Wisata Jogja yang Cocok untuk Orang Tua: Menikmati Keindahan Yogyakarta dengan Santai

Wisata Sejarah di Jogja untuk Orang Tua


Candi Prambanan Jogja

Yogyakarta (Jogja) adalah kota yang kaya akan sejarah dan budaya Indonesia. Ada banyak tempat wisata sejarah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi kota ini. Namun, jika Anda berencana untuk membawa orang tua Anda berlibur ke Jogja, ada beberapa tempat wisata sejarah yang cocok untuk dijelajahi bersama. Berikut beberapa tempat wisata sejarah di Jogja untuk orang tua.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Salah satu destinasi wisata sejarah yang paling populer dan ikonis di Jogja adalah Candi Prambanan. Candi ini terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota dan biasanya dikunjungi sebelum atau setelah menjelajahi kompleks Candi Borobudur. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya dan merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di Indonesia. Candi Prambanan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia dan dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama, yaitu candi Siwa, Brahma dan Wisnu, yang dianggap mewakili tiga aspek utama agama Hindu. Selain itu, ada sejumlah candi-candi kecil yang tersebar di seluruh situs, membuat Candi Prambanan terlihat sangat megah dan berkesan. Orang tua Anda pasti akan merasa terkesan dengan ukuran dan detail ketiga candi tersebut, terutama jika mereka tertarik dengan sejarah dan arsitektur.

Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta adalah istana Sultan Hamengku Buwono X dan merupakan salah satu situs wisata sejarah paling populer di Jogja. Kraton ini dengan bangga menampilkan gaya seni tradisional Kesultanan Yogyakarta yang masih dipertahankan dengan baik. Orang tua Anda pasti akan merasa terkesan dengan kemegahan dan detail interior Kraton dan juga bisa melihat langsung bagaimana kehidupan kerajaan Indonesia pada masa pra-kolonial.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Museum Keraton (Taman Sari) di dalam kompleks Kraton Yogyakarta untuk menemukan barang-barang peninggalan kebudayaan Kesultanan Yogyakarta, mulai dari perhiasan, senjata, pakaian, hingga prasasti yang menceritakan tentang sejarah Kesultanan Yogyakarta. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan gamelan yang dilakukan oleh seniman Keraton Yogyakarta yang berpengalaman.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg

Bagi orang tua yang menggemari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Benteng Vredeburg bisa dijadikan alternatif wisata sejarah. Benteng ini merupakan sebuah peninggalan zaman penjajahan Belanda yang secara simbolis menjadi pusat perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajahan tersebut. Dalam benteng yang kini telah dijadikan museum, pengunjung bisa melihat koleksi senjata, dokumen, foto-foto, dan lainnya yang berkaitan dengan perjuangan bangsa Indonesia saat itu.

Benteng Vredeburg terletak di pusat kota dan mudah dijangkau oleh kendaraan umum atau taksi. Sebagai bonus tambahan, Anda juga dapat bersantai di taman yang terletak di dalam benteng. Taman tersebut memiliki banyak tempat duduk dan bermain untuk anak cucu yang bisa membuat liburan bersama keluarga di Jogja menjadi lebih berkesan.

Itulah beberapa wisata sejarah di Jogja untuk orang tua. Anda dapat merencanakan perjalanan ke beberapa atau semua tempat wisata tersebut, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan perangkat lunak terbaik Anda untuk mengabadikan momen bersejarah dan berkesan bersama orang tua Anda.

Tempat Makan Favorit Orang Tua di Jogja


Kuliner Jogja

Di Jogja, terdapat banyak tempat makan yang cocok untuk memanjakan lidah para orang tua. Berikut adalah beberapa tempat makan favorit:

Tempat Nongkrong Jogja

1. Warung Soto Pak Marto

Warung soto ini sudah buka sejak 1964 dan masih mempertahankan rasa sotonya yang nikmat hingga saat ini. Soto yang disajikan di warung ini adalah soto ayam, soto daging, dan soto campur. Porsi soto yang disajikan cukup besar dan membuat kenyang. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau untuk kantong orang tua. Lokasi dari Warung Soto Pak Marto ini berada di Jl. Gambiran No.15 A, Gang Istimewa, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

Angkringan

2. Angkringan Lik Man

Angkringan merupakan salah satu ciri khas dari kota Jogja. Orang tua dapat mencicipi makanan ringan khas Jogja di sini. Menu-menu yang disajikan di Angkringan Lik Man seperti sate usus, sate telur, nasi kucing, dan lain-lain. Makanan yang disajikan diangkringan ini cukup terjangkau harganya, sehingga cocok untuk orang tua yang ingin merasakan makanan khas Jogja dengan harga yang ramah di kantong. Lokasinya berada di Jl. Wongso Dirjo No. 8, Gowongan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, di Angkringan Lik Man terdapat suasana yang unik yaitu dengan menggunakan laci kecil untuk menaruh makanan. Selain itu, pelayanan yang diberikan oleh para penjaga Angkringan Lik Man sangat ramah. Para orang tua dapat menikmati makanan mereka sambil ngobrol santai dan melihat keramaian di sekitar Angkringan.

Kuliner Jogja

3. Gudeg Mbah Lindu

Kuliner khas Jogja satu ini sudah menjadi salah satu jajanan favorit wisatawan yang datang ke Jogja. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga empuk dan tercampur bumbu. Gudeg Mbah Lindu merupakan salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk mencicipi gudeg yang lezat. Lokasinya berada Jl. Batikan No.1, Banyu Urip, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gudeg di sini memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Para orang tua dapat menikmati kelezatan Kuliner khas Jogja ini bersama-sama dengan keluarga. Selain itu, suasana dari restoran ini cukup nyaman dan tenang.

Es Dawet Ayunan Jogja

4. Es Dawet Ayunan Jogja

Lokasi ini merupakan tempat yang cocok bagi orang tua yang suka makanan manis dan segar. Es dawet merupakan minuman tradisional yang terbuat dari santan, air gula merah, es serut dan ada tambahan aneka jenjang seperti tape dan nangka. Orang tua dapat menikmati minuman ini di tengah suasana yang unik dengan ayunan sebagai tempat duduknya. Lokasinya berada di Jl. Taman Siswa, No. 210 B, Yogyakarta.

Es Dawet Ayunan Jogja bukan hanya tempat untuk menikmati minuman dawet yang dingin, tetapi juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti aula pertemuan, lobbi mini, dan taman yang menyediakan tempat santai yang asyik di tengah kota.

Sate Kulit Sapi Ngampel

5. Sate Kulit Sapi Ngampel

Sate merupakan salah satu lauk yang paling populer di masyarakat. Para orang tua yang suka dengan sate dapat mencoba Sate Kulit Sapi Ngampel. Sate ini terkenal karena kulit sapi yang diolah hingga empuk dan nikmat. Selain kulit sapi, di sate kulit sapi Ngampel juga terdapat sate daging dan sate ayam. Harganya pun cukup terjangkau untuk kantong orang tua. Lokasi dari Sate Kulit Sapi Ngampel ini berada di Jl. Imogiri Timur Km. 9,5, Bangunharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain kulit sapi yang empuk, bumbu kacang yang disajikan pada sate Kulit Sapi Ngampel juga sangat nikmat. Para orang tua dapat mencoba kuliner khas Jogja yang satu ini bersama keluarga dan mencicipi cita rasa yang tak tertandingi.

Mengunjungi Jogja tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kelezatan makanan yang ada di sana. Di atas adalah beberapa tempat makan favorit yang cocok untuk memanjakan lidah para orang tua. Selamat menikmati kelezatan makanan khas Jogja!

Aktivitas Wisata yang Cocok Untuk Orang Tua di Jogja


Orang Tua di Jogja

Yogyakarta adalah kota wisata yang menawarkan berbagai macam jenis aktivitas yang bisa dilakukan bagi orang tua. Tujuan dari liburan keluarga adalah untuk menciptakan kenangan indah bersama, dan dengan beragam pilihan wisata, orang tua dapat menikmati momen indah bersama anak-anak mereka. Berikut adalah beberapa aktivitas wisata yang cocok untuk orang tua di Jogja.

Menikmati Keindahan Arsitektur dengan Kereta Wisata Kota Gede


Kereta wisata Kota Gede

Jogja mempunyai beberapa arsitektur lama yang masih berdiri dengan megah, salah satunya adalah kota Gede. Kota ini mempunyai halaman tradisional dan juga toko-toko yang masih berdiri dengan gagah. Kereta wisata kota gede menawarkan tur keliling kota gede dengan panduan arsitektur yang akan membawa pelancong berkeliling sekitar kota gede dengan suasana tradisional dan romantis.

