Daftar Lokasi Air Terjun Di Kediri Cocok Untuk Wisata Keluarga

Air Terjun Di Kediri – Intip tips liburan di Kediri yang terletak di lembah Gunung berapi Liman dan Kawi, Kediri yaitu kota yang cukup sejuk dari nuansa alam perbukitan dan hutannya.

Selain alamnya yang fantastis, Kediri ialah daerah paling besar ke tiga di wilayah Jawa Timur, dan juga sering disebut sebagai salah satu kota ternyaman berkat banyaknya ruang terbuka hijau yang ada di sepanjang tepi Sungai Brantas.

Bagi para petualang, Kabupaten Kediri adalah tujuan terbaik untuk mampu menjumpai penderasan. alasannya adalah ada berbagai ajaran sungai yang tumpah dari tebing lereng pegunungan.

Daftar Air Terjun Paling Bagus di Kediri

Dan jika saat ini kalian sedang memikirkan perihal kemegahan penderasan di Kediri, berikut rekomendasi dari Kepengenwisata mengenai 6 coban atau penderasan terindah Kediri yang wajib dijelajahi.

1. Air Terjun Ironggolo

Air Terjun Yang Indah Kediri
Image source : loveisthesaddestthing / Instagram

Tingginya sekitar 80 meter, Air Terjun Ironggolo yaitu pesona terbesar mengapa Kediri pantas dijadikan selaku destinasi wisata alam.

Keunikan Air Terjun Ironggolo merupakan tebingnya yang miring terjal, tidak berdiri tegap serta terbentuk dari struktur bebatuan hitam berundak yang mirip sebuah tangga batu.

Selain mampu bermain lembap-basahan air di bak, tak sedikit pula para pengunjung yang memanjat riam ini.

Air Terjun Ironggolo telah sepenuhnya dikelola menjadi rekreasi alam, yang ditandai dengan kemudahan mushola , warung makan, area parkir, toilet hingga playground anak.

Jika kalian masih berenergi, sempatkan juga mampir ke Air Terjun Dolo yang merupakan waterfall tercantik di Gunung Wilis dan lokasinya tidak jauh dari rekreasi alam ini.

Lokasi : Besuki, Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Buka : 07.30 – 16.00 Wib.

Tiket : Rp. 5.000,-

2. Air Terjun Dolo

Air Terjun di Kediri
Credit foto : waragan_rahman / Instagram

Air Terjun Dolo berada di ketinggian 1.800 Mdpl dan mengalir menuruni Gunung Wilis yang merupakan titik tertinggi di Kediri.

Penampakannya sangat gagah perkasa, dengan tinggi tebing kurang lebih 90 meter bertingkat, Air Terjun Dolo yakni yang paling banyak dikunjungi oleh warga Kediri, alasannya adalah susukan dan kemudahan yang menjamin.

Yang menjadi persoalan, untuk kesini wisatawan perlu menuruni setidaknya seribu anak tangga, namun setiap tetesan keringat dari usaha pengunjung akan dibayar dengan panorama sekeliling yang amat memanjakan mata.

Lokasi : Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan Blimbing, Kediri.

Jam buka : 07.00 – 17.00 Wib.

Tiket masuk : Rp. 7.000 ,-

3. Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun di Kediri
Credit : cartikawisesha / Instagram

Jika tebing berskala tinggi 123 meter telah cukup besar menurut kalian, maka kunjungan ke Air Terjun Ngleyangan ialah hal yang wajib diperhitungkan.

Air menggeluti Ngleyangan menjadi yang termegah di wilayah kediri, karena ukuran tinggi dan lebarnya. dan penampakan bongkahan kerikil sungai juga kontras dengan vegetasi liar sekelilingnya.

Sama mirip teladas lainnya di Kediri, Curug Ngleyangan juga berada sempurna di lereng Gunung Wilis yang khas akan suhu dan panorama dataran tingginya.

Sayangnya untuk meraih waterfall tercantik di Kediri ini diperlukan ketabahan dan keperkasaan, karena perlu hiking 1 jam lebih dengan medan tanah bercampur bebatuan.

Di rekreasi Air Terjun Ngleyangan mungkin belum tersedia fasilitas mumpuni, jadi periksa perbekalan dulu sebelum berangkat menjelajahi permata tersembunyi di Kediri ini.

Lokasi : Gungung Cemorosewu, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

Jam buka : 08.00 – 17.00 Wib.

Tiket : Rp. 7.000 ,- per orang.

4. Air Terjun Lembah Peri Peri

Air Terjun di Kediri
Credit : dahni_fardani / Instagram

Pernahkah kalian berimajinasi bermain di fatwa sungai berbatu yang arusnya santai dengan sajian jeram yang elok? jikalau belum, anjuran aku ialah mempertimbangkan kunjungan ke Lembah Peri-peri.

Dinamakan demikian, alasannya adalah lokasinya diapit oleh perbukitan. pemandangannya sungguh memesona yang menggambarkan keindahan peri kayangan.

Lembah Peri-peri cukup terkenal bagi masyarakat Kediri terutama daerah Semen, jadi mencari aksesnya mungkin tidak sesulit jalur riam lainnya di daerah kediri.

Persiapkan kamera kesayanganmu, sebab tempat wisata alam ini memberikan pemandangan cuku epic yang menanti untuk diabadikan.

Lokasi : Desa Selopanggang, Kecamatan Semen, Kediri, Jawa Timur.

Jam buka : 08.00 – 17.00 Wib.

Tiket masuk : Rp. 5.000,-

5. Air Terjun Tretes Medowo

Air Terjun di Kediri
Credit : max_dien / Instagram

Berada di tempat Taman Hutan Raya Raden Soerjo, yang secara administratif masuk wilayah Wonosalam, Jombang, namun alasannya adalah kedekatannya dengan daerah Mendowo, Air menggeluti Tretes juga populer bagi penduduk Kediri.

Air terjun ini diklaim mempunyai tinggi ukuran 170 meter dan menjadikannya yang tertinggi di Kediri sekaligus di Jawa Timur.

Kunjungan ke riam terbesar di Kediri ini bisa lewat dua pintu masuk yakni melalui Desa Mendowo Kecamatan Kandang dan gerbang kedua melewati Desa Galeng Dowo Kecamatan Wonosalam.

Coban Tretes berjarak kira-kira 3 kilometer dari tempat parkir atau sekitar 1 kilometer dari Pos Tiket Tahura. jadi perjalanan mungkin sedikit melelahkan, namun pegal dan letih yang dicicipi hadirin akan sedikit terobati dengan pemandangan sejuk pepohonan hutan yang menyatu dengan satwa-satwa liarnya.

Biaya tiket : Rp. 11.000 ,- per orang.

Buka : Mulai pukul 08.00 – 16.00 Wib.

6. Air Terjun Parijotho

Air Terjun di Kediri
Credit : firanand / Instagram

Yang terakhir ialah Coban Parijotho yang terletak erat di selatan Curug Dolo, Air Terjun Parijotho adalah salah satu permata tersembunyi paling indah yang jangan hingga terlupakan untuk di lihat ketika kalian berpetualang ke Kediri.

Alasan pertama, teladas ini berisikan banyak ajaran. yang kedua, di bingkai oleh flora hutan yang lebat. serta menyajikan panorama bak yang jernih di bawahnya.

Selain penampilannya yang menawan, Coban Parijotho juga berjarak dekat dengan Coban Ironggolo atau sekitar 12 kilometer melintasi rute pemukiman penduduk. kalian bisa mendatangi tempat memukau ini dengan memakai kendaraan roda dua dan dilanjutkan jalan kaki kurang lebih setengah kilometer.

Untuk saat ini, pengelolaan Coban Parijotho Kediri mungkin sudah di kembangkan, jadi memberi potensi bagi setiap orang untuk mencicipinya.

Lokasi : Pamongan, Mojo, Kabupaten Kedir , Jawa Timur.

Demikianlah pembahasan dan informasi tentang wisata di Kediri, semoga bermanfaat.

Temukan Keindahan Jogja dengan Brosur Paket Wisata Kami

Kenapa Harus Memilih Brosur Paket Wisata Jogja Brosur paket wisata Jogja adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota yang kaya akan kebudayaan...
Ar Rayan Alif
6 min read

Menikmati Keindahan Wisata Jogja dengan Bus Wisata

Bus Wisata Jogja: Solusi Seru Liburan Keluarga Yogyakarta adalah salah satu kota wisata terfavorit di Indonesia. Kota ini menyuguhkan beberapa destinasi wisata menarik, seperti...
Ar Rayan Alif
8 min read

Menikmati Wisata Jogja di Daerah Wisata yang Menarik

Warisan Budaya Jogja Warisan Budaya Jogja atau Yogyakarta Heritage adalah suatu kemuliaan dari kearifan lokal di Yogyakarta. Budaya memang menjadi hal yang sangat kental...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *