Arti Cekidot: Kata Gaul yang Sering Digunakan di Indonesia

Hey guys, apa kabar? Kita pasti udah gak asing lagi dengan istilah “arti cekidot” kan? Yup, istilah bahasa gaul yang mmang lagi hits di kalangan anak muda Indonesia. Tapi, mungkin ada juga yang belum tahu arti sebenarnya dari kata-kata itu. Nah, kali ini kita bakal bahas lebih dalam tentang arti cekidot beserta contoh penggunaannya, biar kamu bisa lebih paham kalau lagi berbincang dengan teman-temanmu. Yuk, simak terus artikel ini!

Pengertian Arti Cekidot dalam Bahasa Gaul

Arti cekidot dalam bahasa gaul adalah kata yang sering digunakan oleh anak muda atau orang-orang yang aktif di dunia maya. Meski terdengar seperti bahasa kasar, sebenarnya cekidot merupakan bahasa gaul yang memiliki arti yang cukup mengena. Istilah ini juga sering muncul dalam percakapan sehari-hari di dunia nyata.

Berbagai Makna dari Cekidot

Sebelum membahas lebih jauh tentang arti cekidot, perlu diketahui bahwa kata ini memiliki beberapa makna, tergantung dari situasinya. Berikut adalah beberapa makna yang biasa disampaikan oleh seseorang ketika menggunakan kata cekidot:

1. Kabaikan
Makna pertama dari cekidot adalah “jangan lupa” atau “ingat baik-baik” dalam konteks tertentu. Biasanya makna ini digunakan dalam situasi yang berhubungan dengan deadline, seperti pada pekerjaan atau tugas kuliah. Contohnya, temanmu memberitahumu bahwa tugas akhir bulan depan harus segera diselesaikan, kemudian kamu menjawab dengan “cekitod”.

2. Berhenti Dulu
Makna kedua dari cekidot adalah permintaan untuk berhenti sejenak. Istilah ini biasanya digunakan ketika seseorang sedang melompat dari satu topik percakapan ke topik yang lain, maka orang yang lain dapat meminta untuk diberikan kesempatan berbicara dengan menggunakan cekidot.

3. Ikut Serta
Makna ketiga dari cekidot adalah “ikut” atau “partisipasi”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang mengundang temannya untuk bergabung dalam suatu acara atau kegiatan. Contohnya, ketika ada temanmu yang mengadakan acara ulang tahun, kemudian dia mengundangmu dan meminta untuk “cekitod” di acara tersebut.

4. Mengikuti dengan Cermat
Makna keempat dari cekidot adalah “mengikuti dengan cermat” atau bisa juga “waspadalah”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang menanggapi sebuah informasi atau kabar yang beredar di media sosial atau dalam grup chat. Istilah ini mengingatkan orang yang lain untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah terpancing oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya.

5. Segera Lakukan
Makna kelima dari cekidot adalah “segera lakukan”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang memberikan instruksi kepada orang lain untuk segera melaksanakan suatu tindakan atau tugas. Contohnya, ketika bosmu memberikanmu tugas yang harus segera dikerjakan, kemudian dia memberimu perintah “cekitod” maka itu artinya kamu harus segera melaksanakan tugas tersebut.

6. Diam
Makna keenam dari cekidot adalah “diam”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang ingin memberikan sinyal bahwa dirinya sedang tidak ingin bersuara. Contohnya, ketika dalam suatu percakapan kamu merasa tidak terlalu nyaman dengan topik yang sedang dibicarakan, lalu kamu meminta temanmu dengan kata “cekitod” maka itu artinya kamu ingin temanmu untuk diam sejenak.

7. Belajar Lebih Baik
Makna ketujuh dari cekidot adalah “belajar lebih baik lagi”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang ingin menyampaikan pesan agar yang lain harus belajar lebih giat lagi. Contohnya, ketika kamu sedang bersama temanmu dan dia sempat membuat kesalahan dalam suatu pekerjaan, kemudian kamu memberinya saran dengan mengatakan “cekitod” maka itu artinya kamu berharap temanmu dapat belajar dari kesalahan tersebut.

8. Jangan Lupa Berterima Kasih
Makna kedelapan dari cekidot adalah “jangan lupa berterima kasih”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang ingin memberikan pengingat untuk berterima kasih atas sesuatu yang diberikan atau dibantu oleh orang lain. Biasanya istilah ini digunakan dalam bentuk kalimat “cekitod udah dibantu ya”.

9. Cari Tahu Dulu
Makna kesembilan dari cekidot adalah “cari tahu dulu” atau melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang meminta saran atau pandangan mengenai suatu hal. Contohnya, ketika seseorang memberikan saran untuk mengambil suatu keputusan, seseorang lain dapat merespon dengan mengatakan “cekitod”.

10. Hati-Hati
Makna kesepuluh dari cekidot adalah “hati-hati”. Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang ingin memberikan peringatan tentang hal-hal yang berbahaya atau harus diwaspadai. Contohnya, ketika kamu akan melakukan hal yang berbahaya atau membahayakan diri, temanmu dapat memberikan peringatan dengan mengatakan “cekitod, hati-hati ya”.

10 Arti Cekidot dalam Bahasa Gaul Adalah:

  1. Curi Perhatian

    Arti Cekidot dalam bahasa gaul adalah menarik perhatian, biasanya dengan melakukan hal-hal yang lucu atau unik. Contohnya, ketika seseorang berbicara dengan temannya dan dia ingin mendapat perhatian dari lawan bicaranya, dia bisa mengatakan “Cekidot!” sambil menunjukkan gerakan lucu atau unik.

  2. Ikut serta

    Cekidot juga bisa berarti “ikut serta” dalam bahasa gaul. Biasanya digunakan ketika seseorang ingin bergabung dengan kelompok tertentu atau acara tertentu. Misalnya, ketika teman-temanmu akan pergi nonton film, kamu bisa bilang, “Cekidot dong!” sebagai cara untuk meminta ikut serta.

  3. Mengambil Bagian

    Cekidot juga bisa berarti “mengambil bagian” dalam suatu acara atau kegiatan. Misalnya, ketika sekelompok teman sedang bermain game di rumah, kamu bisa bilang “Cekidot!” sebagai cara untuk menyatakan bahwa kamu ingin ikut serta dan mengambil bagian dalam permainan tersebut.

  4. Memesona

    Arti Cekidot juga bisa merujuk pada cara seseorang memikat hati orang lain. Contohnya, ketika seorang pria ingin menarik perhatian seorang wanita, dia bisa mengatakan “Cekidot” sambil melakukan gerakan yang unik atau lucu.

  5. Ikutan Mudik

    Saat momen mudik tiba, ungkapan “Cekidot” juga bisa berarti “ikutan mudik” dalam bahasa gaul. Biasanya digunakan oleh seseorang yang ingin ikut pulang ke kampung halaman bersama kelompok atau komunitas tertentu.

  6. Bersosialisasi

    Cekidot juga bisa diartikan sebagai ajakan untuk sosialisasi. Misalnya, ketika seseorang ingin mengundang teman-temannya untuk hangout bersama, bisa saja dia mengatakan “Cekidot yuk!” sebagai ajakan untuk bersosialisasi bersama.

  7. Memesona hati

    Selain mengacu pada cara memikat hati orang lain, “Cekidot” juga bisa digunakan sebagai upaya mempesona hati orang lain. Misalnya, ketika kamu ingin membuat pacarmu tersenyum, kamu bisa mengatakan “Cekidot beb!” sambil melakukan gerakan lucu atau romantis.

  8. Memperkenalkan diri

    Cekidot juga bisa diartikan sebagai cara memperkenalkan diri dalam bahasa gaul. Misalnya, ketika seseorang datang ke grup baru atau kumpul-kumpul bersama orang yang belum dikenal, dia bisa memperkenalkan dirinya dengan mengatakan “Cekidot, namaku Reza”.

  9. Ikuti Arahannya

    Cekidot juga bisa berarti “ikuti arahannya” dalam bahasa gaul. Misalnya, ketika seseorang sedang memberikan arahan atau instruksi pada temannya, dia bisa mengatakan “Cekidot ya!” sebagai tanda bahwa temannya harus mengikuti instruksi tersebut.

  10. Merengek

    Terakhir, arti Cekidot dalam bahasa gaul juga bisa merujuk pada sepertinya kerengekan atau meminta sesuatu dengan cara yang imut. Misalnya, ketika anak kecil ingin mendapat sesuatu dari orang tuanya, dia bisa merengek dan mengatakan “Cekidot dong buuu!”

Itulah 10 arti Cekidot dalam Bahasa Gaul Adalah yang umum dipakai di Indonesia. Penggunaannya memang cukup luas dan sering dipakai di berbagai situasi, baik formal maupun informal. Namun, sebagai penutup, penting juga untuk diingat bahwa penggunaan bahasa gaul harus tetap sesuai dengan konteks dan tidak menyinggung perasaan orang lain, ya!

Apa Saja Arti dari Cekidot dalam Bahasa Gaul

Cekidot memang sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda Indonesia. Ungkapan ini sering dipakai dalam percakapan sehari-hari di antara teman-teman. Namun, banyak orang yang belum mengetahui arti dari cekidot dalam bahasa gaul. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kita akan membahas arti dari cekidot dan contoh penggunaan dalam percakapan sehari-hari.

1. Cekidot Artinya Apa?

Kata cekidot berasal dari bahasa Jawa yang artinya menarik. Dalam bahasa gaul cekidot memiliki arti yang berbeda yaitu mengikuti atau mengikat. Jadi, dalam konteks bahasa gaul, cekidot memiliki arti mengikuti atau meminta seseorang mengikuti.

2. Contoh Penggunaan Cekidot dalam Percakapan Sehari-hari

Contoh penggunaan cekidot dalam percakapan sehari-hari adalah sebagai berikut:

a. “Mau ke mall nih, cekidot yuk!”

b. “Ayo, lagi pada kemana? Cekidot lah!”

c. “Ada lomba dance besok, kamu cekidot juga ya!”

3. Pengertian Cekidot dalam Media Sosial

Selain dalam percakapan sehari-hari, cekidot juga sering digunakan dalam media sosial. Cekidot digunakan untuk meminta seseorang untuk mengikuti suatu akun, grup atau halaman di media sosial. Biasanya kata-kata yang digunakan adalah “cekidot ya!” atau “cekidot gan/sis!”.

4. Beda Cekidot dengan Follow

Penggunaan cekidot dan follow sebenarnya berbeda. Follow lebih sering digunakan di media sosial untuk mengikuti akun seseorang untuk mendapatkan konten terbaru yang dibagikan oleh akun tersebut. Sedangkan, cekidot digunakan untuk meminta seseorang untuk mengikuti kegiatan atau pergi ke suatu tempat.

5. Kesimpulan

Dalam bahasa gaul, cekidot artinya mengikuti atau meminta orang untuk mengikuti. Penggunaan cekidot sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan media sosial. Cekidot seringkali digunakan sebagai ajakan untuk bergabung dengan suatu kegiatan atau pergi ke suatu tempat. Jadi, jangan ketinggalan, cekidot yuk!

Tabel Contoh Penggunaan Cekidot dalam Bahasa Gaul:

No Kata-kata Arti
1 Mau ke mall nih, cekidot yuk! Ikut, bergabung
2 Ayo, lagi pada kemana? Cekidot lah! Ikut, bergabung
3 Ada lomba dance besok, kamu cekidot juga ya! Ikut, bergabung
4 Cekidot gan, nanti aku follback ya! Ikuti, mengikuti (akun media sosial)

Sudah tahu apa itu “cekidot”? Jika belum, cek penjelasan lengkap tentang arti cekidot di dalam bahasa gaul yang sering dipakai oleh anak muda saat ini.

Maknyus! Sudah Tahu Arti Cekidot dalam Bahasa Gaul, Kan?

Berarti kamu sudah bisa ikutan ngobrol santai dengan teman-temanmu. Jangan lupa untuk selalu update informasi terbaru tentang bahasa gaul, ya. Siapa tahu nanti kamu bisa jadi orang pertama yang memperkenalkan kata-kata keren baru ke teman-temanmu. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, ya!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *