4 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Objek Wisata Jogja Gratis untuk Keluarga


Keraton Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang kaya akan budaya dan sejarah. Kota ini memiliki berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik wisata berbayar atau gratis.

Banyak keluarga yang ingin berlibur, namun terkendala oleh anggaran yang terbatas. Oleh karena itu, kami akan memberikan daftar objek wisata Jogja gratis untuk keluarga seperti:

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata gratis yang dapat dikunjungi oleh keluarga. Di sini kamu berkesempatan melihat langsung arsitektur Jawa yang terdapat pada bangunan keraton yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Keraton Yogyakarta juga memiliki museum yang menyimpan berbagai benda-benda pusaka dari zaman kerajaan. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan berbagai pertunjukan yang menampilkan budaya dan kesenian Jawa seperti tari-tarian, musik, dan wayang.

Tidak hanya sebagai tempat wisata, Keraton Yogyakarta juga dapat menjadi tempat untuk belajar sejarah dan budaya Indonesia yang kaya. Kamu dan keluarga pasti akan merasa terkesan setelah mengunjungi tempat wisata ini.

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian sopan saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan menghormati adat dan kebiasaan yang berlaku.

Menikmati Keindahan Alam Jogja Tanpa Biaya


Jogja Gratis

Kota Yogyakarta, atau yang lebih dikenal dengan Jogja, mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Banyak tempat wisata di Jogja yang memiliki pemandangan hijau nan memukau dan bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis. Berikut tempat-tempat wisata jogja gratis yang menawarkan keindahan ala Jogja yang patut Anda kunjungi.

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Siapa yang tidak kenal dengan istana Kesultanan Yogyakarta yang bernama Keraton Yogyakarta, menjadi salah satu tempat wisata gratis di Jogja yang sangat diminati oleh banyak orang. Dengan luas 14 hektar, kompleks keraton ini mempunyai berbagai bangunan kuno seperti pendopo, joglo, dan bangunan-bangunan lainnya yang dipadukan dengan taman-taman asri dan kolam yang membuat kawasan keraton ini jadi sangat indah. Di sini, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit serta pentas seni lainnya yang diadakan secara rutin.

Sebelum masuk ke Keraton Yogyakarta, Anda harus memakai pakaian yang sopan dan tidak boleh menggunakan sepatu. Terdapat peraturan ketat yang harus dipenuhi oleh para pengunjung.

Bukit Parangtritis


Bukit Parangtritis

Bagi pecinta alam, Bukit Parangtritis bisa menjadi pilihan wisata yang mengesankan di Jogja. Terletak di area wisata Parangtritis, Bukit tersebut memiliki pemandangan yang sangat eksotis ke arah Pantai Depok dan sekitarnya. Selain bisa menikmati pemandangan yang indah, kawasan Bukit Parangtritis juga cocok untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Bukit Parangtritis bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik motor. Pengunjung cukup melewati area parkir Pantai Parangtritis dan naik ke arah Bukit Parang, lalu menaiki anak tangga yang terdapat di sebelah barat.

Candi Sambisari


Candi Sambisari

Jika Anda ingin merasakan wisata sejarah yang penuh nilai-nilai keagamaan, Anda bisa mengunjungi Candi Sambisari di Jogja. Terletak di desa Purwomartani, Sleman, Candi Sambisari merupakan kompleks candi yang dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung. Kompleks candi ini menampilkan keindahan arsitektur klasik Jawa Tengah yang mirip dengan kompleks Prambanan dan Borobudur.

Candi Sambisari bisa dicapai dengan mudah dari kota Jogja dengan mengambil rute menuju Bandara Adisutjipto. Setelah sampai di Bandara, maka akan ditemukan plang petunjuk ke arah Candi Sambisari. Pengunjung akan melewati area persawahan yang hijau dan asri dengan berjalan kaki menuju candi.

Hutan Pinus Mangunan


Hutan Pinus Mangunan

Wisata Jogja gratis yang sangat populer adalah Hutan Pinus Mangunan. Terletak di kabupaten Bantul, hutan pinus ini mempunyai ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dengan hamparan pinus yang sangat hijau dan asri. Selain itu, Hutan Pinus Mangunan juga menyediakan spot foto yang menarik dan unik yang bisa menjadi latar belakang foto bergaya Instagramable.

Hutan Pinus Mangunan bisa dicapai dengan berkendara selama kurang lebih satu jam dari pusat kota Jogja. Setelah sampai di kawasan Hutan Pinus Mangunan, pengunjung perlu berjalan kaki agak menanjak untuk sampai ke lokasi wisata.

Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti mempunyai keindahan yang tidak kalah spektakuler dengan pantai-pantai lainnya di Jogja. Di sini, Anda bisa menyaksikan hamparan laut nan biru dan ombak yang tenang dengan pelengkap bangunan-bangunan klasik Jawa yang megah. Selain itu, pantai ini juga menyediakan wahana banana boat yang menyenangkan bagi Anda yang suka dengan kegiatan di laut.

Pantai Indrayanti bisa dicapai dengan berkendara selama kurang lebih satu jam dari pusat kota Jogja. Praktis, pengunjung perlu membayar biaya parkir dan konsumsi saat berkunjung ke Pantai Indrayanti.

Demikianlah beberapa tempat wisata jogja gratis yang bisa menjadi pilihan Anda ketika berada di kota Jogja. Keindahan alam nan memukau di Jogja bisa dinikmati tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Selamat menikmati indahnya kota Jogja!

Destinasi Wisata Gratis yang Wajib Dikunjungi di Jogja


Tugu Jogja

Jogja memiliki kekayaan budaya, sejarah, dan alam yang luar biasa. Selain itu, Jogja juga memiliki banyak spot wisata gratis yang bisa dinikmati tanpa perlu membayar tiket masuk. Berikut adalah tiga destinasi wisata gratis yang wajib dikunjungi saat Anda berlibur ke Jogja:

Tugu Jogja


Tugu Jogja

Salah satu destinasi wisata gratis wajib dikunjungi di Jogja adalah Tugu Jogja. Tugu Jogja menjadi satu-satunya landmark kota yang tersohor ini. Tugu Jogja juga diyakini sebagai pusat kerajaan Mataram sejak zaman dahulu. Kawasan Tugu Jogja selalu menjadi tempat berkumpulnya banyak mahasiswa dan masyarakat umum pada malam hari. Mereka datang ke sini untuk menikmati suasana malam Jogja yang khas.

Setiap malam, Tugu Jogja selalu terang benderang dengan lampu-lampunya yang indah. Sambil menikmati suasana malam dan menikmati cerita tentang sejarah kota Jogja dari tukang becak yang berada di sekitar tugu, Anda juga bisa membeli berbagai macam buah-buahan segar, minuman, dan makanan yang cukup murah di sepanjang jalan Adisucipto.

Taman Sari


Taman Sari Jogja

Taman Sari merupakan situs sejarah pembangunan istana kerajaan dan juga merupakan tempat pemurnian diri bagi keluarga kerajaan. Di lokasi ini Anda dapat melihat bangunan-bangunan kuno seperti Sumur Gumuling, dan juga dapat melihat jejak arkeologi dari masa awal penjajahan. Di sini juga terdapat museum yang menyimpan barang-barang kerajaan seperti belati, kain batik, dan intan batu yang pernah dimiliki oleh keluarga kerajaan.

Taman Sari berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Jogja dan dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum yang tersedia di sekitar pusat kota. Taman Sari dapat dikunjungi pada hari Senin sampai Minggu mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore. Jika ingin masuk ke kompleks Keraton, Anda bisa membeli tiket seharga 12 ribu rupiah untuk dewasa dan 7 ribu rupiah untuk anak-anak.

Bukit Parang Tritis


Bukit Parang Tritis Jogja

Spot wisata gratis ketiga yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Parang Tritis. Bukit Parang Tritis juga sangat dikenal sebagai tempat untuk menikmati sunset terbaik di Jogja. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit, melihat matahari terbenam, dan merasakan angin yang sejuk.

Bukit Parang Tritis terletak di sebelah selatan Pantai Tritis. Anda dapat mencapainya dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi. Tiket masuk ke Bukit Parang Tritis tidak ada alias gratis.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam dan memotret pemandangan yang menarik, Bukit Parang Tritis adalah tempat yang pas untuk dikunjungi. Jika Anda beruntung, Anda bisa menemukan objek foto unik seperti anak-anak menggembala kambing yang lucu serta kegiatan para pengunjung saat berburu sunset.

Aktivitas Seru di Wisata Gratis di Jogja


Aktivitas Seru di Wisata Gratis di Jogja

Kota Jogja menawarkan banyak destinasi wisata yang gratis, mulai dari pasar tradisional hingga objek wisata alam yang menakjubkan. Selama ini, banyak yang mengira destinasi wisata di Kota Jogja hanya bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang yang banyak. Namun, setelah kita menjelajah ke beberapa destinasi wisata yang gratis, ternyata ada banyak wisata jogja gratis yang menyenangkan dan seru yang dapat dinikmati bersama dengan teman atau keluarga. Berikut beberapa destinasi wisata gratis yang disarankan bagi kamu yang ingin mengisi liburan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

4. Menikmati Pemandangan Malam di Bukit Parangtritis

Bukit Parangtritis

Jangan ketinggalan untuk mengunjungi Bukit Parangtritis dan menikmati pemandangan langit yang indah di sana. Tempat ini memang terkenal sebagai destinasi romantis bagi para pasangan yang ingin menikmati keindahan pemandangan langit yang eksotik. Bukit Parangtritis dapat diakses dengan mudah karena lokasinya yang tak jauh dari Pantai Parangtritis. Jangan lupa membawa kamera agar bisa mengabadikan momen indahmu bersama keluarga atau teman.

Setelah tiba, jangan bergegas naik ke puncak bukit, nikmatilah perjalanan ke atas. Kamu akan menemukan beberapa view spot jika berjalan kaki ke atas. Yang pertama kamu akan menemukan miniatur Garuda Wisnu Kencana dan bisa sesi foto terlebih dahulu. Tidak jauh dari situ, kamu akan menemukan pohon beringin yang rimbun. Kamu akan merasa seperti berada di hutan, karena suasana yang begitu hijau dan menenangkan. Selama perjalanan ke atas Kamu akan melewati beberapa jalan setapak dan beberapa buah rumah warga yang menyajikan cafe/cafe dengan berbagai penawaran menu makanan dan minuman.

Setelah menikmati pemandangan di Bukit Parangtritis, pergi ke Warung Indomie Mbah Marto yang hanya berjarak 3 km dari Bukit Parangtritis. Menikmati Indomie Goreng kekinian dengan beraneka rasa dan taburan plus view lesehan di bawah pohon menjadi hal yang wajib dilakukan. Di sini kamu juga bisa menikmati minuman khas Yogyakarta seperti susu kefir, susu murni, dan minuman khas lainnya. Tempat ini sangat ramai di malam hari karena hampir semua pengunjung Bukit Parangtritis pasti mampir ke sini setelah menikmati pemandangan.

5. Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Depok


Pantai Depok

Cerita wisata ke Yogyakarta memang tidak lengkap tanpa berkunjung ke pantainya. Hal yang paling menyenangkan adalah bisa menikmati keindahan pantai tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Salah satu pantai yang dapat dikunjungi adalah Pantai Depok. Pantai ini terletak di desa Parangtritis yang berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai Depok menyediakan sebuah objek wisata menarik untuk menikmati sunset dengan gratis. Namanya adalah Umbul Ponggok Depok. Wisata yang satu ini sebenarnya adalah kolam renang alami hasil dari sungai yang mengalir di sekitar Pantai Depok.
Setelah seharian mengunjungi sejumlah tempat wisata di Yogyakarta, tidak ada salahnya menyegarkan diri di Umbul Ponggok Depok. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati Sunset yang begitu elok dengan pemandangan langsung ke garis laut selatan. Bersediakah Anda menghabiskan waktu sore dengan ditemani sunset dan deburan ombak di Pantai Depok ini?

Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menempuh jalur Pantai Depok. Setibanya di Pantai Depok, pilihlah jalan ke arah timur, di sebelah kiri jalan terdapat plang nama “Umbul Ponggok Depok”. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan teman atau keluarga. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sekitar Rp 5.000.

Pantai Depok memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata saat berada di Yogyakarta. Selain wisata alam dan pantainya, Anda juga dapat pulang dengan membawa oleh-oleh berupa kerajinan tangan dari Pandai Sikep. Lokasi kerajinan tangan ini berada dekat dengan Pantai Depok, sehingga mudah untuk dijadikan sebagai alternatif wisata belanja. Pandai Sikep menyediakan berbagai jenis kerajinan tangan dari bahan kayu, seperti patung kayu, gantungan kunci, dan lain-lain.
Keseruan berwisata di Yogyakarta memang tidak pernah ada habisnya. Selain wisata yang gratis, terdapat juga wisata yang menarik dengan harga yang terjangkau. Di mana lagi Anda dapat berwisata seharian tanpa terbebani dengan budget yang tinggi selain di Jogja?

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *