“Arti Cancelled” dalam Bahasa Gaul Adalah Apa?

Guys, ada satu bahasa gaul lagi nih yang mungkin belum banyak orang tahu. Namanya “arti cancelled”. Kalau secara harfiah, artinya adalah batal atau dibatalkan. Tapi kalau dalam bahasa gaul, arti cancelled ini lebih sering dipakai saat ada rencana hangout atau janjian, tapi kemudian urung terjadi. Biasanya orang akan bilang, “eh, hangoutnya arti cancelled dong hari ini” atau “janjian makan besok arti cancelled deh, ada urusan mendadak”. Nah, kalau ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa gaul ini, yuk simak terus artikel ini!

Apa Itu Arti Cancelled dalam Bahasa Gaul?

Kamu pasti sering mendengar kata “cancelled” dalam perkembangan bahasa gaul di Indonesia belakangan ini. Tetapi, apa sebenarnya arti kata tersebut dan bagaimana penggunaannya dalam percakapan sehari-hari? Berikut ini kami akan membahas secara detail mengenai arti “cancelled” dan bagaimana cara menggunakannya.

1. Definisi “Cancelled”

Dalam bahasa gaul, “cancelled” merupakan bentuk kata kerja dari kata “cancel” yang berarti membatalkan atau menyudahi acara, kegiatan atau rencana tertentu. Biasanya, kata ini digunakan dalam konteks penghapusan atau pembatalan sesuatu.

2. Penggunaan “Cancelled”

Kata “cancelled” sering digunakan untuk menyatakan sebuah keputusan yang diambil secara tegas. Misalnya, “gathering dengan teman-teman dibatalkan karena ada keperluan mendadak”. Selain itu, kata ini juga digunakan sebagai bentuk peringatan atau pengumuman pembatalan suatu acara atau kegiatan tertentu.

3. Perbedaan “Cancelled” dengan “Canceled”

Kamu mungkin melihat perbedaan ejaan pada kata “cancelled” dengan “canceled”. Sebenarnya, dua kata ini memiliki arti yang sama, hanya saja perbedaannya terletak pada penggunaan ejaan dan tempat penuturannya. Ejaan “cancelled” lebih umum digunakan di Inggris dan Australia, sedangkan “canceled” lebih sering digunakan di Amerika.

4. Contoh Kalimat Penggunaan “Cancelled”

Beberapa contoh kalimat yang mengandung kata “cancelled” dalam bahasa gaul dapat dilihat di bawah ini:

– “Bener-bener kecewa nih gathering kita dibatalkan”.
– “Acara musik yang seharusnya digelar hari ini dibatalkan karena izin belum keluar”.
– “Liburan yang direncanakan sejak lama terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19”.

5. Alasan Penggunaan “Cancelled”

Penggunaan kata “cancelled” dalam bahasa gaul seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk menyampaikan pesan pembatalan atau penghapusan sesuatu dengan lugas dan efektif. Bahasa gaul yang aktual dan dinamis memudahkan seseorang dalam berkomunikasi secara langsung dan mudah dipahami.

6. Keterkaitan dengan Aktivitas Sosial

Dalam kehidupan sehari-hari, “cancelled” dapat juga digunakan terkait dengan aktivitas sosial. Misalnya, “bertemu teman-teman dibatalkan karena ada tugas kuliah yang harus dikerjakan”, atau “gathering keluarga besar terpaksa dibatalkan karena salah satu anggota keluarga sedang sakit”.

7. Trending di Media Sosial

Penggunaan kata “cancelled” sangat populer di media sosial, terutama di kalangan muda. Banyak meme dan candaan yang menggunakan kata ini sebagai bahan untuk membahas situasi atau peristiwa tertentu. Karena itu, penting untuk memahami arti dan penggunaan “cancelled” agar tidak salah pengertian saat berkomunikasi di media sosial.

8. Efek Jangka Panjang

Penggunaan bahasa gaul, termasuk “cancelled”, memang cenderung mengikuti tren dan kekinian. Namun, perlu diingat bahwa kata-kata yang populer di masa kini mungkin tidak lagi populer di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk terus mempelajari perkembangan bahasa gaul agar tetap terhubung dengan lingkungan sekitar dan tidak ketinggalan zaman.

