Wisata

Menikmati Keindahan Jogja dengan Berbagai Wisata Viral

Gunung Kidul: Surga Wisata Alam di Jogja


Gunung Kidul Jogja

Jogja memang terkenal sebagai kota yang indah dan penuh keindahan. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam, semuanya bisa kamu temukan di sini. Namun, dari sekian banyak wisata yang ada di Jogja, Gunung Kidul menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler dan terfavorit. Gunung Kidul merupakan sebuah kabupaten yang terletak di bagian selatan Yogyakarta dan memiliki banyak banget destinasi wisata yang layak untuk dicoba.

Untuk kamu yang mencari petualangan wisata, Gunung Kidul adalah pilihan yang sangat tepat. Ada banyak sekali spot wisata alam yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari Pantai Indrayanti, Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Nglambor, hingga Sungai Oyo.

Pantai Indrayanti adalah pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul. Pantai yang satu ini memiliki pasir putih yang sangat lembut dan laut yang sangat jernih. Pemandangan alamnya juga indah banget, bikin hati kamu tenang dan nyaman. Kalau kamu ingin sekalian menjelajah spot wisata lainnya, kamu bisa memilih untuk naik jeep wisata dan menjelajah pedesaan yang ada di sekitar pantai.

Kalau kamu ingin merasakan sensasi menyusuri goa, kamu bisa mencoba untuk datang ke Goa Pindul. Goa yang satu ini populer banget di Jogja dan memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Di sini, kamu bisa menjelajah goa dengan menggunakan ban pelampung. Selama kurang lebih 1 jam kamu bisa menyusuri goa dengan pemandangan yang sangat indah dan segarnya air sungai yang ada di dalam goa.

Tidak jauh dari Goa Pindul, ada Air Terjun Sri Gethuk yang juga sangat popular di Gunung Kidul. Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki ketinggian kurang lebih 12 meter dan airnya yang sangat dingin. Karena letak air terjun ini cukup tersembunyi, kamu harus menuruni anak tangga yang cukup curam untuk sampai ke air terjun. Tapi, kalau sudah sampai di sana, rasanya semua lelah kamu akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah dan sejuk.

Pantai Nglambor juga tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Pantai yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki dua lokasi pantai yang berdekatan namun terpisah oleh sebuah bukit kecil. Pantai yang satu menjadi tempat berenang para pengunjung, sedangkan pantai yang lain biasanya digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan alamnya yang indah.

Terakhir, ada Sungai Oyo yang juga banyak menjadi pilihan para wisatawan yang mengunjungi Gunung Kidul. Sungai yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka menjelajah alam dan mendapatkan pengalaman baru. Kamu bisa menyusuri sungai menggunakan ban pelampung dan menikmati segarnya air sungai sambil menikmati pemandangan indah sepanjang sungai.

Jangan sampai kamu ketinggalan pengalaman untuk menjelajah Gunung Kidul, Surganya Wisata Alam di Jogja.

Keunikan Wisata Jogja Viral yang Menarik Perhatian Wisatawan


Wisata Jogja Viral

Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Di samping itu, Jogja juga mempunyai tempat-tempat wisata yang viral dan menarik perhatian wisatawan. Berikut adalah beberapa keunikan wisata Jogja viral yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu untuk berwisata:

Taman Sari Jogja

1. Taman Sari

Taman Sari adalah sebuah situs sejarah yang berada di Yogyakarta. Taman Sari dulunya adalah tempat peristirahatan dan hiburan Sultan pada masa dahulu. Di sana, wisatawan bisa melihat bangunan-bangunan peninggalan sejarah seperti Gedung Cepuri, Pasarean Ledok Sari, dan Sumur Gumuling.

Pantai Parangkusumo

2. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo adalah pantai yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata Jogja viral karena keindahan alamnya yang masih alami salah satunya adalah ombak besar yang terus menghantam pantai sehingga menjadi spot surfing favorit. Selain itu, suasana malam di Pantai Parangkusuma cukup menarik, terdapat banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati malam car free day.

Baca Juga :   Wisata Jogja Terbaru 2023: Destinasi Seru yang Harus Dikunjungi

Candi Prambanan

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata Jogja viral yang tidak boleh kamu lewatkan. Candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Prambanan dikenal dengan sebutan Candi Rara Jonggrang yang merupakan warisan budaya dan sebagai salah satu candi terbesar di Asia Tenggara, merupakan bangunan peninggalan sejarah zaman kerajaan di Jawa.

Tirta Gangga

4. Tirta Gangga

Tirta Gangga merupakan sebuah kolam renang bawah tanah yang terletak di Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata Jogja viral satu ini cocok bagi kamu yang suka dengan aktivitas air seperti berenang atau sekedar berendam. Kolam renang tersebut terhubung oleh saluran air yang membuat suasana menjadi lebih unik dan menarik.

Candi Ijo

5. Candi Ijo

Candi Ijo adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Dusun Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Ijo menjadi salah satu tempat wisata Jogja viral karena letaknya yang berada di atas bukit sehingga kita bisa melihat pemandangan Jogja yang indah. Terdapat tidak hanya satu bangunan candi, namun juga terdapat beberapa bangunan lain yang berhubungan dengan kegiatan ritual peribadatan yang dilakukan pada zaman kerajaan Hindu-Mataram.

Itulah beberapa keunikan wisata Jogja viral yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berwisata di Jogja. Apakah kamu ingin menjelajahi sejarah dan keindahan pantai yang indah? Semua ada di Jogja. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata ke kota pelajar ini. Selamat berlibur!

1. Berwisata ke Pantai Wediombo


Pantai Wediombo

Pantai Wediombo adalah tempat wisata yang saat ini sedang viral di Jogja. Pantai ini memiliki pesona alam yang cantik dan indah. Pasir putih yang bersih dan laut biru yang jernih menjadikan Pantai Wediombo sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika liburan di Jogja.

Jarak antara Pantai Wediombo dan Kota Jogja sekitar 50 km. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, kamu bisa menempuh perjalan dengan naik motor atau mobil dengan biaya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per orang.

2. Menikmati Keindahan Bukit Bintang


Bukit Bintang

Bukit Bintang menjadi destinasi wisata yang punya pemandangan istimewa untuk kamu yang ingin mendapatkan sunset dan sunrise. Kamu bisa melihat kota Jogja dari ketinggian yang memukau. Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengunjungi Hutan Pinus Pengger sebagai tempat untuk bersantai dan bersantai menikmati alam.

Untuk berkunjung ke Bukit Bintang, kamu dapat naik transportasi umum atau sewa motor atau mobil di Jogja. Biaya untuk menikmati Bukit Bintang tidak lebih dari Rp 15.000 per orang.

3. Menyusuri Kebun Buah Mangunan


Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan memiliki panorama alam yang sangat bagus. Kamu bisa melihat hijaunya perkebunan dan keindahan alam. Selain itu, kamu bisa menikmati buah-buahan yang segar dan nikmat dari kebun buah terbesar di Jogja.

Biaya untuk masuk ke Kebun Buah Mangunan adalah sekitar Rp 5.000 per orang. Kamu bisa menikmati waktu santai di sini dan merasakan segarnya alam sekitar.

4. Menyambangi Silver Studio


Silver Studio

Jika kamu ingin belajar membuat perhiasan, kamu bisa datang ke Silver Studio di Jogja. Silver Studio adalah sebuah toko perhiasan di Jogja yang mengajarkan cara membuat perhiasan secara langsung.

Biaya untuk belajar membuat perhiasan di Silver Studio hanya sekitar Rp 50.000 per orang, kamu sudah bisa belajar membuat perhiasan dengan desainmu sendiri dan membawa pulang hasil karya.

5. Berbelanja di Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan tempat berbelanja murah di Jogja. Kamu bisa menemukan berbagai macam benda seperti batik, kaos, hiasan dinding, dan benda-benda dengan harga yang bersahabat.

Selain berbelanja, kamu juga bisa menjelajahi kawasan sekitar Pasar Beringharjo yang kental dengan nuansa budaya Jawa. Biaya untuk berbelanja di Pasar Beringharjo tidak lebih dari Rp 100.000 per orang.

Penutup

Jogja memang selalu menawarkan wisata dengan budget yang terjangkau dengan tempat-tempat wisata yang indah dan menarik. Wisata-wisata di atas adalah destinasi wisata yang saat ini sedang viral di Jogja, dan kamu bisa menikmati keindahannya dengan budget yang tak terlalu banyak.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata Kekinian di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

Dengan memilih salah satu destinasi wisata di atas, kamu bisa memiliki pengalaman yang tak akan terlupakan ketika melancong di Jogja. Selamat berwisata!

Wisata Jogja Viral, Sarana Buat Melepas Penat dari Kegiatan Sehari-hari

Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Jogja Viral

Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan daya tarik bagi wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Apalagi sekarang, wisata Jogja viral menjadi topik hangat di media sosial. Banyak sekali tempat-tempat wisata menarik yang baru bermunculan dan menggugah rasa ingin tahu para wisatawan untuk mengunjunginya.

Salah satu tempat wisata Jogja viral adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun berlokasi di Kulon Progo ini punya pesona yang memukau dengan keindahan air terjun setinggi 30 meter yang jatuh dari ketinggian jurang batu kapur. Suara gemuruh dari air terjun ini membuat suasana menjadi semakin menenangkan sekaligus menyegarkan pikiran kita.

Untuk bisa mencapai air terjun ini, para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat asri dan sejuk, dari perkebunan kopi, sawah, sungai dan jembatan bambu yang menghampar. Jadi, sebelum tiba di air terjun, pengunjung sudah merasakan sensasi dan kesejukan suasana di setiap sudut perjalanan.

Di sekitar air terjun Kedung Pedut juga banyak dijumpai spot-spot foto Instagramable, seperti kursi-kursi kayu yang dipasang di samping aliran sungai. Suasana yang asri dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di spot-spot tersebut untuk berswafoto.

Kedung Pengilon Waterfall, Wisata Jogja Viral

Tempat wisata Jogja viral selanjutnya adalah Kedung Pengilon Waterfall yang berada di Dusun Girimulyo, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo. Dibandingkan dengan air terjun Kedung Pedut, Kedung Pengilon Waterfall lebih terpencil dan masih belum terlalu ramai. Terletak di dataran tinggi, sekitar 1.000 mdpl, air terjun setinggi sekitar 30 meter ini disebut-sebut sebagai salah satu air terjun terindah di Yogyakarta.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang biasanya airnya terjun dalam satu daerah, air terjun Kedung Pengilon memiliki 7 tingkatan air terjun dengan 7 kolam renang yang berbeda-beda. Setiap kolam renang memiliki kedalaman yang berbeda-beda sehingga pengunjung bisa memilih kolam renang yang sesuai dengan kemampuan berenangnya. Meskipun setiap kolam renang terlihat terpisah, sebenarnya airnya berasal dari satu sumber yang sama.

Untuk sampai di Kedung Pengilon Waterfall, kita harus menempuh perjalanan yang cukup menantang. Namun, perjalanan yang menantang ini tentu kelelahan terbayar dengan keindahan yang akan ditemui kemudian. Apalagi, pemandangan di sepanjang jalan juga sejuk dan asri, dari hamparan kebun teh sampai dengan pemandangan pegunungan Wisnu dan Roro.

Pantai Ngrumput, Wisata Jogja Viral

Bagi pencinta pantai, ada Pantai Ngrumput yang menjadi salah satu wisata Jogja viral. Pantai ini berlokasi di Bantul, tepatnya di Dusun Ngalangi, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtohargo. Pantai ini mempunyai pasir putih dan laut biru kehijauan yang sangat indah. Selain keindahan pantainya, Pantai Ngrumput juga tenar dengan Cliff Jumping.

Cliff jumping adalah olahraga memanjat tebing dan melompat ke laut. Di Pantai Ngrumput, para pengunjung yang suka olahraga ini bisa mencoba melakukan jumping dari ketinggian 5 hingga 10 meter. Tentunya, olahraga ini memerlukan nyali yang cukup berani.

Terakhir, tempat wisata Jogja viral yang tak kalah menarik adalah Bintang Hill. Bintang Hill merupakan bukit yang berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Bukit ini cukup populer di kalangan wisatawan karena menawarkan panorama sunset yang sangat cantik dan menakjubkan. Selain panorama sunset, Bintang Hill juga mempunyai 10 spot berbeda yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama disini.

Spot-spot tersebut antara lain hammock, sky bridge, tree house, love padlocks, rumah bunga dan lain-lain. Suasana sejuk dan asri juga membuat Bintang Hill cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan dan melepas penat dari kehidupan sehari-hari.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button