Antonim dari Kata Prominen

Tahukah kamu, bahwa setiap kata dalam bahasa Indonesia memiliki antonim atau lawan kata? Salah satu contohnya adalah kata prominen. Jika kamu sering mendengar atau membaca kata ini, mungkin kamu juga ingin tahu apa sih antonim dari kata prominen? Tenang saja, kamu tidak perlu bingung lagi. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai antonim dari kata prominen agar kamu bisa menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat dan benar. Yuk, simak artikel berikut!

Antonim dari Kata Prominen Adalah

Prominen adalah sebuah kata sifat yang sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang terlihat menonjol atau menonjolkan diri. Namun, setiap kata pasti memiliki dua sisi, termasuk prominen. Jika kita berbicara tentang antonim atau lawan dari kata prominen, maka kita harus melihat kata-kata yang memiliki arti sebaliknya. Berikut adalah beberapa antonim dari kata prominen yang sering digunakan:

Biasa

Biasa adalah antonim atau lawan dari kata prominen yang mengacu pada sesuatu yang umum atau tidak mencolok. Jika sesuatu biasa, maka tidak akan menarik banyak perhatian orang. Biasa ini adalah sesuatu yang sederhana, tidak memiliki nilai atau keistimewaan apa-apa. Bisa dikatakan biasa ini adalah kebalikan dari prominen, yang menunjukkan sesuatu yang menonjol.

Tak Terlihat

Tak terlihat juga bisa menjadi antonim kata prominen. Jika sesuatu tak terlihat, maka kemungkinan besar itu tidak menonjol atau menarik perhatian banyak orang. Tak terlihat ini bisa berarti sesuatu yang disembunyikan atau tidak diumumkan secara terbuka, tetapi juga bisa berarti sesuatu yang memang tidak terlihat oleh banyak orang.

Samaran

Samaran bisa menjadi lawan dari kata prominen karena itu memiliki arti yang hampir sama dengan tak terlihat. Namun, samaran lebih pada sesuatu yang disembunyikan dengan sengaja atau tidak jelas. Misalnya, jika seseorang menggunakan nama samaran, maka orang lain tidak akan tahu siapa itu sebenarnya.

Rendah Profil

Rendah profil juga bisa menjadi antonim dari kata prominen. Jika seseorang atau sesuatu yang rendah profil, maka ia tidak akan menonjol atau mencolok. Lebih sering daripada tidak, orang yang rendah profil cenderung berusaha untuk tidak menarik perhatian orang lain.

Diam

Diam bisa menjadi antonim dari kata prominen karena memang prominen cenderung menunjukkan sesuatu yang terlihat atau terdengar. Jika seseorang diam, maka kemungkinan besar ia tidak menonjol atau mencolok. Diam ini bisa juga berarti tidak memberikan respons atau komentar apa pun.

Sederhana

Sederhana adalah antonim dari kata prominen yang mencerminkan sesuatu yang tidak berlebihan atau rumit. Sederhana ini cenderung tidak menarik perhatian banyak orang karena terkesan biasa saja. Namun, sederhana juga bisa memiliki nilai yang kuat dalam keadaan tertentu.

Tidak Populer

Tidak populer bisa menjadi antonim dari kata prominen karena prominen cenderung menjadi populer atau terkenal. Jika sesuatu tidak populer, maka akan sulit bagi orang lain untuk mengenalinya. Tidak populer ini bisa juga berarti sesuatu yang tidak banyak diminati oleh orang banyak.

Biasa-Biasa Saja

Biasa-biasa saja adalah antonim kata prominen yang terkait erat dengan kata biasa. Jika sesuatu biasa-biasa saja, maka tidak akan menarik perhatian banyak orang, sama seperti halnya yang biasa.

Tersembunyi

Tersembunyi adalah antonim kata prominen yang bisa digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang disembunyikan atau tidak ada yang mengetahuinya. Tersembunyi ini bisa berarti sesuatu yang disimpan, tidak terlihat, atau tidak diumumkan secara terbuka.

Tidak Menonjol

Tidak menonjol bisa menjadi antonim dari kata prominen, karena jika suatu hal tidak menonjol, maka kemungkinan besar tidak akan terlihat atau terdengar. Tidak menonjol ini bisa juga berarti tidak menunjukkan diri secara terbuka atau tidak mencolok.

Dalam kesimpulannya, antonim dari kata prominen memiliki arti yang berbeda-beda tergantung konteks dan situasi penggunaannya. Namun, setiap kata pasti memiliki dua sisi dan bisa dipilih untuk menjelaskan sesuatu dari sisi yang berbeda.

10 Antonim Kata “Prominen”

Setiap kata dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang berbeda-beda, bahkan ada yang memiliki arti yang sangat bertolak belakang atau bertentangan. Antonim adalah kata yang memiliki arti yang bertolak belakang dengan kata lainnya. Salah satu kata yang sering digunakan adalah “prominen”. Nah, apa saja antonim untuk kata ini? Berikut adalah 10 Antonim kata “Prominen”.

1. Tak Terlihat

Antonim pertama dari kata “prominen” adalah tak terlihat. Dalam mengacu pada sifat atau karakteristik suatu objek, tak terlihat berarti tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Objek yang tidak terlihat dapat diartikan bahwa objek tersebut tidak memiliki daya tarik atau perhatian yang signifikan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Walaupun keberadaannya tidak terlihat, tetapi tanaman tersebut sangat berguna.”

2. Tidak Menonjol

Antonim lain dari kata “prominen” adalah tidak menonjol. Artinya, objek yang tidak menonjol cenderung tersembunyi atau terlihat samar-samar. Tak seperti objek yang “prominen”, objek ini tidak memikat mata untuk menarik perhatian.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Warna baju yang tidak menonjol membuat seseorang terlihat rendah hati.”

3. Kurang Terkenal

Antonim dari kata “prominen” selanjutnya adalah kurang terkenal. Ini dibandingkan dengan objek yang “prominen” yang umumnya sangat dikenal dan sering menjadi sorotan.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Puisi yang ditulisnya kurang terkenal dibandingkan dengan puisi-puisi karya penyair lainnya.”

4. Biasa

Biasa adalah antonim lain dari kata “prominen”. Kata ini digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu tidak khusus atau menonjol.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Sepatu ini sangat biasa tidak seperti sepatu yang sedang tren saat ini.”

5. Tidak Istimewa

Antonim kata “prominen” lainnya adalah tidak istimewa. Artinya, objek atau karakteristik sesuatu yang tidak khusus atau spesial yang cenderung tidak menarik perhatian.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Makanan ini tidak istimewa, tetapi cukup enak untuk dinikmati.”

6. Tidak Terpaut

Antonim lain dari kata “prominen” adalah tidak terpaut. Ini berarti bahwa sesuatu atau seseorang tidak terikat atau terhubung dengan hal lain dan tidak menonjolkan diri di antara orang lain atau objek.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Dia biasanya tidak terpaut atau terpengaruh oleh opini orang lain.”

7. Tidak Menarik

Antonim dari kata “prominen” lainnya adalah tidak menarik. Kata ini digunakan untuk menggambarkan objek atau hal yang kurang memikat atau menarik perhatian.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Warna biru tua ini kurang menarik untuk dijadikan pakaian pada acara pesta.”

8. Tidak Signifikan

Antonim kata “prominen” berikutnya adalah tidak signifikan. Ini berarti bahwa sesuatu atau seseorang kurang penting atau kurang berarti.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Pekerjaan ini hanya sebatas pekerjaan sampingan sehingga tidak terlalu signifikan.”

9. Tidak Luar Biasa

Antonim lain dari kata “prominen” adalah tidak luar biasa. Ini berarti sesuatu yang tidak mencolok atau tidak istimewa.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Prestasi yang hanya sedikit kemajuan tidak terlalu luar biasa dibandingkan dengan yang meraih prestasi yang lebih tinggi.”

10. Terlupakan

Antonim terakhir dari kata “prominen” adalah terlupakan. Ini artinya objek atau hal yang tidak pernah teringat atau menjadi sorotan perhatian.

Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “Penghargaan yang pernah diraihnya cenderung terlupakan karena dirinya tidak lagi berprestasi.”

Tentang Antonim dari Kata Prominen

Antonim adalah kata yang memiliki arti berlawanan dengan kata tertentu. Begitu pula dengan kata “prominen”. Ada beberapa antonim dari kata “prominen” yang bisa dijadikan referensi dalam penulisan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Anonim

Antonim dari kata “prominen” yang pertama adalah “anonim”. Anonim adalah kata yang berarti tidak dikenal atau tidak terkenal. Ketika seseorang dilabeli dengan kata anonim, itu artinya orang tersebut tidak memiliki popularitas atau ketenaran di masyarakat.

Contohnya, seorang penulis buku yang anonim tidak akan menjadi topik pembicaraan masyarakat dan jarang disebutkan dalam media massa. Sedangkan, seorang penulis buku yang prominen akan menjadi lebih mudah dikenali oleh masyarakat dan akan menjadi sasaran liputan oleh media massa.

2. Tidak menonjol

Antonim kata “prominen” selanjutnya adalah “tidak menonjol”. Artinya adalah sesuatu atau seseorang yang tidak mencolok atau tidak menonjol di tengah keramaian. Terkadang, kata ini juga diartikan sebagai tidak terlihat.

Contohnya, seorang pemusik yang tidak menonjol tidak akan mendapatkan perhatian dalam konser. Akan tetapi, jika seorang pemusik yang prominen tampil dalam konser, maka ia akan menarik perhatian penonton dan disorot oleh media massa.

3. Biasa

Kata “biasa” juga merupakan antonim dari kata “prominen”. Biasa berarti tidak istimewa atau tidak mengesankan. Kata ini sering kali digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang tidak memiliki keistimewaan atau karakteristik yang unik.

Contohnya, jika seorang pegawai yang biasa bekerja di kantor, ia tidak akan menjadi topik pembicaraan di kalangan teman-temannya. Tapi jika ada satu pegawai yang prominen, maka ia bisa menjadi inspirasi bagi teman-temannya.

4. Terpencil

Antonim kata “prominen” selanjutnya adalah “terpencil”. Terpencil berarti berada di tempat yang jauh dari pusat keramaian atau kegiatan manusia. Sesuatu atau seseorang yang terpencil tidak mudah dijangkau atau ditemukan.

Contohnya, jika sebuah toko berada jauh dari lokasi yang ramai, maka toko tersebut tidak akan mudah ditemukan oleh pembeli. Namun, jika toko tersebut prominen dan dikenal oleh masyarakat, maka toko tersebut akan mudah dicari dan diakses.

5. Tidak terkenal

Tak kalah pentingnya, antonim dari kata “prominen” yang terakhir adalah “tidak terkenal”. Kedua kata ini menjadi lawan karena saling melengkapi satu sama lain. Tidak terkenal berarti tidak dikenal dalam skala besar atau tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari masyarakat.

Contohnya, seorang pelukis yang tidak terkenal hanya akan meraih keuntungan yang kecil dari penjualan lukisannya. Namun, jika pelukis tersebut prominen dan dikenal secara luas oleh masyarakat, maka ia akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Prominen Anonim Tidak Menonjol Biasa Terpencil Tidak Terkenal
Dikenal luas Tidak dikenal Tidak mencolok Tidak istimewa Jauh dari keramaian Tidak cukup dikenal
Mendapatkan perhatian Tidak menarik perhatian Tidak terlihat Tidak memiliki ciri khas Sulit ditemukan Tidak mendapatkan perhatian yang cukup

Itulah beberapa antonim dari kata “prominen”. Dalam penulisan, pemilihan kata yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap makna kalimat dan tujuan penulisan. Oleh karena itu, pemilihan antonim yang tepat juga akan memperkaya dan mempercantik bahasa yang digunakan.

Sayangnya, tidak ditemukan list url yang sesuai dengan permintaan Anda. Mohon diperiksa kembali.

Makna Kata Prominen dan Antonimnya

Nah, itulah tadi pengertian dan beberapa contoh antonim dari kata “prominen” yang mungkin bisa menambah pengetahuan bahasa Anda. Semoga membantu! Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk selalu mengunjungi kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *