Wisata

wisata jogja selatan

Pesona Pantai Baron


Pantai Baron

Jogja Selatan merupakan kawasan wisata yang menawarkan berbagai pilihan destinasi menarik. Salah satunya adalah Pantai Baron yang terletak di sebelah timur Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Baron memiliki ciri khas berupa bukit batu karang yang menjorok ke laut. Pantai Baron juga terkenal sebagai tempat yang ideal untuk surfing dan peselancar lokal maupun internasional.

Daya tarik Pantai Baron tak hanya terletak pada keindahan pantainya, tetapi juga pada pesona alam di sekitarnya. Di sisi utara Pantai Baron, terdapat hutan mangrove yang memiliki ribuan tanaman bakau. Sedangkan di tepian selatan terdapat bukit batu karang yang sangat mengagumkan. Anda bisa naik ke atas bukit tersebut untuk menyaksikan pemandangan indah Pantai Baron dari ketinggian.

Pantai Baron juga memiliki keunikan lain karena adanya gua-gua air tawar yang terdapat di area pantai. Gua-gua kecil ini biasa digunakan sebagai tempat mandi, bermain air, atau sekadar untuk berlindung dari terik matahari. Cobalah menelusuri area pantai dan temukan gua-gua tersebut. Anda akan merasakan pengalaman yang menyenangkan saat berada di dalam gua-gua di Pantai Baron.

Ombak di Pantai Baron tergolong besar dan tinggi, sehingga pantai ini sangat cocok untuk para peselancar yang ingin mencari tantangan. Di sisi lain, bagi wisatawan yang tidak ingin surfing, memancing atau sekadar bersantai menikmati pemandangan laut dan tepian pantai juga bisa menjadi pilihan. Wisatawan yang suka berenang juga dapat menikmati keindahan air warna biru kehijauan di Pantai Baron.

Untuk mencapai Pantai Baron, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Namun, perjalanan ke Pantai Baron ini tidak akan mengecewakan, karena di sepanjang jalan menuju pantai ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam Gunungkidul yang sangat memukau. Cuaca di Pantai Baron umumnya cukup panas, sehingga kami sangat menyarankan agar Anda membawa perlengkapan yang cukup untuk berjemur dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berwisata ke Pantai Baron. Pertama, pantai ini kurang ramah bagi wisatawan yang memiliki masalah mobilitas atau cacat fisik. Medannya yang terjal dan berbatu sangat sulit bagi orang yang membawa anak-anak kecil atau balita. Kedua, jangan pernah membuang sampah di pantai Baron, pastikan Anda menemukan tempat sampah yang ada di area pantai dan sekitarnya. Terakhir, pastikan bahwa Anda mematuhi aturan ketika berenang di pantai Baron. Ada baiknya untuk tidak berenang terlalu jauh dari tepian pantai karena banyak batu karang yang berbahaya.

Singkatnya, Pantai Baron adalah salah satu yang terbaik di Jogja Selatan. Kesendirian pantai, panorama alam yang indah, dan ombak yang tinggi, ini semua karakteristik utama dari pantai yang dapat membuat pengunjung merasa puas dan ingin kembali lagi ke area pantai yang indah ini.

Mencicipi Kuliner Jogja Selatan


Makanan Khas Jogja Selatan

Bila Anda sedang berlibur ke Jogja Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Daerah ini terkenal dengan wisata kuliner yang beragam dan dapat memanjakan lidah para wisatawan. Di bawah ini, ada beberapa tempat kuliner di Jogja Selatan yang wajib Anda kunjungi:

1. Warung Makan Mbah Nardi


Warung Makan Mbah Nardi

Jika Anda ingin menikmati makanan khas Jogja Selatan yang murah dan lezat, mengunjungi Warung Makan Mbah Nardi adalah pilihan tepat. Warung makan yang terletak di Jalan Kusumanegara, Umbulharjo ini menyajikan aneka masakan pedas dan asam yang pas di lidah. Salah satu menu andalannya adalah Ayam Goreng Thelok, yang terkenal dengan rasa renyah dan bumbunya yang meresap.

2. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Bagi pecinta mie, jangan sampai melewatkan Bakmi Mbah Mo. Di warung ini, Anda bisa menikmati kudapan mie berbagai macam, mulai dari mie rebus, pangsit, hingga mie goreng. Warung bakmi yang berada di Jalan Manggis III No.21, Umbulharjo ini sudah memiliki penggemar sejak puluhan tahun lalu. Satu porsi mie yang disajikan pun cukup besar dan hemat di kantong.

3. Sop Merah Mbah Cemplung


Sop Merah Mbah Cemplung

Di daerah Jogja Selatan, ada satu warung makan sop yang sudah terkenal, yaitu Sop Merah Mbah Cemplung. Warung makan yang terletak di Jalan Kusumanegara No.125 ini menyajikan sop merah dengan cita rasa khas. Sop yang disajikan terdiri dari daging sapi, kacang merah, tomat, dan rempah yang menghasilkan rasa kaya dan lezat. Harganya pun tidak terlalu mahal, hanya sekitar 27 ribu rupiah per porsi.

4. Gudeg Ny. Pur


Gudeg Ny. Pur

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang harus Anda coba. Salah satu tempat kuliner terkenal di Jogja Selatan yang menyajikan gudeg dengan cita rasa khas adalah Gudeg Ny. Pur. Warung makan ini telah berdiri sejak tahun 1940-an dan terletak di Jalan Kusumanegara No.13, Umbulharjo. Gudeg yang disajikan di sini sangat kental dengan bumbu rempah dan disajikan dengan nasi, ayam suwir, dan sayuran. Harganya juga cukup terjangkau, sekitar 25 ribu rupiah per porsi.

5. Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak Pak Pong

Bagi pecinta sate, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba sate klatak khas Jogja Selatan. Sate yang disajikan ini berbahan dasar dari daging sapi atau kambing yang telah dipotong-potong dan disajikan dengan nasi dan bumbu sate khas. Sate Klatak Pak Pong menjadi salah satu tempat kuliner yang terkenal di Jogja Selatan untuk menyajikan sajian ini. Warung makan ini terletak di Jalan Wonosari KM.8, Mangunan, Dlingo, Bantul. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 25 ribu rupiah per porsi.

Nah, itu dia beberapa tempat kuliner di Jogja Selatan yang wajib Anda kunjungi jika ingin mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Selain enak, makanan-makanan tersebut juga memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tersendiri. Jangan sampai kehabisan waktu untuk mencoba semua makanan tersebut ya!

Serunya Bermain Air di Gumuk Pasir Parangtritis


Gumuk Pasir Parangtritis

Parangtritis adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Yogyakarta, terutama ketika datang ke area Selatan bagi pecinta suasana pantai dan kesejukan pesisir. Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Parangtritis adalah Gumuk Pasir yang terkenal, sejatinya adalah sebuah bukit pasir yang menjorok dan dapat ditemukan di daerah wisata pantai Selatan.

Gumuk Pasir Parangtritis sangat cocok untuk mereka yang mencari petualangan ekstrem karena memiliki perbedaan ketinggian yang signifikan. Hal ini menjadikan Gumuk Pasir Parangtritis sebagai tempat yang paling terkenal bagi para penggemar olahraga ekstrem, terutama bagi mereka yang mencari sensasi mengendarai ATV, berkuda atau menaiki jeep.

Namun, kegiatan ekstrim seperti mendorong batu di atas bukit pasir atau melakukan olahraga ekstrem tidaklah cocok untuk semua orang. Bagi mereka yang mencari ketenangan dan kesegaran di lokasi ini, alih-alih memanjat bukit pasir dan melakukan olahraga ekstrem, mereka dapat memilih untuk menikmati suka cita bermain air di lembah pasir yang indah dan mempesona.

Lembah di antara Gumuk Pasir Parangtritis juga disebut “Curug Lawe”, keindahannya sangat layak untuk diapresiasi dan dinikmati oleh semua orang. Ditambah lagi, suasana sekitar yang sejuk dan alami membuat Curug Lawe menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dengan keluarga atau teman-teman.

Ombak di Pantai Selatan juga cukup besar dan kuat, namun di area Curug Lawe ini, para pengunjung tidak perlu khawatir tentang bahaya dan risiko terjatuh karena air di sini tenang dan damai. Bagi anak-anak, ini adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk bereksplorasi, bermain, dan mandi di air. Pasir di lembahnya juga lembut dan halus, sehingga cocok untuk bersantai dengan berbaring di atas pasir atau untuk membuat istana pasir yang indah.

Walaupun Curug Lawe tidak begitu terkenal seperti Gumuk Pasir atau Pantai Parangrusuk, melihat keindahan air di sini pasti sangat menyenangkan dan dapat menjadi pengalaman yang mendamaikan hati. Jika ingin bersantai dan menikmati suasana yang tenang, sambil menikmati suasana sekitar yang indah dan damai di Parangtritis Selatan, mengunjungi Curug Lawe adalah suatu hal yang menjadi rekomendasi dan harus dilakukan ketika mengunjungi Yogyakarta.

Semoga pengalaman yang menyenangkan ini dapat memberikan gambaran baru tentang Gumuk Pasir Parangtritis serta menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap orang yang mengalaminya!

Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran


Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran

Bagi teman-teman yang suka mendaki gunung, tempat wisata selatan Jogja menyimpan wisata menarik yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi para pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman. Meskipun tinggi gunung api ini hanya mencapai 700 meter saja, namun perjalanannya cukup menantang dan melelahkan.

Untuk mencapai puncak dari Gunung Api Purba Nglanggeran membutuhkan perjalanan sekitar 1-2 jam. Pendakian dimulai dari base camp yang ada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Sebelum mulai mendaki, para pendaki akan diberikan pengarahan oleh para pemandu wisata gunung mengenai rute yang harus dilewati dan kondisi gunung. Setelah itu, para pendaki akan memasuki hutan dan menemukan berbagai jenis flora dan fauna.

Selama mendaki, para pendaki juga akan menjumpai beberapa titik yang menawarkan pemandangan indah seperti bukit-bukit kapur dan pemandangan kota Jogja yang terlihat dari kejauhan. Puncak gunung yang disebut Candi Gembirawati ini menawarkan keindahan panorama alam yang sangat memukau. Meski letaknya yang cukup sulit, para pendaki tetap merasa lelah dan capek dibuatnya tetap merasa senang ketika sampai di puncak dan menyaksikan keindahan panorama alam.

Setelah lelah mendaki gunung api yang indah untuk mencapai puncak, para pendaki dapat beristirahat sejenak dan menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Sambil menikmati pemandangan, para pendaki juga dapat berfoto. Selain itu, disiapkan juga sudut bermain ayunan yang menjadi objek foto yang populer di Instagram. Sudut bermain ayunan ini biasanya pengunjung gunakan untuk berfoto diatas ketinggian dengan view pegunungan kapur yang indah dan cocok bagi yang suka berfoto.

Tidak hanya pandangan alam yang menakjubkan saja yang bisa disaksikan di puncak Nglanggeran, para pendaki juga bisa menyaksikan jejak purbakala. Di ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut terdapat gua yang menyerupai candi dan patung-patung manusia. Memang cukup aneh dan mencengangkan jika melihat peninggalan manusia kuno berada di atas sebuah gunung api seperti Nglanggeran.

Jika ingin mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, dibutuhkan biaya sekitar 75 ribu per orang. Biaya tersebut sudah termasuk pemandu wisata gunung dan asuransi jiwa selama pendakian. Selain itu, Anda juga dianjurkan memiliki fisik yang cukup memadai sebelum memulai pendakian, serta membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan sekaligus. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan panorama alam yang memukau di Gunung Api Purba Nglanggeran!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button