Wisata

10 Destinasi Wisata Jogja yang Murah Meriah

Destinasi Wisata Jogja Murah yang Wajib Dikunjungi


Keraton Yogyakarta

Berbicara mengenai wisata murah meriah di Yogyakarta, pasti yang pertama kali terlintas di benak kita adalah berkeliling Malioboro dan Kraton Yogyakarta. Meski keduanya merupakan tempat wisata ikonik di Jogja, namun banyak orang memandang wisata tersebut kurang memuaskan karena crowd yang ramai sehingga mengurangi kenikmatan liburan. Hal tersebut dapat diatasi dengan memilih destinasi wisata alternatif yang tak kalah menarik. Berikut beberapa destinasi wisata murah di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi.

Pantai Indrayanti

Salah satu destinasi wisata murah dan menarik di Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti yang berada di Gunung Kidul. Meskipun pantai ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan, namun Indrayanti masih terbilang sepi dan tenang. Selain itu, pantai ini memiliki keindahan yang memukau dengan ombak yang cukup tenang. Harga sewa seragam renang di pantai ini juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar 10 ribu rupiah. Oleh karena itu, Indrayanti menjadi salah satu pilihan yang paling direkomendasikan untuk menikmati berbagai keindahan alam di Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta

Selain Pantai Indrayanti, alternatif destinasi wisata murah selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari adalah sebuah kompleks istana yang dulunya merupakan tempat peristirahatan dan tempat mandi kerajaan Mataram. Selain menampilkan sejarah dan arsitektur yang menakjubkan, Taman Sari juga menyuguhkan berbagai macam spot foto yang instagramable.

Hutan Pinus Mangunan

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Yogyakarta, destinasi wisata murah yang patut kamu kunjungi selanjutnya adalah Hutan Pinus Mangunan. Lokasi wisata ini berada di Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan adalah ketika fajar menjelang, karena kamu akan disajikan dengan pemandangan sunrise yang memukau.

Goa Jomblang

Destinasi wisata yang satu ini memang kurang cocok buat kamu yang memiliki fobia dengan tempat gelap. Namun, bagi yang suka dengan tantangan dan keindahan alam yang berbeda, Goa Jomblang bisa menjadi pilihan. Goa ini memiliki tingkat kegelapan yang cukup tinggi sehingga kamu perlu membawa lampu senter untuk melakukan eksplorasi di dalamnya. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sekitar 500 ribu rupiah untuk satu orang yang sudah termasuk dengan perlengkapan spelunking.

Candi Borobudur

Terakhir, destinasi wisata murah dan menarik pilihan yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Candi Borobudur. Selain merupakan salah satu candi terbesar di dunia, Borobudur juga kerap disebut sebagai Wonders of the World versi Indonesia. Selain keindahan arsitektur, Borobudur juga menyajikan panorama alam yang sangat indah. Tak hanya itu, tiket masuk ke Borobudur terbilang cukup murah, yaitu sekitar 25 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 40 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara. Hal ini pun membuat Borobudur menjadi pilihan destinasi wisata murah yang cukup menarik di Jogja.

Hotel Murah di Daerah Wisata Jogja


hotel murah jogja

Sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia,Tentu tak sulit untuk menemukan hotel di Jogja dengan harga terjangkau. Ada beragam pilihan akomodasi murah di Jogja baik hotel maupun penginapan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dengan budget terbatas.

1. Amaris Hotel Malioboro

amaris hotel malioboro jogja

Amaris Hotel Malioboro berlokasi di pusat kota, menjadikannya sebagai pilihan yang tepat bagi traveler yang ingin menginap dekat dengan berbagai tempat wisata di Jogja. Suasana kamar yang minimalis dan modern mampu memberikan kenyamanan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para tamu yang menginap di hotel ini.

2. Puri Chorus Hotel

puri chorus hotel jogja

Puri Chorus Hotel bisa menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan budget terbatas yang ingin menginap di area perbelanjaan Malioboro. Letaknya tidak jauh dari stasiun kereta api Tugu Yogyakarta serta beberapa objek wisata seperti Keraton Yogyakarta dan Taman Sari. Dengan harga yang terjangkau, Puri Chorus Hotel menyajikan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan.

3. 88 Hotel Yogyakarta

88 hotel jogja

88 Hotel Yogyakarta terletak di Jalan Agro No.22A, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, sekitar 15 menit berkendara dengan mobil dari Bandar Udara Internasional Adisucipto. Dari hotel ini, wisatawan mudah mengakses beberapa tempat populer di Yogyakarta seperti Prawirotaman, Malioboro, dan Taman Sari. 88 Hotel menawarkan kamar-kamar yang sangat nyaman dengan layanan yang tidak kalah dengan hotel-hotel bintang lima.

4. Whiz Hotel Prawirotaman

whiz hotel jogja

Berada di Prawirotaman, Whiz Hotel Jogja sangat mudah untuk diakses, hanya sekitar 10 menit berkendara dari Keraton Yogyakarta dan Malioboro. Hotel ini memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan dengan harga yang terjangkau. Kamar-kamar di Whiz Hotel didesain dengan modern dan simpel sehingga cocok bagi anda yang menginginkan penginapan sederhana namun tetap nyaman.

5. POP! Hotel Malioboro

pop! hotel jogja

POP! Hotel Malioboro, merupakan hotel budget yang strategis dari segi lokasi untuk wisatawan internasional dan domestik yang ingin merasakan pengalaman nginap nyaman di Yogyakarta dengan harga yang terjangkau. Dari Hotel POP! wisatawan bisa menjangkau tempat-tempat populer di Yogyakarta dengan mudah dan singkat seperti Malioboro Mall, Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, serta Keraton Yogyakarta.

Tidak perlu khawatir untuk menginap di Jogja dengan budget minim. Dengan berbagai pilihan hotel murah di wisata Jogja, pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan tetap bisa didapatkan. Pilihan hotel yang strategis menawarkan kemudahan dalam menjelajahi Jogja, sehingga anda bisa menikmati indahnya kota Jogja dengan hemat namun tidak mengurangi kenyamanan.

Wisata Jogja Murah: Tips Hemat saat Berwisata ke Jogja


Wisata Jogja Murah

Jogja dikenal sebagai tujuan wisata yang populer bagi para traveler. Namun, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan bagi mereka yang ingin berhemat selama berwisata ke Jogja. Bagaimana cara menjelajah Jogja dengan anggaran terbatas? Yuk simak tips berikut!

1. Cari Alternatif Penginapan


Cari Alternatif Penginapan

Penginapan menjadi salah satu komponen utama dalam pengeluaran selama berwisata ke Jogja. Oleh karena itu, mencari alternatif penginapan menjadi rekomendasi pertama dalam tips berhemat saat berwisata ke Jogja. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari penginapan di desa atau homestay yang lebih murah dibandingkan hotel di kota tua Jogja yang juga lebih mahal.

Berikut beberapa daerah alternatif penginapan di Jogja:

  • Desa Wisata Kalibiru
  • Desa Wisata Pulesari
  • Desa Wisata Ketingan
  • Desa Wisata Nglanggeran

2. Gunakan Transportasi Publik


Gunakan Transportasi Publik

Keuntungan menggunakan transportasi publik, selain murah, adalah mengurangi kemacetan saat berkendara sendiri di jalanan Jogja yang kecil dan macet. Transportasi umum di Jogja sangat banyak, seperti becak, angkot, dan bus. Salah satu bentuk transportasi publik yang murah dan populer saat ini adalah online transportation, seperti gojek dan grab.

3. Kunjungi Wisata Kuliner Khas Jogja


Wisata Kuliner Khas Jogja

Wisata kuliner khas Jogja sangat terkenal di seluruh Indonesia. Tidak jarang wisatawan akan mengunjungi Jogja demi menikmati makanan enak dan murah di beberapa kuliner yang terkenal. Ada banyak alternatif wisata kuliner murah di Jogja, salah satunya tentunya harga makanan di warung-warung yang khas Jogja.

Beberapa warung makanan murah yang ada di Jogja antara lain:

  • Warung Gudeg Bu Tjitro
  • Warung Makan Sari
  • Warung Pakel Ayu
  • Warung Makan Bu Ageng

Jadi, itulah beberapa tips hemat saat berwisata ke Jogja. Selamat berlibur!

Wisata Sejarah di Jogja


wisata sejarah jogja

Sebagai pusat kerajaan Mataram Islam, Yogyakarta memiliki sejarah yang begitu kaya dan patut untuk dikunjungi. Ada banyak wisata sejarah yang bisa dijajal di Jogja dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mengunjungi Candi Prambanan dan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata religi yang fenomenal, walaupun tiket masuknya cukup mahal. Tetapi jika Anda ingin alternatif wisata sejarah dengan harga yang murah, Anda bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta adalah kompleks istana yang dipenuhi dengan sejarah pada masa pemerintahan Mataram Islam. Wisata sejarah ini sangat terkenal dengan ciri khasnya yang bernuansakan budaya Jawa. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Anda bisa belajar lebih banyak tentang sejarah Keraton Yogyakarta dan mengunjungi museum yang terdapat di dalam keraton.

Tetapi jika Anda ingin wisata sejarah yang lebih eksotis dan tidak biasa, Anda bisa mengunjungi Taman Sari. Taman Sari adalah peninggalan bersejarah dari Keraton Yogyakarta. Wisata ini terkenal dengan wisata olahraga air dengan biaya yang sangat murah, dan Anda bisa menyewa perahu untuk menjelajahi tempat megah ini.

Seperti yang Anda ketahui, Jogja adalah salah satu ikon budaya di Indonesia. Banyak wisata budaya yang bisa dijajal di kota Jogja dengan harga yang terjangkau. Pusat keramaian budaya tersebut adalah Alun-alun Kidul. Di sinilah Anda bisa menemukan ratusan pedagang kaki lima yang menjual berbagai kuliner khas Jogja dengan harga yang sangat terjangkau. Jangan lupa untuk mencicipi sajian kuliner khas seperti wedang ronde, gudeg, dan sate klathak. Selain itu, di sini juga terdapat tempat yang memiliki sejarah serta mitos seperti keberadaan pohon beringin dan panggung lagu suluk.

Jogja memang memiliki daya tarik tersendiri dalam hal wisata sejarah. Selain sudah clear, wisata sejarah Jogja menawarkan daya tarik dan historikal yang tidak dapat dikalahkan.

Kuliner Murah Meriah di Jogja yang Lengkap dan Enak


Kuliner Murah di Jogja

Jogja memang terkenal dengan kuliner murah meriahnya. Selain lezat, harganya pun terjangkau untuk kantong pelajar seperti kita. Beberapa kuliner murah ini bisa kamu temui di setiap sudut kota Jogja, mulai dari pinggir jalan hingga restoran. Berikut adalah rekomendasi kuliner murah meriah yang lengkap dan enak di Jogja.

1. Gudeg


Gudeg Jogja

Gudeg memang tidak asing lagi di telinga kita. Makanan khas Jogja ini terdiri dari nangka muda yang dimasak dengan gula kelapa dan rempah-rempah lainnya. Biasanya, Gudeg disajikan dengan ketupat, ayam, dan beberapa lauk lainnya. Kamu bisa mendapatkan Gudeg ini di Pasar Beringharjo, Jalan Wijilan, dan kawasan Malioboro dengan harga yang sangat terjangkau. Harganya mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- saja.

2. Bakmi Jawa


Bakmi Jawa Jogja

Bakmi Jawa memang menjadi menu favorit di Jogja. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang dimasak dengan beragam rempah-rempah secara khas Jawa. Biasanya, Bakmi Jawa disajikan dengan potongan ayam atau suwir sapi yang gurih. Kamu bisa menemukan Bakmi Jawa ini di Warung Mie Jawa Mbak Yeni di Jalan Bausasran No. 8, Jetis, dengan harga mulai dari Rp 10.000,- saja.

3. Es Dawet Ayu


Es Dawet Jogja

Es Dawet Ayu bisa menjadi pilihan untuk minuman segar di tengah teriknya matahari Jogja. Es ini terdiri dari gula merah, santan, dan bola-bola tape ketan hitam. Es ini bisa kamu temukan di Jalan Pakem Turi dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 5.000,- saja. Nikmati sensasi segar dari Es Dawet Ayu.

4. Nasi Gudeg


Nasi Gudeg Jogja

Nasi Gudeg juga merupakan menu khas Jogja yang mudah kamu temukan di banyak tempat. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk Gudeg yang biasanya dilengkapi dengan ayam atau suwir sapi serta perkedel jagung. Kamu bisa menemukan Nasi Gudeg di Jalan Wirosaban dan Jalan Wijilan dengan harga yang murah meriah mulai dari Rp 10.000,- saja.

5. Soto Ayam


Soto Ayam Jogja

Soto Ayam dapat menjadi makanan yang menghangatkan perutmu di pagi atau di malam hari. Makanan ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang disajikan dengan potongan ayam, bihun atau nasi goreng, dan telur pindang. Soto Ayam ini bisa kamu temukan di Warung Soto Ayam Pak Sadi yang berada di Jalan Gamelan, Gang VIII/80, Santren, Suryodiningratan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000,- saja.

Itulah kuliner murah meriah di Jogja yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Selain itu, masih banyak kuliner lainnya yang berada di Jogja. Jangan lupa untuk mencoba semua kuliner khas Jogja yang pasti akan memanjakan lidahmu!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button