Table Set Up dalam Perhotelan: Pentingnya Memperhatikan Penataan Meja

Persiapan Awal pada Table Set Up

Table Set Up atau persiapan meja makan adalah salah satu bagian dalam industri perhotelan yang sangat penting. Persiapan ini harus dijalankan dengan baik sampai ke tahap akhir, terutama saat hendak menyajikan makanan pada tamu penginap.

Langkah awal yang harus dilakukan pada Table Set Up adalah mempersiapkan peralatan yang akan digunakan. Peralatan tersebut antara lain: meja, kursi, kain meja, serbet napkin, anggur, sendok, garpu, pisau, gelas, dan tempat air. Pada beberapa hotel, mungkin ada tambahan sesuai dengan kebutuhan.

Meja yang digunakan ada berbagai jenis. Ada meja persegi panjang, bulat, dan oval. Yang pasti meja tersebut harus memiliki ukuran standar. Ukuran tersebut berbeda-beda pada tiap hotel, sehingga bisa sesuaikan dengan jenis hotel dan konsepnya.

Selain itu, di awal persiapan ada langkah menyiapkan kain meja. Hotel-hotel berbintang biasanya menggunakan kain linen etamine yang tidak memiliki motif atau warna-warni yang hanya memiliki polos mudah disesuaikan dengan tema dan waktu penyajian makanan. Pemilihan warna kain meja tidak boleh sembarangan karena akan sangat mempengaruhi tema dan citra hotel.

Serbet napkin atau yang sering disebut serbet adalah lap kain kecil yang diletakkan di atas piring dengan posisi tertentu. Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan piring dan mempercantik tampilan hidangan. Beberapa hotel menyediakan serbet dengan berbagai macam konsep dan model yang di sesuaikan dengan konsep restorannya.

Setelah semua peralatan tersedia maka mulai melakukan Table Set Up dengan meletakkan roda dan pondasi kursi di bawah meja. Agar tamu merasa nyaman saat makan, pastikan jarak antara kursi dengan meja sekitar 25-30 cm. Setelah itu, pasang kain meja dan serbet napkin di atas meja. Susun alat makan dari kanan ke kiri, jangan lupa untuk menaruh sendok di sebelah kanan piring dan garpu di sebelah kiri piring. Sisakan sedikit ruang kosong di tengah meja untuk sajian hidangan utama atau makanan pembuka.

Jangan lupa untuk mengecek ulang agar semua alat makan dan peralatan sudah tersusun rapi dan bersih. Tidiness dan kebersihan menjadi faktor penting agar tamu merasa nyaman dan puas.

Table Set Up menjadi bagian penting dalam industri perhotelan. Sajian dan penampilan makanan hotel yang disajikan akan jauh lebih menarik dan elegan dengan pengaturan yang baik. Pastikan semua proses dilakukan dengan detail dan teliti agar tamu merasa senang dan puas, membuat citra hotel pun semakin baik.

Susunan Perlengkapan Table Set Up

Table Set Up atau persiapan meja adalah tahap awal dalam penyajian hidangan. Tahapan ini sangat penting untuk menciptakan suasana makan yang nyaman dan elegan. Dalam melakukan Table Set Up, perlengkapan yang dibutuhkan terdiri dari linen, taplak meja, serbet, piring, gelas, sendok, garpu, dan pisau.

Table Set Up

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai susunan perlengkapan Table Set Up:

1. Linen

Linen adalah kain yang digunakan untuk menutupi meja. Biasanya digunakan linen dengan warna yang netral seperti putih atau krem. Selain itu, ukuran linen yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran meja yang akan digunakan.

2. Taplak Meja

Taplak meja adalah alas meja yang diletakkan di atas linen. Manfaat dari taplak meja adalah melindungi linen dari noda dan kotoran. Taplak meja juga bisa dipilih dengan berbagai macam warna dan motif yang dikombinasikan dengan dekorasi ruangan.

3. Serbet

Serbet adalah lap yang digunakan untuk membersihkan mulut saat makan. Serbet yang umum digunakan adalah dari bahan kain dan dilipat menjadi segitiga. Untuk menambahkan kesan elegan, serbet juga bisa diikat dengan simpul.

4. Piring

Piring adalah perlengkapan penting dalam Table Set Up. Piring yang digunakan harus disesuaikan dengan hidangan yang akan disajikan. Piring untuk hidangan utama biasanya lebih besar dari piring untuk hidangan pembuka atau dessert.

5. Gelas

Gelas bisa digunakan untuk menyajikan berbagai macam minuman seperti air, jus, teh, kopi, atau wine. Gelas yang digunakan tergantung pada jenis minuman yang akan disajikan.

6. Sendok

Sendok digunakan untuk makan hidangan yang mengandung saus atau sup. Jenis sendok yang digunakan tergantung pada jenis hidangan yang akan disajikan.

7. Garpu

Garpu adalah perlengkapan yang digunakan untuk makan hidangan utama seperti nasi atau pasta. Garpu juga bisa digunakan untuk makan hidangan pembuka seperti salad atau hidangan penutup seperti kue atau es krim.

8. Pisau

Pisau digunakan untuk memotong dan makan hidangan utama seperti steak atau daging panggang. Jenis pisau yang digunakan tergantung pada jenis hidangan yang akan disajikan.

Dengan susunan perlengkapan Table Set Up yang tepat, makanan akan terlihat lebih menarik dan nikmat untuk dinikmati. Selain itu, suasana makan juga akan terasa lebih nyaman dan elegan.

Tahap-Tahap Proses Table Set Up Yang Harus Diketahui

Bagi para pengusaha perhotelan, baik itu hotel, penginapan maupun restoran, meja yang teratur dan rapih menjadi hal yang sangat penting. Proses Table Set Up dengan benar dan tepat waktu akan membuat tamu merasa nyaman saat menyantap hidangan di restoran atau menginap di hotel. Semakin rapi dan teratur meja, semakin baik pula kesan yang didapatkan oleh tamu atau pelanggan. Berikut tahap-tahap dalam melakukan Proses Table Set Up yang harus diketahui:

Table Set Up

  1. Menyiapkan peralatan yang diperlukan.

    Tahap pertama ini adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan lengkap dengan jumlah yang diperlukan. Misalnya, alat makan seperti sendok, garpu, pisau, gelas, piring dan lain-lain. Setiap jenis alat makan harus disiapkan sesuai dengan jumlah tamu yang akan hadir dan jenis hidangan yang akan disajikan.

  2. Menata alat makan di atas meja.

    Tahap kedua dalam Proses Table Set Up ini adalah menata alat makan di atas meja dengan benar. Alat makan harus disusun sesuai dengan urutan penggunaannya. Peralatan sendok, garpu, pisau harus diletakkan di samping piring. Untuk gelas, biasanya diletakkan sisi kiri atas piring. Perhatikan juga antara satu alat makan ke alat makan yang lainnya harus memiliki jarak yang cukup agar tidak terlihat berantakan dan memberikan kesan yang rapih.

  3. Menata dekorasi meja.

    Tahap terakhir adalah menata dekorasi meja, seperti bunga atau asesoris kecil lainnya yang menambah suasana meja menjadi lebih menarik. Namun perlu diperhatikan, dekorasi yang diletakkan di atas meja tidak boleh mengganggu atau menghalangi penggunaan alat makan oleh tamu.

Proses Table Set Up harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan terburu-buru dalam melakukannya. Selain itu, gunakan peralatan yang berkualitas agar tamu merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Setelah table set up selesai dilakukan, pastikan meja bersih dari debu dan kotoran agar kesan yang didapat tamu terus terjaga dan selalu diingat oleh tamu sebagai pengalaman positif selama menginap atau makan di hotel atau restoran Anda.

Menambah Citra Profesional Restoran atau Hotel

Table set up adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan citra profesional dan elegan pada suatu restoran atau hotel. Dengan meja yang diatur secara rapi dan menarik, akan memberikan kesan bahwa tempat tersebut memiliki standar kualitas yang tinggi dan siap memberikan pelayanan terbaik untuk setiap tamu.

Hal ini terutama penting bagi restoran atau hotel yang berada di kawasan wisata atau bisnis yang selalu ramai dikunjungi oleh tamu dari luar kota atau luar negeri. Dengan tampilan meja yang menarik dan berkelas, akan memberikan kesan positif pada tamu dan dapat meningkatkan loyalitas serta reputasi bisnis tersebut.

Banyak restoran atau hotel yang memiliki gaya interior dan dekorasi yang khas dan unik, sehingga table set up dapat dimodifikasi untuk menciptakan sebuah image yang berbeda. Sebagai contoh, restoran yang memiliki tema vintage dapat menambahkan sentuhan dekorasi klasik, sedangkan restoran modern dapat menambahkan elemen desain minimalis pada tata letak meja mereka.

Dalam hal pelayanan, tampilan meja yang menarik juga dapat membantu memudahkan pelayan untuk menemukan table number atau mengetahui pesanan yang telah diambil untuk setiap meja.

Table Set Up di Suatu Restoran

Memberikan Kenyamanan dan Kemudahan pada Tamu

Table set up tidak hanya membantu menciptakan tampilan yang menarik namun juga memberikan kenyamanan dan kemudahan pada tamu saat makan. Meja yang diatur dengan rapi dan proporsional, akan memberikan ruang yang cukup pada para tamu untuk menempatkan makanan dan minuman mereka tanpa merasa terlalu sesak atau terganggu oleh peralatan yang terlalu banyak. Selain itu, penempatan peralatan makan dan minuman yang tepat pada setiap meja akan memudahkan tamu untuk mengambil peralatan tersebut dengan mudah dan tidak perlu menanyakan ke pelayan secara berulang-ulang.

Table set up juga dapat memainkan peran penting dalam memberikan privasi dan kedamaian pada para tamu, terutama bagi mereka yang sedang melakukan pertemuan bisnis atau perayaan keluarga. Dengan meja yang diatur dengan baik dan di tempatkan pada tempat yang cukup jauh dari meja lainnya, tamu akan dapat merasa lebih nyaman dan fokus pada kegiatan mereka.

Memperkuat Konsep Suatu Acara

Tidak hanya penting dalam situsi restoran atau hotel, table set up juga memainkan peran penting dalam memperkuat tema atau konsep suatu acara. Hal ini terutama sering terjadi pada acara pernikahan, pesta ulang tahun, atau acara bisnis lainnya yang membutuhkan tata letak meja dan dekorasi khusus.

Table set up dalam suatu acara dapat membantu menciptakan suasana yang lebih intim dan romantis pada pesta pernikahan, atau suasana yang lebih formal pada pertemuan bisnis. Penempatan bunga, lilin, dan dekorasi lainnya pada meja tamu dapat memberikan sentuhan personal yang akan membuat tamu merasa lebih terkesan dan puas dengan suasana acara tersebut.

Terdapat banyak pilihan model dan jenis dekorasi table set up yang sesuai dengan tema atau konsep suatu acara. Para pengelola acara dapat bekerjasama dengan jasa catering atau dekorasi untuk menentukan jenis table set up yang cocok untuk acara tersebut.

Mempermudah Logistik dan Pelayanan Restoran atau Hotel

Terakhir, table set up juga dapat mempermudah logistik dan pelayanan restoran atau hotel. Dengan menentukan jenis table set up yang tepat, para pengelola restoran dapat menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan peralatan makan dan minuman.

Dalam pelayanan, table set up dapat membantu pelayan untuk menemukan table number atau mengetahui pesanan yang sudah diambil untuk setiap meja dengan mudah. Dengan demikian, pelayan dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik dan efektif untuk setiap tamu. Selain itu, table set up juga dapat membantu menghindari kekacauan yang terjadi di restoran atau hotel dalam waktu yang sibuk dan rumit.

Table set up merupakan bagian yang penting dalam menciptakan citra profesional dan inovatif pada restoran atau hotel. Table set up juga berperan penting dalam memberikan kenyamanan, kemudahan, serta pengalaman terbaik bagi para tamu dan pelayan. Para pengelola bisnis dapat memperhatikan faktor table set up dalam pengelolaan bisnis mereka untuk meningkatkan loyalitas dan reputasi bisnis mereka.

pengertian swot adalah

Pengertian SWOT dan Pentingnya dalam Industri Perhotelan Apa itu SWOT? SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) adalah sebuah metode analisis strategis yang bertujuan untuk...
Ar Rayan Alif
5 min read

room division departemen adalah

Fungsi-fungsi Departemen Room Division di Dalam Hotel Departemen Room Division di dalam hotel memiliki beberapa fungsi yang sangat penting untuk menjalankan operasionalnya. Beberapa fungsi...
Ar Rayan Alif
8 min read

jenis alat kebersihan

Jenis Alat Kebersihan yang Penting di Industri Perhotelan 1. Jenis Sikat Yang Digunakan di Industri Perhotelan Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga...
Ar Rayan Alif
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *