Wisata

list wisata jogja

Sejarah Wisata Jogja


Sejarah Wisata Jogja

Yogyakarta or Jogja is a city rich in history and culture, it is no wonder that it is one of the favorite tourist destinations in Indonesia. The city is steeped in tradition and has been influenced by various kingdoms and empires that once ruled the region. From ancient temples to royal palaces, here is a brief history of the top tourist destinations in Jogja.

The history of Jogja began with the rise of the Mataram Kingdom, which ruled over the region from the 8th to 10th centuries. The king of the Mataram Kingdom, Rakai Panangkaran, founded a settlement called Mantyasih, which later became the city of Jogja.

One of the most iconic landmarks in Jogja is the Borobudur Temple. Built in the 8th and 9th centuries during the reign of the Syailendra Dynasty, the temple is one of the largest and oldest Buddhist temples in the world. It is also one of the most visited tourist destinations in Indonesia. The temple was abandoned in the 14th century and was rediscovered in 1814 by Sir Thomas Stamford Raffles, the British Governor-General of Java.

Another popular tourist destination in Jogja is the Prambanan Temple. This Hindu temple was built in the 9th century during the reign of the Sanjaya Dynasty. It comprises of three major temples dedicated to the gods Brahma, Vishnu, and Shiva. The temple was abandoned in the 10th century after the collapse of the Sanjaya Dynasty and was rediscovered in 1811 by the Dutch Governor-General of Java.

The Kraton Yogyakarta or the Yogyakarta Palace is the residence of the Sultan of Yogyakarta. It was built in the 18th century during the reign of Sultan Hamengkubuwono I. The palace is a testament to the Javanese cultures and traditions that have been passed down from generation to generation. Visitors can witness the Sultan’s daily activities and ceremonies at the palace.

The Taman Sari Water Castle is a 18th century royal garden of the Sultanate of Yogyakarta. The water castle is unique because it has a distinct European design and is surrounded by a moat. The castle was built for the royal family’s leisure and entertainment, and visitors can take a dip in the royal swimming pool, explore the underground bunkers, and enjoy the beautiful scenery.

The history of Jogja can also be seen in the Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Museum. The museum is located at the Yogyakarta Palace and houses various artifacts and objects relating to the history of Jogja. Visitors can learn about the history of the Mataram Kingdom, the rise of the Kraton, and the life and times of the Sultans of Yogyakarta.

In conclusion, the history of Jogja is fascinating and rich. The city’s landmarks and tourist destinations are a testament to the region’s rich cultural and historical heritage. If you are planning to visit Jogja, make sure to explore these iconic landmarks and immerse yourself in the history of this beautiful city.

Wisata Budaya di Jogja


Wisata Budaya di Jogja

Jogja, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, dikenal memiliki banyak tempat wisata yang dapat memikat wisatawan lokal dan internasional. Selain wisata alam dan kuliner, kota ini juga memiliki kekayaan budaya yang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Sebelum Anda berkunjung ke Jogja, maka jangan lupa untuk menambahkan wisata budaya di Jogja sebagai salah satu kegiatan Anda di sana! Berikut beberapa tempat wisata budaya yang dapat memuaskan hasrat wisatawan Anda di Jogja.

1. Museum Sonobudoyo


Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo, merupakan salah satu dari museum tertua dan terbaik di Yogyakarta yang memamerkan lebih dari 25.000 benda-benda peninggalan kebudayaan di Indonesia, khususnya Jawa. Dalam museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis artefak seperti senjata tradisional, batu-batu keramat, kebaya, pusaka, alat musik tradisional, prasasti dan masih banyak lagi.

Banyaknya artefak dan penjelasan detail di dalamnya membuat museum ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk memahami dan mengenal kebudayaan yang ada di Pulau Jawa, terutama Jogja. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengambil foto atau selfie dengan latar belakang benda-benda kebudayaan yang sangat bersejarah dan unik.

2. Malioboro Street


Malioboro Street

Malioboro Street adalah sebuah jalan protokol di Yogyakarta yang dikenal sebagai pusat perbelanjaan dan wisata kota. Tempat ini menyajikan gaya hidup keraton Jogja yang masih ada hingga sekarang. Terdapat berbagai penjual kaki lima dan pedagang kaki enam yang menawarkan berbagai macam barang-barang unik yang memang sulit ditemukan di tempat lain.

Di sini, pengunjung juga bisa mencicipi kuliner-kuliner khas Jogja seperti Gudeg, Bakmi Jawa atau Ayam Goreng. Bukan hanya itu, pengunjung juga dapat melihat dan merasakan langsung budaya Jogja pada saat malam hari. Di sini terdapat banyak seniman jalanan yang berbondong-bondong untuk memamerkan karya-karya mereka seperti street dance, aksi tongkat api, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Wisata Jogja dengan Nuansa Jepang yang Memikat

Malioboro Street merupakan tempat yang wajib dikunjungi ketika berwisata di Jogja, terutama bagi Anda yang mencari lokasi wisata budaya yang dapat merangkul semua pancaindra.

3. Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah sebuah istana yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Istana ini dulunya merupakan tempat tinggal keluarga Kerajaan Ngayogyakarta yang masih berjalan hingga kini. Keraton ini merupakan salah satu situs bersejarah yang sangat penting bagi warga Jogja dan Indonesia.

Keraton Yogyakarta memiliki arsitektur yang khas dan terdapat banyak bangunan yang menarik untuk dipelajari di dalamnya. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai jenis kesenian tradisional seperti Jathilan, Gamelan dan Tari Topeng. Pengunjung juga berhak masuk ke ruangan khusus seperti Museum Keraton, di mana benda-benda peninggalan bersejarah Kerajaan Jogja dijaga hingga saat ini. Jangan lupa untuk memperhatikan aturan yang berlaku agar dapat mengambil foto atau video lingkungan keraton.

Itulah tiga tempat wisata budaya di Jogja yang wajib dikunjungi saat berada di kota ini. Jogja, kota kecil yang indah dan penuh dengan kekayaan budaya, merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu Anda selama liburan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menemukan banyak pengalaman baru selama liburan di Jogja.

Wisata Kuliner di Jogja


Wisata Kuliner Jogja

Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan keunikan kuliner-nya. Setiap tahunnya, banyak wisatawan yang datang ke Jogja hanya untuk mencoba ragam kuliner yang tersedia. Oleh karena itu, di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi wisata kuliner di Jogja yang wajib dicoba untuk memperkaya pengalaman liburan Anda di kota ini.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah masakan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang terkenal dengan gudegnya adalah Gudeg Yu Djum. Di sini, Anda bisa menikmati gudeg dengan berbagai pilihan lauk seperti ayam suwir, telur pindang, dan tahu.

2. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa adalah salah satu jenis mie yang terkenal di Jogja. Ada banyak tempat yang menyajikan bakmi Jawa, namun jika Anda ingin merasakan bakmi Jawa yang lezat dan berbeda dari tempat lain, Bakmi Jawa Mbah Gito bisa menjadi pilihan. Bakmi Jawa di sini memiliki rasa yang gurih dan menggunakan bahan-bahan alami seperti ayam kampung dan sayuran hijau.

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak adalah sate khas Jogja yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dibakar di atas bara api. Satu tempat wisata kuliner di Jogja yang terkenal dengan sate Klathak-nya adalah Sate Klathak Pak Pong. Sate di sini memiliki rasa yang khas dan disajikan dengan nasi, lalapan, serta sambal khas Jogja.

Anda juga bisa memesan sate dengan pilihan bumbu seperti kecap, bawang goreng, atau kacang tanah. Tak hanya rasanya yang enak, suasana di Sate Klathak Pak Pong juga nyaman dan cocok untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman Anda.

4. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro

Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Namun, di Jogja, terdapat soto dengan cita rasa yang lebih khas dan lezat. Salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang terkenal dengan soto-nya adalah Soto Kadipiro. Soto di sini memiliki kuah yang kental, disajikan dengan irisan daging ayam atau sapi, mie kuning, dan telur rebus.

5. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Angkringan adalah tempat makan khas Jogja yang biasanya berupa gerobak kecil atau warung kecil yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Salah satu angkringan yang terkenal di Jogja adalah Angkringan Lik Man. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai macam makanan seperti nasi kucing, sate, bakso, hingga gorengan dengan harga yang cukup terjangkau.

Sebagai minuman, Angkringan Lik Man juga terkenal dengan kopi Jawa-nya yang lezat dan aroma yang kuat. Tempat makan ini biasanya ramai dikunjungi oleh mahasiswa atau warga sekitar yang ingin mencari makanan dengan harga yang murah dan rasanya yang enak.

Demikian rekomendasi wisata kuliner di Jogja yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tempat Wisata Indah di Jogja


Pantai Parangtritis

Jogja memang terkenal sebagai kota destinasi wisata yang menawarkan beragam tempat yang menarik untuk dijelajahi. Terlebih lagi, Jogja banyak memiliki objek wisata yang indah dan menawan untuk dikunjungi. Berikut adalah 4 tempat wisata indah di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat liburan di kota gudeg:

Baca Juga :   paket wisata jogja 2 hari 1 malam

Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis dikenal sebagai pantai yang menjadi primadona pariwisata Jogja. Pantai ini terletak di sebelah selatan Jogja dan dapat dijangkau dengan mudah melalui jalur Pantai Parangkusumo. Selain menikmati keindahan alam pantai, kamu juga bisa menikmati kelezatan kuliner khas pantai seperti sate kelapa dan es dawet. Suasana Pantai Parangtritis terasa magis di malam hari karena dipercaya sebagai tempat sakral oleh masyarakat setempat.

Tebing Breksi


Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah tempat wisata unik di Jogja yang menawarkan pemandangan memukau dari atas tebing batu kapur. Tempat ini menjadi primadona para wisatawan yang hobi selfie dengan latar belakang pemandangan sungguhan. Tebing Breksi juga menawarkan suasana magis di malam hari dengan light-up yang menawan. Terletak di sebelah timur Jogja dan mudah dijangkau melalui jalur Mantrijeron-Mangu.

Taman Sari


Taman Sari Jogja

Taman Sari adalah kompleks istana bersejarah yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Terletak di pusat Jogja, Taman Sari terdiri dari berbagai bangunan bersejarah seperti Gedhong Kenongo, Sumur Gumuling, dan Kolam Ulen Sentalu. Taman Sari juga menjadi tempat favorit fotografer karena menawarkan keindahan arsitektur, taman, dan kolam yang indah.

Candi Prambanan


Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan menjadi warisan budaya UNESCO sejak tahun 1991. Terletak di sebelah timur Jogja, Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Shiva, Candi Vishnu, dan Candi Brahma. Setiap tahun, Candi Prambanan menjadi tempat pelaksanaan festival musik dan seni yang dikenal dengan nama Prambanan Jazz. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan Candi Prambanan di malam hari dengan light-up yang spektakuler.

Wisata Aktifitas di Jogja


Wisata Aktifitas di Jogja

Jogja merupakan kota yang penuh dengan kegiatan wisata yang menyenangkan. Kita bisa menemukan banyak ragam wisata dalam satu kota ini, mulai dari wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata aktifitas. Wisata Aktifitas di Jogja menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya. Kita bisa menikmati suasana alam dan wisata petualangan yang asyik di beberapa destinasi wisata berikut ini:

1. Menikmati Petualangan di Goa Pindul


Goa Pindul

Jika kamu ingin menikmati petualangan seru, kamu harus mencoba untuk mengunjungi Goa Pindul. Rute ini menawarkan kesejukan alam pegunungan yang memanjakan mata. Para wisatawan juga bisa menikmati rafting dan tubing. Keunikan lainnya dari Goa Pindul yaitu wisatawan akan berkendara di atas ban mobil atau ban dalam yang digunakan dalam rafting dan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman.

2. Merasakan Sensasi Menembus Kabut di Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu destinasi terbaik yang pantas dikunjungi di Jogja. Di pagi hari, ketika kabut masih menyelimuti Candi, para pengunjung bisa merasakan suasananya yang misterius. Perasaan asik dan dingin menyelimuti tubuh karena suhu udara yang semakin dingin saat kita semakin mendekati matahari terbit. Semakin tinggi kita naik, semakin jelas kita bisa melihat pemandangan indah sekitar.

3. Bersepeda Menembus Pedesaan di Bukit Bintang


Bukit Bintang

Untuk kamu yang suka bersepeda, perjalanan mengelilingi Bukit Bintang sangat cocok dilakukan. Perjalanan seru menyusuri pedesaan memancarkan keindahan alam yang menyejukkan mata. Kamu akan melewati areal persawahan, pantai, hutan bambu, serta kebun edelweis yang berada di puncak Bukit Bintang. Ditambah lagi, ada juga banyak spot foto yang dapat dijadikan bukti kegiatan seru dengan teman-teman kamu.

4. Menjelajahi Kekayaan Alam Gunung Merapi dengan Jeep Offroad


Jeep Offroad

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mengelilingi keindahan Gunung Merapi. Wisatawan bisa menjelajahi kawasan Merapi dengan jeep offroad. Perjalanan ini menawarkan sensasi yang luar biasa. Para wisatawan bisa merasakan menjelajahi alam liar dan jalanan menantang dengan kecepatan dan keampuhan si Jeep.

5. Menjadi Petani Padi di Kebun Pisang Gedangsari


Kebun Pisang Gedangsari

Jika kamu bosan berwisata dengan kegiatan yang serba aktif dan ingin merasakan kegiatan yang santai, kamu bisa mencoba menjadi petani padi di Kebun Pisang Gedangsari. Di Kebun ini kamu diberi kesempatan untuk mempelajari semua tahapan dari pengolahan tanaman padi mulai dari penanaman, pemupukan, hingga panen. Selama berada di sana, kamu juga dapat menyusuri daerah sekitar dan menikmati suasana kebun pisang yang hijau dan asri, mencoba menikmati durian sehingga kaki dan seluruh badanmu pasti terasa sangat lelah, tapi kamu akan merasa sayang untuk meninggalkan tempat ini.

Wisata Aktifitas di Jogja menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya. Kota Jogja merupakan kota yang selalu menawarkan keindahan alam dan kegiatan yang menyenangkan. Terdapat banyak ragam wisata yang menarik untuk diexplore di Jogja. Pastikan anda menyiapkan tenaga dan semangat karena Eksplorasi Jogja pasti membutuhkan banyak sekali tenaga

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button