Saat menaiki kereta wisata ini, orang tua dapat duduk meregangkan kaki dan tidak perlu khawatir lelah berjalan. Orang tua juga dapat menikmati keindahan arsitektur dan pemandangan kota Gede sambil menikmati udara sejuk di kala pagi atau sore hari. Singgah sejenak dan nikmati keindahan rumah-rumah bergaya kolonial yang tentunya akan memikat mata dan memberikan kesan tak terlupakan.

Berbelanja Handicraft di Kota Kasongan


Kota Kasongan

Handicraft, adalah kerajinan tangan yang sudah menjadi wisata belanja yang terkenal di Yogyakarta, terutama daerah Kasongan. Kota Kasongan menghasilkan barang-barang kerajinan tangan yang berkualitas tinggi. Orang tua dapat berbelanja barang-barang kerajinan tangan yang terkenal seperti keramik dan patung dari bahan logam atau kayu yang tentunya menjadi barang unik untuk dibawa pulang sebagai kenangan.

Dalam berbelanja kerajinan tangan, orang tua pasti akan dilayani dengan senang hati oleh para pekerja handicraft dengan harga yang wajar dan terjangkau. Selain berbelanja, orang tua dapat berinteraksi dengan para pekerja handicraft yang ramah dan menyenangkan.

Rileksasi di Candi Ijo


Candi Ijo

Salah satu tempat wisata yang cocok untuk orang tua adalah Candi Ijo. Candi yang terletak di Bukit Ijo ini mempunyai sejarah yang cukup unik dan legendaris, kisah yang sering di ceritakan pada saat zaman kerajaan kuno. Candi Ijo menawarkan kesejukan udara pegunungan dan juga suasana pepohonan yang hijau dan rindang.

Orang tua bisa rileksasi di Candi Ijo, dan menikmati istirahat yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah. Selama berada di Candi Ijo, orang tua dapat menikmati suguhan keindahan matahari terbenam yang termasuk sangat indah di Jogja.

Begitulah beberapa aktivitas wisata yang tepat bagi orang tua yang ingin meliburkan diri sejenak. Pastikan anda bersama orang tua anda untuk mengikuti trik dan tips yang membawa buah kenangan dalam liburan Anda.

Menginap Nyaman di Penginapan Untuk Orang Tua di Jogja


Penginapan Untuk Orang Tua di Jogja

Yogyakarta, atau disebut Jogja oleh penduduk lokal, adalah salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Apakah Anda berencana untuk membawa orang tua Anda ke Jogja? Menginap di penginapan yang nyaman adalah hal penting yang harus diutamakan agar mereka merasa nyaman selama liburan.

Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang cocok untuk orang tua Anda selama berkunjung di Jogja:

1. The Phoenix Hotel Yogyakarta

The Phoenix Hotel Yogyakarta

The Phoenix Hotel Yogyakarta adalah salah satu penginapan yang sangat cocok untuk orang tua Anda. Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, pusat kota, dan hanya berjarak beberapa menit dari destinasi wisata populer seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Malioboro.

Penginapan ini menawarkan kenyamanan yang lengkap, mulai dari sarana dan prasarana, fasilitas hingga pelayanan yang sangat memuaskan. Dikelilingi oleh pepohonan, hotel ini masih mempertahankan gaya bangunan yang klasik dan elegan. Ruangannya luas, bersih dan terawat dengan baik. Penginapan ini juga dilengkapi dengan spa, kolam renang dan pusat kebugaran yang memungkinkan orang tua Anda untuk tetap bugar selama liburan.

2. Hotel Tentrem Yogyakarta

Hotel Tentrem Yogyakarta

Hotel Tentrem Yogyakarta membawa konsep modern dalam desainnya, yang disempurnakan dengan banyaknya fasilitas yang siap membuat pengunjungnya merasa nyaman sepanjang waktu, termasuk Anda dan orang tua Anda.

Interior kamar dilengkapi dengan kenyamanan yang lengkap, mulai dari linen lembut hingga akses WiFi yang cepat. Ada pilihan kamar dengan jenis king atau twin yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Di lantai tertinggi terdapat executive lounge yang menawarkan pemandangan kota yang menakjubkan. Lokasi yang sangat strategis, hanya berjarak beberapa menit dari pusat kota dan beberapa tempat wisata populer seperti Keraton dan Malioboro.

3. Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa

Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa

Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa adalah penginapan berbintang lima yang sangat cocok untuk orang tua Anda. Tersedia berbagai jenis kamar dari deluxe, suite sampai villa dengan harga yang bervariasi.

Penginapan ini sangat luas dan memiliki suasana yang alami, sejuk dan tenang. Disertai dengan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, restoran makanan Indonesia dan internasional, dan ada juga layanan spa. Hotel ini terletak di luar kota, sehingga sangat cocok bagi siapa saja yang mencari ketenangan selama liburan. Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk menjelajah kota karena hotel ini menyediakan layanan shuttle gratis ke pusat kota dan berbagai tempat wisata terkenal seperti Candi Borobudur dan Prambanan.

4. Tentrem Homestay Yogyakarta

Penginapan Orang Tua di Jogja

Anda mungkin memutuskan untuk mencari penginapan yang lebih terjangkau untuk orang tua Anda. Tentrem Homestay Yogyakarta adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Bukan hanya menjamin kenyamanan tetapi juga ekonomis dan menawarkan hotel bintang tiga di pusat kota.

Dekat dengan kawasan Malioboro dan laut ion, penginapan ini menawarkan lima jenis kamar dengan fasilitas layaknya hotel bintang tiga. Kamar yang luas dengan AC, TV dan kamar mandi dalam. Meskipun murah namun pelayanan dan fasilitas tetap memuaskan bagi pengunjungnya. Tidak hanya itu, Tentrem Homestay juga dilengkapi dengan kamar keluarga dan ruang tamu yang sangat nyaman dan elegan.

Dengan pilihan penginapan yang sangat bervariasi tentu sangat membantu Anda untuk memberikan pilihan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan orang tua Anda selama liburan. Jangan ragu untuk memilih salah satu penginapan dan membuat liburan lebih berkesan bagi mereka. Selamat menikmati liburan di Jogja!

Taman Wisata di Jogja yang Menyuguhkan Kenyamanan bagi Orang Tua


Taman Wisata di Jogja yang Menyuguhkan Kenyamanan bagi Orang Tua

Wisata Jogja memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, bagi orang tua tentunya tidak semua tempat wisata cocok untuk dikunjungi karena faktor umur dan kesehatan. Oleh karena itu, kami telah mengumpulkan beberapa taman wisata di Jogja yang bisa memberikan kenyamanan bagi orang tua. Berikut ini daftarnya:

1. Taman Sari


Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari merupakan salah satu wisata sejarah di Jogja. Taman ini dulunya merupakan tempat untuk para istri dan selir Sultan Yogyakarta. Di tempat ini, terdapat kolam renang dan pusat kebugaran. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan bangunan dan air mancur di sekitar taman. Orang tua dapat menikmati suasana sejarah yang tenang dan menenangkan di Taman Sari.

2. Taman Pelangi


Taman Pelangi Yogyakarta

Taman Pelangi merupakan wisata bermain anak yang juga cocok untuk dikunjungi orang tua. Taman ini memiliki berbagai macam fasilitas seperti permainan air, lampion, dan boneka. Orang tua dapat menikmati keindahan taman sambil melihat anak-anak bermain dengan aman. Selain itu, Taman Pelangi juga memiliki fasilitas makanan dan minuman yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan orang tua.

3. Kebun Buah Mangunan


Kebun Buah Mangunan Jogja

Jika orang tua suka dengan wisata alam, maka Kebun Buah Mangunan adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Di tempat ini, para pengunjung dapat menyaksikan keindahan perbukitan dan hamparan buah-sayuran. Selain itu, Kebun Buah Mangunan juga menawarkan petualangan panjat tebing yang cocok untuk pengunjung yang suka dengan olahraga ekstrem.

4. Taman Budaya Prambanan


Taman Budaya Prambanan

Taman Budaya Prambanan merupakan wisata yang cocok untuk orang tua yang menyukai wisata sejarah dan budaya. Di tempat ini, para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni seperti tari-tarian tradisional dan wayang kulit. Selain itu, di Taman Budaya Prambanan juga terdapat museum yang memamerkan koleksi seni dan kisah-kisah kebudayaan Jawa.

5. Taman Lampion


Taman Lampion Jogja

Bagi orang tua yang suka dengan keindahan lampu-lampu, maka Taman Lampion adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Di tempat ini, para pengunjung akan disuguhkan aneka lampu-lampu yang indah dan menarik. Selain itu, Taman Lampion juga menawarkan fasilitas hidangan dan minuman yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan orang tua.

Demikianlah beberapa rekomendasi taman wisata di Jogja yang cocok untuk dikunjungi orang tua. Selamat berwisata!

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *