Kuliner

7 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Lagi Hits

Kuliner Khas Jogja yang Wajib Dicoba


Wisata Kuliner Jogja

Jogja, the cultural hub of Indonesia, is famous for its vibrant art and music scene. But its food culture is equally exciting and diverse. The city offers a plethora of delicious, mouth-watering dishes that are unique, flavorful, and rich in history. Here are some of the must-try traditional culinary delights of Jogja:

Gudeg


Gudeg

Gudeg is the most famous dish of Jogja, which has become an icon of the city’s culinary culture. It is a sweet and savory stew made from unripe jackfruit, slow-cooked in coconut milk, palm sugar, and a variety of spices, typically served with rice, chicken, boiled eggs, and krecek (crispy fried beef skin). Gudeg originated from the traditional Javanese cuisine and has been around since the 16th century, often regarded as a dish for royals and elites.

If you want to try the best gudeg in town, look no further than Bu Tjitro Restaurant. This restaurant has been in business since the 1920s and is famous for its authentic gudeg recipe, which has been passed down from generation to generation.

Bakmi Jawa


Bakmi Jawa

Bakmi Jawa is a traditional noodle dish originating from Central Java, but Jogja has developed its version with its unique flavor profile. The noodles are made from egg and wheat flour, typically served with shredded chicken, soy sauce, sweet soy sauce, and garnished with crunchy bawang goreng (fried shallots) and greens. Bakmi Jawa is comforting and filling, perfect for a quick lunch or dinner.

To try the best Bakmi Jawa, look for Bakmi Pak Pele in the middle of Jogja city. This legendary spot offers a generous portion of Bakmi Jawa that will satisfy your appetite. Be sure to come early as the queue can get long, especially during peak hours.

Sate Klathak


Sate Klathak

Sate Klathak is a unique twist on the traditional Indonesian satay. It is made from small pieces of meat (usually chicken or goat) that are marinated in a secret sauce and grilled over a small charcoal pit until they turn charred and smoky. What makes Sate Klathak stands out is the smoky flavor and the way it’s served on a small bamboo mat. It’s a perfect snack for when you’re strolling around Jogja’s tourist spots.

To taste Sate Klathak, head to Gerobak Sate Klathak Pak Pong. This humble stall is located in the southern part of Jogja. Don’t be misled by the simple appearance of the stall, as they serve some of the best sate klathak in the city.

Es Gempol Pleret


Es Gempol Pleret

Jogja’s tropical weather can be unforgiving sometimes, and that’s where Es Gempol Pleret comes to the rescue. It is a cold and refreshing dessert made from shaved ice, fermented black glutinous rice, coconut milk, and palm sugar syrup, completes with toppings like jackfruit, avocado, and bread cubes. Es Gempol Pleret is the perfect dessert to cool you down on a hot day.

To taste the best Es Gempol Pleret, head to Warung Es Gempol Pleret Rindhu Kencono in Mergangsan area. Their version of the Es Gempol Pleret has a distinctive texture and flavor that will make your taste buds dance.

Jogja is a foodie paradise that you cannot miss out on. From sweet to savory, traditional to modern, there is always something for everyone. Don’t wait any longer, book a flight, and embark on a culinary adventure in Jogja today!

Wisata Kuliner di Jogja dengan Konsep Unik


Angkringan Jogja

Jogja memang sebuah kota yang dikenal dengan kuliner lezat dan beragam. Namun, tidak semua tempat kuliner di Jogja memiliki konsep yang unik. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba wisata kuliner di Jogja dengan konsep unik, berikut adalah beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi:

1. Angkringan Malioboro


Angkringan Malioboro

Angkringan tentu bukanlah tempat baru di Jogja. Namun, Angkringan Malioboro memiliki konsep yang unik karena letaknya yang berada di bawah jembatan. Selain itu, angkringan ini juga menawarkan menu yang beragam dan harga yang terjangkau. Kalian bisa mencoba menu favorit seperti nasi kucing dan wedang bajigur di sini.

2. Jejamuran


Jejamuran Jogja

Bagi pecinta jamur, Jejamuran adalah tempat yang wajib dikunjungi. Konsep restoran yang berbentuk rumah pohon dan dikelilingi oleh kebun jamur tentu menjadi daya tarik tersendiri. Restoran ini menawarkan menu berbahan dasar jamur yang diolah dengan bumbu khas Jogja. Salah satu menu favorit di sini adalah sup jamur.

3. Warung Omah Bu Ageng


Warung Omah Bu Ageng

Warung Omah Bu Ageng menawarkan konsep makanan khas Jawa yang disajikan dengan cara bebas. Kalian bisa menyendok sendiri makanan yang kalian inginkan. Letaknya yang berada di pinggir sawah membuat suasana di sini sangat tenang dan asri. Warung ini terkenal dengan menu nasi liwet yang nikmat serta aneka jajanan pasar tradisional.

4. The House of Raminten


The House of Raminten

The House of Raminten memiliki konsep yang unik karena menawarkan menu khas Jawa yang diolah dengan bahan-bahan tradisional. Restoran ini didesain dengan konsep tradisional Jawa sehingga kalian bisa merasakan suasana seperti makan di rumah nenek. Selain makanan, restoran ini juga menawarkan minuman khas seperti wedang uwuh dan bajigur.

5. Depot Setiawan


Depot Setiawan

Depot Setiawan merupakan tempat makan serba bisa yang menawarkan beragam menu mulai dari nasi goreng, mie goreng, hingga sate. Konsep unik dari Depot Setiawan adalah menyajikan makanan dengan porsi yang sangat besar sehingga bisa dijadikan makanan bersama-sama. Tempatnya yang nyaman dan harga yang terjangkau membuat Depot Setiawan menjadi tempat makan yang banyak diminati.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata kuliner di Jogja dengan konsep unik yang bisa kalian kunjungi. Selamat mencoba!

Inovasi Menu Kuliner Terbaru dari Jogja


kuliner jogja

Jogja tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar atau budaya, tapi juga terkenal dengan wisata kuliner yang istimewa. Setiap tahunnya beberapa inovasi baru muncul untuk memanjakan para penyuka kuliner Jogja. Berikut ini beberapa inovasi menu kuliner terbaru dari Jogja yang lagi hits saat ini.

1. Bakmi Jawa Modern dengan Isian Baru


bakmi jawa

Bakmi jawa atau mi jawa adalah salah satu kuliner khas Jogja yang sudah populer sejak lama. Namun pada saat ini, bakmi jawa sudah tidak lagi monoton dengan isian sederhana seperti ayam atau sayuran. Kini bakmi jawa sudah memiliki variasi isi yang lebih beragam seperti kepiting, cumi, bakso dan lain sebagainya. Ada juga bakmi jawa yang memadukan antara isian bakso dan sosis untuk penggemar daging.

2. Nasi Goreng Spesial Berbuka Puasa


nasi goreng

Nasi goreng memang selalu menjadi menu yang populer sebagai sajian untuk berbuka puasa. Namun, kini sudah bermunculan variasi nasi goreng spesial yang berbeda dari yang kita jumpai biasanya. Nasi goreng kini bisa dinikmati dengan aneka topping seperti crab stick, udang, beef teriyaki, daging sapi, dan lainnya. Selain itu, nasi goreng yang biasanya berwarna coklat pun bisa dijadikan menu spesial dengan berbagai topping dan taburan bumbu rempah.

3. Es Krim Nangka Populer


es krim nangka

Es krim nangka adalah salah satu menu kuliner yang lagi hits di Jogja karena kelezatan rasa dan teksturnya yang unik. Es krim ini terbuat dari olahan nangka segar yang dicampur dengan susu dan gula. Selain itu, rasa es krim nangka juga lebih ringan dibandingkan dengan rasa es krim biasa. Es krim nangka ini cocok untuk kamu yang menginginkan rasa unik dan menyegarkan pada hari yang panas.

4. Kopi Ranjang


kopi ranjang

Kopi ranjang adalah salah satu minuman yang hits di Jogja. Minuman ini merupakan olahan kopi khas dari Jogja yang terbuat dari biji kopi yang dipanggang dan diseduh di atas ranjang pasir. Kopi ranjang memiliki rasa yang khas dan kuat, sehingga sangat cocok bagi kamu yang menyukai kopinya pekat. Kopi ranjang biasanya disajikan bersamaan dengan kue apem atau klepon yang manis dan lezat.

Kesimpulan

Itulah beberapa inovasi menu kuliner terbaru dari Jogja yang bisa kamu coba. Selain itu, ada juga beberapa kuliner tradisional yang dimodifikasi menjadi lebih modern dan unik. Kamu bisa mencoba dan menikmati kuliner Jogja khas yang beraneka ragam dan sangat lezat.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja untuk Nongkrong Malam Hari


Tempat Wisata Kuliner di Jogja untuk Nongkrong Malam Hari

Bukan rahasia lagi kalau Jogja merupakan kota yang tak pernah tidur. Bagi kalian yang ingin menghabiskan malam di Jogja, tentunya ada tempat nongkrong yang asik dan tentunya dengan kuliner yang menggugah selera. Yuk, simak ulasan tentang tempat wisata kuliner di Jogja untuk nongkrong malam hari berikut ini:

1. Angkringan Kopi Joss, Sosrowijayan


Angkringan Kopi Joss, Sosrowijayan

Bagi kalian yang ingin merasakan kuliner khas Jogja yang satu ini, tidak perlu khawatir, karena Angkringan Kopi Joss masih buka hingga larut malam. Suasana angkringan ini bisa dibilang unik karena para penikmat kopi Joss ini biasanya duduk di atas tikar.

Penikmat kopi Joss ini juga bisa mencoba kuliner lainnya seperti nasi gutuk, nasi kucing, hingga gorengan. Selain itu, di Angkringan Kopi Joss Sosrowijayan juga sering diadakan acara unik seperti laga ayam atau sinterklas.

2. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg Pawon menjadi destinasi kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja. Di sini, para pengunjung bisa menikmati salah satu kuliner khas Jogja dengan cita rasa yang khas. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana Jogja yang asri di malam hari.

3. Depot Mie Setan


Depot Mie Setan

Depot Mie Setan memang menawarkan menu makanan yang pedas, tapi rasa yang dihasilkan sangatlah enak. Menu yang menjadi andalan di sini adalah mie goreng mercon yang memang terkenal sangat pedas. Oleh karena itu, bagi yang tidak terlalu kuat makanan pedas, sebaiknya jangan mencoba menu ini.

Tak hanya mie goreng, di sini juga tersedia menu lainnya seperti tahu gejrot, sate jeroan, dan lain-lain. Tempat makan di waktu malam hari ini memang sangat cocok untuk kalian yang ingin mengobati rasa lapar di malam hari.

4. Malioboro


Malioboro

Malioboro dikenal sebagai pusat keramaian di Jogja. Di malam hari, tempat ini menjadi destinasi wisata kuliner yang banyak dijadikan tempat nongkrong oleh wisatawan, bahkan warga Jogja sendiri. Mulai dari kuliner malam hingga wisata belanja, semua tersedia di tempat wahana Jogja ini.

Bagi kalian yang ingin menikmati makanan khas Jogja, bisa mencicipi jajan pasar seperti bakpia, yang bisa kalian temukan di sepanjang Maliboro. Selain itu, tempat ini juga menyediakan aneka kuliner mulai dari masakan Indonesia hingga makanan barat.

5. Kedai Kebun Forum


Kedai Kebun Forum

Kedai Kebun Forum menjadi salah satu spot kuliner yang wajib dikunjungi saat di Jogja. Terletak di Jalan Mrican, Kedai Kebun Forum menjadi tempat yang pas untuk nongkrong sambil menikmati hiburan musik dan seni.

Di sini, kalian bisa merasakan kuliner yang khas Jogja seperti nasi jinggo, mie godhog, dan lain-lain. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk acara pameran seni atau konser musik.

Nah, itulah tadi tempat wisata kuliner di Jogja untuk nongkrong malam hari yang asyik banget. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas dari masing-masing tempat agar liburan kalian di Jogja menjadi lebih berkesan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button