9. Menghindari Kesalahpahaman

Meskipun penggunaan “cancelled” terlihat simpel, sebaiknya tetap hati-hati saat menggunakannya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dalam percakapan. Ada baiknya menjelaskan secara rinci alasan atau situasi yang menjadi penyebab pembatalan atau penghapusan tertentu agar tidak menimbulkan persepsi yang salah.

10. Kesimpulan

Secara singkat, “cancelled” dalam bahasa gaul berarti pembatalan atau penghapusan suatu acara, kegiatan atau rencana tertentu. Penggunaan kata ini sering ditemukan di media sosial atau percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk memahami arti dan penggunaannya agar tidak salah pengertian atau menimbulkan kesalahpahaman dalam komunikasi.

Arti Cancelled dalam Bahasa Gaul Adalah

Cancel atau cancelled adalah istilah dalam Bahasa Inggris yang artinya adalah membatalkan. Namun, di era digital seperti sekarang, istilah cancel atau cancelled sering digunakan dalam percakapan para remaja dan juga di media sosial. Istilah ini juga sudah populer di Indonesia dan digunakan dalam Bahasa Gaul.

Lalu, apa arti cancel atau cancelled dalam Bahasa Gaul? Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang arti cancelled dalam Bahasa Gaul:

1. Membatalkan Rencana
Cancelled dalam Bahasa Gaul dapat diartikan sebagai membatalkan rencana. Misalnya, kamu sudah membuat rencana untuk nonton film bersama teman-teman, namun salah satu dari temanmu bertindak cancel. Istilah ini menandakan bahwa rencana tersebut dibatalkan.

2. Memutuskan Hubungan
Cancelled juga dapat berarti memutuskan hubungan dengan seseorang. Istilah ini sering digunakan di media sosial untuk mengungkapkan kekecewaan atas perilaku seseorang dan akhirnya memutuskan untuk berhenti berteman atau berhubungan dengan orang tersebut.

3. Menahan Diri untuk Membeli
Selain itu, cancelled dalam Bahasa Gaul juga memiliki arti menahan diri untuk membeli barang yang diincar. Istilah ini umumnya digunakan ketika seseorang dalam keadaan tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli barang tersebut, sehingga memutuskan untuk membatalkan pembelian.

4. Menunjukkan Ketidaksetujuan
Istilah cancelled dalam Bahasa Gaul juga digunakan untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap sesuatu. Contohnya, seseorang bisa menggunakan kata cancelled di akhir caption Instagramnya ketika ia menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sebuah acara atau tindakan tertentu.

5. Membatalkan Kontrak
Selain itu, cancelled di dalam Bahasa Gaul juga dapat berarti membatalkan kontrak. Istilah ini umumnya digunakan oleh selebriti atau musisi yang membatalkan konser atau acara mereka di suatu tempat.

6. Menghapus Informasi
Cancelled juga digunakan dalam Bahasa Gaul untuk menghapus informasi pada sosial media atau media lainnya. Misalnya, jika seseorang ingin menghilangkan jejak tentang hubungannya dengan suatu brand atau institusi tertentu, maka ia akan mengumumkan secara spesifik bahwa hubungan tersebut telah dibatalkan.

7. Menandakan Tidak Ada Komunikasi
Selain itu, cancelled bisa berarti tidak ada komunikasi lebih lanjut antara dua pihak. Contohnya, ketika seseorang tidak merespon pesan atau telepon dari seseorang yang lain, maka orang tersebut dapat dikatakan melakukan cancel.

8. Menandakan Tidak Ada Kerja Sama Lanjutan
Bagi para pebisnis, istilah cancelled dapat menunjukkan bahwa suatu proyek atau kerja sama tidak akan dilanjutkan. Misalnya, saat para pengusaha dan investor mengadakan pertemuan dan pada akhirnya memutuskan untuk tidak bekerja sama, maka pertemuan tersebut bisa dikatakan cancelled.

9. Menunjukkan Tidak Adanya Interaksi
Dalam hubungan sosial, istilah cancelled juga bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa kedua belah pihak tidak lagi berinteraksi. Contohnya, seseorang dapat menggunakan istilah tersebut untuk menyatakan bahwa dia dan mantan pacarnya tidak lagi berbicara atau bertemu.

10. Menunjukkan Tidak Ada Kepercayaan
Arti cancelled dalam Bahasa Gaul juga sering digunakan untuk menunjukkan kehilangan kepercayaan terhadap seseorang. Misalnya, seorang influencer dapat menggunakan istilah tersebut ketika ia kecewa karena salah satu merek yang diendorse-nya telah melakukan pelanggaran etika.

Arti Cancelled dalam Bahasa Gaul Adalah Pembatalan Sesuatu yang Sudah Direncanakan

Di dalam bahasa gaul, cancelled atau cancel merupakan kata yang sering digunakan untuk menyatakan pembatalan sebuah acara atau rencana yang sudah direncanakan sebelumnya. Istilah ini biasanya digunakan oleh anak muda yang suka memakai bahasa gaul dalam percakapan sehari-harinya.

Selain itu, kata cancelled juga bisa digunakan untuk menyatakan bahwa sebuah hubungan atau persahabatan dianggap tidak lagi berjalan baik, dan diakhiri secara sepihak. Istilah ini umumnya digunakan dalam konteks percintaan.

Contoh Kalimat Cancelled dalam Bahasa Gaul

Untuk lebih memahami penggunaan kata cancelled dalam bahasa gaul, berikut ini beberapa contoh kalimat yang bisa Anda gunakan:

Kalimat Artinya
Akhirnya, konser itu cancelled. Akhirnya, konser itu dibatalkan.
Hubungan mereka sudah cancelled. Hubungan mereka sudah berakhir.
Aku batal ikut ke pesta itu, jadi aku cancel ke kamu ya. Aku batal ikut ke pesta itu, jadi aku membatalkannya ke kamu ya.

Asal Usul dari Kata Cancelled

Kata cancelled berasal dari kata cancel yang pada awalnya berasal dari bahasa Latin yaitu cancellare. Pada saat itu, kata ini berarti sampul buku kecil atau lembaran kosong, yang digunakan untuk menghapus tulisan pada buku besar atau halaman yang rusak. Seperti halnya penghapus pensil, fungsi dari cancel pada masa itu adalah untuk menghapus atau membatalakan sesuatu.

Setelah banyak perubahan dan adaptasi, akhirnya kata cancel dan cancelled pun menjadi populer di kalangan anak muda Indonesia yang suka menggunakan bahasa gaul dalam percakapan sehari-harinya.

Dampak Terlalu Sering Menggunakan Bahasa Gaul

Seperti yang sudah diketahui, penggunaan bahasa gaul sangat populer di kalangan anak muda Indonesia. Tak hanya kata cancelled, ada banyak kata lain yang sering digunakan dalam bahasa gaul seperti baper, woles, joged dan sebagainya. Namun, terlalu sering menggunakan bahasa gaul bisa mempengaruhi kemampuan bahasa kita secara keseluruhan. Kita bisa kehilangan kemampuan menggunakan bahasa formal atau bahasa resmi yang diperlukan dalam situasi tertentu seperti saat wawancara kerja atau presentasi di depan publik.

Karenanya, tetap menggunakan bahasa yang baku dan formal saat berbicara di lingkungan formal seperti di kantor atau saat rapat. Namun, jika Anda ingin menggunakan bahasa gaul saat berbicara dengan teman sebaya, pastikan bahwa orang yang diajak berbicara juga bisa memahami dan menerima penggunaan bahasa gaul tersebut.

Maaf, kami tidak dapat menemukan slug yang sesuai pada daftar JSON yang diberikan. Mohon diberikan daftar yang sesuai untuk dapat memenuhi permintaan Anda.

Terima Kasih Sudah Membaca!

Nah, begitulah pengertian dari “arti cancelled dalam bahasa gaul adalah”. Sekarang kamu udah nggak kebingungan lagi kan kalau lihat kata “cancelled” di sosial media? Jangan lupa untuk selalu berkunjung kembali ke situs ini untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang keren-keren. Sekian dan terima kasih!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *