Pilihan Kata yang Berlawanan dari Bongsor

Kamu pasti pernah mendengar kata “bongsor”, bukan? Kata ini sering digunakan untuk menyebut benda atau orang yang besar ukurannya. Tapi, tahukah kamu apa artinya jika ditanya tentang antonim dari kata “bongsor”? Antonim adalah kata-kata yang memiliki makna berlawanan. Oleh karena itu, bongsor memiliki antonim yang juga memiliki makna berlawanan dengannya. Yuk, mari kita cari tahu antonim dari kata “bongsor” dalam bahasa Indonesia yang santai.

Penjelasan Singkat Antonim dan Bongsor

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu antonim dari kata bongsor, mari kita mulai dengan memahami definisi antonim dan bongsor lebih dahulu.

Antonim adalah pasangan kata yang memiliki arti berlawanan atau kebalikan dari kata yang lainnya. Penggunaan antonim biasanya digunakan dalam bahasa Indonesia untuk memberikan variasi dan variasi dalam kosakata. Misalnya, “gelap” adalah antonim dari “terang”, “besar” adalah antonim dari “kecil”, dan sebagainya.

Sementara itu, kata “bongsor” sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu atau seseorang yang besar atau gemuk. Bongsor bisa berarti seseorang yang memiliki berat badan berlebihan, benda yang memiliki ukuran yang besar, atau bahkan hal-hal yang berlebihan dalam jumlah.

Sekarang, mari kita lihat apa antonim dari kata bongsor.

Antonim dari Kata Bongsor

1. Kurus

Antonim dari bongsor yang paling umum adalah kurus. Kurus berarti mempunayi berat badan atau ukuran yang lebih kecil dari bongsor. Kata ini digunakan untuk menjelaskan seseorang yang memiliki tubuh yang tipis atau kurus.

2. Kecil

Antonim dari kata bongsor juga bisa menjadi kecil. Ini merujuk pada ukuran yang lebih kecil atau kecil dalam jumlah. Misalnya, “buku ini kecil” adalah antonim dari “buku ini bongsor”.

3. Ramping

Ramping adalah antonim dari bongsor yang digunakan untuk menggambarkan bentuk tubuh seseorang yang lebih ramping atau lebih elegan.

4. Kering

Kering mengacu pada benda atau tubuh yang kurus atau lebih ramping dari yang diharapkan. Ini bisa menjadi antonim bagi kata bongsor, terutama dalam konteks makanan atau minuman. Misalnya, “roti yang bongsor” bisa berarti melihat roti yang kelebihan air atau bahan.

5. Kecil

Ada banyak cara untuk menggambarkan sesuatu yang kecil. Ini termasuk antonim dari kata bongsor. Menggambarkan sesuatu sebagai kecil bisa berarti lebih kecil dalam ukuran atau jumlah.

6. Kikuk

Kikuk adalah antonim dari bongsor yang belum tentu bermakna langsing. Ini bisa berarti seseorang yang memiliki postur tubuh yang tidak seimbang atau sulit bagi dia untuk bergerak dengan mudah.

7. Anggun

Anggun adalah antonim dari bongsor yang menggambarkan keindahan seseorang. Ini adalah kata yang sering digunakan untuk menggambarkan wanita yang memiliki penampilan atau perilaku yang selaras.

8. Kurang

Mengisyaratkan sesuatu sebagai kurang adalah antonim dari bongsor. Ini bisa berarti kurang dalam ukuran atau kurang dalam jumlah.

9. Jarang

Antonim dari bongsor yang mungkin kurang terduga adalah jarang. Mengatakan sesuatu jarang bisa berarti bahwa itu atau mereka tidak sering muncul atau tidak dalam jumlah yang signifikan.

10. Sedikit

Sedikit bisa menjadi antonim dari bongsor. Ini merujuk pada jumlahnya yang lebih sedikit daripada yang dianggap normal atau mungkin dibutuhkan.

Kesimpulan

Antonim dari kata bongsor sebenarnya cukup beragam, tergantung pada konteks dalam kalimat dan situasi tertentu. Ada beberapa kata yang mungkin terdengar agak ladang di Indonesia, tetapi dengan menggali lebih dalam, kita bisa menemukan banyak variasi kata-kata yang lebih sesuai dan umum digunakan. Semoga artikel ini membantu untuk meningkatkan kosakata Bahasa Indonesia kamu!

.

1. Pengertian Antonim

Sebelum membahas mengenai antonim dari kata “bongsor”, alangkah baiknya kita memahami pengertian dari antonim terlebih dahulu. Antonim adalah pasangan kata yang memiliki makna berbeda tetapi memiliki arti lawan atau berlawanan arah. Contoh antonim yang paling umum adalah “besar” dan “kecil”, “panjang” dan “pendek”, dan “tinggi” serta “rendah”.

2. Definisi Kata Bongsor

Sebelum membahas antonim dari kata “bongsor”, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu definisi dari kata “bongsor” itu sendiri. Kata “bongsor” biasanya digunakan untuk menggambarkan hal atau benda yang besar, besar-besar, atau membesar-besarkan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu besar.

3. Antonim dari Kata Bongsor adalah Kecil

Antonim dari kata “bongsor” yang paling umum adalah “kecil”. Kata “kecil” berarti tidak besar atau ukuran yang lebih kecil dari ukuran standar. Jadi ketika kita mengatakan sesuatu yang bongsor, maka maknanya adalah sesuatu yang besar, dan kebalikannya jika kita menggunakan kata kecil.

4. Antonim dari Kata Bongsor adalah Ringan

Selain “kecil”, kata lain yang dapat digunakan sebagai antonim dari kata “bongsor” adalah “ringan”. Kata “ringan” memiliki makna tidak berat atau mudah dibawa, dan kebalikan dari kata ringan adalah “berat”.

5. Antonim dari Kata Bongsor adalah Kecil dan Ramping

Selain “kecil” dan “ringan”, ada lagi dua kata yang menjadi antonim dari “bongsor” dan sering digunakan yaitu “kecil” dan “ramping”. Kata “ramping” mengacu pada sesuatu yang ramping, kurus atau tidak terlalu besar dan menggambarkan hal atau benda yang tidak bongsor.

6. Antonim dari Kata Bongsor adalah Sederhana

Kata “sederhana” juga dapat digunakan sebagai antonim dari kata “bongsor”. Meski tidak terlalu umum digunakan, kata “sederhana” digunakan ketika menggambarkan hal atau benda yang tidak terlalu berlebihan atau berlebihan.

7. Antonim dari Kata Bongsor adalah Kecil dan Pendek

Kombinasi antonim dari kata “kecil” dan “pendek” juga dapat digunakan sebagai lawan kata dari “bongsor”. Meski cenderung memiliki makna yang agak berbeda, kombinasi ini masih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

8. Antonim dari Kata Bongsor adalah Tipis

Selain “kecil”, “ringan”, “ramping”, “sederhana”, “kecil dan pendek”, kata “tipis” juga dapat digunakan sebagai antonim dari kata “bongsor”. Kata “tipis” memiliki makna berlawanan dengan tebal atau memiliki ketebalan yang cukup kecil.

9. Antonim dari Kata Bongsor adalah Pendek

Kata “pendek” juga bisa digunakan sebagai lawan katanya bongsor. Kata “pendek” menggambarkan hal atau benda yang tidak panjang atau memiliki ukuran yang lebih pendek dari ukuran standar.

10. Kesimpulan

Meninjau dari semua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa antonim dari kata “bongsor” dapat diganti dengan kata “kecil”, “ringan”, “ramping”, “sederhana”, “kecil dan pendek”, “tipis”, hingga “pendek”. Antonim adalah sebuah pasangan kata yang sangat penting untuk membantu kita mengenal dan memahami makna sebuah kata dengan cara melihat lawannya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami kata “bongsor” dengan lebih mendalam.

Antonim Kata Bongsor dalam Bahasa Indonesia

Untuk memahami betul tentang kata bongsor, maka kita juga harus mengerti mengenai antonim kata tersebut. Antonim adalah kata-kata yang memiliki makna kebalikan dengan kata yang dimaksud. Berikut adalah antonim kata bongsor dalam bahasa Indonesia:

Kurus

Kurus adalah kata antonim bongsor yang memiliki arti tidak gemuk, ramping, atau kurang berisi. Kata ini dapat digunakan ketika ingin menyebutkan seseorang yang memiliki tubuh kurus atau apapun yang berhubungan dengan bentuk fisik yang lebih ramping dan kurus.

Contoh penggunaan dalam kalimat: “Ani mempunyai badan yang kurus, berbeda dengan saudaranya yang bongsor”

Kecil

Kecil adalah sinonim dari kata ‘tidak besar’, sehingga kata kecil adalah antonim dari kata bongsor. Kata kecil digunakan untuk menyatakan objek yang bernilai atau ukurannya lebih kecil dari biasanya.

Contoh penggunaan dalam kalimat: “Kucing peliharaanku sekarang terlihat kecil setelah dibandingkan dengan kucing yang baru saja dilahirkan”

Tipis

Tipis adalah kata antonim bongsor yang berarti halus, sulit dirasakan atau terlihat yang lebih kurang dibandingkan dengan kata ‘tebal’. Kata ini sering digunakan untuk menyatakan suatu benda atau hal yang tidak memiliki ketebalan atau kepadatan yang besar.

Contoh penggunaan dalam kalimat: “Jaketku tipis sehingga aku kedinginan saat malam hari yang dingin”

Sedikit

Sedikit adalah sinonim dari kata ‘hanya sedikit’, atau ‘jumlah yang minimal’. kata sedikit juga bisa dijadikan sebagai antonim kata bongsor ketika dihubungkan untuk sebuah hal yang memiliki jumlah yang lebih sedikit.

Contoh penggunaan dalam kalimat: “Dia hanya mampu makan sedikit saja, tidak seperti temannya yang bisa makan sampai bongsor”

Singset

Singset berarti tidak terlalu banyak, sempit atau memiliki lekukan kecil. Kata ini juga bisa diartikan sebagai sinonim kata ramping. Kata singset sering digunakan pada objek atau orang yang memiliki bagian-bagian pada tampakannya yang kecil dan wajar.

Contoh penggunaan dalam kalimat: “Pabrik itu adalah pabrik yang singset sehingga hanya bisa memproduksi barang secukupnya saja”

Tabel berikut akan menunjukkan perbedaan antonim kata bongsor dengan beberapa kata yang berlawanan:

Antonim Kata Bongsor Sinonim
Bongsor Besar
Sedikit Banyak
Tipis Tebal
Singset Gemuk
Kurus Berisi

Inilah beberapa antonim kata bongsor dalam bahasa Indonesia. Dengan memahami antonim dari kata bongsor, kita bisa menjelaskan dengan lebih jelas dan akurat mengenai konsep yang ingin disampaikan dan menggunakan kata-kata tertentu untuk tujuan yang diperlukan.

I’m sorry, but there is no given list in your instruction. Please provide a list of relevant links for me to work on.

Terima kasih dan Sampai Jumpa Lagi!

Nah, itu dia beberapa antonim dari kata bongsor yang mungkin bisa kamu gunakan untuk melengkapi kosa kata kamu. Tentunya masih ada banyak sekali antonim kata bongsor lainnya yang belum kami sebutkan. Namun, semoga artikel ini dapat membantumu dalam mempelajari bahasa Indonesia. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk mampir kembali ya! Siapa tahu ada artikel menarik lainnya yang akan membantumu. Sampai jumpa lagi!

Bahasa Inggris di Sekolah Dasar: Haruskah Diterapkan?

Hai, adik-adik semua! Kali ini kita mau bahas tentang Bahasa Inggrisnya SD atau Sekolah Dasar. Tentunya, bagi sebagian teman-teman yang masih di bangku SD,...
Ar Rayan Alif
4 min read

Menghitung 1 Juta Nolnya Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, “1 juta nolnya berapa sih?” Ternyata, jawabannya tidak sebentar-sebentar ya! Apalagi jika kita harus menuliskannya dalam bentuk angka, pasti akan...
Ar Rayan Alif
4 min read

1 Krat Sama Dengan Berapa Botol?

Halo teman-teman! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para pecinta kopi yaitu, “1 krat berapa botol?”....
Ar Rayan Alif
5 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *