Perhotelan

Apa Itu “Holloware” dalam Industri Perhotelan?

Pengertian Holloware dalam Industri Perhotelan

Holloware adalah jenis peralatan dapur atau servis makanan yang terbuat dari logam dan merupakan bagian integral dari beberapa hotel dan restoran. Kata “holloware” sendiri berasal dari kata “hollow”, yang berarti hampa atau kosong. Peralatan ini umumnya terdiri dari benda-benda seperti teko, piring, mangkuk, guci, dan lainnya, yang memiliki rongga kosong di dalamnya.

Banyak hotel dan restoran tertentu yang menggunakan holloware untuk memberikan pengalaman makan yang lebih mewah bagi tamu mereka. Peralatan makan yang terbuat dari logam ini sering kali memiliki desain yang elegan dan dipoles dengan indah untuk menunjukkan kemewahan dan kelas yang dimiliki tempat tersebut. Ketika disajikan di meja makan, penggunaan holloware dapat menciptakan suasana yang tamu hotel atau restoran berada di lingkungan mewah dan elegan dengan fungsinya yang tidak hanya sekedar sebagai alat untuk menyajikan makanan dan minuman, namun juga sebagai elemen dekoratif yang sangat menarik perhatian.

Di Indonesia, tak sedikit hotel bintang lima yang menggunakan holloware sebagai bagian dari presentasi makanan mereka, seperti hotel-hotel di Bali, Jakarta, dan Surabaya. Meski mahal dan tergolong perolehan bergengsi, banyak hotel dan restoran yang tidak ragu mengeluarkan uang lebih untuk membeli holloware demi terlihat mewah di mata tamu mereka. Tak hanya itu, kualitas dan daya tahan holloware juga menjadi faktor utama kenapa banyak hotel dan restoran yang memilih menggunakan jenis peralatan makan ini.

Jika Anda menjalankan bisnis restoran atau hotel, memilih holloware sebagai peralatan makan atau pelayan makanan dapat menambahkan kesan mewah pada presentasi menu Anda. Karena holloware biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti perak atau stainless steel, maka peralatan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menakjubkan tamu Anda dengan keindahan dan eksklusivitas layanan penginapan, jasa boga serta pengalaman yang lengkap.

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memilih holloware sebagai peralatan makan atau pelayan makanan adalah keawetannya. Serangkaian teko, piring, mangkuk, guci, dan lainnya dibuat untuk bertahan lama dan tetap indah selama bertahun-tahun. Selain itu, peralatan ini sangat mudah dalam perawatannya. Cukup dengan di lap dengan kain lembut setelah selesai digunakan maka sudah dapat dipersiapkan untuk penggunaan berikutnya.

Keindahan dan kualitas dari holloware yang terbuat dari material berkualitas tinggi, menjadikan peralatan makan ini menjadi salah satu elemen terpenting dalam aspek presentasi makanan profesional. Memilih peralatan makan yang tepat untuk menjelaskan tema dan citra keseluruhan bisnis restoran atau hotel Anda adalah kunci untuk sukses dalam membangun merek yang unik dan berkualitas tinggi.

image of holloware in a luxury hotel

Macam-macam Jenis Holloware dalam Bisnis Perhotelan

Holloware adalah peralatan makan yang terbuat dari logam seperti perak, kuningan, atau stainless steel. Produk ini sebenarnya merupakan elemen penting dalam layanan makanan dan minuman. Dalam bisnis perhotelan, jenis-jenis holloware yang digunakan dapat beragam tergantung dari kebutuhan, jenis restoran, atau motif desain yang diusung. Berikut adalah beberapa macam jenis holloware yang paling sering digunakan dalam bisnis perhotelan.

Pitcher

Pitcher merupakan jenis holloware yang berfungsi untuk menyajikan minuman dingin seperti air, jus, atau lemonade. Pitcher ini terbuat dari bahan stainless steel, perak atau tembaga, dan sudah dirancang secara estetika sehingga dapat menambah nilai estetika ketika digunakan di restoran atau kafe.

Teapot

Teapot atau teko adalah jenis alat penyajian teh yang sering ditemukan pada hotel atau kafe. Teapot yang digunakan pada industri perhotelan biasanya terbuat dari perak atau kuningan, dan dalam kebanyakan kasus, disertai dengan keran atau tutup agar memudahkan saat menuangkan teh ke dalam cangkir. Saat ini, ada beragam desain teapot yang dikembangkan untuk menunjang kepuasan dan kenyamanan pengunjung.

Sugar Bowl

Sugar Bowl atau wadah gula ini umumnya digunakan di hotel atau restoran untuk menyimpan gula atau bahan pemanis lainnya. Sugar bowl dapat memiliki beragam bentuk dan bahan, dan digunakan sebagai bagian dari peralatan servis meja.

Creamer

Creamer atau krim susu adalah wadah kecil yang digunakan untuk menyajikan susu atau krim. Krim susu ini biasanya menjadi pelengkap saat menyajikan teh atau kopi di hotel atau restoran. Creamer terbuat dari bahan stainless steel atau perak dan memiliki beragam model yang mempercantik tampilan meja makan.

Gravy Boat

Gravy boat menjadi salah satu jenis holloware yang digunakan untuk layanan makanan berbahan dasar saus. Gravy boat bisa digunakan di restoran atau hotel untuk menyajikan saus seperti saus masak, saus tomat, ataupun saus lainnya. Gravy boat umumnya berbahan stainless steel atau perak, tetapi ada juga yang terbuat dari asbak yang dilapisi perak.

Wadah Es

Wadah es atau bucket es adalah jenis holloware yang digunakan pada layanan minuman di restoran atau hotel. Bucket es biasanya digunakan untuk menyajikan minuman dingin seperti bir, jus, atau wine. Bucket es digunakan untuk menjaga minuman tetap dingin selama dihidangkan dan ada beberapa model yang dilengkapi dengan pengunci agar es tidak mudah mencair. Bucket es umumnya terbuat dari bahan stainless steel yang berukuran besar.

Itulah beberapa jenis holloware yang sering digunakan dalam bisnis perhotelan. Menggunakan holloware baik dalam desain atau layanan makanan bisa menciptakan suasana yang lebih menarik dan memukau, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuat desain holloware sebagai peralatan makan untuk bisnis makananmu?

Fungsi Holloware dalam Perhotelan

Holloware adalah sekelompok peralatan dapur atau peralatan makan yang terbuat dari logam, biasanya perak atau perunggu, dan digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman dengan presentasi yang baik di restoran atau dapur hotel. Banyak hotel yang memperhatikan tampilan dan kualitas penyajian makanan dan minuman mereka guna memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi tamu mereka. Oleh karena itu, penggunaan holloware sangat diperlukan.

Fungsi Utama Holloware dalam Perhotelan

Fungsi utama dari holloware dalam perhotelan adalah untuk menyajikan dan menyimpan makanan dan minuman. Peralatan ini juga dibuat khusus dengan material yang tahan lama dan mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk penggunaan berulang. Holloware juga bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pengunjung hotel. Dalam dunia perhotelan, hygiene adalah faktor yang sangat penting. Kualitas dan kebersihan penyajian makanan dan minuman harus tetap terjaga agar terhindar dari infeksi atau bahkan virus yang berbahaya bagi tamu hotel.

Holloware dalam Perhotelan

Fungsi Holloware untuk Konsumen

Selain sebagai peralatan penyajian dan penyimpanan makanan dan minuman, holloware juga memberikan keuntungan bagi pengunjung hotel. Ketika tamu hotel duduk di restoran atau lounge hotel, tampilan piring, cangkir, dan sendok yang indah dan bersih akan meningkatkan pengalaman makan mereka. Hal ini juga dapat mempengaruhi nafsu makan tamu ketika mereka melihat makanan yang disajikan secara estetis dan profesional. Oleh sebab itu, peran holloware sangat penting dalam upaya hotel untuk memberikan pengalaman makan dan minum yang maksimal bagi para tamunya.

Pentingnya Perawatan Holloware dalam Perhotelan

Perawatan yang baik atas holloware di hotel sangat penting oleh karena itu sangat diperlukan dengan memperhatikan cuci tangan dan sarung tangan saat menggunakan alat tambahan dalam menggunakannya. Peralatan harus dicuci secara teratur dengan deterjen atau pembersih yang oleh hotel telah diformulasikan untuk holloware. Dalam keadaan kotoran tersisa pada holloware, kemungkinan akan menimbulkan bakteri dan infeksi bagi pengguna selanjutnya. Penyimpanan holloware harus dilakukan pada tempat yang steril seperti lemari penyimpanan khusus dengan suhu yang cocok.

Perawatan Holloware dalam Perhotelan

Kesimpulan

Holloware adalah peralatan penting dalam industri perhotelan yang bertujuan untuk menyajikan dan menyimpan makanan dan minuman dengan presentasi yang baik di meja restoran atau dapur hotel. Fungsi utama holloware dalam perhotelan juga merupakan upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pengunjung hotel. Perawatan dan pemeliharaan yang baik atas holloware juga sangat diperlukan untuk menjaga kebersihannya. Oleh sebab itu, penggunaan holloware di hotel sangat penting dan harus dijaga dengan baik agar memberikan pengalaman yang terbaik bagi para tamu hotel.

Bahan Pembuat Holloware

Holloware atau barang-barang logam seperti mangkuk, nampan, teko, atau cangkir adalah bagian integral dari meja makan yang berkelas dan elegan. Meskipun pecah belah, keramik dan kaca telah populer sebagai bahan pembuat peralatan makan, namun tidak ada yang dapat mengalahkan keindahan dan kelas yang dimiliki oleh peralatan makan yang terbuat dari logam. 

Seperti yang telah disebutkan, bahan pembuat Holloware terutama terdiri dari beberapa jenis logam, seperti:

1. Stainless Steel

Stainless steel adalah logam yang paling umum digunakan untuk membuat Holloware. Bukan hanya mudah dibentuk, namun stainless steel juga sangat tahan lama. Bahan ini juga tahan karat dan mudah dibersihkan. Meskipun stainless steel dapat terlihat dingin dan sterile jika tidak diolah dengan baik, namun jika didesain dengan benar, peralatan makan dari stainless steel akan memberikan kesan keanggunan dan tersendiri.

stainless steel

2. Silver Plated

Perak selalu menjadi pilihan favorit sebagai bahan pembuat peralatan makan. Namun, hanya sedikit yang mampu membeli peralatan makan yang terbuat dari perak murni karena sangat mahal. Oleh karena itu, beberapa orang cenderung memilih silver plated sebagai pengganti perak. Silver plated terdiri dari lapisan perak tipis yang ditempelkan pada bagian atas logam yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa lapisan perak pada silver plated bisa hilang jika digunakan terlalu sering dan tidak dirawat dengan baik.

silver plated

3. Brittania Metal

Brittania metal terbuat dari paduan berbagai logam seperti timbal, tembaga, dan seng. Bahan ini tahan lama dan relatif murah dibandingkan dengan perak atau emas. Brittania metal juga cukup keras sehingga cocok untuk membuat peralatan makan yang tahan lama. Namun, bahan ini cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan bahan lainnya.

brittania metal

4. Tembaga

Tembaga adalah bahan yang sangat populer untuk membuat peralatan makan seperti panci, tas teh, atau cangkir. Tembaga terkenal akan sifat konduktivitas panasnya sehingga wajan atau panci dari tembaga dapat memasak makanan dengan cepat dan merata. Meskipun begitu, tembaga mudah teroksidasi dan memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan bersih.

tembaga

Itulah beberapa bahan pembuat Holloware yang populer digunakan. Dalam memilih jenis bahan untuk peralatan makan, tentukan terlebih dahulu kebutuhan dan gaya pribadi. Ada banyak pilihan yang tersedia, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling mewah. Namun yang paling penting adalah memilih bahan yang tahan lama sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Perawatan Holloware

Agar holloware terawat dengan baik, sebaiknya dicuci dengan air hangat dan sabun ringan. Jangan menggunakan sponge atau bahan kasar saat membersihkannya karena hal tersebut bisa merusak keindahan dan kebersihan holloware. Untuk menghindari kotoran yang menempel terlalu lama pada permukaan holloware, sebaiknya dicuci sesegera mungkin setelah digunakan.

Selain itu, gunakan sikat atau lap halus untuk membersihkan holloware. Perlu diingat, jangan menggunakan produk pembersih berbahan kimia yang berlebihan karena bisa mengakibatkan holloware kehilangan ciri khasnya dan mudah rusak.

Bila holloware ada noda atau kotoran yang sulit, gunakan pasta baking soda dan air untuk membersihkannya. Caranya adalah campurkan baking soda dan air hingga membentuk pasta. Gosokkan pasta tersebut pada permukaan holloware yang ingin dibersihkan dengan lembut. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut.

Setelah dicuci, hendaknya langsung dikeringkan dengan cara dilap atau disimpan dengan rak penyangga, jangan ditumpuk dengan dilap yang basah karena hal tersebut bisa merusak lapisan pelindung di permukaan holloware. Jangan biarkan holloware lama-lama terkena air karena bisa membuat peraknya rusak dan terlihat kusam.

Perawatan secara rutin seperti yang telah dijelaskan di atas akan menjaga keindahan dan kualitas dari holloware. Sehingga Anda bisa mempergunakan holloware dalam jangka waktu yang lama.

Perawatan Holloware

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button