Kuliner

Kuliner Kaki Lima yang Wajib Dicoba di Jogja

Kuliner Kaki Lima Legendaris Jogja

Yogyakarta terkenal sebagai kota kuliner dengan berbagai makanan khas yang lezat. Tidak hanya resto dan cafe yang terkenal, tetapi juga kuliner kaki lima yang selalu ramai dikunjungi. Di artikel ini kami akan membahas beberapa kuliner kaki lima legendaris di Jogja.

Kuliner Kaki Lima Jogja

1. Gudeg Yu Djum

Jika Anda berkunjung ke Jogja, Gudeg adalah makanan wajib yang harus Anda coba, terutama Gudeg Yu Djum yang sudah berdiri sejak 1950-an. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula jawa, santan dan rempah-rempah. Gudeg Yu Djum memiliki varian rasa yang berbeda, mulai dari santan, telur, ayam, opor, hingga sate. Namun yang paling terkenal adalah Gudeg Manggar dan Gudeg Krecek.

Untuk mencicipi Gudeg Yu Djum, Anda bisa datang ke Jl. Wijilan No. 167, Gowongan, Kota Yogyakarta. Ciri khas dari Gudeg Yu Djum adalah tekstur nangka yang empuk dan kuah yang gurih. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, sambal goreng krecek dan telur.

Menariknya, di tempat ini Anda tidak hanya dapat menikmati Gudeg, tetapi juga nuansa klasik Jogja yang terlihat dari interior rumah khas dan bersejarah. Jangan heran jika kerumunan pengunjung selalu memadati tempat ini setiap harinya.

Tips untuk menghindari antrian yang panjang, datanglah sebelum jam makan siang atau makan malam dan pastikan untuk membawa uang cash karena tidak tersedia fasilitas ATM dan kartu kredit.

Gudeg Yu Djum menjadi kuliner kaki lima yang legendaris di Jogja karena cita rasanya yang khas dan enak, serta sudah lama menjadi primadona makanan khas Jogja di kalangan masyarakat lokal hingga wisatawan mancanegara.

Menu Andalan Kuliner Kaki Lima Jogja

Kuliner kaki lima Jogja adalah jawaban bagi para wisatawan yang mencari pengalaman gastronomi yang unik. Dari jajanan pasar tradisional hingga makanan modern, Jogja menyajikan berbagai macam pilihan makanan yang menggugah selera pengunjung. Berikut adalah beberapa menu andalan kuliner kaki lima Jogja yang wajib dicoba:

Gudeg


Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah. Biasanya, gudeg disajikan dengan nasi, ayam suwir, telur, dan sambal goreng krecek. Gudeg Bu Tjitro adalah salah satu warung gudeg yang terkenal di Jogja. Warung ini telah beroperasi sejak 1925 dan masih mempertahankan resep aslinya hingga saat ini. Lokasinya di dekat Pasar Beringharjo, sehingga mudah diakses oleh para pengunjung yang ingin menyantap gudeg asli Jogja.

Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah mi goreng yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bakmi Jawa diolah dengan bahan-bahan seperti kecap manis, bawang goreng, ayam suwir, dan telur. Saat ini, bakmi jawa telah menjadi salah satu makanan kaki lima Jogja paling terkenal. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi bakmi jawa di Jogja adalah Warung Bakmi Mbah Marijan. Warung ini terletak di dekat Jalan Malioboro dan selalu penuh dengan pengunjung pada jam makan siang.

Gado-gado


Gado-gado

Gado-gado adalah makanan Indonesia yang terbuat dari sayuran segar yang dicampur dengan bumbu kacang. Biasanya, gado-gado disajikan dengan tahu, tempe, kentang rebus, dan lontong. Di Jogja, ada banyak penjual gado-gado yang bisa ditemukan di pinggir jalan atau di warung-warung kaki lima. Gado-gado Pak Hadi adalah salah satu pilihan tepat bagi para pengunjung yang mencari rasa gado-gado yang autentik. Warung ini terletak di Jalan Kh. Ahmad Dahlan, dan selalu ramai dengan pengunjung yang ingin menikmati hidangan yang lezat ini.

Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate khas Jogja yang dibuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Sate Klathak biasanya disajikan dengan ketupat dan sambal kacang yang pedas. Salah satu tempat yang terkenal dengan sate klathak-nya adalah di Warung Sate Klathak Pak Pong. Warung sate klathak ini berada di daerah Kota Gede dan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan luar kota Jogja.

Kopi Joss


Kopi Joss

Kopi Joss adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari kopi hitam yang ditambahkan dengan arang panas. Proses pembuatan kopi joss cukup unik dan menarik karena bubuk kopi diperas dan dicampur dengan air panas, kemudian dibuang dari gelas dan diberi arang yang masih membara untuk menambah rasa dan aroma kopi tersebut. Kedai Kopi Pak Bondan adalah salah satu tempat terkenal untuk menikmati kopi joss di Jogja. Kedai kopi ini telah berdiri sejak tahun 1967 dan selalu menjadi tempat favorit para pengunjung yang ingin menikmati kopi joss asli Jogja.

Jogja bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya, namun juga dengan kuliner kaki lima-nya yang nikmat dan lezat. Mencicipi rasa kuliner kaki lima Jogja merupakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

1. Kuliner Khas Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang dikenal sebagai kota pelajar dan kota wisata yang menyimpan banyak kekayaan budaya. Tak hanya itu, kuliner khas Yogyakarta pun sangat terkenal, khususnya kuliner kaki lima. Di sana banyak pedagang kaki lima menjajakan makanan enak dengan harga terjangkau.

2. Enaknya Kuliner Kaki Lima di Jogja

Banyak sekali sajian kuliner kaki lima di Jogja yang bikin geleng-geleng kepala. Mulai dari gudeg, sate klathak, nasi kucing, dan masih banyak lagi. Setiap menu mempunyai cita rasa yang khas dan pas di lidah. Selain itu, tempatnya pun sangat beragam, ada yang di pinggir jalan, di gang sempit, dan juga di tempat-tempat yang cukup terpencil. Meski begitu, tempat-tempat tersebut selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mencoba sajian kuliner kaki lima khas Jogja.

3. Melipir Makan di Pasar Beringharjo


Jika ingin mencoba kuliner kaki lima yang unik, Makan di Pasar Beringharjo bisa jadi pilihan. Pasar tradisional ini terletak di pusat kota Yogyakarta dan selayaknya pasar tradisional pada umumnya, pasar ini menjual aneka barang seperti batik, kerajinan tangan, atau bahan makanan. Namun, Anda jangan sampai ketinggalan mencoba kuliner kaki lima yang ada di sana. Banyak sekali menu yang dijajakan di pasaran ini, mulai dari bakmi jowo, nasi pecel, soto, hingga jenang. Yang menjadi daya tarik tersendiri adalah harganya yang cukup terjangkau. Dengan budget sekitar Rp 20 ribu, Anda sudah bisa puas menyantap kuliner kaki lima di sini.

Selain harga terjangkau, tempatnya pun cukup strategis. Anda bisa mampir ke sana setelah berbelanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo. Perlu diketahui, bahwa Pasar Beringharjo buka setiap hari kecuali Selasa. Namun, jika ingin mencicipi kuliner kaki lima, lebih baik datang pada saat hari raya seperti Lebaran atau Natal. Pasalnya pada saat itu, pedagang kaki lima Pasar Beringharjo biasanya menjajakan kuliner khas daerah Jogja yang hanya bisa ditemukan pada hari besar. Jangan lupa untuk membawa uang cash karena di sana hampir tidak ada tempat yang menerima pembayaran elektronik.

4. Kesimpulan

Jogja memang terkenal sebagai surganya wisata kuliner kaki lima. Pasalnya di sana banyak sekali pedagang yang menjajakan makanan enak dengan harga yang terjangkau. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi antara lain Pasar Beringharjo, Malioboro, dan Kusumanegara. Namun, jika Anda ingin mencari lokasi lain untuk kuliner kaki lima, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu atau bertanya kepada warga di sekitar tempat Anda menginap. Selamat menikmati kuliner khas Jogja.

Kuliner kaki lima enak dan murah di Jogja

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata candi dan seni budaya, tetapi juga dengan kuliner kaki limanya yang enak dan terjangkau. Berikut adalah beberapa kuliner kaki lima yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Jogja.

1. Gudeg Pawon Bu Tjitro


gudeg pawon bu tjitro

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas. Salah satu tempat kuliner kaki lima paling terkenal dan enak di Jogja adalah Gudeg Bu Tjitro yang berlokasi di Jalan Ibu Ruswo no. 2, Kotabaru, Yogyakarta. Gudeg Bu Tjitro ini disajikan dalam wadah tembok dengan harga mulai dari Rp. 25.000.

2. Tengkleng Bu Hadi


tengkleng bu hadi

Tengkleng adalah sup daging kambing dengan kuah santan yang khas. Jika kamu ingin mencoba tengkleng yang enak dan murah di Jogja, cobalah mengunjungi Tengkleng Bu Hadi yang berlokasi di Jalan Dr. Sutomo no. 7, Kricak, Yogyakarta. Harga tengkleng di tempat ini mulai dari Rp. 17.000.

3. Warung Pak Lang


warung pak lang

Warung Pak Lang terkenal sebagai salah satu tempat kaki lima di Jogja yang menyajikan sate klathak yang enak dan lezat. Sate klathak terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih. Warung Pak Lang berlokasi di Jalan Imogiri Timur KM. 8,5, Caturtunggal, Yogyakarta dan harga sate klathaknya mulai dari Rp. 15.000.

4. Kopi Joss


kopi joss

Saat kamu berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencicipi kopi joss. Kopi joss adalah kopi yang dicampur dengan arang panas, sehingga memberikan sensasi rasa yang unik, aromanya juga khas dan sedap. Salah satu tempat yang terkenal dengan kopi joss di Jogja adalah Angkringan Kopi Joss yang berlokasi di Jalan Wijilan No.1, Yogyakarta. Harga kopi joss di tempat ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 4.000.

Itulah beberapa kuliner kaki lima yang enak dan murah di Jogja yang wajib kamu coba. Selamat mencoba!

Kuliner kaki lima tersembunyi di Jogja

Jogja adalah kota yang terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner. Tak hanya makanan yang bisa ditemukan di resto, ada banyak kuliner kaki lima yang enak dan tersembunyi di Jogja. Berikut ini akan kami bahas lima kuliner kaki lima tersembunyi yang wajib kamu coba ketika mengunjungi Jogja.

1. Gudeg Bu Wiryo


Gudeg Bu Wiryo

Ketika berbicara tentang kuliner kaki lima di Jogja, gudeg Bu Wiryo adalah salah satu tempat yang paling terkenal. Berlokasi di Jalan Wijilan, gudeg Bu Wiryo sudah ada sejak tahun 1975. Gudeg Bu Wiryo menyajikan gudeg yang lezat dengan cita rasa khas Jogja. Gudeg Bu Wiryo merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang paling dicari di Jogja.

2. Kipo/Risoles Kipas Makan Minah


Kipo/Risoles Kipas Makan Minah

Terletak di Jalan Dagen, Kipo/Risoles Kipas Makan Minah adalah tempat yang terkenal dengan camilan khas Jogja yaitu kipo atau risoles. Camilan ini sangat digemari oleh masyarakat Jogja karena tekstur yang lembut dan isian yang gurih. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat singgah ketika kamu sedang berkeliling menjelajahi Kota Jogja.

3. Es Sawo Kecik Pak Gembus


Es Sawo Kecik Pak Gembus

Es Sawo Kecik Pak Gembus adalah tempat untuk menikmati kuliner kaki lima yang menyegarkan di Jogja. Terletak di Jalan Kaliurang, tempat ini menyajikan es yang terbuat dari sawo sebagai bahan dasarnya. Es sawo tersebut dicampur dengan susu kental manis dan kelapa muda. Rasanya yang manis dan sejuk bisa menambah kesegaran dalam cuaca yang panas. Kamu bisa menikmati es ini di luar atau dalam gerai sederhana yang disediakan.

4. Sate Pak Pong


Sate Pak Pong

Terletak di dekat Tugu Yogyakarta, jalan Prawirotaman, Sate Pak Pong menawarkan sate yang lezat dan murah. Sate Pak Pong mempunyai cita rasa khas dan sangat diminati oleh wisatawan dan warga setempat. Selain sate ayam, kamu juga bisa mencicipi sate kambing atau sate sapi sesuai dengan selera kamu.

5. Gule Kambing Sapi Pak Kemo


Gule Kambing Sapi Pak Kemo

Gule Kambing Sapi Pak Kemo adalah kuliner kaki lima tersembunyi yang harus kamu datangi ketika sedang berada di Jogja. Berada di Jalan Prewes, tempat ini menyajikan gule yang sangat lezat dengan bumbu yang khas. Gule kambing sapi Pak Kemo mempunyai aroma yang khas dan tekstur yang empuk, membuat kamu ingin memakannya lagi dan lagi. Menu khas dari tempat ini adalah Gule Kambing Sapi lengkap dengan nasi, kerupuk, dan karedok.

Nah itu dia 5 kuliner kaki lima tersembunyi yang wajib kamu coba ketika mengunjungi Jogja. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner kaki lima yang lainnya di Jogja karena pasti banyak kuliner enak lainnya untuk kamu nikmati. Selamat mencoba dan selamat menikmati kuliner lezat di Jogja!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button