Wisata

10 Destinasi Wisata Jogja Yang Cocok Untuk Anak-Anak

Tempat Wisata Edukatif untuk Anak di Jogja


Wisata Edukatif untuk Anak di Jogja

Jogja tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang indah, tetapi juga memiliki tempat wisata edukatif yang sangat cocok untuk anak-anak. Tempat wisata edukatif ini mengajarkan anak-anak untuk belajar sambil bermain dan mengalami pengalaman baru yang menyenangkan sekaligus mendidik. Beberapa tempat wisata edukatif yang bisa dikunjungi bersama keluarga di Jogja adalah sebagai berikut:

Museum Ulen Sentalu


Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu merupakan museum seni yang berlokasi di Kaliurang. Museum ini menyimpan sejarah kehidupan para kerajaan Yogyakarta dan Solo beserta para bangsawan yang ada di penghujung abad ke-19 dan awal abad ke-20. Museum ini juga memiliki buku-buku sejarah yang lengkap dan bisa diakses oleh pengunjung. Anak-anak bisa belajar mengenai sejarah dan kebudayaan Jawa melalui koleksi di museum ini. Selain itu, museum ini juga memiliki taman indah yang menyediakan aktivitas yang menyenangkan untuk anak-anak dan keluarga seperti memancing ikan dan mengelilingi taman.

Museum Batik Yogyakarta


Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta terletak di kota Yogyakarta dan merupakan museum yang memajang ragam batik kuno dan modern. Anak-anak bisa melihat dan belajar bagaimana proses pembuatan batik, mulai dari merencanakan desain, mewarnai dengan canting, hingga proses penyelesaian. Anak-anak juga bisa membuat batik dengan cara mencetak dan mewarnai dalam sesi workshop yang disediakan di museum ini. Workshop di museum batik ini sangat menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak dan keluarga.

Museum Perjuangan Yogyakarta


Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta terletak di kota Yogyakarta dan merupakan museum yang mengenang perjuangan rakyat Yogyakarta dalam menentang penjajah saat Perang Kemerdekaan. Museum ini memiliki koleksi senjata, dokumentasi perjuangan, dan benda-benda perjuangan lainnya. Anak-anak bisa belajar mengenai sejarah Perang Kemerdekaan serta pentingnya memperjuangkan kemerdekaan. Selain itu, di museum ini juga disediakan aktivitas seperti permainan tradisional dan rekreasinya yang bisa diikuti oleh anak-anak dan keluarga.

Taman Pintar Yogyakarta


Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan taman edukasi yang menawarkan banyak wahana dan alat permainan yang bisa mengeksplorasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Di dalam taman ini, anak-anak bisa belajar mengenai sains, matematika, dan lingkungan hidup melalui berbagai permainan interaktif dan eksperimen. Taman Pintar juga memiliki mini zoo dan taman bunga yang indah. Anak-anak dan keluarga juga dapat mengikuti acara karnaval pengetahuan secara rutin di dalam taman tersebut. Taman Pintar memang tempat edukatif luar biasa yang harus dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah sebuah bangunan peninggalan Belanda yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Bangunan ini berada di dekat kebun binatang dan taman bunga. Di dalam benteng ini, terdapat museum yang memajang koleksi tentang sejarah pergerakan nasional dalam perjuangan melawan penjajah. Anak-anak bisa belajar mengenai sejarah perjuangan nasional serta mengenal tokoh-tokoh nasional. Tidak hanya itu, di dalam benteng ini juga tersedia layar IMAX dalam 3D dan 4D serta berbagai acara pertunjukan lainnya. Benteng Vredeburg adalah tempat yang sangat baik bagi anak-anak yang ingin belajar sambil bermain.

Wahana Bermain Anak di Jogja yang Super Seru

Jogja Anak Wisata

Jogja is a city that has many interesting places to visit, with many child-friendly attractions and games. This makes Jogja a perfect place for a family holiday, especially for children. In this subtopic, we will share about several super exciting child-friendly attractions in Jogja.

1. The World’s Best Children’s Museum: Taman Pintar

Taman Pintar

Taman Pintar is the world’s best children’s museum, according to TripAdvisor’s Travelers Choice. Taman Pintar has a wide range of child-friendly games that are both entertaining and educational. Taman Pintar is located at Jalan Panembahan Senopati No.1, Yogyakarta. In addition to games, Taman Pintar also provides interactive educational workshops and exciting science shows that will undoubtedly fascinate your children.

2. Playing in the Water at Kedung Pedut Waterfall

Kedung Pedut Waterfall

Kedung Pedut Waterfall is one of the best natural attractions in Jogja, it is located in Kulon Progo Regency, Yogyakarta. Kedung Pedut Waterfall is popular for its crystal clear water with beautiful natural scenery. With a depth of up to 1.5 meters, this waterfall makes it an ideal place to play in the water for your children. Your children will enjoy swimming and playing with the water in this refreshing and beautiful place. Do not forget to bring extra clothes and snacks, because you will be spending some time here.

3. Artistic Exploration at Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta is a must-visit place for your children as it provides fun, interactive, and artistic exploration. Taman Budaya Yogyakarta is located at Jalan Yos Sudarso No. 11, Yogyakarta. This place offers various types of art performances, such as wayang kulit (traditional Indonesian shadow puppet play), keroncong (traditional Javanese music), and Javanese gamelan (traditional Javanese music). Besides being able to watch the performances, your children can also join and learn how to play Gamelan, Wayang Kulit, and dance. This is a unique and unforgettable experience for both parents and children.

With this subtopic, we have shared three super exciting child-friendly attractions in Jogja that will make your family vacation a memorable one. Taman Pintar can give your children an interactive educational experience, Kedung Pedut Waterfall will immerse your children in natural beauty and refreshment, and Taman Budaya Yogyakarta will offer a unique and memorable artistic exploration. Jogja Anak Wisata, let’s enjoy the holidays with children!

Pilihan Hotel Family-Friendly di Jogja


hotel family friendly jogja

Saat berlibur dengan keluarga, salah satu hal yang menjadi perhatian utama adalah akomodasi atau tempat menginap. Di Jogja, terdapat beberapa hotel yang cocok untuk keluarga yang sedang berlibur, dengan fasilitas yang ramah anak dan mudah dijangkau. Berikut ini beberapa pilihan hotel family-friendly di Jogja yang bisa menjadi referensi Anda:

grand mercure yogyakarta adisucipto

1. Grand Mercure Yogyakarta Adisucipto

Grand Mercure Yogyakarta Adisucipto berlokasi di area bandara Adisucipto dan hanya berjarak sekitar 2 km dari Bandara Adi Sucipto. Hotel ini menawarkan layanan antar-jemput bandara dan shuttle gratis ke beberapa pusat perbelanjaan di Jogja. Fasilitas yang ditawarkan sangat ramah anak, seperti kolam renang, taman bermain, kids club, hingga game center. Di sini juga tersedia paket menginap yang sudah termasuk tiket masuk ke museum yang menghidupkan sejarah.

golden tulip essential jogja

2. Golden Tulip Essential Yogyakarta

Golden Tulip Essential Yogyakarta adalah hotel yang terletak di pusat kota Jogja. Hotel ini memiliki fasilitas yang sangat ramah anak, seperti swimming pool, fitness center, dan juga play area yang menyediakan berbagai macam permainan seru bagi anak-anak. Hotel ini juga terkenal dekat dengan beberapa tempat wisata Jogja, seperti Malioboro, Tugu Jogja, dan Keraton Yogyakarta.

hotel the 101 jogja

3. Hotel The 101 Yogyakarta Tugu

Hotel The 101 Yogyakarta Tugu merupakan hotel bintang 4 yang berlokasi di pusat kota Jogja. Selain dekat dengan berbagai macam restoran dan tempat wisata, hotel ini juga sangat ramah anak, dengan fasilitas seperti kolam renang, kids club, dan juga play area. Di sini juga tersedia paket menginap untuk keluarga yang mendapatkan paket harga khusus dan termasuk berbagai macam fasilitas yang ramah anak.

yogyakarta platinum adisucipto

4. Yogyakarta Platinum Adisucipto

Terakhir, ada Yogyakarta Platinum Adisucipto yang terletak sangat dekat dengan pusat perbelanjaan dan juga berbagai destinasi wisata di Jogja. Hotel ini menawarkan fasilitas yang sangat ramah anak, seperti kolam renang outdoor dan indoor, rooftop garden, hingga kartu akses bilangan ke kamar yang dapat diatur untuk anak-anak. Fasilitas keamanan dan kebutuhan bayi juga tersedia di hotel ini.

Nah, itu adalah beberapa pilihan hotel Family-friendly di Jogja untuk liburan yang lebih menyenangkan bersama keluarga. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan Anda bersama keluarga.

Tips Mudah Liburan dengan Anak ke Jogja


wisata jogja anak

Liburan dengan anak-anak selalu memberikan kebahagiaan tersendiri, terutama ketika mereka senang dan menikmati setiap momen yang dijalani. Jogja sebagai kota budaya dengan keindahan alam yang memesona menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak ke Jogja, simak tips mudah berikut ini.

1. Pilih Wisata yang Mendidik dan Menghibur


pelangi nusantara jogja

Yang perlu ditampilkan dalam pemilihan tempat wisata di Jogja adalah keduanya harus seimbang dan bisa memberikan pengetahuan pada buah hati Anda. Salah satu tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan adalah Pelangi Nusantara Jogja. Taman bunga yang berada di Sleman ini memiliki berbagai macam bunga dari seluruh pelosok Nusantara.

2. Pilih Lokasi yang Mudah dijangkau


hutan mangrove jogja

Jogja memiliki tempat tempat wisata yang mudah dijangkau atau dekat dengan pusat kota. Lokasi yang mudah dijangkau seperti Hutan Mangrove Jogja, yang berada di sebelah selatan Bandara Adisutjipto. Selain memiliki hutan mangrove yang indah, tempat ini juga membuat anak-anak Anda dapat mengenal keanekaragaman hayati dan mempelajari sistem ekosistem yang telah terbentuk secara alami di sana.

3. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berkunjung


sindu kusuma edukasi

Setiap tempat wisata memiliki waktu yang berbeda-beda untuk di kunjungi, tergantung pada cuaca atau keberadaan libur sekolah. Jadi pilihlah waktu yang tepat, ketika tempat wisata berkunjung tidak terlalu ramai dan cuaca sedang cerah. Misalnya ke Sindu Kusuma Edukasi, anda dapat mempertontonkan adik-adik kecil panorama indah pesona kota jogja di pagi dan senja hari.

4. Persiapkan Keperluan Anak-anak


balaikota jogja

Sebelum berkunjung ke tempat wisata, Anda harus menyiapkan perlengkapan untuk anak – anak terutama untuk persiapan cuaca yang tak bisa di prediksi. Saat Anda mengajak anak-anak ke Balaikota Jogja, persiapkan pakaian hangat tersedia jika udara dingin, camilan ringan agar anak-anak tidak cepat kelaparan dan teriakan-teriakan karena merasa lapar, serta air putih yang cukup untuk meminum dan cuci tangan sebelum makan.

5. Ajak Anak-anak Bermain Games Tradisional


permainan tradisional jogja

Bagi anak-anak, bermain merupakan hal yang menyenangkan. Oleh sebab itu ajak mereka bermain games tradisional yang bisa ditemukan di beberapa tempat wisata Jogja, seperti di Ngasem Batik Yogyakarta, Kampung Gajah, dan Pusat Kerajinan Perak atau mungkin Semadhi Jogja Heritage. Games tradisional yang sederhana seperti gasing, engklek, dakon, patilan, dan balap karung dapat memberikan pengalaman baru dan merangsang kreativitas anak-anak.

Demikianlah beberapa tips mudah liburan dengan anak ke Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk meluangkan waktu bersama keluarga pada liburan kali ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button