Wisata

10 Wisata Jogja yang Bagus dan Wajib Dikunjungi

Pusat Kuliner Tradisional dengan Harga Terjangkau


Jajanan Tradisional Murah di Jogja

Jogja dikenal dengan keramah-tamahan penduduknya serta wisata kuliner tradisionalnya yang sangat terkenal. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri yang menyempatkan waktu untuk menikmati kuliner khas Jogja. Terlebih lagi, kuliner tradisional yang dijual di Jogja relatif murah. Ini tentunya menjadi nilai plus bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Jogja dengan harga yang terjangkau. Banyak pusat kuliner yang tersedia, jadi kamu harus pintar-pintar memilihnya. Berikut adalah kuliner tradisional murah di Jogja yang wajib kamu coba:

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah gudeg khas Jogja yang paling terkenal dan populer. Tentunya kamu harus mencicipi kuliner ini ketika berada di Jogja. Gudeg Yu Djum terletak di daerah Wijilan, Yogyakarta. Meskipun sudah sangat terkenal, harga gudeg yang disajikan di sini masih terjangkau. Menu gudeg tersedia mulai dari Rp.10.000.- hingga Rp.30.000.- tergantung dari isi yang kamu pilih.

Warung Handayani

Warung Handayani

Warung Handayani adalah warung makan yang berlokasi di Karangkajen, Yogyakarta. Makanan khas yang disajikan di sini adalah nasi gudeg, soto, dan juga nasi rames. Warung makan ini direkomendasikan oleh banyak wisatawan, karena selain harganya yang terjangkau, rasa masakan yang disajikan lezat dan autentik.

Warung Sego Kucing Tugu

Warung Sego Kucing Tugu

Warung Sego Kucing Tugu cukup terkenal di Jogja. Warung makan ini terletak di sekitar Tugu Jogja. Menunya adalah nasi dan lauk pauk dengan porsi kecil, namun rasa masakannya enak. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah, yaitu Rp. 1.500,- hingga Rp. 2.000,- per porsi. Kamu juga bisa memilih beragam lauk pauk yang disajikan di sini, seperti tempe orek, tahu bacem, dan juga ayam goreng.

Warung Padang Bu Yati

Warung Padang Bu Yati

Warung Padang Bu Yati adalah salah satu tempat kuliner yang menyediakan makanan padang terkenal di Jogja. Warung ini terletak di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Di warung ini kamu bisa menikmati berbagai macam hidangan Padang dengan harga yang terjangkau seperti rendang, gulai, kalio, hingga sate Padang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,- per porsi.

Warung Makan Padang Restu Yogyakarta

Warung Makan Padang Restu Yogyakarta

Warung Makan Padang Restu Yogyakarta merupakan salah satu warung makan Padang yang cukup terkenal di Jogja. Warung yang menyajikan makanan Padang ini terletak di kawasan Cik Di Tiro, Yogyakarta. Restoran ini menyajikan berbagai hidangan Padang seperti rendang, gulai ikan, dendeng, hingga sayur nangka. Harga yang ditawarkan pun tergolong cukup murah, yaitu Rp. 15.000,- hingga Rp. 35.000,- per porsi.

Itulah beberapa kuliner tradisional murah dan terjangkau di Jogja yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke sana. Kamu akan menyukai cita rasa masakan Jogja yang autentik dan murah yang tersedia di tempat-tempat kuliner tersebut. Selain memuaskan perut, mengunjungi tempat-tempat tersebut juga bisa menjadi pengalaman yang berharga selama berlibur di Jogja.

Merasakan Sensasi Wisata Sejarah dengan Berbagai Museum Bersejarah di Jogja


Museum Keraton Jogja

Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki daya tarik wisata dengan lokasi bersejarah. Oleh karena itu, wisata sejarah di Jogja menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Banyak tempat-tempat bersejarah yang dapat dijelajahi di kota ini, seperti berbagai museum bersejarah, candi-candi, dan situs-situs bersejarah lainnya. Pemandangan yang bersejarah tersebut akan memberikan pengalaman berwisata yang berbeda dan membuat liburan menjadi lebih berkesan.

Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu dari wisata sejarah terbaik yang ada di Yogyakarta. Museum ini terletak di kawasan Wisata Kaliurang, Yogyakarta. Museum ini didirikan oleh seorang bangsawan untuk menjadi tempat warisan keluarganya. Museum yang dibangun pada tahun1988 ini memiliki koleksi eksklusif tentang sejarah bangsawan Keraton Yogyakarta, Surakarta, dan Mangkunegaran, serta sejarah Indonesia. Museum ini dilengkapi dengan audio visual dan tour guide, sehingga dapat menjelaskan mengenai sejarah bangsawan yang berbeda dan memberikan pengalaman yang interaktif. Karena koleksi dan bangunan dengan arsitektur tradisional, museum ini cocok untuk pelajar, keluarga, dan wisatawan yang ingin mempelajari sejarah Yogyakarta dan Indonesia.

Museum Keraton Jogja


Museum Keraton Jogja

Salah satu tujuan wisata yang harus dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja adalah Museum Keraton Jogja, karena merupakan salah satu museum terbesar dan terlengkap di Indonesia. Museum ini terletak di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta. Museum ini mengandung sejarah tentang Keraton Yogyakarta, yang didalamnya terdapat koleksi kuno seperti pakaian, senjata, dan lukisan keraton. Museum ini juga menawarkan pengalaman yang unik, seperti melihat tari-tari tradisional, berfoto dengan pakaian tradisional, dan menonton pertunjukan wayang kulit pada waktu yang tertentu. Selain itu, museum ini juga menyediakan panduan wisata yang menjelaskan sejarahnya di setiap ruangan sehingga sangat memudahkan pengunjung untuk mempelajari sejarah Keraton Yogyakarta. Karena bobot sejarah yang sangat tinggi, museum ini wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur ke Jogja.

Museum Sonobudoyo


Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo terletak di kawasan kota Yogyakarta. Museum ini juga dikenal sebagai pusat penelitian sejarah dan etnologi. Museum ini memiliki banyak koleksi sejarah dan etnografi, seperti senjata, artefak kuno, pakaian tradisional, permainan tradisional, dan masih banyak lagi. Museum ini memiliki banyak alat audio visual dan informasi tentang etnografi dan sejarah Yogyakarta, sehingga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk pengunjung. Selain itu, museum ini juga memiliki galeri seni yang berisi lukisan, patung dan karpet tradisional. Museum Sonobudoyo adalah pilihan tepat bagi para wisatawan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang sejarah dan budaya Yogyakarta.

Baca Juga :   8 Tempat Wisata Gratis di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Museum Sasmitaloka


Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka terletak di kawasan keraton Yogyakarta, Museum ini dibuka pada tahun 2011 dan memuat koleksi sejarah Keraton Yogya. Museum ini memiliki banyak galeri, seperti galeri senjata, galeri kostum, galeri lukisan, galeri foto, galeri koin dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan koleksi, termasuk memegang rekreasi senjata dan pakaian tradisional. Museum ini menyediakan guidebook yang menjelaskan tentang setiap galeri. Museum ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mengetahui tentang sejarah keraton dan tradisi Jogja.

Inilah beberapa museum bersejarah yang ada di Jogja. Selain tempat-tempat wisata sejarah di atas, masih banyak situs bersejarah lain yang juga perlu dikunjungi. Wisata sejarah dapat memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah dan budaya Indonesia. Karena memiliki banyak koleksi sejarah dan pengalaman interaktif, museum-museum di Jogja menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Nikmatilah sensasi wisata sejarah yang berbeda dengan mengunjungi museum bersejarah di Jogja.

Tempat Wisata Edukasi untuk Anak-Anak


Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Jogja memang memiliki segudang liburan yang menyenangkan dan selalu bisa memberikan pengalaman berbeda setiap kali kamu melakukan kunjungan. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah mengunjungi wisata edukasi untuk anak-anak yang menyenangkan dan juga menyehatkan.

Nah, apa saja tempat wisata edukasi yang cocok untuk mengajak anak-anakmu ketika di Jogja?

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang cocok untuk menjelajahi dunia binatang yang mengagumkan.

Area seluas 54 hektar ini menyajikan beragam koleksi satwa dari berbagai belahan dunia. Selain itu, Gembira Loka Zoo juga memiliki sajian edukasi dan sensorik, seperti scientific theatre, snow world, dan mystic garden.

Sementara itu, wahana lain yang bisa dinikmati oleh anak-anak adalah kiddy land, jumbo ride, dan monorail. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu adalah museum seni dan budaya Jawa yang terletak di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Museum ini mengajarkan sejarah seni dan budaya Jawa dengan cara yang menyenangkan, mulai dari melukis hingga pembuatan keramik.

Di Museum Ulen Sentalu, anak-anak tidak hanya bisa belajar tentang seni dan budaya Jawa, tetapi juga bisa melihat koleksi pribadi keluarga kerajaan masing-masing. Dari mulai koleksi keramik, pakaian, hingga pernak-pernik lainnya.

Museum Ulen Sentalu buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

Malioboro Mall

Malioboro Mall

Jika kamu mencari tempat wisata anak-anak yang menyenangkan dan juga edukatif, tidak salah rasanya untuk mengunjungi Malioboro Mall ketika di Jogja.

Tidak hanya tempat menghabiskan waktu dengan berbelanja, Malioboro Mall juga menawarkan beberapa fasilitas yang menyenangkan untuk anak-anak seperti Timezone, Gramedia Kids, dan Kidz Station. Di Timezone, anak-anak bisa memainkan beragam game yang seru, sedangkan di Gramedia Kids, anak-anak bisa membaca buku-buku yang beragam.

Selain itu, di Kidz Station juga disediakan taman bermain dengan berbagai macam permainan yang menantang. Sambil memuaskan hasrat berbelanja, kamu pun bisa memberikan pengalaman yang lengkap dan menyenangkan bagi si kecil.

Malioboro Mall buka setiap hari dari jam 10.00 hingga 22.00 WIB.

Jadi, itulah beberapa tempat wisata edukasi yang cocok untuk dijadikan referensi ketika berkunjung ke Jogja bersama anak-anak. Dijamin, banyak pengalaman berbeda yang bisa kamu dapatkan di setiap tempat wisata yang disebutkan di atas.

Menikmati Keindahan Alam dengan Wisata Sungai dan Pantai di Sekitar Jogja


Sungai Kali Code Jogja

Jogja has always been famous for its cultural attractions, but it also offers a variety of natural wonders that are no less captivating. For those who love exploring nature, Jogja has a lot to offer. Rivers and beaches are among the natural attractions that you have to visit when you are in Jogja. Here are some of Jogja’s best rivers and beaches that you can enjoy.

1. Goa Cemara Beach


Goa Cemara Beach

Goa Cemara Beach is a stunning beach located in Gunungkidul Regency, Jogja. The name “Goa Cemara” means “Pine Cave” in English. This beach is unique because it has a large cave that looks like a pine tree. The cave is very impressive and can be used as a backdrop for your photos. The beach itself is very well maintained and clean. Here, you can enjoy swimming, sunbathing, surfing, and playing beach volleyball. You can also rent a boat and go to the nearby island called Nglambor Island.

Baca Juga :   Explore Jogja with One of Our Exciting Tour Packages from Bandung

2. Sungai Kali Code


Sungai Kali Code Jogja

Sungai Kali Code is a river that flows through the middle of Jogja city. It is a beautiful river that is surrounded by trees and lush greenery. You can walk along the river and enjoy the scenery or rent a boat and paddle along the river. There are also many cafes and restaurants along the riverbank where you can enjoy a meal or a cup of coffee. At night, the river is beautifully lit up by the street lamps, creating a romantic atmosphere.

3. Parangtritis Beach


Parangtritis Beach

Parangtritis Beach is one of the most famous beaches in Jogja. It is located around 28 km from Jogja City and is known for its strong waves and beautiful sunset. The beach is also known for its mystical beliefs because it is believed to be the abode of Nyi Roro Kidul, the Queen of the South Sea. The beach is quite crowded during weekends, but it is still worth visiting. Here, you can enjoy some fresh seafood or try surfing. You can also rent a horse and ride it along the beach while watching the sunset.

4. Sungai Oyo


Sungai Oyo

Sungai Oyo is a river that is located in Yogyakarta Special Region. It is a beautiful river that is surrounded by hills and nature. This river is famous for its crystal clear water that is suitable for swimming, rafting, or just cooling off. You can rent a boat and paddle along the river or try some adrenaline-boosting activities such as cliff jumping. The river is also surrounded by rice fields and coconut trees, creating a peaceful atmosphere. You can also try some local foods that are sold by the locals along the riverbank.

In conclusion, Jogja has a plethora of natural attractions that offer breathtaking views and memorable experiences. If you love nature and are seeking an adventure, then Jogja’s rivers and beaches are the perfect escape. What are you waiting for? Plan your trip to Jogja now and explore its hidden gems.

Aktivitas Wisata Outdoor yang Seru seperti Paintball, ATV, dan Rafting di Jogja


Wisata Rafting di Jogja

Yogjakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja, adalah sebuah kota yang memiliki pesona wisata yang sangat memikat. Wisata di Jogja mampu menarik perhatian wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya wisata sejarah, Jogja juga memiliki alternatif wisata outdoor yang menyenangkan dengan mengunjungi lokasi wisata yang menawarkan berbagai jenis aktivitas seru dan mengasyikkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas aktivitas wisata outdoor di Jogja, termasuk Paintball, ATV, dan Rafting.

Paintball


Paintball di Jogja

Jika kamu pecinta olahraga tembak-menembak dan ingin mencoba sensasi bertanding layaknya militer, paintball bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di Jogja. Kamu akan mempertahankan gugusan medan permainan yang cukup seru.

Jogja Paintball Arena berlokasi di Jalan Kaliurang km 14,8, terletak di tengah-tengah alam pedesaan yang sejuk. Selain tempat rekreasi, fasilitas yang lengkap serta tim profesional akan membuat kamu mudah memahami cara strategi dan memenangkan permainan ini. Dalam kegiatan ini, kamu bisa memanfaatkan sekitar 10 senjata paintball dan setiap senjata diisi 25 peluru. Jangan khawatir, kamu dilengkapi dengan peralatan pelindung yang aman dan menyenangkan. Yah, siapa yang tidak senang ditembak dengan peluru cat, bukan?

ATV


ATV di Jogja

Melaju dengan kecepatan tinggi di atas ATV (All Terrain Vehicle) di sebuah medan terbuka di Jogja merupakan pengalaman seru nan mengasyikkan. Aktivitas ini menawarkan sensasi berbeda yang tidak bisa didapatkan dari aktivitas kebanyakan. Berkeliling dan mengalami pemandangan hijau Jogja yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Sepeda motor ATV yang diutamakan untuk off-road memiliki ban khusus yang sangat cocok untuk di atas tanah yang tidak rata.

ATV Adventure terletak di Jalan Samas Km 8 , Tempel, Sleman, Jogja, menawarkan paket lengkap untuk pengalaman yang luar biasa naik ATV. Kamu akan diajak menjelajahi berbagai macam medan seperti jalanan berbatu, menyeberangi sungai kecil, naik turun bukit dan mengelilingi persawahan yang hijau. Adventure ini akan membawa kamu seolah menjauh dari kehidupan kota yang ramai.

Rafting


Rafting di Jogja

Rafting mungkin menjadi aktivitas yang paling populer di Jogja. Perjalanan mengarungi aliran sungai dan mengejar arus air membuat sukacita dan kegembiraan tak terduga. Kamu akan menavigasi sungai dengan kemampuanmu sendiri serta doktrin dari instruktur yang andal.

Cukup mudah untuk menemukan rafting di Jogja karena lokasinya dilewati oleh dua sungai segara, Progo dan Elo. Salah satu operator rafting terbesar di kota adalah Sungai Progo Adventure, yang menawarkan sensasi rafting yang sangat menyenangkan yang bisa diandalkan bagi yang gemar aktivitas olahraga rutin. Rute rafting di Progo akan membawa kamu melewati tebing dan juga melompat dari batu kecil. Keseruan yang tak terlupakan ketika kaki mu tercela saat melewatkan derasnya air gunung.

Itulah tiga aktivitas outdoor menggunakan paintball, ATV, dan rafting di Jogja. Pilihan aktivitas menarik lainnya mencakup off-road adventure, paragliding, dan paintball. Dengan melakukan aktivitas outdoor ini, kamu akan bisa melupakan stres dan menikmati wisata di Jogja yang berbeda dan membawa pulang pengalaman yang tak terlupakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button