Wisata

Rekomendasi Wisata di Jogja yang Dekat dengan Stasiun

Keindahan Kota Jogja yang Dekat dengan Stasiun


Jogja Stasiun Tugu

Jogjakarta menjadi salah satu kota yang selalu menarik perhatian wisatawan, baik itu dari luar maupun dalam negeri. Keunikan dan kekhasan yang dimiliki Jogjakarta membuat orang berbondong-bondong datang ke kota ini. Tak hanya itu, Jogja juga mudah diakses dengan adanya sarana transportasi umum, salah satunya adalah stasiun kereta api. Di Jogja terdapat beberapa wisata Jogja yang dekat dengan stasiun, seperti:

Taman Sari


Taman Sari

Taman Sari merupakan salah satu wisata Jogja yang sangat terkenal. Letaknya berada di wilayah Keraton Jogja, hanya berjarak sekitar 850 meter dari Stasiun Tugu. Tempat ini awalnya merupakan sebuah kolam bulat yang berisi air asin. Kolam tersebut dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I untuk keperluan bersantai bersama keluarga. Kini Taman Sari menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Di dalam Taman Sari, terdapat beberapa tempat wisata, seperti Sumur Gumuling, Bendung Taman Sari, dan Jembatan Kenongo. Sumur Gumuling merupakan beberapa ruang bawah tanah peninggalan zaman Keraton Jogja. Di sini pengunjung akan melalui terowongan-terowongan yang saling terhubung. Lalu ada juga Bendung Taman Sari, yakni sebuah kolam yang dikelilingi oleh tembok dan di atasnya terdapat semacam bangunan kecil. Sedangkan Jembatan Kenongo adalah sebuah jembatan kecil berupa kayu yang mengapit danau kecil di Taman Sari.

Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Wisata Jogja yang dekat dengan stasiun selanjutnya adalah Keraton Yogyakarta. Keraton atau kraton merupakan istana Kesultanan Yogyakarta. Letaknya cukup dekat dengan Stasiun Tugu, hanya berjarak sekitar 2,1 km. Di sini pengunjung dapat melihat langsung peninggalan sejarah kesultanan Yogyakarta.

Pesona Keraton Yogyakarta tidak bisa dilepaskan dari keberadaan bangunan, arsitektur dan keterampilan seni kerajinan yang ada di keraton. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Keraton Yogyakarta, seperti Museum Keraton Yogyakarta, Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo, dan banyak yang lain. Dalam museum ini, wisatawan dapat melihat koleksi keraton yang sangat berharga, misalnya pusaka Keraton, keris, prasasti dan benda-benda tinggalan. Selain itu, ada juga Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo, sebuah pusat seni tari Jawa yang terletak di dalam Keraton.

Tugu Jogja


Tugu Jogja

Wisata Jogja yang dekat dengan stasiun selanjutnya adalah Tugu Jogja. Tugu Jogja adalah simbol Kota Jogja yang terkenal. Terletak di tengah Jalan Malioboro, tak jauh dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Hampir setiap tahun tugu ini selalu menjadi ikon utama kota Jogja.

Sejarah pembangunan Tugu Jogja merupakan bagian dari upacara peringatan 200 tahun berdirinya Keraton Yogyakarta secara resmi pada tahun 1755. Tugu ini memiliki ketinggian 17 meter dan didesain oleh seorang arsitek bernama Van Deventer. Konstruksinya sangat kuat dan kokoh walaupun sudah berusia lebih dari 200 tahun.

Tugu Jogja menjadi salah satu tempat favorit wisatawan karena keindahan yang dimilikinya. Pada malam hari tugu ini dilengkapi dengan lampu-lampu berbagai warna sehingga memberikan kesan yang sangat indah bagi para pengunjung yang datang. Tak hanya itu, di sepanjang jalan Malioboro juga terdapat banyak penjual makanan dan oleh-oleh yang siap memanjakan lidah para pengunjung.

Jogja memang selalu menawarkan keindahan dan kekhasannya, tak terkecuali wisata Jogja yang dekat dengan stasiun. Selain wisata-wisata yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi wisata Jogja yang dekat dengan stasiun yang bisa dikunjungi. Jangan pernah menghabiskan waktu percuma ketika berkunjung ke Jogja, nikmatilah keindahannya selagi masih berada di sana.

Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo

Yogyakarta is known for its rich cultural heritage and attractive natural landscapes. However, the city also draws visitors towards its bustling markets, with the most popular being Pasar Beringharjo. It is located within walking distance of Tugu Station, making it an easy stop to add to your tour of Jogja’s landmarks. Famous for its textiles, this traditional marketplace offers an authentic shopping experience with a wide variety of products on display.

The market was established years ago and became even more popular during the Dutch colonial rule. The locals come here to buy and sell goods like batik fabric, Javanese outfits, traditional accessories, bags, shoes, snacks, and handicrafts. Even if you’re not a big shopper, a stroll through the market can be a fun and unique experience. You might see some vendors making batik designs and get a glimpse of Jogja’s traditional fashion.

One of the advantages of visiting Pasar Beringharjo is that you can find items cheaper than in shopping stores and malls. Although bargaining is expected and part of the shopping culture, we suggest being reasonable and fair while haggling. It is not advisable to bring a large group of people with you to avoid crowding the market and talking to vendors separately. The market is open every day, but try to visit during the weekdays to avoid the weekend frenzy.

Baca Juga :   Menikmati Wisata Jogja dengan Rental Mobil yang Nyaman

If you’re in the market for some native treats or want to replenish your energy after exploring Jogja, there is some street food available outside the market. Some of the popular local delicacies include Gudeg, rujak cingur, and nasi uduk. These tasty dishes are inexpensive and add an authentic culinary experience to your visit to the city.

Visiting Pasar Beringharjo from Tugu Station is just a brief walk away, making it one of the easiest and convenient landmarks to add to your itinerary. You can also take a tricycle, go-jek, or taxi to the market if you want a faster option.

Sejarah dan Kearifan Lokal di Wisata Dekat Stasiun Tugu Jogja


Sejarah Jogja Tugu Station

Jogja merupakan kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Tak heran, wisata jogja yang dekat dengan stasiun tugu akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan. Berikut ini adalah wisata sejarah dan kearifan lokal di sekitar stasiun tugu Jogja yang wajib dikunjungi.

1. Keraton Yogyakarta


Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, atau istilah lainnya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, merupakan sebuah istana yang dibangun pada masa Kerajaan Mataram Islam pada abad ke-18. Keraton ini terletak di Jalan Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Wisata jogja yang dekat dengan stasiun tugu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu konsep arsitekturnya yang menggabungkan antara budaya tradisional Jawa, Islam, dan Eropa. Selain untuk wisata sejarah, Keraton juga digunakan oleh Sultan Yogyakarta sebagai tempat tinggal dan melakukan aktivitas kerajaan.

2. Taman Sari


Taman Sari

Taman Sari, atau dengan sebutan ‘Water Castle’ yang terletak di Kesultanan Yogyakarta, dibangun pada era Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758 sebagai tempat relaksasi sultan dan keluarga kerajaan. Berbicara mengenai keunikan arsitektur, Taman Sari memiliki kolam-kolam air dan akses yang tersembunyi untuk memudahkan sultan dalam melarikan diri dari musuh. Pengunjung dapat berjalan-jalan di area Taman Sari dan menikmati suasana sejarah di tempat ini.

3. Alun-Alun Kidul


Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul, salah satu objek wisata jogja yang dekat dengan stasiun tugu, merupakan lapangan publik yang berada di pusat kota Yogyakarta. Terkenal dengan bubuhan senjata dan sebuah pohon beringin yang memiliki sebuah legenda mistis. Pohon yang disebut sebagai pohon beringin Setan Kidul ini dipercaya sebagai tempat kediaman Nyai Roro Kidul, ratu pantai selatan. Legenda tersebut memberikan kesan mistis bagi masyarakat Jawa, sehingga banyak wisatawan yang ingin mencoba merasakan petualangan secara rohaniah.

Selain itu, Alun-Alun Kidul juga menjadi tempat bermain yang asik bagi masyarakat jogja karena memiliki wahana catur raksasa yang bisa dimainkan dan warung makan di sekitarnya yang menjual makanan khas jogja.

4. Batik Museum


Batik Museum

Museum Batik Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Batik Museum, berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No. 13, Kota Yogyakarta. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi batik dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya dari daerah Yogyakarta. Terdapat banyak jenis corak pada kain yang dipamerkan, seperti batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi. Di Batik Museum, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung dari mulai membuat malam hingga proses pencelupan warna pada kain.

5. Museum Benteng Vredeburg


Museum Benteng Vredeburg

Satu lagi wisata jogja yang dekat dengan stasiun tugu adalah Museum Benteng Vredeburg. Museum yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Yogyakarta ini awalnya adalah benteng Belanda yang dibangun untuk mempertahankan wilayah pantai utara (Kota Gede) dari serangan musuh. Kini, Benteng Vredeburg berfungsi sebagai museum sejarah dengan koleksi sejarah benda-benda peninggalan masa perjuangan Indonesia. Di museum ini, pengunjung dapat melihat antara lain diorama dan gambar-gambar perjuangan Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Demikian artikel mengenai wisata jogja yang dekat dengan stasiun tugu yang memiliki keunikan tersendiri dalam sejarah dan kearifan lokal. Jangan lupa kunjungi wisata-wisata menarik di Yogyakarta saat berkunjung ke kota gudeg ini.

Kuliner Khas Jogja yang Dekat dengan Stasiun Kereta Jogja


Kuliner Khas Jogja Dekat dengan Stasiun Kereta Jogja

Jogja memang terkenal dengan kuliner khasnya yang nikmat dan lezat. Tak heran banyak wisatawan yang datang ke Jogja untuk mencicipi berbagai kuliner khasnya. Bagi para wisatawan yang datang ke Jogja dengan transportasi kereta api, ada berbagai kuliner khas Jogja yang bisa dinikmati dekat stasiun kereta. Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Jogja yang bisa kamu nikmati dekat stasiun kereta Jogja.

1. Gudeg Sagan Bu Kris

Gudeg Sagan Bu Kris

Gudeg adalah salah satu kuliner khas Jogja yang paling terkenal. Salah satu tempat yang menyediakan gudeg enak dekat stasiun kereta Jogja adalah Gudeg Sagan Bu Kris. Restoran ini berada sekitar 500 meter dari stasiun kereta Jogja. Gudeg di sini memiliki rasa yang legit dan gurih serta bumbu rempah yang pas. kamu bisa mencicipi gudeg dengan nasi, ayam, telur, tempe, dan sambal.

Baca Juga :   Wisata Jogja Terbaru 2023: Destinasi Seru yang Harus Dikunjungi

2. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong

Sate klatak adalah salah satu kuliner khas Jogja yang wajib dicicipi. Salah satu tempat yang menyediakan sate klatak enak dekat stasiun kereta Jogja adalah Sate Klatak Pak Pong. Restoran ini berada sekitar 1 kilometer dari stasiun kereta Jogja. Sate klatak di sini memiliki ukuran yang besar dengan daging sapi yang empuk dan bumbu yang meresap. Kamu juga bisa mendapatkan nasi kucing sebagai pelengkap sate klatak.

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi jawa adalah salah satu kuliner khas Jogja yang enak dan sangat diminati. Salah satu tempat yang menyediakan bakmi jawa enak dekat stasiun kereta Jogja adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Restoran ini berada sekitar 500 meter dari stasiun kereta Jogja. Bakmi jawa di sini memiliki cita rasa yang enak dengan bumbu yang meresap dan mie yang kenyal. kamu juga bisa memilih topping yang disuka, seperti bakso, pangsit, atau sawi.

4. Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini

Mie ayam adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Jogja. Salah satu tempat yang menyediakan mie ayam enak dekat stasiun kereta Jogja adalah Mie Ayam Tumini. Restoran ini berada sekitar 2,5 kilometer dari stasiun kereta Jogja. Mie ayam di sini memiliki mie yang kenyal dan ayam yang empuk, disajikan dengan kuah yang gurih dan bumbu yang pas.

5. Es Krim Pak Susilo

Es Krim Pak Susilo

Setelah menikmati berbagai kuliner khas Jogja, tak lengkap jika belum mencicipi es krim khas Jogja. Salah satu tempat yang menyediakan es krim enak dekat stasiun kereta Jogja adalah Es Krim Pak Susilo. Toko es krim ini berada sekitar 2 kilometer dari stasiun kereta Jogja. Es krim di sini memiliki rasa yang enak dan segar, dengan berbagai varian rasa seperti kacang hijau, durian, dan cokelat.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Jogja yang bisa kamu nikmati dekat stasiun kereta Jogja. Semoga bisa menjadi referensi kuliner yang enak dan mengenyangkan selama liburan di Jogja. Jangan lupa untuk mencatat dan mencoba tempat-tempat kuliner di atas jika kamu berkunjung ke Jogja.

Penginapan Murah dan Nyaman dekat dengan Stasiun Jogja


Stasiun Jogja

Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Selain karena biaya yang cukup terjangkau, Jogja juga memiliki banyak destinasi wisata yang memukau seperti candi, pantai, dan objek wisata budaya. Namun, jika kamu ingin liburan ke Jogja tapi tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk penginapan, kamu bisa mencari penginapan yang murah dan nyaman dekat dengan Stasiun Jogja.

Berikut adalah beberapa penginapan murah dan nyaman yang dapat kamu cari dekat dengan Stasiun Jogja.

1. Hotel Mutiara


Hotel Mutiara

Hotel Mutiara Jogja berada di Jalan Dagen, hanya sekitar 300 meter dari Stasiun Jogja. Hotel ini menyediakan kamar-kamar yang bersih dan nyaman, dilengkapi dengan fasilitas seperti TV kabel dan kamar mandi dalam. Harga kamar di Hotel Mutiara mulai 200 ribuan per malam. Selain itu, Hotel Mutiara juga memiliki restoran yang menyediakan makanan dan minuman yang lezat.

2. Hotel Mahkota Plengkung


Hotel Mahkota Plengkung

Hotel Mahkota Plengkung Jogja berada di jalan Pangeran Diponegoro. Meskipun berjarak sekitar satu kilometer dari Stasiun Jogja, hotel ini dapat diakses dengan mudah melalui angkutan umum. Hotel ini menyediakan kamar-kamar yang dilengkapi dengan TV, kamar mandi dalam, dan perlengkapan mandi gratis. Harga kamar di Hotel Mahkota Plengkung mulai dari 200 ribuan per malam.

3. Yez Yez Yez All Seasons Hotel Malioboro Yogyakarta


Yez Yez Yez All Seasons Hotel Malioboro Yogyakarta

Yez Yez Yez All Seasons Hotel Malioboro Yogyakarta berada di Jalan Kemetiran Kidul No.30. Hotel ini menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang terjangkau, dan hanya berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun Jogja. Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran dan pusat kebugaran.

4. OYO 1196 Omah Sastro Guest House


OYO 1196 Omah Sastro Guest House

OYO 1196 Omah Sastro Guest House berada di Jalan Tegal Panggung, Gang Dukuhan. Meskipun hanya berjarak sekitar 700 meter dari Stasiun Jogja, tetapi suasana di guest house ini sangat tenang dan nyaman. Selain itu, pengunjung juga dapat meminta tolong staf di sana untuk memfasilitasi kunjungan ke destinasi wisata di Jogja dan sekitarnya. Harga kamar di guest house ini dimulai dari 100 ribuan.

5. POP! Hotel Sangaji Yogyakarta


POP! Hotel Sangaji Yogyakarta

POP! Hotel Sangaji Yogyakarta berada di Jl. AM Sangaji No.54-56, Gondomanan. Hotel ini hanya berjarak sekitar 800 meter dari Stasiun Jogja dan menawarkan kamar-kamar yang dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi dalam. Harga kamar di tempat ini mulai dari 300 ribuan per malam.

Nah, itu tadi beberapa penginapan murah dan nyaman yang bisa kamu cari di daerah Stasiun Jogja. Dengan memilih penginapan yang dekat dengan stasiun, kamu bisa lebih mudah berkeliling Jogja dan mencicipi kuliner khasnya tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi. Selamat liburan!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button