Wisata

Wisata Dekat Stasiun Tugu yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Stasiun Tugu Yogyakarta: Gerbang Wisata yang Mudah Diakses


Stasiun Tugu Yogyakarta

Stasiun Tugu Yogyakarta adalah stasiun kereta api yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Stasiun ini adalah gerbang wisata yang mudah diakses bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi semua keindahan Yogyakarta. Stasiun ini juga dikenal sebagai stasiun kereta api yang paling ramai di kota Yogyakarta.

Stasiun Tugu Yogyakarta memiliki keunikan arsitektur yang sangat khas dengan bentuk bangunan yang mirip dengan candi. Hal ini membuat stasiun kereta api ini menjadi ikon Yogyakarta dan menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri.

Tidak hanya itu, di sekitar stasiun Tugu Yogyakarta juga banyak tersedia fasilitas transportasi umum, seperti Trans Jogja dan taksi. Hal ini sangat memudahkan para wisatawan karena dapat dengan mudah menuju destinasi wisata yang diinginkan.

Di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta juga banyak terdapat penginapan atau hotel yang bisa menjadi alternatif penginapan bagi para wisatawan. Dengan lokasinya yang strategis, tentu saja menginap di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta sangatlah nyaman karena mudah mengakses seluruh destinasi wisata yang ada di Yogyakarta.

Tak hanya terkenal dengan arsitekturnya, di sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Malioboro yang berjarak hanya sekitar 1 km dari stasiun ini. Wisatawan dapat dengan mudah mengakses Jalan Malioboro yang terkenal dengan keramik tradisional, penawaran lokal yang unik, dan keramahan penduduk setempat.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pedesaan, Desa Wisata Nglanggeran yang terletak sekitar 25 km dari Stasiun Tugu Yogyakarta bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Wisatawan akan dibawa untuk menikmati suasana pedesaan yang masih sangat alami dan asri.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Kota Gede yang terkenal dengan kerajinan peraknya. Kota Gede berjarak sekitar 7 km dari stasiun Tugu Yogyakarta. Di sini, wisatawan dapat melihat langsung pembuatan perak dan membeli berbagai kerajinan perak.

Bagi wisatawan yang mencari destinasi wisata bersejarah, Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO bisa menjadi pilihan wisata yang tepat. Candi Borobudur berjarak sekitar 42 km dari stasiun Tugu Yogyakarta, sedangkan Candi Prambanan berjarak sekitar 17 km.

Terakhir, bagi wisatawan pecinta seni, Taman Budaya Yogyakarta yang juga dijuluki sebagai “Serambi Seni Budaya Indonesia” bisa menjadi pilihan wisata yang menarik. Taman Budaya Yogyakarta berjarak hanya sekitar 2,5 km dari stasiun Tugu Yogyakarta. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukan seni tradisional Indonesia.

Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa Stasiun Tugu Yogyakarta adalah gerbang wisata yang mudah diakses dan dapat menjadi alternatif destinasi wisata yang strategis bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Tak heran jika stasiun ini selalu menjadi pusat kegiatan wisata di kota Yogyakarta.

Museum Tari Klasik Jawa


Museum Tari Klasik Jawa

Bagi Anda yang suka akan kesenian Jawa, Museum Tari Klasik Jawa bisa menjadi destinasi wisata yang tepat. Museum ini menyimpan banyak koleksi tari klasik Jawa seperti Golek Ayun-ayun, Bedhaya Ketawang, dan Serimpi. Selain itu, Anda juga bisa melihat koleksi berupa kostum, aksesoris, hingga alat musik tradisional yang digunakan dalam pertunjukan tari klasik Jawa.

Museum Tari Klasik Jawa yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Bantul, hanya berjarak sekitar 1 km dari Stasiun Tugu. Anda bisa menyeberang ke seberang jalan dan langsung menuju museum dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan umum. Museum ini buka setiap hari kecuali Senin dan tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 10.000.

Jangan lupa untuk mengunjungi kios oleh-oleh di Museum Tari Klasik Jawa. Anda bisa membeli berbagai macam souvenir tari klasik Jawa seperti gantungan kunci, boneka, hingga kipas tangan yang dipercantik dengan ukiran tradisional.

Kuliner Legendaris yang Dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta


Gudeg Yu Djum

Siapa yang tidak tahu gudeg? Makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda ini menjadi salah satu kuliner legendaris yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jogja. Nah, bagi kamu yang singgah ke Stasiun Tugu Yogyakarta, jangan khawatir untuk mencari gudeg. Karena ada Gudeg Yu Djum, yang berlokasi di Jalan Wijilan, dekat dengan Pasar Sentul dan Stasiun Tugu. Gudeg Yu Djum sudah berdiri sejak 1950-an dan selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong maupun masyarakat lokal. Selain gudeg, kamu juga bisa mencicipi lauk pauk dan sayur yang disajikan dengan nasi pulen dan kuah santan yang gurih.

Baca Juga :   Menikmati Liburan Seru di Gembira Loka Jogja

RM Legoh

Warung Makan Legoh

Warung makan Legoh merupakan salah satu warung makan tua yang legendaris di Jogja, yang berdiri sejak tahun 1954. Warung makan ini menyajikan menu-menu khas Jawa, salah satunya adalah Nasi Gudeg. Nasi Gudeg Legoh adalah salah satu sajian yang wajib dicoba karena memiliki cita rasa yang khas dan unik. Di dalam nasi gudeg tersebut terdiri dari: nangka muda, santan, ayam kampung, telur, krecek, sambal, dan taburan kerupuk. Warung Makan Legoh yang berada di Jalan Diponegoro No.28 ini sangat dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Selain nasi gudeg, kamu juga bisa mencoba lauk pauk dan sayur yang menjadi menu andalan di sini. Pangsit goreng Legoh juga menjadi salah satu menu favorit di warung makan ini. Meskipun sudah berusia puluhan tahun, Warung Makan Legoh selalu ramai dikunjungi para pelanggan setianya.

Es Cendol Rojo Gedor

Es Cendol Rojo Gedor

Es Cendol Rojo Gedor adalah tempat yang tepat untuk menikmati minuman dingin khas Indonesia, yaitu es cendol. Es cendol ini terdiri dari adonan tepung ketan dengan sirup gula merah, santan kelapa muda, dan es serut sebagai pelengkapnya. Ada satu tempat di Jogja yang cukup legendaris untuk menikmati es cendol tersebut. Nah, tempat tersebut adalah Es Cendol Rojo Gedor. Es cendol ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Jogja karena rasanya yang lezat. Berlokasi di Jalan Dagen (deket dengan Stasiun Tugu), tempat ini selalu ramai dikunjungi para pelanggan. Disajikan dengan kuah santan yang gurih dan taburan potongan nangka serta kinca (buah kolang-kaling yang disebut cendol Jawa), membuat Es Cendol Rojo Gedor semakin lezat dan nikmat. Selain es cendol, kamu juga bisa mencoba aneka minuman lain seperti kelapa muda, dawet ayu, dan kopi Jawa.

Tempat Nongkrong Asyik Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta


Istana Batu Roro Jogja

Tugu Train Station is one of the main transportation hubs in Yogyakarta. It is located in the heart of the city, making it easy to reach a variety of destinations in the city. If you are looking for a place to hang out around Tugu Station, don’t worry, there are many fun places to explore.

Istana Batu Roro


Istana Batu Roro Jogja

Istana Batu Roro is a cafe located not far from Tugu Station, precisely at Jalan I Dewa Nyoman Oka No. 63, Ngupasan, Gondokusuman, Yogyakarta. This cafe has a unique and interesting atmosphere because it is located in a building that looks like a castle. Inside, the atmosphere is relaxed and comfortable. You can choose to sit in either the indoor or outdoor area. In the outdoor area, you can feel the fresh air while enjoying drinks and food. The menu at Istana Batu Roro is quite varied, serving local and western cuisine as well as a selection of drinks. One of the drinks that is very popular at this cafe is wedang uwuh, a traditional drink that is perfect for warming up your body. The price range for food and drinks at Istana Batu Roro varies between Rp. 10,000 to Rp. 50,000.

Istana Batu Roro is open every day from 10 am to 10 pm. It’s a perfect spot for those who want to hang out after work or for those who are looking for a cozy place to spend time with their family or friends. The cafe also often holds events, so it’s recommended that you check their social media accounts to see what events are happening.

Kopilinto


Kopilinto Jogja

If you are a coffee lover, Kopilinto is perfect for you. Located on Jalan Pangeran Diponegoro No.34, Ngampilan, Yogyakarta, this cafe is within a 10-minute walk from Tugu Station. The atmosphere at Kopilinto is relaxed, making it an excellent spot to enjoy your coffee while doing some work or reading books. The menu at this cafe is dominated by various types of coffee drinks that use high-quality coffee beans. In addition to coffee, Kopilinto also serves several types of food such as sandwiches, pasta, and snacks. The price range for food and drinks at Kopilinto varies from Rp. 12,000 to Rp. 60,000.

Baca Juga :   Wisata Jogja Ala Eropa: Menikmati Keindahan Tanpa Jauh-Jauh Keluar Negeri

Kopilinto is open every day from 10 am to 11 pm. It is a perfect spot to visit with friends or colleagues after work or for those who are looking for a cozy place to relax while sipping coffee.

Idola Cafe and Resto


Idola Cafe & Resto Yogyakarta

Idola Cafe and Resto is located on Jalan I Dewa Nyoman Oka No. 50, Ngupasan, Gondokusuman, Yogyakarta, which is only a 5-minute walk from Tugu Station. The cafe has a classic yet contemporary decor that creates a comfortable atmosphere. Idola Cafe and Resto serves a variety of dishes, especially Indonesian cuisine, making it one of the best places to experience local cuisine. You can also find western dishes on their menu. The price range for food at this cafe varies between Rp. 10,000 to Rp. 130,000.

Idola Cafe and Resto is open every day from 8 am to 11 pm. Besides being a great place to hang out with friends and family, this cafe is also a perfect place for morning coffee or breakfast before starting your day.

Nasi Kucing Karaton


Nasi Kucing Karaton Yogyakarta

If you are looking for a cheap but delicious culinary experience around Tugu Station, you can try Nasi Kucing Karaton. This restaurant is located on Jalan I Dewa Nyoman Oka No. 21, Ngupasan, Gondokusuman, Yogyakarta which is a few minutes’ walk from Tugu Station. Nasi Kucing Karaton serves nasi kucing (small rice packs) with various side dishes, such as beef, chicken, egg, and tempeh. Although the portion is small, the flavors are rich and satisfying. The price for one portion of nasi kucing starts from Rp. 3,000 to Rp. 10,000 depending on the side dishes. This place is open 24 hours, perfect for those who want to grab a late-night snack after hanging out with friends around Tugu Station.

In conclusion, Tugu Station has many excellent choices for hanging out and enjoying the local cuisine. From Istana Batu Roro to Nasi Kucing Karaton, there are many places to explore around Tugu Station.

Tips Berwisata Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta dengan Hemat dan Efisien


stasiun tugu yogyakarta

Bagi kita yang ingin berwisata di Yogyakarta, stasiun Tugu bisa menjadi salah satu titik awal yang cocok untuk memulai perjalanan. Karena tidak hanya letaknya yang strategis, di sekitar stasiun Tugu juga banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips berwisata dekat stasiun Tugu Yogyakarta dengan hemat dan efisien.

Membeli Tiket Kereta Api Pulang-Pergi


kereta jogja surabaya

Untuk meminimalisir biaya transportasi, usahakan membeli tiket kereta api pulang-pergi jika ingin berwisata dekat stasiun Tugu Yogyakarta. Biasanya banyak agen-agen travel yang menyediakan paket tiket kereta api ini dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan membeli secara terpisah.

Menginap di Guest House atau Penginapan Lokal


penginapan lokal yogyakarta

Jika Anda memutuskan untuk menginap dekat stasiun Tugu Yogyakarta, cobalah untuk mencari guest house atau penginapan lokal yang harga sewanya lebih terjangkau. Selain itu, penginapan-penginapan lokal ini juga biasanya lebih dekat dengan tempat wisata, sehingga bisa menghemat biaya transportasi.

Berkendara dengan Ojek


ojek jogja

Jika Anda ingin berkeliling Jogja dengan hemat dan efisien, bersepeda tidak selalu menjadi pilihan yang tepat. Coba gunakan ojek online atau ojek pangkalan untuk menghemat biaya transportasi dan mengurangi kemacetan di jalan.

Berkunjung ke Wisata Gratis di Sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta


wisata gratis jogja

Yogyakarta terkenal dengan wisata budayanya, dan ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa biaya, atau bahkan dengan biaya yang terjangkau. Misalnya, Taman Sari, Pura Pakualaman, atau Kota Gede. Tentunya, wisata-wisata ini berjarak dekat dengan stasiun Tugu, sehingga bisa menjadi pilihan untuk menghemat anggaran wisata.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, perjalanan wisata dekat stasiun Tugu Yogyakarta dapat menjadi lebih hemat dan efisien. Selamat berwisata!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button