Perhotelan

perbedaan reservasi dan booking

Pendahuluan

Industri perhotelan adalah salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Seiring dengan semakin berkembangnya industri ini, semakin banyak pilihan akomodasi yang tersedia dan semakin banyak juga cara untuk memesan kamar hotel. Dalam hal ini, istilah reservasi dan booking seringkali digunakan dan seringkali juga dipertukarkan. Meski terdengar sama, namun ternyata ada perbedaan antara keduanya. Artikel ini akan membahas perbedaan antara reservasi dan booking dalam industri perhotelan.

Reservasi dan booking adalah dua konsep yang memungkinkan seseorang untuk memesan kamar hotel sebelum tiba di lokasi. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan antara keduanya. Sebelum membahas perbedaan tersebut, mari mengenal apa itu reservasi dan booking.

Pengertian Reservasi dan Booking

Dalam dunia perhotelan, reservasi dan booking seringkali menjadi dua hal yang serupa. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Reservasi merujuk kepada proses membooking kamar hotel secara non-tunai. Sedangkan booking berarti memesan kamar hotel dengan cara membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Reservasi

Reservasi adalah proses dimana seseorang memesan kamar hotel namun tidak membayar untuk itu secara langsung. Selama proses reservasi, pihak hotel akan mencatat data calon tamu dan kamar yang ingin dipesan. Umumnya, pihak hotel meminta nomor kartu kredit dari calon tamu untuk menjamin reservasi tersebut. Tetapi, kartu kredit tersebut tidak akan dibebankan kecuali jika tamu tidak datang tanpa pemberitahuan atau membatalkan reservasi setelah periode yang diizinkan.

Reservasi dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti langsung ke hotel, melalui situs web hotel, melalui agen perjalanan, atau melalui aplikasi pemesanan pada smartphone. Hal-hal seperti tanggal kedatangan, jumlah tamu, durasi inap yang diinginkan, dan tipe kamar yang diinginkan adalah hal-hal yang harus diatur selama proses reservasi. Setelah reservasi berhasil, maka tamu akan mendapatkan sebuah konfirmasi.

Booking

Booking adalah proses berbayar dimana tindakan pembayaran dilakukan untuk memesan sebuah kamar hotel. Selama proses booking, tamu harus melakukan pembayaran penuh sebelum mereka tiba di hotel. Hal ini biasanya terjadi ketika tamu ingin menginap untuk jangka waktu yang lama atau ketika hotel menerapkan kebijakan bahwa pemesanan harus dilakukan melalui platfomsi tertentu.

Booking juga dapat dilakukan secara online melalui situs web hotel atau didalam aplikasi pemesanan yang dipasarkan seperti booking.com atau agoda. Setelah pembayaran dilakukan, tamu akan menerima email konfirmasi yang memuat informasi penting seperti durasi inap, detail kamar yang dipesan, dan informasi pembayaran. Tamu yang melakukan booking disarankan untuk membawa bukti pembayaran pada saat check-in.

Perbedaan Antara Reservasi dan Booking

Hal utama yang membedakan antara reservasi dan booking adalah bahwa reservasi adalah tindakan pemesanan kamar yang tidak membutuhkan pembayaran langsung, sedangkan booking adalah tindakan pemesanan kamar yang membutuhkan pembayaran penuh terlebih dahulu.

Dalam konteks yang lebih luas, reservasi memungkinkan tamu untuk membuat perubahan atau membatalkan reservasi sebelum jatuh tempo tanpa dibebankan biaya tambahan. Sementara itu, tamu yang melakukan booking harus kehilangan uang mereka jika mereka membatalkan atau tidak datang pada waktu yang dijadwalkan.

Dalam kedua kasus, tamu harus menginformasikan kepada hotel jika mereka akan terlambat atau tidak datang. Jika tidak, maka hotel berhak untuk membatalkan pemesanan tersebut dan menolak agar tamu menginap pada masa yang akan datang.

Cara Reservasi

Reservasi adalah proses memesan kamar hotel atau layanan perhotelan yang dilakukan oleh tamu. Proses ini bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu in-house dan online. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan reservasi.

reservasi hotel online

Reservasi In-house

Reservasi in-house artinya tamu melakukan pemesanan langsung ke hotel atau melalui agen perjalanan. Pemesanan dilakukan pada saat tamu datang ke hotel atau melalui telepon. Umumnya, pada saat tamu datang langsung ke hotel untuk melakukan pemesanan, petugas akan memberikan formulir reservasi yang harus diisi. Ada beberapa kelebihan reservasi in-house yang perlu diketahui:

  • Tamu dapat melihat kondisi kamar secara langsung sebelum memesannya.
  • Tamu dapat bernegosiasi langsung dengan hotel mengenai harga dan layanan yang diinginkan.
  • Kepercayaan tamu terhadap hotel akan meningkat karena tamu dapat bertemu langsung dengan petugas hotel.

Namun, terdapat juga beberapa kekurangan reservasi in-house, antara lain:

  • Proses reservasi membutuhkan waktu yang lebih lama karena tamu harus datang langsung ke hotel.
  • Tidak semua hotel memiliki sistem reservasi in-house, sehingga bisa mempersulit tamu yang ingin memesan langsung.

Reservasi Online

Reservasi online artinya tamu melakukan pemesanan melalui situs web atau aplikasi yang disediakan oleh hotel atau melalui situs web agen perjalanan. Pemesanan dilakukan secara online melalui komputer atau ponsel. Ada beberapa kelebihan reservasi online yang perlu diketahui:

  • Proses reservasi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja selama terkoneksi dengan internet.
  • Tamu dapat memilih kamar dan melihat kondisi kamar dengan mudah melalui foto atau video yang disediakan.
  • Proses reservasi sangat mudah dan cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama.

Tetapi, terdapat juga beberapa kekurangan reservasi online, antara lain:

  • Tidak semua informasi mengenai hotel dan layanan yang disediakan dapat diakses melalui situs web atau aplikasi yang disediakan.
  • Tidak ada kesempatan untuk bernegosiasi langsung dengan hotel mengenai harga dan layanan yang diinginkan.
  • Tidak semua hotel atau agen perjalanan memiliki sistem reservasi online yang terintegrasi dengan baik sehingga bisa mengakibatkan kesalahan dalam proses reservasi.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan reservasi in-house dan online, Anda bisa memilih cara reservasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dalam melakukan reservasi, pastikan untuk mengecek kembali informasi yang Anda masukkan agar tidak terjadi kesalahan yang mengganggu rencana perjalanan Anda. Selamat memilih!

Cara Booking

Bagi sebagian orang, liburan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Tak sedikit orang yang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari agar liburan mereka berjalan lancar dan menyenangkan. Salah satu persiapan yang sangat penting adalah melakukan booking atau reservasi penginapan. Namun, banyak orang yang bingung antara reservasi dan booking lalu pada akhirnya sama-sama menjadi bahan perdebatan secara online. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan dari perbedaan antara reservasi dan booking serta cara melakukan booking online melalui OTA (Online Travel Agency) serta kelebihan dan kekurangannya.

Reservasi

Sebelum membahas tentang booking, ada baiknya kita membahas dulu tentang reservasi. Reservasi adalah suatu tindakan untuk memesan kamar hotel atau tiket pesawat terlebih dahulu dan membayarnya nanti saat check-in atau check-out. Reservasi umumnya bisa dilakukan langsung dengan mengirimkan email atau telepon ke pihak penginapan atau maskapai penerbangan. Biasanya penginapan atau maskapai penerbangan akan meminta customer untuk memberikan informasi tentang identitas diri dan nomor kartu kredit untuk jaminan pembayaran. Setelah reservasi dilakukan, customer akan menerima bukti reservasi yang harus diunjukkan ketika check-in.

Booking

Sedangkan booking adalah tindakan untuk memesan kamar hotel atau tiket pesawat di mana customer harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu untuk mengamankan pemesanan tersebut. Setelah melakukan booking, customer tidak perlu lagi membayar uang saat check-in atau check-out karena pembayaran sudah dilakukan di awal. Booking dapat dilakukan secara online melalui OTA (Online Travel Agency) seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com, dll. Selain itu, booking juga dapat dilakukan langsung dengan mengunjungi situs resmi penginapan atau maskapai penerbangan. Customer hanya perlu mengisi formulir dan melakukan pembayaran untuk mengamankan pemesanan.

Cara Booking Melalui OTA

OTA merupakan fasilitas yang menyediakan layanan booking online dan menawarkan berbagai macam harga paket liburan seperti tiket pesawat, hotel, transportasi, dan objek wisata. Inilah mengapa OTA menjadi sangat populer di Indonesia. Berikut adalah cara booking melalui OTA:

  1. Pertama-tama, kunjungi situs OTA yang kamu inginkan.
  2. Pilih jenis paket yang ingin kamu beli seperti tiket pesawat, hotel, dll.
  3. Masukkan tanggal berangkat dan kembali serta jumlah orang dewasa dan anak.
  4. Pilih metode pembayaran yang tersedia seperti bank transfer, kartu kredit atau debit, atau dompet digital seperti OVO, Gopay, dll.
  5. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima bukti booking yang harus diunjukkan ke pihak penginapan atau maskapai penerbangan saat check-in.

Kelebihan dan Kekurangan Booking Melalui OTA

Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama halnya dengan booking melalui OTA. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan booking melalui OTA:

Kelebihan:

  • Cepat dan mudah serta dapat dilakukan di mana saja.
  • Sejumlah diskon dan promo yang ditawarkan.
  • Memiliki banyak pilihan paket liburan.

Kekurangan:

  • Harga paket liburan terkadang lebih mahal.
  • Resiko ketidakjelasan informasi dalam proses booking.
  • Resiko pembatalan atau perubahan jadwal yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara booking melalui OTA serta kelebihan dan kekurangannya. Kini, kamu dapat memilih metode booking yang tepat untuk liburan kamu.

booking image

Perbedaan Reservasi In-House, Reservasi Online dan Booking Online Melalui OTA

Reservasi dan booking adalah dua hal yang sangat penting ketika memutuskan untuk berlibur atau bepergian. Dalam artikel ini, akan dibahas perbedaan antara reservasi in-house, reservasi online, dan booking online melalui OTA. Selain itu, akan dibahas juga pengaruh dari tiga hal tersebut terhadap harga.

Reservasi In-House

Reservasi in-house adalah cara tua yang masih banyak dilakukan oleh pelanggan hotel. Cara ini dilakukan dengan cara datang langsung ke hotel atau menghubungi hotel melalui telepon. Keuntungan dari reservasi in-house adalah pelanggan dapat langsung berbicara dengan pihak hotel dan mencari tahu lebih detail tentang harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel. Dalam melakukan reservasi in-house pelanggan juga tidak perlu membayar biaya administrasi yang biasanya dibebankan oleh OTA pada pelanggan yang melakukan reservasi online.

Reservasi Online

Reservasi online adalah reservasi yang dilakukan melalui website resmi dari hotel atau OTA. Pelanggan dapat membuka website dan memilih kamar dan fasilitas yang ingin dipesan. Keuntungan dari reservasi online adalah pelanggan dapat membandingkan harga dan fasilitas dari beberapa hotel hanya dengan membuka beberapa website yang berbeda. Pelanggan juga dapat membaca review dari tamu sebelumnya yang tinggal di hotel tersebut. Sayangnya, reservasi online seringkali menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang yang masih takut melakukan transaksi online, serta biaya administrasi yang biasanya diterapkan pada pelanggan yang melakukan reservasi online.

Booking Online Melalui OTA

OTA atau online travel agent adalah sebuah situs yang menyediakan jasa pemesanan hotel secara online, seperti Traveloka, Agoda, dan Booking.com. OTA menjadi pilihan yang paling populer di Indonesia karena melalui OTA, pelanggan dapat mencari banyak pilihan hotel dengan harga yang lebih murah. Pelanggan juga dapat menggunakan fitur pembayaran yang aman dan mudah. Keuntungan lain dari booking online melalui OTA adalah pelanggan dapat mencari promo dan diskon harga hotel yang seringkali tidak ditawarkan oleh hotel secara langsung. Namun, kelemahan dari OTA adalah biaya administrasi yang dikenakan pada pelanggan, serta pelanggan tidak dapat langsung berbicara dengan hotel mengenai kebutuhan dan permintaan spesifik pelanggan. Selain itu, kelemahan dari OTA adalah OTA bisa saja melakukan pembatalan tanpa alasan yang jelas.

Pengaruh Reservasi In-House, Reservasi Online dan Booking Online Melalui OTA terhadap Harga

Memilih cara reservasi sangat mempengaruhi harga yang ditawarkan. Jika pelanggan melakukan reservasi in-house, biasanya harganya lebih mahal karena hotel tidak perlu membayar biaya administrasi kepada OTA. Sementara harga yang ditawarkan melalui reservasi online dan booking online melalui OTA biasanya lebih murah dibandingkan dengan reservasi in-house karena adanya persaingan antara hotel dan OTA. Selain itu, OTA bisa mendapatkan diskon dari hotel kerjasama dan menjual ke pelanggan dengan harga murah. Pelanggan juga bisa mendapatkan diskon khusus melalui OTA, seperti diskon bulan ramadan atau diskon nasional.

Dalam memutuskan cara reservasi, pelanggan harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing cara, serta pengaruh terhadap harga yang akan diberikan. Dalam memilih OTA, pastikan untuk membandingkan harga dari berbagai OTA dan membaca review tamu sebelumnya agar tidak kecewa saat sampai di hotel. Happy booking!

Reservasi Hotel

Perbedaan Reservasi dan Booking dalam Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan, reservasi dan booking merupakan dua kata yang sering digunakan. Namun, apakah kedua kata tersebut memiliki makna yang sama? Ternyata, ada perbedaan antara reservasi dan booking.

Reservasi adalah proses pemesanan kamar hotel yang dilakukan oleh tamu melalui telepon atau melalui website hotel. Setelah tamu melakukan reservasi, kamar akan disediakan oleh pihak hotel pada tanggal kedatangan dan selanjutnya tamu akan membayar kamar tersebut saat check-in. Sedangkan, booking adalah proses pemesanan kamar hotel yang dilakukan dengan membayar di muka pada saat reservasi.

Dengan melihat perbedaan di atas, dapat disimpulkan bahwa reservasi dan booking memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam proses pemesanan kamar hotel.

Kelebihan Reservasi

Salah satu kelebihan dari reservasi adalah tamu yang melakukan reservasi tidak perlu membayar uang muka atau deposit saat melakukan pemesanan. Hal ini tentu menjadi pilihan yang menarik untuk tamu yang masih mencari kesempatan dalam menjadwalkan liburannya.

Selain itu, reservasi juga memungkinkan tamu untuk memutar otak dalam melakukan pengaturan berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sebelum tanggal kedatangan yang telah direncanakan.

Reservasi

Kelebihan Booking

Sedangkan, kelebihan dari booking adalah tamu yang melakukan pemesanan telah membayar secara penuh, sehingga pada saat check-in tamu tidak perlu membayar lagi kecuali ada pengeluaran tambahan seperti makanan atau parkir. Hal ini tentu merupakan keuntungan bagi tamu yang ingin memastikan jaminan tempat menginap, meskipun memerlukan pengeluaran seperti uang muka atau deposit saat melakukan pemesanan.

Dalam kasus tertentu, hotel juga menawarkan harga khusus bagi tamu yang melakukan booking, dan terkadang harga khusus ini lebih murah atau bahkan sama dengan harga yang ditawarkan untuk tamu yang melakukan reservasi. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi tamu yang ingin menjadikan budget perjalanan sebagai prioritas utama.

Rekomendasi untuk Memilih Cara yang Tepat

Sebelum memilih cara pemesanan dalam menginap di hotel, pastikan Anda sudah mempertimbangkan beberapa faktor seperti kesediaan uang muka, kesempatan dalam mengatur jadwal, dan budget pengeluaran.

Apabila Anda ingin memastikan acara liburan atau kegiatan yang akan dilakukan pada saat itu dan tidak ingin memerlukan uang muka atau deposit untuk pemesanan, maka reservasi adalah cara yang tepat untuk dipilih.

Namun, apabila Anda ingin meluangkan waktu dan mulai merencanakan perjalanan dari sekarang, serta memiliki budget pengeluaran yang sudah pasti, maka booking adalah cara yang direkomendasikan. Hal ini terbukti lebih hemat waktu dan uang serta bisa digunakan sebagai jaminan tempat menginap. Namun, pastikan untuk membandingkan harga-harga yang ditawarkan oleh hotel dan agen perjalanan guna menemukan penawaran terbaik.

Kesimpulan

Dalam dunia perhotelan, reservasi dan booking memiliki perbedaan yang signifikan. Reservasi digunakan untuk memastikan ketersediaan kamar tanpa harus membayar di muka, sedangkan booking digunakan untuk memastikan tempat menginap dan harus membayar di muka saat melakukan pemesanan. Sebelum melakukan pemesanan, pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang sudah disebutkan agar dapat memilih cara yang tepat. Mahal atau murahnya kendaraan yang Anda pilih akan mempengaruhi pengeluaran Anda selama di perjalanan, oleh karena itu lakukan perhitungan matang dan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih cara pemesanan yang tepat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button