengan harga terjangkau di Jogja


Kuliner lezat di Jogja terjangkau

Jogja memang menjadi surganya kuliner enak dan murah meriah. Banyak sekali tempat makan yang menyediakan menu-menu lezat dengan harga yang cukup terjangkau di sini. Apalagi bagi para wisatawan, mencicipi kuliner khas Jogja adalah salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di kota ini. Berikut adalah beberapa tempat kuliner lezat dengan harga terjangkau yang wajib kamu coba saat berlibur ke Jogja.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Tempat kuliner yang pertama ini pasti tidak asing lagi di telinga kamu yang pernah ke Jogja. Gudeg Yu Djum menjadi salah satu tempat kuliner paling favorit di Jogja. Menu unggulan di sini tentu saja adalah Gudeg yang lezat. Selain itu, makanan-makanan lain juga tersedia di sini seperti ayam goreng dan tahu bacem. Harganya pun relatif terjangkau. Satu porsi Gudeg biasa dihargai sekitar 20 ribu rupiah.

2. Warung Selasa Kliwon


Warung Selasa Kliwon

Masih dalam tema kuliner khas Jogja, Warung Selasa Kliwon juga bisa jadi tempat rekomendasi untukmu. Tempat kuliner ini menyajikan berbagai menu yang tentunya lezat seperti Jangan-Jangan, Gudeg, dan Sayur Lodeh. Tempat ini buka setiap Selasa Kliwon saja dan cocok bagi kamu yang mencari sensasi kuliner khas Jogja yang tidak biasa. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari 15 ribu rupiah saja sudah bisa merasakan nikmatnya kuliner di sini.

3. Legi Kondhang Iwak


Legi Kondhang Iwak

Kuliner di Jogja tidak selalu identik dengan menu nasi, beberapa tempat juga menyajikan kuliner sea food yang lezat di sini. Salah satunya adalah Legi Kondhang Iwak yang menyajikan menu Iwak Bakar, Iwak Goreng, Iwak Kuah. Selain itu, ada juga menu menu tambahan seperti lalapan dan sambal yang enak. Harganya pun sangat terjangkau, dimulai dari 20 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati nikmatnya Iwak di sini.

4. Depot Bandeng Juwana


Depot Bandeng Juwana

Kuliner khas yang juga harus kamu coba saat berada di Jogja adalah depot bandeng. Bandeng adalah salah satu jenis ikan yang menjadi ikon kuliner Jogja. Maka dari itu, Depot Bandeng Juwana menjadi salah satu tempat kuliner yang bisa kamu jadikan referensi. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari 10 ribu saja kamu sudah bisa menikmati seporsi nasi dan bandeng goreng yang lezat. Selain itu, di sini juga tersedia menu lain seperti sate usus dan kikil yang bisa kamu coba.

5. Bakmi Jowo Pak Gareng


Bakmi Jowo Pak Gareng

Tidak lengkap rasanya jika kuliner Jogja tidak memasukkan menu bakmi jowo sebagai salah satu kuliner andalannya. Di Jogja juga terdapat Bakmi Jowo Pak Gareng yang sudah cukup terkenal sebagai tempat kuliner yang menyediakan bakmi jowo enak. Tidak hanya bakmi jowo, kamu juga bisa memesan menu lain seperti ayam suwir dan tempe kremes yang lezat. Harganya pun terjangkau, satu porsi bakmi jowo saja dihargai sekitar 13 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner lezat dengan harga terjangkau di Jogja yang wajib untuk kamu coba saat berada di kota ini. Semua tempat diatas menawarkan sensasi kuliner yang berbeda, sehingga kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan selera kamu. Apapun pilihanmu, kamu tidak akan kecewa dengan lezatnya kuliner Jogja yang menyegarkan lidah dan tidak merogoh kocek terlalu dalam.

Menikmati seni dan budaya Jogja dengan biaya minim


seni dan budaya Jogja

Jogja merupakan kota yang kaya akan seni dan budaya. Banyak tempat wisata yang menawarkan pengalaman wisata budaya yang kaya namun dengan biaya yang terjangkau. Ya, Anda masih bisa menikmati keindahan seni budaya Jogja dengan biaya yang minim. Berikut adalah beberapa tempat wisata seni dan budaya di Jogja yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman budaya dengan biaya terjangkau.

Taman Budaya Yogyakarta


Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta (TBY) sering disebut juga sebagai Istana Kebudayaan atau Benteng Vredeburg. Taman ini menyimpan sejarah tentang perjuangan rakyat Yogyakarta melawan penjajahan Belanda. Di dalam Taman Budaya Yogyakarta, ada museum sejarah dan kompleks peninggalan bersejarah, seperti Meriam Sri Sultan Hamengku Buwono I, ruang yang menampilkan koleksi 150 senjata tradisional dari seluruh Indonesia, dan lainnya.

Taman Budaya Yogyakarta sangat cocok untuk Anda yang ingin mengetahui sejarah dan budaya Indonesia. Harga tiket masuk Taman Budaya Yogyakarta hanya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak.

Tugu Jogja (Tugu Monument)


Tugu Jogja

Tugu Jogja adalah landmark kota Jogja yang sangat ikonik. Tugu ini dibangun pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengku Buwono I sebagai simbol keberanian rakyat Yogyakarta yang berjuang melawan penjajahan Belanda. Tugu Jogja berdiri dengan tinggi 27 meter dan terdiri dari 7 tingkat. Pada puncak Tugu Jogja terdapat api yang terbuat dari 49 kg emas.

Anda bisa menikmati keindahan Tugu Jogja dengan gratis. Hanya jika Anda ingin berfoto, harus membayar sekitar Rp5.000.

Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg juga merupakan bangunan peninggalan sejarah di Jogja. Bangunan ini merupakan bekas Benteng Belanda yang dibangun pada awal abad ke-19. Saat ini, Benteng Vredeburg menjadi museum perjuangan rakyat Jogjakarta melawan penjajahan Belanda. Anda bisa menikmati koleksi sejarah melalui instalasi media interaktif.

Harga tiket masuk ke Benteng Vredeburg hanya sekitar Rp5.000 untuk dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak.

Malioboro Street


Malioboro Street

Malioboro Street merupakan pusat keramaian di kota Jogja. Di jalan ini, Anda bisa menemukan kerajinan tangan khas Jogja seperti batik, kerajinan tembaga, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan jajanan khas Jogja, seperti gudeg, bakpia, dan wedang ronde.

Jalan Malioboro bisa dicapai dengan mudah menggunakan angkutan umum seperti Trans Jogja. Tidak ada biaya masuk untuk menikmati Malioboro Street, hanya biaya belanja yang harus diperhatikan.

Borobudur Temple


Borobudur Temple

Borobudur Temple adalah candi Buddha terbesar di dunia yang berada di Magelang, sekitar 92 km dari kota Jogja. Meskipun beberapa kilometer dari kota Jogja, Borobudur Temple merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan.

Harga tiket masuk ke Borobudur Temple sekitar Rp25.000 untuk wisatawan domestik dan Rp500.000 untuk wisatawan asing. Meskipun sedikit mahal, tapi Borobudur Temple adalah destinasi wisata yang sangat indah dan cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan sejarah dan budaya.

Jogja menyimpan daya tarik wisata yang kaya dan menarik. Dengan biaya yang terjangkau, Anda masih bisa menikmati keindahan seni budaya di Jogja. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi wisata seni dan budaya dengan budget yang minimal, ketika berkunjung ke kota ini.

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *