Wisata Menarik di Jogja Selain Pantai

Wisata Sejarah di Jogja


kraton jogja

Jogja adalah kota di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya seperti pantai. Namun, selain pantai, Jogja juga memiliki banyak tempat wisata sejarah yang bisa menjadi alternatif liburanmu. Tempat-tempat ini memiliki cerita dan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata sejarah di Jogja yang wajib kamu kunjungi.

1. Kraton Yogyakarta

kraton yogyakarta

Kraton Yogyakarta adalah hunian resmi sultan yang masih berfungsi hingga sekarang. Semua tradisi dan adat Jawa masih dilestarikan di sini. Kraton ini adalah pusat kerajaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan juga menjadi istana resmi Sultan Hamengkubuwono X. Dalam kompleks kraton, kamu dapat menemukan berbagai museum yang mengungkapkan sejarah dan budaya dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni dan budaya tradisional Jawa di area pelataran kraton.

Sejarah Kraton Yogyakarta berawal dari tahun 1755 ketika Sultan Hamengkubuwono I memindahkan pusat pemerintahan dari Karta ke Yogyakarta. Kraton dihasilkan dari kerja keras selama lebih dari 10 tahun oleh para arsitek dan tukang batu yang menghasilkan sebuah arsitektur bergaya Jawa yang sangat indah. Kraton ini menjadi pusat kebudayaan dan kerajaan Jawa yang masih dilestarikan hingga sekarang.

Kamu dapat mengunjungi Kraton Yogyakarta mulai dari jam 08.30 – 13.00 WIB setiap hari. Kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan musik, tari dan wayang kulit yang diselenggarakan di Kraton pada malam hari. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian sopan dan menutup aurat ketika berkunjung ke Kraton Yogyakarta.

Itu dia wisata sejarah di Jogja pertama yang wajib kamu kunjungi yaitu Kraton Yogyakarta. Jangan lewatkan wisata sejarah lainnya seperti Taman Sari, Candi Prambanan, dan Candi Ratu Boko.

Menikmati Keindahan Gunung Merapi


Keindahan Gunung Merapi

Yogyakarta adalah kota wisata yang dikenal dengan pantainya yang indah di Pulau Jawa. Namun, wisata Jogja selain pantai bisa menawarkan pengalaman tak terlupakan di wisata Gunung Merapi yang indah. Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif yang terletak antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Merapi adalah gunung vulkanik tertinggi di Jawa dan merupakan salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Menyediakan pengalaman yang tak terlupakan dengan keindahan pemandangan alam gunung yang luar biasa.

Apakah Anda mencari petualangan sehari atau hanya ingin menikmati keindahan alam yang mengagumkan, berkunjung ke Gunung Merapi adalah hal yang perlu Anda lakukan ketika berwisata di Jogja. Untuk menuju Gunung Merapi, Anda dapat mengambil jalan menuju dukuh Selo, Boyolali. Dari daerah ini, ada banyak jalur pendakian gunung yang mudah diakses oleh para pendaki, seperti jalur Kinahrejo dan jalur Cangkringan.

Meskipun gunung Merapi termasuk lokasi berbahaya karena suka meletus secara spora, namun perlu diketahui bahwa mengunjungi Gunung Merapi cukup aman, karena pihak berwenang selalu memantau aktivitas gunung secara terus-menerus. Pendakian di atas Gunung Merapi menawarkan pemandangan yang luar biasa serta mencakup jarak yang cukup jauh. Oleh karena itu, mengunjungi Merapi bisa menjadi pengalaman tak terlupakan untuk memuaskan hasrat Anda akan keindahan alam.

Ketika mencapai puncak gunung, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan indah yang disajikan oleh Gunung Merapi. Pemandangan gunung hijau berselimut kabut akan menjadi momen yang tak tergantikan bagi para wisatawan. Keindahan Gunung Merapi menjadi semakin memukau ketika matahari terbit atau terbenam. Anda akan menemukan keindahan yang menakjubkan ketika matahari terbit dan memberi cahaya merah jingga pada Puncak Gunung Merapi. Ini adalah momen terbaik untuk mengambil foto spektakuler dengan latar belakang alam indah yang tidak dimiliki oleh tempat lain.

Ketika turun dari puncak gunung, Anda akan disuguhkan oleh panorama alam yang lebih menakjubkan. Jangan lupa untuk membawa kantong sampah. Sebagai wisatawan yang bertanggung jawab, Anda harus meninggalkan kawasan tersebut bersih dan rapi. Kebersihan dan kerapian di lingkungan sekitar Gunung Merapi, adalah tanggung jawab kita sebagai manusia.

Kesimpulannya, Gunung Merapi adalah salah satu tempat wisata Jogja selain pantai yang sangat tidak boleh Anda lewatkan. Keindahan alamnya yang menakjubkan dan lingkungan yang sangat alami akan membuatmu terkagum-kagum. Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Misalnya, cari tahu rute terbaik dan waktu terbaik untuk naik gunung. Selain itu, jangan lupa menggunakan perlengkapan yang sesuai untuk memastikan perjalanan Anda aman dan nyaman. Nikmati pengalaman yang tak terlupakan pada saat Anda menikmati keindahan Gunung Merapi.

Memperkaya Wawasan di Museum Ullen Sentalu


Ullen Sentalu Museum

Jogja, yang dikenal dengan julukan kota budaya ini memiliki banyak tempat wisata menarik. Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu tempat wisata yang sangat dianjurkan untuk dikunjungi. Berlokasi di Kaliurang, Yogyakarta, museum ini menawarkan banyak hal menarik yang dapat memperkaya wawasan seni, budaya dan sejarah Jawa.

Museum ini menyimpan banyak koleksi unik yang berhubungan dengan sejarah dan kebudayaan Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta. Sebagai museum yang dibangun dengan arsitektur tradisional Jawa yang elegan, Museum Ullen Sentalu menawarkan pengalaman yang unik mengenai pandangan dari segi keindahan, kesenian dan arsitektur.

Museum Ullen Sentalu memiliki banyak koleksi lukisan, foto, batu-batuan, dan benda-benda peninggalan kerajaan. Koleksi tersebut meliputi lukisan dan foto keluarga kerajaan Kesultanan Yogyakarta serta Surakarta beserta segala kegiatannya. Ada juga beberapa peninggalan dari dinasti sultan lainnya selain Yogyakarta dan Surakarta.

Ullen Sentalu Museum

Terdapat juga koleksi gamelan Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta yang menjadi salah satu pusat musik di Jawa. Pengunjung dapat mendengarkan lagu-lagu tradisional Jawa yang dibawakan oleh pengunjung maupun staff Museum. Ada pula koleksi wayang kulit dan lukisan beserta cerita dalam wayang kulit tersebut.

Arah pendidikan dan pengetahuan sangat dijunjung tinggi di museum ini, salah satunya adalah dengan cara memperkenalkan seni dan budaya sejak dini. Tak jarang sekolah-sekolah di sekitar Jogja membawa anak-anak mereka untuk mendapatkan wawasan baru dan pengenalan lebih dalam terhadap budaya dan sejarah Jawa di Museum Ullen Sentalu.

Terdapat juga kelas seniman, yang menyediakan kelompok belajar untuk mengembangkan kemampuan seni dan pengajaran seni berkualitas bagi siswa dan siapapun yang memiliki minat. Kelas ini juga akan mengajarkan tentang sejarah dan filosofi seni budaya Jawa bagi siswa dan mereka yang ingin memperdalam pengetahuannya tentang kebudayaan, kepercayaan, dan sejarah Jawa.

Keseluruhan koleksi yang ada di Museum Ullen Sentalu sangat berharga dan menarik serta menawarkan banyak nilai-nilai budaya Jawa yang bisa dipelajari dan apresiasi serta mengembangkan bakat dalam seni budaya.

Museum ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan kebudayaan Indonesia, seni, sejarah, dan adat istiadat Jawa yang mendalam. Selain tempat yang sangat indah, Museum Ullen Sentalu menambah wawasan dan pengalaman tentang warisan budaya Indonesia dan budaya Jawa secara khusus.

Ullen Sentalu Museum

Sensasi Petualangan di GoA Pindul


Goa Pindul

Jogja memang gudang destinasi wisata yang menawarkan banyak hal menarik untuk dinikmati. Wisata pantai dan wisata sejarah bisa menjadi pilihan utama. Namun, bagi mereka yang ingin merasakan sensasi petualangan, maka wisata Goa Pindul bisa menjadi pilihan yang tepat. Wisata yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini memang sudah terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan dan tentunya memberikan sensasi petualangan yang seru.

Goa Pindul merupakan Goa yang memiliki aliran sungai bawah tanah dengan beberapa riam yang bisa kamu temui di dalamnya. Wisatawan yang akan menikmati keindahan Goa Pindul biasanya akan menaiki ban dalam pengaruh arus air sungai. Wisatawan juga akan disuguhkan dengan stalaktit dan stalakmit yang unik di dinding goa. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan cave tubing, aktivitas wisata yang memungkinkan kamu untuk berkeliling di dalam goa menggunakan ban pelampung.

Selain bersantai dan menikmati keindahan Goa Pindul dari atas ban, kamu juga bisa merasakan sensasi sedikit menegangkan dengan menjajal aktivitas lain di dalamnya. Salah satu yang cukup terkenal dan tentunya tidak boleh dilewatkan adalah upstream sejauh 300 meter. Aktivitas yang satu ini akan memberikan sensasi berpetualang yang luar biasa sekaligus memberikan kesempatan untuk mengamati pemandangan yang berbeda di dalam Goa Pindul.

Goa pindul menyediakan peralatan seperti pelampung, worek waterproof, rompi, dan juga helm. Bagi mereka yang belum pernah menjajal aktivitas di dalam sungai Gua, jangan khawatir karena kepala instruktur akan membimbing kamu mulai dari penggunaan peralatan hingga tiba di tempat air sungai Gua Pindul.

Bagi yang sudah berencana untuk berwisata petualangan ke Goa Pindul, maka kamu bisa datang jam 8 pagi hingga 2 siang sesuai dengan jam operasional wisata. Kamu juga bisa menyewa jasa travel yang menawarkan paket untuk menjelajahi Goa Pindul. Jangan khawatir dengan harga, karena tarif yang diberikan cukup terjangkau untuk semua kalangan. Kamu bisa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan keindahan Goa Pindul dalam foto dan video.

Tentunya wisata petualangan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang mencari pengalaman baru dan sensasi petualangan yang berbeda dari wisata lainnya. Minimnya kecelakaan dalam aktivitas di sungai goa Pindul menjadi faktor pendukung juga bagi mereka yang ingin berpetualang di dalamnya. Menjadi salah satu lokasi utama wisata Gunung Kidul, Goa Pindul hanya 2,5 jam dari kota Yogyakarta dan 1 jam perjalanan dengan mobil dari kawasan wisata Pantai Indrayanti.

Mengenal Budaya Lokal di Desa Wisata Kasongan


Kerajinan Kasongan

Yogyakarta atau Jogja selalu dikenal sebagai kota pelajar dan kota pariwisata yang selalu ramai dikunjungi baik oleh turis domestik maupun mancanegara. Jogja tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja, tetapi Jogja juga terkenal dengan wisata budayanya. Kasongan adalah salah satu desa wisata di Jogja yang dikenal sebagai pusat kerajinan tanah liat. Kasongan terletak di sebelah barat aliran Sungai Progo, Kasongan yang sejak dahulu kala merupakan desa keramik dan pengrajin keramiknya melegenda hingga menjelang sekarang.

Bambu Kasongan

Tidak hanya kerajinan keramik, di Kasongan juga terdapat kerajinan bambu yang khas. Kerajinan bambu ini terkenal dengan kualitasnya yang baik serta berguna dalam kehidupan sehari-hari. Produk dari kerajinan bambu Kasongan ini juga digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Sebagai contohnya, kotak makan untuk wadah nasi, tempat ubi, dan kerajinan lainnya. Melihat kerajinan tangan seperti ini dapat menjadi inspirasi desain interior rumah Anda.

Perak Kasongan

Produk lain dari Kasongan adalah perak. Pengrajin perak Kasongan memiliki kreativitas yang sangat tinggi dalam berkreasi dan menciptakan produk yang unik. Produk dari perak Kasongan ini tidak hanya digunakan sebagai perhiasan saja, tetapi juga digunakan sebagai bahan cendera mata yang biasa dibawa oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh.

Kerajinan Kulit Kasongan

Di samping kerajinan tanah liat, bambu dan perak, Kasongan juga dikenal sebagai sentra produsen kerajinan kulit. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam hasil karya kerajinan kulit seperti dompet, tas, hingga sepatu. Kualitas kerajinan kulit di Kasongan tidak kalah dari daerah lainnya yang sudah terkenal sejak lama. Selain itu, di sini kamu juga bisa membeli bahan baku kerajinan kulit secara langsung.

Kerajinan Kayu Kasongan

Satu lagi yang tidak kalah menarik dari Kasongan adalah kerajinan kayu. Meskipun pengrajin kayu di Kasongan tidak banyak dibandingkan dengan kerajinan lainnya, tetapi kualitasnya tidak diragukan lagi. Hasil karya kerajinan kayu di Kasongan sangat dominan dalam bentuk souvenir atau oleh-oleh. Produk souvenir dari kayu Kasongan sangat beragam yang dapat kamu pilih, mulai dari gantungan kunci, patung, hingga asbak.

Tidak hanya kerajinan tangan yang menjadi daya tarik Desa Kasongan, tetapi kamu juga bisa menikmati kuliner khas Jogja yang ada disini. Kuliner khas Jawa seperti Gudeg, Soto, dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati di Desa Wisata Kasongan. Selain itu, suasana dan keindahan alamnya pun tetap membuat kamu takjub.

Dengan mengunjungi Desa Wisata Kasongan, kamu tidak hanya dapat menambah informasi tentang wisata budaya, tetapi dapat juga mendapatkan pengalaman berbeda yang tidak akan pernah terlupakan. Ikuti tur kerajinan tangan untuk melihat pengrajin di Kasongan membuat karya seni tanah liat, bambu, perak, kayu atau kulit. Desa ini merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang mencintai wisata budaya.

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *