Kuliner

Nikmati Sensasi Pedas Iga Bakar di Jogja

Sejarah Iga Bakar di Kuliner Jogja


Iga Bakar Jogja

Kota Yogyakarta, salah satu kota yang paling populer di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat wisata, dan tentunya kuliner yang lezat. Salah satu kuliner khas Jogja yang paling terkenal dan wajib dicoba adalah iga bakar. Iga bakar di Jogja sangat berbeda dengan iga bakar di tempat lain. Di sini, para pengunjung dapat menikmati iga panggang yang lezat dengan bumbu yang khas. Bagaimana sejarah iga bakar di kuliner Jogja? Mari kita ulas lebih lanjut.

Iga bakar pertama kali dijadikan sebagai menu oleh Mas Wiyono, yang merupakan penduduk asli kota Jogja. Beliau mulai menjual iga bakar pada tahun 1980-an di sebuah warung kecil di Jalan Kranggan. Seiring dengan waktu, ia semakin terkenal, dan akhirnya beliau memutuskan untuk membangun sebuah rumah makan khusus untuk menyajikan iga bakar lezatnya. Rumah makan itu diberi nama Bakmi Mbah Mo.

Dalam waktu yang singkat, Bakmi Mbah Mo menjadi tempat favorit bagi warga Jogja untuk menikmati iga bakar. Bahan utama iga bakar adalah iga sapi yang diolah dengan berbagai bumbu khas Jogja. Bumbu tersebut terdiri dari rempah-rempah yang dihaluskan dan dicampur dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, dan gula aren. Selain itu, iga bakar biasanya disajikan dengan sambal khas Jogja yang pedas dan nikmat, serta lalapan atau sayuran segar.

Kelezatan iga bakar di Jogja tidak hanya membuat warga setempat senang, tetapi juga menarik minat pengunjung dari luar kota. Seiring dengan populernya kuliner ini, banyak warung-warung kecil yang menjual iga bakar muncul di kota Jogja. Bahkan, para wisatawan yang mengunjungi kota ini pasti mencari-cari tempat makan yang menyajikan iga bakar.

Saat ini, iga bakar adalah salah satu kuliner paling terkenal di Jogja. Iga bakar bisa dibeli di banyak tempat, mulai dari warung kecil di pinggir jalan hingga restoran mewah. Namun, para pecinta iga bakar sejati pasti tahu bahwa Bakmi Mbah Mo masih menjadi tempat terbaik untuk menikmati iga bakar yang lezat dan nikmat.

Sekian artikel mengenai sejarah iga bakar di kuliner Jogja. Bagi Anda yang ingin mencoba iga bakar yang lezat ini, tidak ada salahnya untuk mencoba di Bakmi Mbah Mo yang pertama kali menyajikan iga bakar di Jogja dan menjadi tempat favorit untuk menikmati kuliner ini.

Tempat Makan Iga Bakar Terkenal di Jogja


Depot Setiawan Iga Bakar Jogja

Kuliner iga bakar memang sudah menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat Jogja. Hidangan daging iga yang setengah matang dan kecoklatan ini memang memberikan sensasi tersendiri bagi para pecintanya. Banyak sekali tempat makan iga bakar yang ada di Jogja, namun beberapa di antaranya merupakan tempat makan iga bakar yang cukup terkenal dan bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin mencoba cita rasa yang khas dari masakan iga bakar.

1. Depot Setiawan Iga Bakar Jogja
Depot Setiawan merupakan salah satu tempat makan iga bakar yang terkenal dan menjadi favorit para wisatawan ketika sedang berkunjung ke Jogja. Pengunjung bisa memilih untuk duduk di area indoor atau outdoor dan menikmati hidangan iga bakar dengan saus yang tidak terlalu pedas, namun tetap memberikan cita rasa yang lezat. Selain iga bakar, depot setiawan juga menyediakan menu lainnya seperti papeda, ikan bakar, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

2. Bakmi Mbah Mo
Nah, bagi kamu yang ingin menikmati iga bakar namun juga ingin mencoba menu lainnya, maka kamu bisa datang ke Bakmi Mbah Mo. Disini kamu bisa menikmati berbagai macam makanan seperti mie godog, mie jawa, mie goreng, nasi goreng, sop buntut, dan masih banyak lagi. Tetapi, yang paling direkomendasikan adalah iga bakarnya yang lezat dengan saus rahasia yang khas. Selain itu, Bakmi Mbah Mo juga memiliki dekorasi rumah joglo yang membuat suasana makan menjadi lebih menarik.

3. Iga Bakar Mr. One Jogja
Salah satu tempat makan iga bakar yang sedang populer di Jogja adalah Iga Bakar Mr. One. Tempat ini menyediakan iga sapi dengan potongan yang besar dan saus yang khas. Selain itu, kamu juga bisa menikmati lalapan dan sambal yang sangat lezat. Di tempat ini, pengunjung bisa memilih duduk di area indoor atau outdoor yang asri dan nyaman. Harganya juga terjangkau, sehingga pas untuk kantong mahasiswa.

Resep Rahasia Iga Bakar Lezat ala Kuliner Jogja


Iga Bakar Jogja

Kuliner Jogja yang sangat terkenal dan diminati oleh wisatawan yaitu Iga Bakar. Iga Bakar Jogja memiliki rasa yang khas dan lezat serta daging yang sangat empuk. Bagi pecinta kuliner, Iga Bakar Jogja jangan sampai terlewatkan untuk dicicipi.

Berikut ini adalah resep rahasia Iga Bakar lezat ala kuliner Jogja yang dapat dicoba di rumah:

1. Bahan-bahan:

– 1 kg iga sapi

– 5 siung bawang putih

– 2 lembar daun salam

– 3 lembar daun jeruk

– 2 cm jahe

– 2 sdm kecap manis

– 2 sdm kecap asin

– 1 sdt garam

– 1 sdt merica

– 2 sdt ketumbar

– 2 sdm minyak goreng

2. Cara Membuat:

– Pertama-tama, bersihkan iga dari lemak dan daging yang tidak bagus, kemudian lumuri iga dengan garam dan merica.

– Haluskan bawang putih, jahe, dan ketumbar lalu tumis hingga harum.

– Setelah itu, masukkan daun jeruk, daun salam, kecap manis, kecap asin, dan minyak goreng ke dalam tumisan bumbu, aduk rata hingga meresap.

– Kemudian, masukkan iga ke dalam bumbu yang sudah disiapkan, aduk rata lalu diamkan selama 30 menit hingga bumbu meresap ke daging.

– Setelah itu, bakar iga di atas bara api hingga matang. Bolak-balik hingga merata.

– Iga bakar Jogja siap disajikan bersama nasi hangat dan sambal.

3. Tips:

Tips Membuat Iga Bakar

Agar Iga Bakar Jogja semakin lezat dan empuk, ada beberapa tips yang perlu dilakukan:

– Pilih iga sapi dengan kualitas yang bagus dan daging yang segar.

– Jangan terlalu sering membolak-balik iga saat dibakar agar daging tetap empuk dan tidak rusak. Bolak-balik cukup 2-3 kali.

– Tutup panggangan selama proses pemanggangan, sehingga aroma bumbu lebih meresap ke dalam daging.

– Selama proses merendam dengan bumbu, simpan iga di dalam lemari es agar bumbu lebih meresap ke dalam daging.

Sekian resep rahasia Iga Bakar lezat ala kuliner Jogja beserta tips yang perlu dilakukan. Semoga bisa membuat Iga Bakar jogja yang lezat di rumah dan menikmatinya bersama keluarga.

Paduan Iga Bakar dengan Lauk Pendamping yang Pas


Jogja Iga Bakar

Kuliner Jogja iga bakar memang begitu terkenal dan nikmat terutama di malam hari. Tidak hanya iga bakar, tetapi juga sajian pendamping yang layak dicicipi. Dan kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi lauk pendamping yang cocok dengan iga bakar.

1. Nasi Putih


nasi putih

Lauk pendamping yang pertama ini sangatlah pas dengan iga bakar. Nasi putih yang lembut serta gurih dapat menjadi teman yang sangat pas dengan iga bakarmu.

2. Sambal Terasi


Sambal Terasi jogja

Bagi kamu yang suka makanan pedas, sambal terasi hijau Jogja yang segar dengan cabe rawit segar dan aroma kecap manis dapat menambah nikmat pada hidanganmu.

3. Sayur Asem


Sayur Asem

Sayur asem yang asam segar dengan sedikit pedas sangat cocok dengan rasa manis dan gurih iga bakar. Nikmatilah dengannya untuk memberikan sensasi terbaik saat makan.

4. Tempe Mendoan


tempe mendoan jogja

Lauk pendamping yang terakhir adalah tempe mendoan Jogja yang tepungnya renyah dan gurih. Sensasi gurihnya dapat melengkapi iga bakar yang melimpah rasa. Seperti makanan lainnya, tempe mendoan akan sangat enak dinikmati bersama keluarga dan pasanganmu.

5. Es Kelapa Muda


Es Kelapa Muda jogja

Dan yang terakhir, untuk menambah kesegaran pada hidanganmu, es kelapa muda dingin dapat menjadi sajian yang cocok untuk menyeimbangkan rasa pedas dan gurih pada iga bakar. Es kelapa muda Jogja selalu menjadi hidangan penutup yang cocok pada malam hari yang panas.

Demikianlah beberapa rekomendasi lauk pendamping yang cocok dengan kuliner Jogja iga bakar. Semarakan acara makan keluarga dan teman dengan menikmati kuliner Jogja iga bakar dengan sajian yang pas untuk menikmatinya.

Pengalaman Unik Makan Iga Bakar di Jogja


iga bakar jogja

Jogja dikenal sebagai kota kuliner yang menawarkan beragam variasi makanan enak. Salah satu makanan yang wajib dicoba adalah iga bakar. Di Jogja, kita dapat menikmati iga bakar dengan bumbu yang khas dan tentunya dengan cara yang unik. Berikut ini adalah beberapa pengalaman unik yang dapat kita rasakan saat menikmati iga bakar di Jogja.

1. Menikmati Sajian Iga Bakar dengan View Pemandangan Kota Jogja


iga bakar jogja

Saat menikmati iga bakar di Jogja, kita dapat merasakan pengalaman unik dengan menikmatinya dengan view pemandangan Kota Jogja. Salah satu tempat yang menawarkan iga bakar dengan view pemandangan Kota Jogja adalah di Lokal Cafe Rooftop. Terletak di jantung kota Jogja, rooftop yang berada di gedung Radja Ips Kusumanegara ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dari ketinggian. Ditemani dengan sajian iga bakar yang lezat, kita dapat menikmati view kota Jogja yang menawan.

2. Iga Bakar Ala Sate


iga bakar jogja

Tidak hanya steak yang dapat dinikmati dengan cara dipotong kecil-kecil seperti sate, iga bakar pun dapat dinikmati dengan cara yang serupa. Iga bakar ala sate di Jogja umumnya dijual di warung pinggir jalan dan memiliki tekstur yang empuk, ditambah dengan bumbu kecap yang istimewa.

3. Iga Bakar Sambalijo


iga bakar jogja

Sambalijo bukanlah sembarang sambal, sambal ini tersaji di atas iga bakar. Sambalijo terkenal dengan kepedasan yang pas, menghasilkan perpaduan rasa pedas dan manis. Sajian ini dapat kita jumpai di warung-warung makan di Jogja. Selain iga bakar, sambalijo juga bisa disajikan dengan beragam makanan lain, seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan masih banyak lagi.

4. Iga Bakar di Pusat Keramaian Malioboro


iga bakar jogja

Bagi kami yang ingin menikmati iga bakar dengan harga yang terjangkau, kita bisa mencarinya di Malioboro. Sambil menikmati wangi bunga cengkeh di udara, kita bisa menikmati iga bakar sambil duduk di pinggir trotoar Malioboro. Terdapat beragam warung kecil yang menyajikan iga bakar dengan saus kecap yang gurih dan nikmat.

5. Menyantap Iga Bakar di Restoran dengan Teras Hijau


iga bakar jogja

Menyantap iga bakar di restoran dengan teras hijau menambah sensasi tersendiri saat menikmati makanan. Saat siang hari, sinar matahari berpadu dengan hijau hijauan pohon, menenangkan mata setelah berjalan-jalan seharian. Suasana yang nyaman ini dapat kita rasakan di Sizzling Stone. Restoran yang menawarkan iga bakar dengan cita rasa dan tampilan yang menarik ini, memiliki teras hijau yang luas dan asri.

Itulah beberapa pengalaman unik yang dapat kita rasakan saat menikmati iga bakar di Jogja. Makanan satu ini memang dapat memanjakan selera dengan citarasa dan tekstur daging yang enak dan nikmat. Kita dapat mencoba beragam variasi iga bakar dari warung-warung dan restoran di Jogja. Jangan lupa, nikmati iga bakar dengan cara yang unik untuk menambah serunya liburan di kota Jogja.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button