Wisata

Exploring the Latest Tourist Destinations in Jogja

Wisata Alam Jogja Terbaru


Keraton jogja

Jogja is known for its rich cultural heritage and stunning natural beauty. For nature lovers, Jogja offers a variety of exciting outdoor activities, including hiking, rafting, and camping. Here are some of the latest nature destinations in Jogja that are worth a visit:

1. Tebing Breksi

Tebing Breksi

Tebing Breksi is a new natural attraction located in Prambanan, Sleman, Jogja. This unique limestone cliff was formed from the remains of the Merapi volcanic eruption in 2006. Visitors can enjoy the stunning view of the cliff, explore the surrounding caves, and try rock-climbing at the designated area. The breathtaking view of the sunset from Tebing Breksi is also a must-see.

2. Mangunan Fruit Gardens

Mangunan Fruit Gardens

Mangunan Fruit Gardens is a new agro-tourism destination located in Dlingo, Bantul, Jogja. This vast plantation is home to a variety of tropical fruits, such as durian, rambutan, and mango. Visitors can pick and taste the fresh fruits right from the trees. The gardens also offer a stunning panoramic view of the green hills and valleys.

3. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri is a new forest park located in Dlingo, Bantul, Jogja. This pine forest park offers a refreshing natural atmosphere and a range of exciting outdoor activities, such as flying fox, treehouse, and canoeing. Visitors can also explore the park’s hiking trails, picnic areas, and enjoy the beautiful view of the surrounding hills.

4. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan is a new cultural attraction located in the heart of Jogja city. This traditional palace is a replica of the original Keraton Kacirebonan in Cirebon, West Java. Visitors can explore the palace’s unique architecture, traditional arts, and culture. The palace also offers a range of cultural performances, such as traditional dance, gamelan, and wayang kulit.

5. Kali Oya Waterfall

Kali Oya Waterfall

Kali Oya Waterfall is a new hidden gem located in Kulonprogo, Jogja. This stunning waterfall is surrounded by a beautiful forest and offers a peaceful natural atmosphere. Visitors can take a dip in the waterfall’s refreshing waters, relax in the surrounding picnic area, and enjoy the scenic view of the nature. The waterfall is also a great spot for birdwatching and photography.

Jogja never ceases to amaze us with its diverse and natural beauty. From limestone cliffs to agro-tourism gardens, from pine forests to traditional palaces, from waterfalls to cultural experiences, Jogja has something for everyone. Indulge yourself in nature’s beauty and explore these new destinations. Happy traveling!

Wisata Sejarah di Jogja


Keraton Jogja

Jogja memang punya segudang destinasi wisata terbaru yang begitu menarik untuk dikunjungi. Namun, tidak dapat dipungkiri, sejarah dan tradisi masih sangat melekat di kota pelajar ini. Oleh karena itu, wisata sejarah juga menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi saat liburan ke Jogja.

Candi Prambanan

Salah satu wisata sejarah di Jogja yang paling terkenal hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan. Candi yang terletak di kawasan Klaten ini memiliki 240 candi di satu kompleks. Candi-candi tersebut berukuran kecil sampai besar, dengan Candi Siwa sebagai candi utama yang menjulang tinggi dengan ketinggian mencapai 47 meter. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 oleh Rakai Pikatan dengan tujuan untuk memuja Dewa Siwa. Dalam sejarahnya, candi ini pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi, tetapi pada tahun 1930-an, candi ini direnovasi sehingga sekarang menjadi salah satu destinasi wisata terbaru yang paling terkenal di Indonesia.

Keraton Jogja

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mengunjungi Keraton Jogja. Keraton ini merupakan kompleks istana yang dulunya menjadi tempat tinggal Bangsawan Jawa dan sekarang menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Yogyakarta. Sebagai destinasi wisata terbaru, keraton ini memiliki berbagai koleksi benda-benda antik yang menjadi bukti sejarah kerajaan Yogyakarta. Anda dapat melihat keindahan dan khasanah budaya Jawa dari bangunan keraton, ragam ukiran, dan museum Keraton. Sedikit tips, sebaiknya mengikuti tur dengan pemandu di sana agar pembahasan tentang sejarah keraton lebih dalam dan melengkapinya. Anda juga dapat menyaksikan sendratari Ramayana di halaman keraton pada malam hari.

Kota Gede

Kota Gede juga menjadi destinasi wisata terbaru yang menjadi primadona bagi wisatawan yang menyukai kunjungan ke tempat-tempat sejarah. Kota Gede adalah pusat kerajaan Islam terdahulu di daerah Yogyakarta. Di sini Anda akan merasakan keajaiban menakjubkan dari kota yang masih melestarikan kearifan lokal Jawa. Kota Gede yang dihuni oleh kelompok etnis Tionghoa yang ahli dalam pembuatan kerajinan perak. Anda bisa memesan barang khas dari perak seperti sendok, gantungan, kalung, kantong, dan bros. Kota Gede juga memiliki masjid tertua di Jogja yaitu Masjid Agung Kotagede yang dibangun pada tahun 1575.

Baca Juga :   Menikmati Pesona Jogja Malam Hari

Taman Sari Jogja

Tak hanya tempat-tempat sejarah Keraton Jogja, Jogja juga memiliki tempat sejarah lainnya yaitu Taman Sari. Taman Sari adalah tempat bersejarah yang dapat menunjukkan kosmopolitanisme budaya di masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Keunikan dari bangunan ini membuat wisatawan terpesona saat berkunjung ke sini. Wisatawan dapat berfoto di Telaga Kenanga, Mandala, Sumur Gumuling, dan Istana Air.

Itulah sejumlah destinasi wisata terbaru yang menawarkan berbagai macam destinasi wisata sejarah di Jogja. Semua tempat ini menyimpan sejuta cerita dan kisah yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen liburan Anda di tempat-tempat tersebut agar dapat mengingat kenangan yang tak terlupakan.

Menikmati Wisata Kuliner Terbaru di Jogja


Yogyakarta atau biasa disebut Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia dengan julukan sebagai kota pelajar, kota budaya dan keberagaman. Selain itu, Jogja juga memiliki keunikan dalam kuliner dan menjadi destinasi wisata kuliner bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Setiap bulan, kuliner terbaru selalu hadir di kawasan Yogyakarta, bisa Anda temukan di berbagai sudut kota. Berikut ini merupakan beberapa destinasi wisata kuliner terbaru di Jogja yang patut Anda coba.

1. Bakso Telkom


Warung bakso Telkom merupakan warung bakso yang sedang hits di Jogja. Harganya murah, tapi rasanya tidak murahan. Dalam seporsi bakso Telkom terdiri dari baso pilihan ayam atau sapi, mie, bihun, pangsit, sayuran dan bumbu khusus Telkom. tempat makan ini memiliki konsep unique yang diminati oleh generasi muda.

2. Leko Dessert and Coffee


Leko Dessert and Coffee terletak di jalan Parangtritis KM 4,5 Bantul, Jogja. Tempat ini cukup terkenal di kalangan anak muda Kota Jogja. Terdapat berbagai jenis minuman dan dessert unik yang akan memanjakan lidah Anda. Salah satu menu dessert terbaru disana adalah Dragonup latte yaitu es krim dragon fruit yang disiram dengan segelas kopi latte cream.

3. Lapangan Jajan Malioboro


Lapangan Jajan Malioboro merupakan destinasi wisata kuliner terbaru yang baru dibuka di Kota Jogja. Tempat ini menyajikan berbagai jajanan khas Indonesia dengan konsep yang modern dan instagramable. Disana Anda bisa menemukan berbagai makanan seperti Sate Taichan Surabaya hingga Sambal Tempoyak Palembang. Yang membuat tempat makan ini unik adalah tampilannya yang sangat gemerlap seperti lapangan baseball.

4. Food Junction GPM


Food Junction GPM merupakan sebuah foodcourt yang terletak di Gadjah Mada Plaza Jogja. Tempat makan ini menawarkan banyak sekali variasi makanan mulai dari lokal hingga internasional yang cocok untuk segala kalangan. Beberapa tenant yang sangat direkomendasikan di sana adalah Coto Makassar, Steak Malioboro, dan Nasi Goreng Ayam Geprek.

5. Soto Sableng


Soto Sableng pada awalnya hadir di Depok, Bogor. Namun, belakangan warung soto ini juga merambah ke daerah Jogja dan semakin dikenal oleh masyarakat Jogja. Dalam satu porsinya disajikan soto ayam bumbu kuning dengan potongan daging yang cukup besar serta berbagai sayuran, seperti tauge, daun bawang dan kecil jeruk nipis untuk memberikan rasa segar yang pas pada lidah. Terdapat pula menu sate kambing.

Dari beberapa destinasi wisata kuliner terbaru di Jogja di atas, semoga bisa menjadi referensi untuk memuaskan rasa lapar dan mengisi perut. Anda juga bisa memilih tempat makan yang memang sesuai dengan selera dan keinginan. Selamat mencoba!

Wisata Romantis di Jogja


Pantai Srilili

Berbicara tentang wisata, Jogja memang sudah tidak asing lagi. Jogja memiliki berbagai destinasi liburan yang menarik dan menawan, mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, hingga wisata romantis. Wisata romantis menjadi pilihan bagi pasangan yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan menikmati indahnya pemandangan dan suasana.

Maka dari itu, inilah beberapa destinasi wisata romantis di Jogja yang terbaru dan wajib dikunjungi.

Bukit Bintang

1. Bukit Bintang

Wisata romantis di Jogja yang pertama ialah Bukit Bintang. Terletak di Kabupaten Bantul, Bukit Bintang menawarkan pemandangan yang memukau saat malam hari. Puncak Bukit Bintang dikelilingi oleh hamparan lampu kota Jogja yang bercahaya indah. Suasana yang tenang dan sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Pasangan dapat menikmati keindahan pemandangan sambil menyeruput secangkir teh atau kopi di gazebo yang tersedia.

2. Pantai Glagah

Pantai Glagah

Pantai selalu menjadi pilihan bagi pasangan untuk menghabiskan waktu bersama. Salah satu pantai yang menawarkan keindahan alam yang mempesona ialah Pantai Glagah. Lokasi pantai yang berada di Kabupaten Kulon Progo ini memiliki hamparan pasir dan ombak yang menenangkan. Pengunjung juga bisa menikmati sunset di pantai ini. Jika ingin menginap, tersedia penginapan dengan fasilitas yang lengkap.

Baca Juga :   Wisata Jogja Terbaru: Menikmati Keindahan 10 Objek Wisata Terbaru di Yogyakarta

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir Parangkusumo menawarkan pengalaman berbeda bagi pasangan yang ingin berkunjung ke Jogja. Terletak di Bantul, Gumuk Pasir Parangkusumo memungkinkan pengunjung untuk menaiki jeep dan menyusuri bukit pasir yang amat besar. Saat sore hari, pengunjung dapat menyaksikan sunset yang memukau dan pasangan dapat berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan yang mempesona.

4. Pantai Srilili

Pantai Srilili

Jika ingin menikmati keindahan pantai yang masih alami dan belum ramai pengunjung, Pantai Srilili bisa menjadi pilihan. Terletak di wilayah Gunung Kidul, pantai ini dikelilingi tebing-tebing karst dan memiliki ombak yang cukup besar. Pasangan dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di tepi pantai dan menjelajahi gua-gua kecil yang ada di sekitar pantai.

5. Taman Sari

Taman Sari

Taman Sari menjadi salah satu destinasi wisata romantis di Jogja yang wajib dikunjungi pasangan. Taman Sari terletak di pusat kota Jogja dan menawarkan pemandangan yang indah dengan taman-taman yang hijau dan air mancur yang menari-nari. Pasangan dapat menikmati keindahan taman dan berfoto-foto sambil menikmati suasana yang romantis.

Itulah beberapa destinasi wisata romantis di Jogja yang bisa menjadi pilihan pasangan untuk menghabiskan waktu bersama. Mulai dari pantai, bukit, hingga taman, semuanya menawarkan keindahan alam dan suasana yang mempesona. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan dengan baik, mengatur anggaran, dan mempersiapkan segala kebutuhan sebelum berangkat. Nikmati liburan romantis bersama pasangan di Jogja!

Wisata Keluarga di Jogja


Wisata Keluarga di Jogja

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Selain memiliki kekayaan budaya, Jogja juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi khususnya untuk liburan keluarga. Berikut adalah beberapa destinasi wisata keluarga di Jogja terbaru yang wajib dikunjungi:

1. Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jalan Kaliurang Km 25, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Museum ini merupakan museum seni dan budaya Jawa yang mengandung berbagai nilai edukatif dan informatif. Di dalam museum ini terdapat koleksi benda-benda seni dan budaya dari Keraton Yogyakarta dan Surakarta yang dipamerkan seperti gamelan, pusaka, wayang, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam Kaliurang yang terletak di sekitar museum. Museum Ullen Sentalu merupakan destinasi wisata keluarga yang cocok untuk menambah wawasan dan pengetahuan keluarga.

2. De Mata Trick Eye Museum


De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum berlokasi di Jalan Gedong Kuning Selatan No. 1, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Museum ini menampilkan benda-benda seni berupa lukisan-lukisan 3 dimensi yang bisa membuat pengunjung terkesan benda tersebut benar-benar ada di depan mata. Di dalam museum ini, terdapat lebih dari 100 lukisan 3 dimensi yang bisa dijadikan tempat berfoto yang seru dan lucu. De Mata Trick Eye Museum sangat cocok untuk menjadi destinasi liburan keluarga yang seru dan menyenangkan.

3. Lawang Sewu Yogyakarta


Lawang Sewu Yogyakarta

Lawang Sewu Yogyakarta merupakan gedung tua yang bersejarah yang terletak di Jalan Pemuda, Yogyakarta. Gedung ini dulunya merupakan kantor pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatschapij (NIS) atau Kereta Api Hindia Belanda. Kini gedung ini telah dijadikan sebagai wisata sejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi oleh warga lokal dan wisatawan. Pengunjung bisa mengajak keluarga untuk mengunjungi Lawang Sewu Yogyakarta untuk mengetahui sejarah bangunan tersebut yang cukup menarik.

4. Taman Pintar Yogyakarta


Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan destinasi wisata keluarga yang cocok untuk anak-anak sekaligus orang dewasa. Taman ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Di dalam taman ini terdapat berbagai atraksi edukatif seperti planetarium, pusat sains, gerai inovasi, dan masih banyak lagi. Selain itu, taman ini juga sering mengadakan pertunjukan untuk anak-anak seperti iring-iringan karnaval dan permainan tradisional. Pengunjung bisa mengajak keluarga untuk bermain dan menambah pengetahuan di Taman Pintar Yogyakarta.

5. Goa Pindul


Goa Pindul

Goa Pindul merupakan destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Goa ini berlokasi di Jalan Raya Bejiharjo, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Di dalam goa ini pengunjung bisa melihat keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam gua. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang sangat indah di sekitar goa seperti sungai bawah tanah yang jernih dan lereng bukit karst yang menawan. Pengunjung bisa bersama-sama menjelajahi gua bersama keluarga untuk menambah pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata keluarga di Jogja terbaru yang harus dikunjungi. Dengan mengunjungi destinasi wisata tersebut, diharapkan dapat menambah pengalaman liburan keluarga menjadi lebih seru, menyenangkan, dan bermanfaat. Semoga sajian informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button