Wisata

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja


Warisan Budaya Jogja

Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental di daerah istimewa yang selalu dikenal dengan budayanya yang sangat unik dan menawan. Hampir semua elemen di Yogyakarta memiliki kesenian, mulai dari pakaian, makanan, rumah adat, hingga pertunjukkan.

Berikut adalah beberapa elemen dari Warisan Budaya Jogja :

  • Basa Jawa
  • Basa Jawa adalah bahasa resmi dalam lingkungan Keraton, yang merupakan bahasa budaya yang harus dikuasai oleh mahasiswa selama belajarnya di sana. Bahasa ini juga berperan penting dalam kehidupan masyarakat Yogyakarta sampai sekarang.

  • Batik
  • Batik pada jaman dulu merupakan warisan Budaya Kerajaan, dan sekarang telah menjadi ciri khas Indonesia. Batik khas Yogyakarta ditandai dengan warna-warna yang kuat dan bagus, sering menampilkan motif yang unik dan khas, dan dipakai oleh banyak turis dan penduduk setempat.

  • Kesenian Tradisional
  • Berbagai seni tradisional juga menjadi warisan budaya Jogja, seperti Tari Bedhaya, Tari Srimpi, Wayang Kulit, Karawitan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam setiap upacara adat selalu diiringi dengan musik karawitan, dan pagelaran wayang kulit.

  • Arsitektur
  • Tidak lengkap rasanya apabila tidak membahas mengenai arsitektur asli yang ada di Yogyakarta. Kesederhanaan, kebersihan, dan keseimbangan warna menjadi ciri khas dari arsitektur tersebut. Bangunan keraton, rumah tradisional, dan perkampungan masyarakat yang masih mempertahankan arsitektur asli khas Yogyakarta menjadi tempat wisata yang sangat diminati.

  • Makanan Khas
  • Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kuliner Yogyakarta sangat kental dengan bumbu-bumbu rempah dan lezat. Kuliner yang menjadi warisan budaya Jogja antara lain Gudeg Jogja, Nasi Liwet, Sate Klathak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi yang ingin mengetahui potensi-potensi budaya yang dimiliki oleh Yogyakarta, bisa datang ke beberapa tempat di bawah ini:

  • Keraton Yogyakarta
  • Keraton adalah destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika Anda berada di Yogyakarta. Selain sebagai tempat istana bagi Sultan Yogyakarta, di sini juga terdapat taman belakang keraton serta beberapa pustaka budaya yang menarik dan bisa dipelajari seperti wayang kulit, gamelan, dan sejarah.

  • Malioboro
  • Malioboro adalah sebuah kawasan yang sangat ikonik di Yogyakarta. Berbagai gerai dan toko ditawarkan, mulai dari baju, makanan, buah-buahan, hingga barang antik. Anda juga dapat menemukan penjual makanan khas Yogyakarta di sini, yang pastinya menggugah selera.

  • Taman Sari
  • Taman Sari adalah bekas tempat mandi dari Sultan Yogyakarta. Taman ini sangat menarik dan bersejarah karena dulu digunakan sebagai kerajaan untuk beristirahat di tengah kota. Selain tempat bermesra, dulu juga tempat menyimpan mahkota dan barang-barang kerajaan.

  • Pondok Kayu
  • Pondok Kayu adalah tempat akomodasi untuk beristirahat dengan konsep hunian tradisional yang kental. Pengunjung dapat menikmati suasana yang sejuk dan juga lingkungan yang lebih tenang dari keramaian di kota.

Itu dia beberapa warisan budaya dari Jogja dan juga spot wisata di daerah tersebut. Jika ingin merasakan wisata budaya yang lengkap, maka tidak salah untuk memilih Jogja sebagai daerah tujuan wisata Anda selanjutnya.

Wisata Sejarah di Jogja


Wisata Sejarah di Jogja

Jogja memang dikenal sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Banyak sekali tempat bersejarah yang berada di Jogja. Maka dari itu, jogja menjadi salah satu destinasi wisata sejarah paling populer di Indonesia. Berikut merupakan beberapa tempat wisata sejarah di Jogja yang cukup terkenal di Indonesia.

Kraton Yogyakarta


Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan sebuah Istana, yang hingga kini masih menjadi tempat tinggal Sultan Yogyakarta dan keluarganya. Tempat ini juga menjadi pusat kegiatan keraton seperti upacara ngarsopuro atau halal bihalal. Kraton Yogyakarta juga menyimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah seperti pakaian dan senjata tradisional Jawa. Banyak sekali turis yang mengunjungi Kraton Yogyakarta untuk mengetahui lebih banyak mengenai sejarah Keraton Yogyakarta dan menikmati keindahan arsitekturnya.

Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan dunia yang berada di Jawa Tengah. Candi yang terletak di Magelang ini dibangun pada abad ke-9 dan merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur terdiri dari sembilan tingkat, dikelilingi oleh 72 stupa dan 504 arca Buddha. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga sering digunakan untuk kegiatan ritual keagamaan oleh orang Jawa.

Baca Juga :   Menjelajahi Keindahan Istana Dunia Hilang di Jogja

Candi Prambanan


Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi yang terletak di Sleman ini dibangun pada abad ke-9 dan terdiri dari tiga candi utama dan 224 candi perwara. Candi Prambanan sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan oleh umat Hindu. Selain itu, tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi untuk konser musik.

Taman Sari


Taman Sari

Taman Sari merupakan sebuah tamn air yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Taman ini dulunya merupakan taman peristirahatan keluarga kerajaan, dan tempat ini juga digunakan oleh para selir Sultan Yogyakarta untuk bersantai. Taman Sari terdiri dari kolam-kolam dan bangunan bergaya Eropa. Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Taman Sari karena tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Monumen Jogja Kembali


Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali (Monjali) merupakan monumen yang dibangun untuk memperingati kembalinya Ibu Kota Negara ke Jakarta pada tahun 1950. Monumen ini terletak di jalan Solo KM 7,5. Monumen Jogja Kembali terdiri dari tiga tingkat dan memiliki museum yang menampilkan sejarah perjuangan dan peristiwa penting di Jogja pada masa lampau.

Kuliner Khas Jogja


Wedang Ronde Jogja

Jogja atau disebut pula Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata serta kuliner yang lezat. Di daerah wisata Jogja terdapat banyak kuliner khas lokal yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung. Bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba kuliner Jogja yang lezat, Berikut kuliner khas Jogja yang wajib kamu coba:

Gudeg


Gudeg Jogja

Kuliner khas Jogja yang paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan dalam mencicipi masakan khas daerah ini adalah ‘Gudeg’. Gudeg adalah makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam waktu yang lama dengan campuran gula kelapa, santan, dan rempah-rempah lainnya. Gudeg sering dihidangkan dengan ayam opor, abang, tahu, dan sambal goreng krecek. Kombinasi antara aroma dan cita rasa yang dihasilkan oleh Gudeg ini membuat kita merasakan sensasi yang tiada duanya.

Nasi Kucing


Nasi Kucing

Nasi kucing merupakan kuliner khas yang berasal dari kota Jogja. Nasi kucing merupakan sebutan bagi sepiring nasi putih yang disajikan dalam mangkuk kecil beserta sayuran, kering tempe, sambal dan lauk pauk seperti ayam atau ikan. Biasanya nasi kucing dijual dengan harga yang murah sehingga wisatawan dapat menjajalnya dengan mudah.

Wedang Ronde


Wedang Ronde Jogja

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Jogja di malam hari, jangan lupa mencoba wedang ronde. Wedang ronde adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bola ketan isi kacang hijau yang dihidangkan di dalam kuah berwarna merah. Kuah ini merupakan campuran air jahe, gula merah, dan parutan kelapa. Wedang ronde sangat nikmat disantap disaat malam hari sambil menikmati suasana kota.

Bakpia


Bakpia

Bakpia merupakan kue khas Jogja yang disukai oleh semua kalangan. Makanan ini adalah jenis kue snack yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan berbagai isian, seperti kacang hijau, coklat, keju, dan masih banyak lagi. Bakpia biasanya dijual dalam kemasan dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jogja untuk keluarga dan teman di kampung halaman.

Sate Klatak


Sate Klatak

Jogja juga dikenal dengan sate klatak yang terkenal dengan keunikan marinadanya. Sate klatak terdiri dari potongan daging sapi atau ayam yang telah dimarinasi dengan bumbu tertentu dan kemudian dibakar dengan arang. Sate klatak biasa disajikan dengan sambal khas Jogja yang memiliki rasa dan aroma yang unik.

Nikmati wisata Jogja dengan mencicipi kuliner khasnya yang lezat dan nikmat. Karena kuliner khas Jogja memang tidak pernah ada matinya dan selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan ke Jogja.

Destinasi Wisata Alam di Jogja


Destinasi Wisata Alam di Jogja

Jogja identik dengan destinasi wisata budaya. Namun, sebenarnya Jogja punya banyak destinasi wisata alam yang tak kalah menarik. Destinasi wisata alam di Jogja ini sangat cocok untuk kamu yang suka petualangan, hiking, atau sekadar menikmati keindahan alam bersama teman atau keluarga.

Baca Juga :   10 Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits

1. Sungai Pindul


Sungai Pindul

Sungai Pindul terletak di Kecamatan Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Wisata sungai pindul memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan gua-gua dan stalagmit di dalamnya. Kamu pun bisa menjelajahi sungai menggunakan ban, atau bahkan tikar yang dilengkapi dengan alat bantu seperti helm dan pelampung.

2. Mangunan Fruit Garden


Mangunan Fruit Garden

Mangunan Fruit Garden terletak di Dlingo, Bantul, Jogja. Destinasi wisata alam ini sangat cocok bagi para petualang yang hobi hiking. Kamu akan menemukan keindahan alam yang memukau selama perjalanan menuju ke puncak gunung. Di puncak gunung, kamu akan menemukan taman buah yang terletak di tengah-tengah perbukitan hijau yang menenangkan.

3. Taman Tebing Breksi


Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Jogja. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan tebing batu kapur yang indah. Di sekitar tebing juga terdapat taman-taman kecil yang bisa kamu kunjungi.

4. Candi Ijo


Candi Ijo

Candi Ijo terletak di Kecamatan Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogja. Candi ini cukup tinggi sehingga kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas. Kamu juga bisa menikmati suasana sunrise atau sunset di sini yang sangat memukau.

Itulah dua destinasi wisata alam di Jogja yang recommended banget untuk kamu kunjungi. Selain keempat destinasi wisata alam di Jogja tersebut, tentu masih banyak lagi destinasi wisata alam yang tersebar di Jogja yang seru dan menarik. Cobalah berkunjung, lepaskan penat dan nikmati keindahan alam yang luar biasa indahnya.

Aktivitas Wisata Seru di Jogja


Krakatau Jogja

Jogja memang selalu menjadi tempat yang menarik bagi para traveler, apalagi bagi wisatawan yang menyukai adventure dan semacam tantangan. Begitu banyak wisata seru yang bisa kamu coba di Jogja, mulai dari adventure, olahraga, hingga wisata kuliner. Nah, supaya pendant kamu sedikit terdistraksi dari aktivitas keseharian, beberapa aktivitas wisata seru di Jogja ini bisa kamu coba sebagai pilihan ketika mampir di Jogja.

1. Rafting di Sungai Elo


Rafting Sungai Elo Jogja

Untuk menghilangkan kepenatan, kamu bisa mencoba rafting di Sungai Elo. Ada beberapa operator rafting yang menawarkan paket-paket wisata seru bernuansa adventure di area Magelang. Harga tiketnya pun cukup terjangkau dan cukup menantang, karena kamu harus melawan arus Sungai Elo yang memang cukup deras.

2. Olahraga Air di Kalibiru


Kalibiru Pintu Langit Jogja

Untuk kamu yang sukai olahraga air, kamu bisa mampir ke Kalibiru. Di sana, kamu bisa mencoba berbagai macam olahraga air, seperti flying fox atau bahkan skydiving. Kalibiru juga dikenal sebagai pintu langit, karena kamu bisa melihat pemandangan dari ketinggian yang cukup spektakuler.

3. Mendaki Merapi


Mendaki Gunung Merapi Jogja

Mendaki salah satu gunung yang berada di sekitaran Jogja, seperti Gunung Merapi bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin mencari tantangan. Gunung Merapi memang tidak semudah itu ditaklukkan, kamu harus mempersiapkan jasmani dan mental. Namun, ketika kamu berhasil mencapai puncak, keindahan panorama Jogja dari ketinggian akan memanjakan matamu.

4. Menyusuri Goa Pindul


Goa Pindul Jogja

Selanjutnya, kamu bisa mencoba wisata jenis speleology dengan menjelajahi Goa Pindul. Goa Pindul terletak di Kabupaten Gunungkidul. Kamu akan disuguhi tour menyusuri gua dalam kegelapan, hutan bakau yang alami, dan menikmati keindahan gua pindul yang sejuk dan jernih.

5. Menjelajahi Taman Wisata Puncak Becici


Taman Wisata Puncak Becici Jogja

Terakhir, jika kamu sudah lelah dengan aktivitas yang menantang fisik, menikmati alam dan keindahan objek wisata seru di Jogja tanpa harus merasakan adrenalin yang memuncak juga tak kalah menarik. Salah satu pilihan yang bisa kamu tuju adalah Taman Wisata Puncak Becici. Disebut juga dengan Merapi Park, taman ini merupakan pusat pengamatan hutan Merapi melalui teleskop. Di sana, kamu juga bisa menikmati view keindahan Merbabu dan Merapi dari jarak yang cukup dekat. Kamu bisa memilih berbagai facility di sana, seperti menikmati outbound, hiking dan bersepeda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button