Wisata

10 Destinasi Wisata Terhits di Jogja 2021

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Jogja, nama lain untuk kota Yogyakarta, adalah salah satu kota yang memberikan pemahaman budaya dan sejarah Indonesia. Salah satu destinasi wisata terbaik di Jogja untuk mempelajari kebudayaan Indonesia adalah Keraton Yogyakarta, istana Yogyakarta yang merupakan pusat kehidupan kerajaan yang lama. Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I sebagai lambang kekuasaan dan sebagai pusat budaya Jawa. Di sini, Anda dapat menikmati koleksi benda-benda seni, artefak kerajaan, dan merchant yang sangat indah.

Tidak hanya memiliki segudang koleksi seni dan artefak kerajaan, Keraton Yogyakarta juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengikuti tur keliling istana. Para wisatawan dapat melihat arsitektur serta dekorasi dalam kompleks istana, seperti pohon Beringin, bangunan Pagelaran dan Keben, serta beberapa museum. Para pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan sejarah penting mengenai raja-raja Yogyakarta dan keluarga kerajaan.

Membeli souvenir atau oleh-oleh dapat dilakukan dengan mudah di Keraton Yogyakarta. Anda bisa membeli kain batik, kaset gamelan, atau jenis souvenir lainnya yang dapat menjadi kenangan yang berkesan dari kunjungan ke tempat wisata yang indah ini. Kekayaan budaya yang disimpan di Keraton Yogyakarta harus menjadikan peluang wisatawan untuk menjelajahi tempat ini dan belajar dengan budaya dan sejarah Indonesia.

Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah dan Terkenal di Seluruh Indonesia


wisata kuliner jogja

Jogja memang dikenal sebagai kota dengan aneka kuliner yang lezat dan menggoyang lidah, mulai dari makanan ringan hingga menu utama. Banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara datang ke Jogja hanya untuk menikmati kuliner-kuliner khasnya. Berikut adalah beberapa wisata kuliner Jogja yang paling terkenal dan menyajikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Gudeg


gudeg

Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang paling terkenal dan menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Makanan yang terbuat dari nangka muda ini dibuat dengan proses memasak yang cukup lama, sehingga rasa dan aroma yang dihasilkan sangat khas. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, tahu, dan telur rebus. Ada dua jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Para pecinta kuliner wajib mencoba hidangan ini ketika berkunjung ke Jogja.

Sate


sate

Sate Jogja juga menjadi salah satu wisata kuliner yang wajib dicicipi. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena bumbu kacangnya sedikit encer dengan rasa manis dan sedikit pedas. Daging yang digunakan adalah daging kambing yang diberi bumbu rempah-rempah khas Jogja sehingga rasa yang dihasilkan sangat unik. Selain sate kambing, ada juga sate ayam yang tak kalah lezatnya, terlebih lagi jika disajikan dengan nasi putih dan kuah sayur.

Bakpia Pathok


bakpia

Bakpia Pathok adalah makanan ringan khas Jogja yang terbuat dari tepung, gula, dan kacang hijau sebagai isinya. Bakpia ini sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh khas Jogja yang bisa dibeli sebagai buah tangan. Bakpia Pathok memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang lembut dan pastinya tak akan membuat kecewa siapapun yang mencobanya.

Sop buntut


sop buntut

Jika anda mencari jenis kuliner khas Indonesia yang lezat, maka anda harus mencoba sop buntut di Jogja. Meskipun menu ini berasal dari Eropa, tetapi di Jogja membuat varian yang sangat lezat. Kuah yang terbuat dari kaldu sapi yang kaya rempah serta isian daging buntut yang empuk dan gurih, membuat sop buntut menjadi salah satu menu masakan favorit para wisatawan.

Inilah beberapa wisata kuliner Jogja yang terkenal dan lezat. Selain itu, masih ada banyak sekali kuliner khas Jogja lainnya yang tak kalah menggoda selera. Selama berkunjung ke Jogja, pastikan anda mencicipi kuliner-kuliner khasnya yang akan membuat perjalanan wisata anda semakin berkesan.

Penginapan Unik dan Menarik di Wisata Jogja Terhits yang Enak untuk Ditempati


penginapan unik di wisata jogja terhits

Selain memiliki keindahan alam yang menarik, Jogja juga dikenal dengan ragam wisata kuliner dan tempat wisata yang menarik. Selain itu, Jogja sudah terkenal dengan penginapan unik dan menarik yang bisa ditempati untuk menginap saat berlibur di Jogja. Berikut adalah beberapa penginapan unik di Wisata Jogja Terhits yang enak untuk ditempati :

1. Malioboro Garden Hotel Yogyakarta


Malioboro Garden Hotel Yogyakarta

Malioboro Garden Hotel Yogyakarta adalah salah satu penginapan yang menawarkan konsep penginapan yang unik dan artistik. Penginapan ini memiliki konsep yang berbeda dari hotel-hotel lainnya. Selain memiliki dengan interior yang artistik, penginapan ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti wifi, televisi, kulkas dan yang paling menarik adalah kolam renang yang disajikan dengan nuansa yang menyegarkan dan asri. Keunggulan penginapan ini adalah jarak yang dekat dengan Malioboro, dan penginapan ini menyediakan layanan gratis shuttle yang siap mengantarkan tamu ke Kawasan Malioboro.

2. Rumah Limasan di Desa Wisata Pengger, Kulonprogo


Rumah Limasan di Desa Wisata Pengger, Kulonprogo

Jika kamu ingin merasakan keseruan dan kegiatan tradisional Jawa, maka mencoba menginap di Desa Wisata Pengger, Kulonprogo akan menjadi pengalaman yang berbeda. Ada berbagai jenis penginapan yang ditawarkan, salah satunya Rumah Limasan. Penginapan ini memiliki fasilitas seperti AC, kamar mandi dalam, dan tempat tidur yang sangat nyaman. Tak hanya itu penginapan ini juga dilengkapi dengan area parkir motor dan mobil yang luas. Kamu juga bisa mencoba berbagai kegiatan tradisional seperti membuat batik, memainkan alat musik khas Jawa maupun rasa kuliner khas Jawa.

3. The Phoenix Hotel Yogyakarta by The Mantis Collection


The Phoenix Hotel Yogyakarta

The Phoenix Hotel Yogyakarta by The Mantis Collection adalah hotel bersejarah yang berlokasi tepat di jantung kota Jogja. Penginapan ini didirikan pada tahun 1918 dengan desain bergaya kolonial yang sangat elegan dan megah. Fasilitas yang ditawarkan termasuk kolam renang outdoor, spa, dan restoran yang menyajikan beragam masakan Asia, Barat, dan Indonesia. Tidak lupa, makanan yang disajikan pada hotel ini sangat berkualitas dan menjadi salah satu kelebihannya. Kamu dapat merasakan pesona dan keindahan sejarah pada hotel ini yang tidak dimiliki oleh hotel lain.

4. Hotel Tentrem Yogyakarta


Hotel Tentrem Yogyakarta

Hotel Tentrem Yogyakarta adalah salah satu hotel yang terkenal dengan desain interior dan eksteriornya yang modern dan elegan. Kamu bisa memilih berbagai jenis kamar yang sesuai dengan kebutuhan atau budget yang kamu miliki. Adapun fasilitas bintang lima yang tersedia seperti spa, kolam renang, dan pusat kebugaran. Hotel ini juga menyediakan shuttle gratis untuk menjemput tamu dari bandara atau stasiun kereta api. Tidak hanya itu, kamu juga tinggal berjalan kaki untuk mencapai mall, pasar tradisional, atau restoran ternama di Jogja.

Penginapan di wisata Jogja terhits memiliki banyak pilihan yang menarik. Mulai dari penginapan yang artistik, tradisional, hingga hotel yang modern dan elegan. Beberapa penginapan tersebut tentu akan membuat pengalaman liburan kamu menjadi lebih menyenangkan saat berada di Jogja. Dijamin kamu akan merasakan kenyamanan dan juga kepuasan saat menginap di penginapan tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Wisata Jogja Terhits untuk Meningkatkan Adrenalinmu


Rollercoaster di Wisata Jogja

Keindahan alam Jogja tak perlu diragukan lagi. Mulai dari wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner semua bisa ditemukan di Jogja. Namun, jika kamu bosan dengan wisata-wisata tersebut, enggak ada salahnya mencoba aktivitas seru yang bisa meningkatkan adrenalinmu di beberapa tempat wisata Jogja terhits. Berikut aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di wisata Jogja terhits ini:

1. Roller Coaster


Rollercoaster di Wisata Jogja

Bagi kamu yang suka dengan sensasi naik roller coaster, maka kamu tidak boleh melewatkan wahana yang satu ini. Yups, roller coaster yang ada di Taman Pintar Yogyakarta. Kamu akan diajak untuk menikmati sensasi naik turun dengan kecepatan tinggi di atas ketinggian yang cukup menggigit. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian di atas roller coaster. Sungguh aktivitas yang sangat menyenangkan.

2. Flying Fox


Flying Fox di Wisata Candi Borobudur

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi terbang di atas ketinggian, kamu bisa mencoba wahana flying fox di Wisata Candi Borobudur. Kamu akan diarak ke ketinggian sekitar 100 meter dan melepas tali untuk terbang dengan kecepatan yang cukup tinggi. Selain mendapatkan sensasi terbang, kamu juga akan disajikan dengan pemandangan yang sangat indah di bawahmu. Cocok bagi kamu yang memang sedang mencari tantangan.

3. Paintball


Paintball di Desa Wisata Dlingo Jogja

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja saat liburan? Kamu bisa mencoba wahana paintball di Desa Wisata Dlingo Jogja. Kamu akan diajak untuk bermain dengan konsep perang yang seru, dimana kamu akan membawa senjata mainan yang bisa mengeluarkan bola cat. Sensasi yang membuat adrenalinmu meningkat saat kamu harus melompat-lompat dan bersembunyi dari serangan lawan yang akan mencoba menyerangmu dengan senjata cat.

4. Arung Jeram


Arung Jeram di Goa Pindul

Arung jeram di salah satu gua terbesar di Yogyakarta, Goa Pindul, bisa menjadi pilihan aktivitas seru untuk meningkatkan adrenalinmu. Kamu akan mengarungi sungai bawah tanah dengan rakit karet dan menikmati sensasi melawan ombak air yang cukup besar. Jangan khawatir, karena disini kamu akan dibekali dengan pelampung dan perlengkapan keamanan yang memadai.

5. Arung Bambu


Arung Bambu di Indrayanti

Tidak hanya arung jeram saja yang bisa kamu lakukan di Jogja, aktivitas seru berikutnya yang juga bisa kamu coba adalah arung bambu di Pantai Indrayanti. Kamu akan mengapung di atas perahu bambu dan diajak untuk menikmati ombak pantai Indrayanti yang cukup besar. Kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang ada di sekitar pantai saat perahu bambu melaju di atas permukaan air laut.

Nah, itu dia aktivitas seru yang bisa kamu coba di wisata Jogja terhits untuk meningkatkan adrenalinmu. Selama melakukan aktivitas ini, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan diri dan memakai perlengkapan yang memadai agar aktivitasmu bisa terasa lebih aman dan nyaman.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button