Wisata

Wisata Jogja Terbaru: Menikmati Keseruan Baru di Bumi Krida

Tempat Wisata Baru yang Wajib Dikunjungi di Jogja


Taman Sari Yogyakarta

Yogyakarta, merupakan salah satu kota tujuan wisata terpopuler di Indonesia dengan berbagai objek wisata yang menarik perhatian. Tak hanya wisata sejarah dan budaya, namun sekarang ini wisata alam dan edukasi pun makin digemari di Jogja. Berikut ialah beberapa tempat wisata baru yang wajib dikunjungi di Jogja:

Jurang Tembelan Yogyakarta

Jurang Tembelan

Tempat wisata ini memiliki ciri khas berupa pemandangan jurang yang sangat cantik dan luas. Lokasinya berada di Kabupaten Kulon Progo, Desa Hangorejo, sekitar 20 km dari pusat Yogyakarta. Jurang Tembelan memiliki ketinggian mencapai 100 meter dengan hamparan hijau perbukitan yang indah. Selain itu, di tempat ini pengunjung bisa menikmati aktivitas outbond seperti flying fox yang dilengkapi dengan terowongan serta jembatan gantung yang bisa menghubungkan sudut-sudut jurang. Untuk menuju ke atas jurang, pengunjung akan melewati jalan setapak kecil, namun jangan khawatir karena pemandangannya akan menarik perhatianmu sepanjang perjalanan.

Harga tiket masuk ke Jurang Tembelan sekitar Rp. 10.000 per orang dengan buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00. Untuk kendaraan pribadi, biaya parkir sekitar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari

Taman Sari merupakan situs sejarah peninggalan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang sering dijuluki sebagai Venice of Java. Berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta, Taman Sari menjaga sejarah Kota Gede sebagai pusat pemerintahan nya dengan kemampuan bangunan dan sistem pengairan yang canggih di abad ke-18. Di sini pengunjung bisa melihat langsung sebagai landmark visual yang mempesona dan mengunyah ide tentang cerita sejarah. Taman Sari memiliki tiga kolam utama yang terdiri dari kolam Sumur Gumuling, Umbul Muncar dan Umbul Binangun. Pengunjung bisa berjalan-jalan mengelilingi bangunan-bangunan tersebut atau naik kapal kayu di kanal yang mengelilingi kompleks istana.

Harga tiket masuk Taman Sari sekitar Rp. 7.000 per orang untuk warga Indonesia dan Rp. 12.000 untuk turis asing. Untuk kendaraan, biaya parkir sekitar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Taman Sari dibuka setiap hari kecuali Senin mulai dari pukul 09.00 hingga 14.30.

Jogja Bay

Jogja Bay

Jika Anda ingin menikmati air terjun atau wahana olahraga air, Jogja Bay bisa jadi pilihan yang tepat. Berlokasi di Kabupaten Bantul, Jogja Bay merupakan salah satu taman air terbesar dan terlengkap di Indonesia. Terdapat berbagai macam wahana yang bisa dijumpai di taman air ini, diantaranya lazy river, water slide, air flow rider, wave pool serta beberapa area bagi anak-anak seperti kids pool, play ground dan masih banyak lagi. Dan yang terbaru adalah adanya wahana air terbaru yang bernama Turbulate, air slide dengan belokan tajam yang akan sangat memacu adrenalin pengunjung.

Harga tiket masuk Jogja Bay di akhir pekan sekitar Rp. 150.000 dan saat hari libur nasional atau pergantian tahun sekitar Rp. 250.000 per orang. Buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00.

Inovasi Terbaru dalam Dunia Wisata Jogja


Virtual reality tourism Jogja

Tidak bisa dipungkiri, wisata Jogja memang selalu menawarkan inovasi baru yang menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu inovasi terbaru di dunia wisata Jogja yaitu tur virtual reality, yang kini semakin ramai dilakukan oleh pengelola destinasi wisata. Inovasi tur virtual reality ini tentu saja memudahkan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata Jogja tanpa harus datang secara langsung ke lokasi.

Inovasi tur virtual reality memungkinkan wisatawan untuk menikmati keindahan serta suasana dari objek wisata hanya dengan menggunakan gadget atau perangkat smartphone. Metode ini juga memungkinkan pengunjung untuk mengenal lebih dekat suatu destinasi wisata dalam bentuk yang lebih interaktif dan mudah dipahami.

Inovasi terbaru wisata Jogja yang semakin populer adalah berkendara menggunakan roda tiga, yaitu Sepeda Ontel Star. Sepeda Ontel Star adalah sepeda khas retro yang dimodifikasi dan dilengkapi dengan roda tiga agar mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang belum pernah mengendarai sepeda sekalipun.

Sepeda Ontel Star Jogja

Dengan Sepeda Ontel Star, wisatawan dapat menikmati udara segar serta pemandangan indah sepanjang jalur wisata Jogja. Bahkan, Sepeda Ontel Star juga dilengkapi dengan payung agar wisatawan terhindar dari terik matahari saat bersepeda di bawah teriknya sinar matahari Jogja.

Inovasi lain pula yang menarik yaitu kegiatan floating market atau pasar terapung. Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat berbelanja barang-barang kebutuhan sehari-hari yang dijual di atas perahu. Konsep pasar terapung ini memang masih baru di Jogja, namun banyak pengunjung yang merasa tertarik untuk mencobanya karena varietas barang yang ditawarkan dan pengalaman shopping yang beda.

Pasar Terapung Jogja

Terkadang yang menjadi kesusahan bagi orang untuk menjelajahi destinasi wisata Jogja adalah bahasa. Oleh karena itu, hadir inovasi baru yaitu Wisata Bahasa Indonesia. Inovasi ini memberikan pemandu wisata yang dapat membantu wisatawan asing dalam berkomunikasi dan memberikan informasi tentang destinasi wisata Jogja. Sehingga, para wisatawan asing tidak perlu khawatir lagi saat menjelajahi destinasi wisata Jogja tanpa harus takut kebingungan dengan bahasa.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata Menarik di Kota Jogja

Wisata Bahasa Indonesia Jogja

Tidak ketinggalan juga inovasi kuliner era digital yang mungkin masih terbilang baru di Jogja, yaitu kuliner tabung. Kuliner tabung merupakan minuman serupa es krim yang dikemas di dalam tabung dan biasa diracik dengan aneka varian rasa seperti stroberi, coklat, matcha, kopi, dan masih banyak lagi. Wisatawan tidak hanya dapat merasakan cita rasa unik, namun juga keseruan saat memesan makanan di Jogja.

Kuliner Tabung Jogja

Jadi, dengan adanya inovasi terbaru dalam dunia wisata Jogja tersebut, pengunjung akan semakin leluasa untuk mengeksplorasi destinasi wisata tanpa batasan waktu dan tempat. Dengan begitu, semakin banyak lah wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Jogja, dan hal tersebut akan menguntungkan bagi perkembangan dunia pariwisata di Jogja serta tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Objek Wisata Unik dan Instagramable di Jogja


Plaosan Temple

Yogyakarta memang terkenal dengan destinasi wisata yang indah dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Beberapa objek wisata yang ada di Jogja juga memiliki daya tarik untuk dijadikan spot foto yang hits di media sosial. Berikut adalah tiga objek wisata unik dan instagrammable yang wajib menjadi tujuan saat berkunjung ke Jogja.

Plaosan Temple


Plaosan Temple

Plaosan Temple merupakan salah satu objek wisata sejarah yang berada di Sleman, Yogyakarta. Letaknya berada di sebelah timur Prambanan dengan jarak sekitar 1 km. Plaosan adalah kompleks percandian yang terdiri dari dua candi induk yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Bangunan candi ini didirikan pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Ratu Pramodhawardhani dari Dinasti Sanjaya. Menariknya, Plaosan Temple memiliki kesan yang berbeda dari candi-candi yang lain karena di sekitar area candi dikelilingi oleh sawah yang sangat indah. Spot foto yang paling viral yaitu saat sunrise tiba dan sepanjang jalan di sawah yang menuju ke Plaosan Temple. Spot ini sangat instagrammable dan akan menghasilkan foto terindah anda.

Sindu Kusuma Edupark


Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan taman rekreasi keluarang yang berada di Yogyakarta. Letaknya berada di Jalan Brigjen Katamso, Ngasonomulyo, Ngampilan, Yogyakarta. Sindu Kusuma Edupark didesign dengan konsep wahana dan edukasi yang sehat. Di tempat ini terdapat berbagai wahana dan spot foto yang instagramable. Salah satunya yaitu The Upside Down World Jogja. Di sini anda bisa mengambil foto dengan gaya upside-down yang menyenangkan dan sangat viral di sosial media. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suasana taman yang sejuk dengan cabang pohon besar yang elegan sebagai spot foto.

Gumuk Pasir Parangkusumo


Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan bukit pasir yang sering digunakan sebagai lokasi untuk kegiatan menyenangkan seperti offroad, menunggangi kuda, atau longboarding. Letaknya berada di sebelah selatan pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Selain itu, objek wisata ini juga sangat instagramable, para pengunjung bisa mengambil foto diatas bukit pasir yang sangat eksotis dengan pemandangan laut dan pandangan khatulistiwa yang sangat jelas. Saat dewasa mulai turun, matahari mulai tumbuh ceria dan menawarkan spot tempat duduk di tepi bukit pasir yang sangat instagramable dan termasuk dalam kategori foto alam. Today, desa ini juga memiliki beberapa spot menarik seperti lambungan langsung dan spot foto dengan background penyemprotan air berwarna-warni. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo ya!

Yuk, Intip Wisata Edutainment Terbaru di Jogja!


Kalibiru Jogja

Wisata di Jogja memang tak pernah membuat bosan para traveler yang selalu mencari wisata terbaru dan menarik untuk dikunjungi. Tak hanya tempat-tempat wisata bermain dan menghibur, Jogja juga menyediakan berbagai wisata edutainment yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu, sambil berlibur dan bersenang-senang. Nah, berikut ini adalah wisata edutainment terbaru di Jogja yang wajib untuk kamu kunjungi saat liburan nanti!

1. Omah Petruk


Omah Petruk Jogja

Omah Petruk adalah wahana edutainment yang berlokasi di Jalan Janti, Sleman, Yogyakarta. Sebagai wisata edukasi, Omah Petruk menawarkan pengalaman belajar tentang seni budaya daerah Jawa. Kamu bisa belajar memainkan alat musik tradisional seperti gamelan dan angklung, hingga bisa juga mencoba tari-tarian tradisional. Selain itu, kamu juga bisa mengamati pengrajin kerajinan khas Jogja dalam proses pembuatannya. Selain seru, perjalanan edukasi ini tentunya juga menambah wawasan dan pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia.

2. Tirtonadi Creative Space


Tirtonadi Creative Space

Wisata edutainment Jogja yang satu ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan kreativitas dan inovasi dalam berbagai bidang. Tirtonadi Creative Space merupakan ruang co-working, incubator, dan maker space yang berlokasi di Jalan Tirtodipuran. Di sini, kamu bisa bertemu dengan komunitas kreatif Jogja dan mengikuti berbagai macam event dan workshop kreatif, seperti workshop menggambar, musik, teknologi, fashion, fotografi, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa mencari inspirasi dari koleksi buku dan film kreatif yang disediakan oleh Tirtonadi.

Baca Juga :   Menikmati Keindahan Jogja di Masa Pandemi

3. Ullen Sentalu Museum


Ullen Sentalu Museum

Ullen Sentalu Museum adalah salah satu museum paling populer di Jogja yang terkenal akan koleksi seni budaya Jawa dan Kraton Yogyakarta. Museum ini berlokasi di Jalan Boyong, Kaliurang. Ullen Sentalu Museum menawarkan pengalaman edukasi tentang sejarah, adat, kebudayaan, dan seni rupa Jawa. Selain menampilkan artefak sejarah, museum ini juga menyajikan video dokumenter dan pengalaman multimedia interaktif. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan tentang Kraton Yogyakarta dan keluarga kerajaan Yogyakarta.

4. Kalibiru National Park


Kalibiru Jogja

Kalibiru National Park terletak di Desa Hargowilis, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata ini menawarkan pengalaman edukasi tentang alam dan lingkungan, sambil menikmati keindahan alam perbukitan yang hijau dan udara yang segar. Di sini, kamu bisa berjalan-jalan, hiking atau trekking, dan menikmati keindahan pemandangan alam seperti hutan, lembah, dan air terjun. Selain itu, di Kalibiru National Park juga tersedia beberapa wahana menarik seperti sky bike, flying fox, dan paintball. Wisata yang cocok bagi kamu yang suka tantangan dan petualangan di alam terbuka.

Nah, itu tadi deretan wisata edutainment terbaru di Jogja yang bisa menambah pengalaman liburanmu. Wisata edukasi memang tak kalah menarik dengan wisata-wisata rekreasi lainnya. Selain bisa menambah wawasan dan pengetahuanmu, kamu juga bisa menikmati perjalanan edukasi yang interaktif dan menyenangkan. Ayo, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan liburanmu ke Jogja dan nikmati pengalaman edukasi yang fun dan informatif!

Menjelajahi Keindahan Wisata Alam Terbaru di Jogja


Wisata Alam Terbaru di Jogja

Jogja tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata sejarahnya seperti Candi Borobudur dan Keraton Yogyakarta, tetapi juga dengan keindahan wisata alamnya. Ada berbagai destinasi wisata alam terbaru yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke Jogja. Berikut adalah beberapa wisata alam terbaru di Jogja yang sayang untuk dilewatkan pada saat Anda berkunjung ke Jogja.

1. Goa Jomblang


Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan sebuah gua yang terletak di Desa Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Di Goa Jomblang ini Anda akan menemukan keindahan alam yang menakjubkan. Goa ini terkenal dengan adanya sinar matahari yang masuk melalui lubang gua dari atas yang memberikan pemandangan alam yang sangat memukau.

Anda bisa juga melakukan aktifitas wisata petualangan di dalam goa dengan menyebrangi lembah dengan menggunakan tali yang digantungkan di atasnya atau sering disebut dengan “rappelling”. Selain itu, Goa Jomblang juga menyajikan keindahan stalagtit dan stalagmit nya yang menarik. Untuk masuk ke goa ini Anda harus bergabung dengan tour yang disediakan oleh penyelenggara resmi.

2. Tebing Breksi


Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah tempat wisata alam terbaru di Jogja yang berlokasi di Kabupaten Sleman. Tempat ini terkenal dengan tebing yang terbuat dari hasil aktivitas tambang batu di daerah Breksi. Tebing ini memiliki panorama alam yang indah dan sangat instagramable.

Tidak hanya menikmati keindahan alam dan berfoya-foya dengan berfoto ria, Anda juga bisa melakukan olahraga panjat tebing di lokasi ini. Oleh karena itu, Tebing Breksi cocok untuk menjadi pilihan wisata alam yang menyenangkan bagi Anda yang suka dengan wisata petualangan.

3. Puncak Mangunan


Puncak Mangunan

Puncak Mangunan adalah tempat wisata yang terletak di Dusun Giripangunan, Desa Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Puncak ini menawarkan pemandangan yang indah dan spektakuler. Anda dapat melihat panorama sunrise di Puncak Mangunan yang sangat memukau.

Untuk menikmati keindahan puncak yang menjadi ikon wisata di Jogjakarta ini, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti dengan naik kendaraan roda 4 atau dengan berjalan kaki. Selain itu, Puncak Mangunan juga memiliki berbagai warung dan restoran di sekitarnya, sehingga Anda bisa menikmati sajian makanan lezat ketika perut mulai lapar.

4. Hutan Pinus Mangunan


Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan tempat wisata yang cukup populer di Jogja. Lokasi wisata ini terletak di Desa Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogjakarta. Sesuai dengan namanya, wisata ini memiliki pemandangan hutan pinus yang indah dan sangat instagramable.

Di tempat ini Anda bisa berjalan-jalan, bermain ayunan, berfoto selfie sambil menikmati suasana hutan yang segar dan sejuk. Hutan Pinus Mangunan juga sering menjadi lokasi spot foto pre-wedding bagi para pasangan yang ingin memiliki foto yang indah di alam terbuka.

5. Taman Budaya Sentul


Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul yang terletak di Desa Sentul, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Jogjakarta adalah tempat wisata alam terbaru yang sayang untuk dilewatkan. Di tempat ini Anda bisa menikmati keindahan panorama alam yang indah seperti bukit kapur dan ladang sawah yang hijau dan subur.

Tidak hanya itu, Taman Budaya Sentul juga memiliki berbagai sarana untuk olahraga seperti menempuh rute outbond yang cukup menantang, flying fox dan juga trekking trail. Hutan di sekitarnya juga sangat indah dijadikan sebagai lokasi camping.

Itulah tadi beberapa destinasi wisata alam terbaru yang bisa Anda jelajahi saat berkunjung ke Jogja. Keindahan alam yang disajikan menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang asri dan menenangkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button