Ragam Kuliner di Jalan Malioboro Yogyakarta

Makanan Khas Jogja di Malioboro


Makanan Khas Jogja di Malioboro

Kota Jogja memang tak lengkap rasanya jika tak mencoba kuliner khasannya. Nah, jika kamu ingin mencicipi makanan khas Jogja, kamu bisa berkunjung ke Malioboro. Kawasan yang dikenal dengan pusat perbelanjaan murah meriah ini ternyata juga menyimpan banyak kuliner enak yang bisa kamu cicipi. Yuk, simak beberapa di antaranya!

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Salah satu kuliner yang paling terkenal di Jogja adalah Gudeg. Dan di Malioboro, kamu bisa menemukan Gudeg Pawon yang sudah legendaris. Sejak tahun 1958, Gudeg Pawon sudah berdiri dan menjadi salah satu tempat makan wajib di Jogja. Kuliner khas ini adalah olahan nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa. Selain itu, kamu juga bisa memilih aneka lauk seperti ayam atau tempe untuk menambah cita rasa.

Tokyo Bubble Drink

Tokyo Bubble Drink

Tak hanya kuliner tradisional, Jogja juga memiliki kuliner modern yang juga enak. Misalnya, Tokyo Bubble Drink. Minuman ini berasal dari Taiwan yang menggabungkan antara teh dan bubble. Di Malioboro, kamu bisa menjumpai toko minuman ini di depan Hotel Grand Zuri Malioboro. Kamu bisa memilih berbagai varian rasa seperti greentea latte, taro milk tea, dan masih banyak lagi.

Jamila Stall

Jamila Stall

Di Malioboro, kamu juga bisa mencoba sate yang legendaris di Stall Jamila. Ya, sate yang dinamakan “sate bawah pohon” ini memang sudah terkenal sejak tahun 1960-an. Uniknya, sate ini dijual di bawah pohon di tepi jalan Malioboro. Dalam satu tusuk, terdapat lima potong daging dan kamu bisa memilih sate ayam atau sate kambing yang disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Selain itu, stall ini juga menyajikan nasi goreng dan mie goreng yang bikin ingin mencoba lagi setelah kali pertama mencicipi.

Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon

Jika kamu penyuka makanan pedas, maka tak boleh melewatkan Oseng Mercon Bu Narti. Makanan ini dijamin pedasnya bikin kamu terpukau. Meskipun pedas, tapi rasa rempahnya tetap terasa. Di Malioboro, kamu bisa mencicipi kuliner ini di Jalan Suryowijayan no 9. Namun, jangan khawatir, ada juga varian level pedas yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu.

Es Dawet Telasih Lai-Lai

Es Dawet Telasih Lai-Lai

Terakhir, kuliner yang juga paling asyik untuk dinikmati di Malioboro adalah Es Dawet Telasih Lai-Lai. Es Dawet ini memang sudah ada sejak lama dan masih terus ramai pengunjung hingga sekarang. Satu porsi Es Dawet ini berisi berbagai macam rasa seperti ketan hitam, kolang-kaling, dan tentunya kelapa muda. Selain itu, kamu juga bisa memilih topping seperti kacang hijau atau cincau. Nyamannya, kamu juga bisa memesan Es Dawet ini dalam bola lampu menarik yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh

Jadi, itulah beberapa makanan khas Jogja yang bisa kamu cicipi di area Malioboro. Selamat mencoba!

Jajanan Tradisional yang Wajib Dicoba di Malioboro


Gudeg Jogja Malioboro

Malioboro memang menjadi destinasi kuliner yang paling diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Hal ini tak lepas dari banyaknya ragam jajanan tradisional yang dapat ditemukan dan dicoba di Malioboro. Sudah banyak loh wisatawan dalam maupun luar negeri yang menjadikan kuliner Malioboro sebagai menu wajib saat berkunjung ke Jogja. Berikut adalah beberapa jajanan tradisional yang wajib kamu coba di Malioboro.

Gudeg


Gudeg Jogja

Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jogja tanpa mencoba gudeg. Ya, gudeg memang menjadi salah satu makanan khas Jogja. Bisa ditemukan di banyak tempat, tapi rasanya takkan lengkap bila belum mencoba yang ada di Malioboro. Gudeg di Malioboro biasanya disajikan dengan berbagai variasi lauk seperti ayam kampung, empal, tempe, telur dan sambal krecek. Harganya juga bervariasi mulai Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per porsi tergantung jenis lauk yang dipilih.

Bakpia


Bakpia Jogja

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogja yang biasanya diburu oleh para wisatawan. Rasanya yang lezat dan unik membuat bakpia selalu menjadi favorit banyak orang. Terdapat beragam jenis bakpia di Malioboro, seperti rasa kacang hijau, coklat, keju dan lainnya. Harga satu bungkus bakpia mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 tergantung isian dan kualitasnya.

Wedang Ronde


Wedang Ronde Jogja

Malam yang dingin di Malioboro terasa lebih hangat bila kamu mencoba minuman tradisional Jogja yang menghangatkan, yaitu Wedang Ronde. Bahan utama dari wedang ronde ini adalah tepung ketan putih yang dibentuk bulat kecil-kecil. Bulatan ketan ini diisi dengan kacang hijau dan disajikan dalam kuah jahe yang hangat. Rasanya manis dan legit. Kamu bisa menemukan wedang ronde di kios-kios pinggir jalan dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

Sate Klatak


Sate Klatak Jogja

Sate Klatak adalah sate kambing yang dipanggang dengan api terbuka pada alat pemanggang khusus yang dinamakan klathak dari kayu bakar. Makanan yang satu ini sangat terkenal di Malioboro karena rasanya yang unik dan gurih. Sate Klatak di Malioboro biasanya dihidangkan dengan nasi putih, sambal, dan irisan mentimun segar. Harganya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 30.000 tergantung dari jumlah tusuk yang dipesan.

Cenil


Cenil Jogja

Cenil adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang dikukus dan diaduk dengan kelapa parut. Rasanya manis dan lembut, dengan tekstur yang kenyal dan sedikit kenyal. Cenil sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sore hari saat berkeliling di Malioboro. Harga satu porsi cenil ini cukup murah, hanya sekitar Rp 7.000.

Nah, itulah beberapa jajanan tradisional yang wajib dicoba di Malioboro. Selain enak, harganya juga sangat terjangkau. Jangan lupa kunjungi Malioboro saat kamu berada di Jogja ya! Happy culinary!

Tempat Makan Murah Meriah di Malioboro


warung makan di malioboro

Jogja terkenal dengan kelezatan kuliner khasnya, dan satu tempat di Jogja yang merupakan surganya makanan adalah jalan Malioboro. Di jalan ini terdapat banyak sekali tempat makan yang menyajikan makanan enak dengan harga terjangkau. Berikut ini beberapa tempat makan murah meriah di Malioboro yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Jogja:

Warung Makan Bu Wiryo


Warung Makan Bu Wiryo

Warung makan Bu Wiryo merupakan salah satu warung makan legendaris di Malioboro. Warung makan ini sudah buka sejak tahun 1950-an dan menjadi favorit wisatawan dari dulu hingga sekarang. Meskipun harganya murah meriah, tapi makanan yang disajikan sangat enak dan rasanya autentik.

Menunya sangat bervariasi, mulai dari nasi campur, soto ayam, nasi goreng, bakmi goreng dan banyak lagi. Namun, yang menjadi favorit pengunjung adalah soto ayam Bu Wiryo yang memiliki kuah yang gurih dan daging ayam yang empuk. Dengan harga yang hanya sekitar Rp 20.000,- kamu sudah bisa makan sampai kenyang di sini.

Warung Makan Bu Ageng


Warung Makan Bu Ageng

Warung Makan Bu Ageng adalah salah satu tempat makan yang terkenal dengan masakannya yang lezat di Malioboro. Warung makan ini menyediakan berbagai macam masakan Jawa seperti nasi campur, pecel lele, gudeg, dan tentunya soto ayam. Soto ayam disini memiliki rasa yang autentik dan terasa sangat nikmat dipadukan dengan perasan jeruk nipis dan sambal. Selain itu, makanan yang disajikan juga disajikan secara cukup banyak dengan harga yang terjangkau, hanya sekitar Rp 20.000,- kamu sudah bisa menikmati sajian di tempat makan ini.

Warung Makan Kranggan


Warung Makan Kranggan

Kalau kamu pecinta kuliner pedas, warung makan Kranggan bisa menjadi pilihanmu. Warung makan ini terkenal dengan menu pedasnya yang sudah menjadi andalan. Menu yang paling banyak dicari oleh pengunjung adalah pecel lele yang disajikan dengan sambal yang sangat pedas. Namun jangan khawatir bagi kamu yang tidak suka pedas, warung makan ini juga menyediakan menu yang lebih ringan dan juga enak.

Harga makanan di warung makan Kranggan cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 20.000,- kamu sudah bisa menikmati menu-menu yang disajikan di sini.

Itulah tiga tempat makan murah meriah yang bisa kamu coba di Malioboro saat berkunjung ke Jogja. Selamat menikmati sajian kuliner Jogja!

Rekomendasi Restoran Sederhana di Malioboro yang Rasanya Wah!


Jajanan di Malioboro

Malioboro adalah tempat wisata yang populer di Yogyakarta. Selain berbelanja di kios-kios pedagang kaki lima dan pusat perbelanjaan modern, kuliner khas Jogja juga menjadi daya tarik utama untuk wisatawan yang berkunjung ke Malioboro. Berikut adalah rekomendasi restoran sederhana di Malioboro yang rasanya wah!

Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg Pawon di Malioboro bukanlah restoran mewah, tapi restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta makanan khas Jogja. Gudeg Pawon terkenal dengan menu andalannya yaitu gudeg yang dimasak menggunakan tungku api kayu bakar. Rasa gudegnya nagih banget dan rasanya berbeda dengan gudeg di tempat lain. Selain gudeg, ada juga menu sampingan seperti telur pindang dan ayam goreng. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp25.000- Rp30.000 per porsi.

Tempo Gelato Yogyakarta


Tempo Gelato Yogyakarta

Tempo Gelato Yogyakarta adalah toko es krim yang terletak di Jalan Malioboro. Tempo Gelato memiliki berbagai varian rasa es krim yang cukup unik, seperti es krim rasa avocado, stroberi, dan coklat. Varian rasa es krim yang berbeda ini membuat Tempo Gelato jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Malioboro. Selain es krim, Tempo Gelato juga menjual yoghurt dengan topping buah segar yang nikmat.

Gado-Gado Pak Pangat


Jajanan Kaki Lima

Kamu penggemar makanan vegetarian? Jangan lewatkan restoran Gado-Gado Pak Pangat di Malioboro. Restoran yang berada di dekat kompleks Malioboro Mall ini menyajikan menu makanan nusantara dengan paduan sayur-sayuran dan bumbu yang khas. Menu yang wajib kamu coba di sini adalah gado-gado, terlebih lagi kalau kamu suka makanan yang pedas. Harga menu di tempat ini pun cukup murah, sekitar Rp10.000- Rp15.000 per porsi.

Nasi Kucing Bu Wartini


Warung Nasi

Berada di dekat stasiun Tugu, Nasi Kucing Bu Wartini menjadi tempat makan paling populer di Malioboro. Meskipun hanya sebuah warung kecil, namun Nasi Kucing Bu Wartini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena kelezatan nasi kucing yang dijajakan di sini. Nasi kucing yang disajikan di sini punya varian rasa yang beragam, mulai dari ayam hingga sambal ikan teri. Satu porsi nasi kucing dijual dengan harga Rp2.000- Rp5.000 saja.

Tahu Telur Pak Joko


Tahu Tek

Tahu Telur Pak Joko juga termasuk salah satu jajanan khas Yogyakarta yang bisa kamu nikmati di Malioboro. Pedagang tahu telur yang satu ini sudah berjualan sejak tahun 90-an. Tekstur tahu yang lembut sangat cocok dengan telur dadar yang crispy. Ditambah dengan saus kacang yang kental dan rasa manis, tahu telur Pak Joko jadi jajanan yang sangat disukai oleh wisatawan. Harga satu porsi tahu telur di sini sekitar Rp10.000- Rp15.000.

Enaknya Kuliner di Jogja: Wisata Kuliner yang Bikin Lidah…

Warung Sate Sapi Pak Pong Jogja tak hanya terkenal dengan keindahan bicaranya, namun juga terkenal akan wisata kuliner di setiap sudutnya. Namanya saja pernah...
Ar Rayan Alif
7 min read

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya...
Ar Rayan Alif
5 min read

Menikmati Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah

Keunikan Instagram Wisata Kuliner Jogja Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat kaya akan kuliner. Ada banyak makanan khas Jogja yang menjadi tujuan...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *