Kuliner

Kuliner Jogja: Menikmati Kelezatan Bakmi

Sejarah Bakmi di Jogja


Bakmi Jogja

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Budaya tersebut juga diwariskan pada makanannya. Salah satunya adalah bakmi, sejenis mie yang diolah dengan bumbu khas Jogja secara tradisional. Menurut sejarah, Bakmi Jogja telah ada sejak masa penjajahan Belanda. Bakmi ini diolah oleh pedagang Cina yang bermukim di kawasan Wijilan, Jogja. Kelezatan bakmi tersebut membuat bakmi Jogja semakin populer dan menjadi ikon makanan kota Jogja.

Terdapat beberapa cerita yang menceritakan asal usul bakmi Jogja. Salah satunya adalah ketika seorang pedagang Cina membawa resep bakmi dari negeri asalnya ke Jogja. Dia kemudian mulai memasarkan bakmi dengan resep aslinya, namun mengalami kegagalan karena bumbu yang digunakan tidak cocok dengan lidah orang Jawa. Kemudian dia mencoba menyesuaikan bumbu dengan lidah orang Jawa dan menciptakan varian baru, yaitu Bakmi Jogja. Bakmi Jogja yang dibuat dengan bumbu tradisional yang khas tersebut kemudian menjadi sangat populer.

Sementara itu, menurut sejarah lainnya, Bakmi Jogja adalah hasil inovasi dari pemilik sebuah rumah makan di Kampung Ketandan, Jogja pada tahun 1940-an. Rumah makan tersebut dikelola oleh seorang Cina yang menikah dengan wanita Jawa. Akibat pernikahan tersebut, rumah makan tersebut membuat sentuhan baru pada resep. Bakmi yang awalnya menggunakan bumbu pedas dengan saus tiram diubah menjadi bumbu yang lebih ringan dengan aroma harum bawang putih. Bumbu tersebut sangat cocok dengan lidah orang Jawa dan membuat Bakmi Jogja terkenal hingga saat ini.

Kini, Bakmi Jogja telah menjadi ikon kuliner kota Jogja dan menjadi makanan yang wajib dicoba bagi siapa saja yang berkunjung ke kota tersebut. Walaupun saat ini banyak rumah makan yang memasarkan bakmi, bakmi Jogja tradisional diolah dengan cara yang sama seperti dulu, sehingga tetap mempertahankan cita rasa asli yang unik dan lezat.

Variasi Bakmi Jogja yang Wajib Dicoba


Bakmi Godok Jogja

Bakmi Godok Jogja merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Jogja. Bakmi godok ini adalah bakmi yang dilapis dengan kuah kaldu ayam yang gurih. Tak hanya itu, biasanya bakmi godok disajikan dengan tambahan sayuran segar seperti sawi hijau, rebung, tauge, dan juga irisan daging ayam. Tak heran jika bakmi godok ini selalu laris dijual pada pagi hari sebagai sarapan. Salah satu tempat yang menyajikan bakmi godok Jogja yang wajib kalian coba adalah Bakmi Pak Pele. Rasanya akan membuatmu kembali ke tempat itu lagi dan lagi.

Bakmi Sampingan Mangkok Jogja

Bakmi Sampingan Mangkok Jogja adalah salah satu varian bakmi yang cukup unik. Bakmi ini disajikan dalam mangkuk dan tidak disajikan dalam piring. Selain itu, Bakmi Sampingan Mangkok Jogja porsinya juga kecil dan cocok untuk kamu yang sedang diet ataupun tidak ingin makan berlebihan. Biasanya bakmi ini diberi tambahan kikil sapi yang empuk dengan kuah yang gurih. Salah satu tempat yang wajib kalian coba untuk mencicipi Bakmi Sampingan Mangkok Jogja ini adalah Bakmi Pak Bari.

Bakmi Jowo Jogja

Selain Bakmi Godok Jogja dan Bakmi Sampingan Mangkok Jogja, masih ada varian lain yaitu Bakmi Jowo Jogja. Bakmi Jowo Jogja mirip dengan Bakmi Godok Jogja, hanya saja Kuah kaldu ayamnya sedikit berbeda. Kaldu ayam pada Bakmi Jowo Jogja lebih padat dan kental. Biasanya varian ini disajikan dengan tambahan irisan daging ayam yang lembut, telur ceplok, dan tauge. Salah satu tempat wisata kuliner yang menyajikan Bakmi Jowo Jogja yang wajib kalian coba adalah Bakmi Jendral Sudirman yang telah ada sejak tahun 1960 an.

Bakmi Unyil Jogja

Terakhir, varian bakmi Jogja yang wajib kalian coba adalah Bakmi Unyil Jogja. Sesuai dengan namanya, Bakmi Unyil Jogja memiliki ukuran yang kecil dan cocok untuk dijadikan camilan. Biasanya Bakmi Unyil disajikan kering dengan taburan juga bahan-bahan lain seperti bihun goreng, irisan daging ayam, telur ceplok, dan sayuran segar. Salah satu tempat yang wajib kalian coba untuk mencicipi Bakmi Unyil Jogja ini adalah Basreng Bakmi Unyil Pak Gendut yang berada di jalan Seturan.

Baca Juga :   kuliner jogja pedas

Tempat Makan Bakmi Terenak di Jogja


Kuliner Jogja Bakmi

Yogyakarta adalah kota yang dikenal dengan beragam makanannya. Salah satunya adalah bakmi yang menjadi hidangan favorit di seluruh Indonesia. Tidak heran jika mudah ditemukan tempat makan bakmi terenak di Jogja. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan bakmi terenak di Jogja yang patut dicoba.

Bakmi Jawa Pak Pele


Bakmi Jawa Pak Pele

Bakmi Jawa Pak Pele adalah tempat makan bakmi terenak yang sudah terkenal di Jogja sejak lama. Kelezatan bakmi di tempat ini sudah melegenda, dan sangat disukai oleh masyarakat Jogja dan sekitarnya. Bakmi Jawa Pak Pele terkenal dengan bakminya yang lembut dan rasanya yang luar biasa enak.

Di sini kamu bisa memilih bakmi goreng atau bakmi kuah yang disajikan dengan ayam, daging sapi, atau jeroan. Jangan lupa untuk mencicipi bakmi spesial keju Pak Pele, selain bakminya disajikan dengan keju cheddar, masih ada topping daging sapi yang di atas bakmi sehingga rasanya semakin lezat. Bakmi Jawa Pak Pele bisa kamu temukan di Jalan D.I. Panjaitan No.29, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

Bakmi Mbah Gito


Bakmi Mbah Gito

Tempat makan bakmi terenak di Jogja selanjutnya adalah Bakmi Mbah Gito. Bakmi yang disajikan di sini juga sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar. Bakmi Mbah Gito buka sejak pagi hari, jadi kamu bisa menikmati bakmi sebagai sarapan. Bakmi di sini disajikan dengan kuah yang gurih dan topping empuk seperti daging sapi atau ayam.

Bakmi Mbah Gito memiliki harga yang terjangkau, sehingga sangat ramah untuk dijadikan tempat makan sehari-hari. Lokasinya berada di Jalan Mrican Baru No.13, Karangwaru, Caturtunggal, Depok, Sleman, DI Yogyakarta.

Bakmi Pak Pele Jalan Gejayan


Bakmi Pak Pele Jalan Gejayan

Selain Bakmi Jawa Pak Pele, Pak Pele juga membuka cabang di Jalan Gejayan. Siapa sangka, bakmi di cabang baru ini tidak kalah lezat dari cabang asli di Jalan DI. Panjaitan. Bakmi yang disajikan di sini tidak jauh berbeda dari Bakmi Jawa Pak Pele, memiliki rasa yang sangat enak, kuah yang gurih, dan daging yang empuk.

Tempat makan bakmi terenak di Jogja yang satu ini memiliki lokasi yang lebih strategis, karena berada di pusat kota. Kamu bisa menemukan Bakmi Pak Pele Gejayan di Jalan Gejayan No.37, Caturtunggal, Depok Sub-District, Sleman, DI Yogyakarta.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan bakmi terenak di Jogja yang patut kamu coba. Masing-masing tempat makan memiliki kelezatan bakmi yang berbeda, sehingga kamu bisa mencoba semuanya untuk memilih yang paling sesuai dengan selera kamu.

Tekstur dan Rasa Bakmi Jogja yang Berbeda dari Lainnya


Bakmi Jogja

Bakmi Jogja, kuliner legendaris dari Kota Yogyakarta yang tak pernah kehilangan pamornya. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang unik sangat berbeda dari bakmi lainnya di Indonesia. Dengan menggunakan mie yang lembut dan kenyal, serta bumbu yang khas, membuat Bakmi Jogja menjadi salah satu kuliner yang paling dicari oleh pecinta kuliner.

Salah satu faktor yang membuat Bakmi Jogja memiliki cita rasa yang unik adalah bumbu yang digunakan. Bumbu ini terdiri dari berbagai rempah-rempah yang diracik secara khusus oleh para pengolahnya. Beberapa rempah-rempah tersebut diantaranya seperti kecombrang, bawang putih, lengkuas, kunyit,jahe, dsb.

Baca Juga :   10 Kuliner Jogja yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Kota Gudeg

Bakmi Jogja

Di samping itu, proses pengolahan mie yang menggunakan air rebusan tulang ayam, sehingga membuat kuahnya kaya akan rasa. Akibatnya, mampu memberikan sensasi tersendiri ketika disantap.

Menariknya lagi, selain menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia, Bakmi Jogja juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu pemberian topping yang sangat banyak. Biasanya topping yang diberikan adalah irisan daging sapi, pangsit goreng, potongan ayam, tahu serta telur. Bakmi Jogja yang hangat ini lebih nikmat disajikan ketika disiram dengan kuah panas.

Tekstur mie yang kenyal dan lembut juga memberikan daya tarik tersendiri bagi para pecinta Bakmi Jogja. Banyaknya topping yang diberikan pada Bakmi Jogja juga membuat setiap gigitan tidak akan pernah merasa bosan.

Keberadaan Bakmi Jogja juga sangat mudah ditemukan di seluruh kota besar di Indonesia. Mulai dari restoran hingga warung pinggir jalan menjajakan kuliner legendaris ini. Hal ini membuat kuliner Bakmi Jogja menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak heran, bakmi Jogja menjadi kuliner wajib bagi para wisatawan yang mengunjungi Kota Gudeg ini.

Jadi, bagi kamu yang belum mencoba bakmi Jogja, yuk buruan cobain! Jangan sampai ketinggalan sensasi menggigit mie yang kenyal ini. Selamat mencoba!

Tips Memilih Bakmi Jogja yang Berkualitas Bagus


Bakmi Jogja

Kuliner yang satu ini sudah tak asing lagi bagi kalian yang pernah berkunjung ke Yogyakarta. Bakmi alias mie merupakan menu yang cukup populer di Jogja. Tak heran jika kuliner ini bisa dengan mudah ditemukan di warung-warung dan restoran di Jogja. Namun, kita tentu saja ingin mencicipi bakmi yang enak dan berkualitas, kan? Maka, simak tips memilih bakmi Jogja yang berkualitas bagus berikut ini:

1. Jenis bakmi

jenis bakmi

Setiap warung atau restoran bakmi memiliki jenis bakmi yang berbeda-beda. Ada bakmi tipis, sedang, tebal, pangsit, dan sebagainya. Tergantung pada preferensi masing-masing orang. Namun, jenis bakmi apa pun pilihannya, pastikan bakmi tersebut tepat matang, kenyal, dan tidak terlalu alot.

2. Kuah

kuah bakmi jogja

Konsumen tentu ingin disuguhkan bakmi dengan kuah yang gurih dan lezat. Namun, Anda juga harus pintar membedakan kuah yang berbahan dasar kaldu tulang atau kaldu ayam. Kuah kaldu tulang biasanya berwarna kecokelatan, sedangkan kaldu ayam berwarna jernih. Namun, keduanya biasanya sama-sama gurih. Jangan ragu untuk mencicipi kuahnya terlebih dahulu.

3. Topping

topping bakmi jogja

Mie Jogja lebih identik dengan toping pangsit, bakso, dan suwiran ayam. Namun, ada juga yang lebih suka menambahkan mie goreng, cakwe, atau potongan ayam ke dalamnya. Anda bisa memilih toping sesuai selera, namun pastikan semua toping tersebut terlihat segar dan berkualitas baik.

4. Kebersihan

kebersihan warung

Penting sekali untuk memperhatikan kebersihan tempat warung yang menjual bakmi. Pastikan warung tersebut terlihat rapi, bersih, dan bebas dari serangga atau tikus. Karena itu juga berarti tempat tersebut memperhatikan sanitasi dan kesehatan konsumen.

5. Harga

harga bakmi

Harga memang bukan patokan utama dalam memilih makanan. Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan harga bakmi Jogja yang Anda beli. Setiap warung tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Biasanya harga bakmi jogja berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi bakmi yang diberikan. Pastikan harga yang Anda bayarkan sepadan dengan porsi dan kualitas racikan bakmi tersebut.

Itulah tips memilih bakmi Jogja yang berkualitas bagus. Jangan sampai salah pilih tempat makan dan mendapatkan bakmi Jogja yang tidak sesuai dengan ekspektasi Anda. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button