Menikmati Wisata Jogja: Keindahan, Sejarah, dan Budaya

Wisata Sejarah di Jogja


Kraton Jogja

Jogja, the city of culture and history, is one of the most tourist-attractive cities in Indonesia. Whenever we talk about Jogja, we cannot escape from its historical tourism, which is one of the main reasons why people love to visit Jogja. There are many historical attractions that we can find in Jogja. Many places tell the story of the kingdom of Ngayogyakarta Hadiningrat and the Sultanate of Yogyakarta. The following are some historical tourism attractions in Jogja:

Kraton Yogyakarta

Kraton Jogja

Kraton is a palace that was once the center of the Javanese kingdom in Indonesia. Kraton Yogyakarta is the heart of Ngayogyakarta Hadiningrat’s empire, which is a cultural and historical legacy. The palace buildings have architectural styles that combine elements of Java, Europe, and China. Visitors who come to Kraton Yogyakarta will be greeted by the buildings that have become cultural and historical relics, such as the residential area, the Main Hall, and the Silver Hall.

Visitors can explore the palace’s many zones with local or official guides who will explain the history and nuanced details of each area. In Kraton, visitors can also watch traditional Javanese art performances such as Gamelan, Wayang Kulit, and traditional Javanese dance. In addition, Kraton also showcases the palace’s valuable historical collections such as royal heirlooms, old photos of the royal family, and many other historic items.

It’s recommended for visitors to come and visit Kraton Yogyakarta earlier in the day, so they can slowly explore every corner of the palace without feeling rushed. It’s also important for visitors to dress modestly because Kraton is not just a tourism object but also a cultural and historical heritage site.

Taman Sari Water Castle

Taman Sari

Taman Sari Water Castle is a water park that the Sultanate of Yogyakarta used as a resting place and a place to find entertainment, especially for the Sultan and his family members. The shape of the Taman Sari Water Castle is just like a labyrinth that has a lot of interconnected caves and canals. Visitors can rent guides or ask caretakers to guide them to explore Taman Sari’s corners because it can be hard to get the hang of it on your own.

There are several spots in Taman Sari that become favorite places for visitors. They are Pasarean Ledok Sari, Umbul Pasiraman, and Sumur Gumuling. Pasarean Ledok Sari is a historical site where the Sultan would wash his hair, Umbul Pasiraman is a place with a unique artificial pool that was used for the Sultan’s daughters’ baths, and Sumur Gumuling is a circular underground mosque. When we walk through Taman Sari canals and caves, visitors can witness the beauty of the water color and the architectural designs that combine the Javanese, Islamic, and Dutch styles. Taman Sari also becomes a place for visitors to take pictures with the unique buildings and views.

In conclusion, Jogja is a city that is rich in history and cultural attractions that are still maintained. We can learn many things from these historical tourism attractions. We also should appreciate and preserve them together so that these objects can become eternal cultural relics.

Wisata Belanja di Jogja yang Menarik


Wisata Belanja Jogja

Bagi Anda pecinta wisata belanja, terutama wisata belanja yang murah meriah, Jogja menjadi salah satu surga belanja yang wajib untuk dikunjungi. Inilah lima rekomendasi wisata belanja di Jogja yang paling menarik.

Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tradisional yang paling dikenal di Jogja. Berbagai jenis barang bisa ditemukan di sini, mulai dari pakaian, kerajinan, hingga bahan makanan. Pasar Beringharjo juga terkenal sebagai tempat belanja oleh-oleh khas Jogja. Beberapa oleh-oleh yang bisa dibeli di Pasar Beringharjo adalah bakpia, keripik tempe, dan gudeg. Harga yang ditawarkan di Pasar Beringharjo pun sangat terjangkau, sehingga Anda dapat berbelanja sepuasnya tanpa perlu khawatir akan membengkaknya biaya.

Pasar Malioboro


Pasar Malioboro

Pasar Malioboro mungkin menjadi wisata belanja di Jogja yang paling terkenal. Disini Anda bisa menemukan berbagai jenis barang, mulai dari pakaian, aksesoris, kuliner, hingga kerajinan tangan. Pasar Malioboro buka sejak pagi hingga malam hari, sehingga Anda bisa berbelanja dengan waktu yang fleksibel. Harga yang ditawarkan di Pasar Malioboro pun sangat murah, sehingga Anda tekanan khawatir akan mengeluarkan uang terlalu banyak.

Beringharjo Market


Beringharjo Market

Beringharjo Market merupakan pasar tradisional yang terkenal menghadirkan beragam barang kebutuhan sehari-hari dengan beberapa tambahan barang yang tidak kalah menarik. Pasar yang menjual barang-barang murah di Jogja ini berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Namun, setelah hancurnya pasar ini saat perang kemerdekaan mendekati tahun 1949, kemudian dibangun kembali dengan perkembangan zaman. Saat ini, pasar terletak di Jalan Pabringan, Kraton, Yogyakarta, tak hanya menyediakan produk pangan tetapi juga barang-barang kosmetik, aksesoris hingga souvenir yang berkualitas.

Toko Oleh Oleh Jogja


Toko Oleh Oleh Jogja

Di Toko Oleh Oleh Jogja ini juga menyediakan berbagai macam kerajinan tangan asli khas Jogja yang sangat menarik. Anda pun akan disuguhkan dengan banyaknya kuliner khas Jogja seperti Bakpia, Sosro, atau Coklat Monggo. Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kain batik Jogja yang tersedia dalam banyak bentuk dan desain. Hombre Menjangan, Mataraman, dan Parangkusumo Batik adalah beberapa di antara banyaknya jenis batik Jogja yang tersedia di Toko Oleh Oleh Jogja.

Pasar Ngasem


Pasar Ngasem

Pasar Ngasem juga menjadi salah satu wisata belanja di Jogja yang layak untuk dicoba. Pasar ini terkenal dengan dagangan burung dan ikan hias. Selain itu, di Pasar Ngasem juga banyak dijual souvenir khas Jogja seperti kerajinan tangan, pakaian tradisional, dan pernak-pernik lainnya. Meski dijual dengan harga yang cukup murah, kualitas barang yang tersedia di Pasar Ngasem tetap terjaga.

Berbelanja di tempat-tempat diatas dengan harga yang murah meriah pastinya akan menjadi suatu pengalaman mengasyikkan dan menarik bagi Anda. Tunggu apalagi? Segera jadwalkan liburan ke Jogja dan nikmati berbagai macam pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan di sana.

Aktivitas Seru untuk Dilakukan di Jogja


Wisata Jogja

Jogja memiliki daya tarik yang luar biasa karena memiliki kekayaan alam yang indah dan budaya yang unik. Tak hanya itu, Jogja juga memiliki berbagai aktifitas seru yang menarik bagi para wisatawan. Berikut adalah lima aktifitas seru yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Jogja.

1. Berkunjung ke Candi Borobudur


Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah situs warisan dunia UNESCO yang terletak di kota Magelang, sekitar dua jam berkendara dari Jogja. Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata wajib yang harus kamu kunjungi ketika di Jogja. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar candi dan menikmati keindahan arsitektur dan relief-relief yang dibuat dari batu. Keindahan candi saat matahari terbit juga menjadi pemandangan yang tak bisa kamu lewatkan.

2. Menikmati Sunset di Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terindah di Jogja. Kamu bisa menikmati pemandangan sunset dengan ditemani ombak laut yang tenang. Kamu juga bisa menikmati kegiatan seru seperti bermain pasir, menunggang kuda, atau sekadar duduk-duduk dan menikmati keindahan alamnya. Jangan lupa bawa camera kamu ya untuk mengabadikan momen-momen indah.

3. Mencoba Kuliner Legendaris di Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu pasar tradisional terbesar di Jogja. Kamu bisa menjumpai berbagai macam barang dagangan, mulai dari kain batik hingga oleh-oleh khas Jogja. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai kuliner legendaris seperti gudeg, bakpia, dan lain-lain. Pasar ini buka dari pagi hingga sore, jadi pastikan kamu datang di pagi hari agar bisa menikmati pasar dengan tenang.

4. Mendaki Gunung Merapi


Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Namun, setelah meletus pada tahun 2010, sekarang Gunung Merapi aman untuk didaki. Kamu bisa mendaki Gunung Merapi dengan trek yang cukup menantang selama dua hingga tiga jam. Tapi setiap keringanan datang dengan keindahan, kamu akan disambut dengan pemandangan yang sangat indah dari puncak Gunung Merapi.

5. Menjelajahi Goa Jomblang


Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah salah satu goa yang terletak di sekitar Gunungkidul, Jogja. Goa Jomblang menjadi populer karena formasi stalaktit dan stalakmit yang sangat menawan dan unik. Kamu bisa mengeksplorasi goa ini dengan cara rapeling menggunakan tali. Kemudian, kamu bisa menikmati keindahan goa dari sepanjang putaran yang terlihat dalam film dokumenter. Goa Jomblang adalah pengalaman yang tak terlupakan untuk dicoba saat berkunjung ke Jogja.

Nah itu dia lima aktifitas seru yang bisa dicoba saat berkunjung ke Jogja. Tentu saja masih banyak aktifitas seru lainnya yang bisa kamu coba, seperti bersepeda di lereng Merapi atau berkunjung ke Keraton Jogja. Semoga liburanmu di Jogja menyenangkan!

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *