Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner di Sekitar Malioboro Yogyakarta

Mencicipi Kuliner Khas Jogja di Sekitar Malioboro


Jajan Kuliner Jogja Sekitar Malioboro

Kota Yogyakarta tidak hanya memiliki kekayaan sejarah dan kebudayaan yang luar biasa, tetapi juga terkenal dengan kuliner khasnya yang menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. Jika kamu berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Jogja yang hanya dapat ditemukan di sekitar Malioboro. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib kamu coba :

1. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito adalah salah satu tempat makan yang menjadi favorit banyak wisatawan. Tempatnya menyajikan menu makanan berupa mie dengan bahan-bahan alami yang berasal dari pedesaan. Menu andalannya yaitu Bakmi Jawa, mie yang diolah dengan bumbu rempah khas Jawa, disajikan dengan irisan daging ayam, tahu, dan tempe. Hidangan ini disajikan dalam porsi yang melimpah dengan harga yang terjangkau. Tidak heran jika setiap hari, tempat ini selalu ramai pengunjung yang datang. Selain itu, tempat makan ini juga cukup luas sehingga nyaman untuk berkumpul bersama keluarga atau teman.

Tentunya, menu bakmi jawa tidak hanya bisa kamu temukan di Bakmi Jawa Mbah Gito saja, tetapi ada juga beberapa tempat kuliner lainnya yang menyajikan hidangan ini. Namun, Bakmi Jawa Mbah Gito dinilai sebagai salah satu yang terbaik dengan pengalaman dan cita rasa yang mendalam.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan suasananya, Bakmi Jawa Mbah Gito menyediakan tempat makan yang tidak begitu besar, tapi cukup nyaman. Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Tugu Jogjakarta, hanya sekitar 10 menit berkendara.

2. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Kuliner khas Jogja yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang menggugah selera dan dapat dinikmati kapan saja. Salah satu tempat kuliner yang paling direkomendasikan untuk mencicipinya yaitu Gudeg Yu Djum.

Gudeg yang disajikan di tempat ini mempunyai citarasa yang khas dan enak. Cara memasaknya yang begitu teliti menjadikan gudegnya tidak terlalu manis dan tetap enak saat disantap. Tempat ini juga menghadirkan berbagai jenis gudeg yang bisa kamu pilih, ada gudeg biasa, gudeg manggar, lesehan dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa memilih varian lauk pauk seperti ayam, telur, tempe dan tahu yang diolah dengan bumbu tradisional khas Jawa.

Gudeg Yu Djum buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Kamu bisa menemukan tempat ini dengan mudah di sekitar Tugu Yogyakarta atau pusat kota Yogyakarta. Ada beberapa jenis tempat makan yang disediakan, seperti lesehan dan kursi biasa, sehingga kamu dapat menentukan jenis tempat yang sesuai dengan keinginanmu.

3. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Bagi kamu yang ingin merasakan kuliner khas Jogja dengan harga yang sangat terjangkau, Angkringan Lik Man bisa menjadi pilihannya. Angkringan adalah warung makan kecil yang meja dan kursinya dibuat dari bambu dan rotan, tempat ini merupakan tempat nongkrong favorit warga Jogja.

Angkringan Lik Man yang terletak di jalan Wijilan menyajikan berbagai jenis makanan yang diolah dengan bumbu-bumbu khas Jogja, seperti nasi kucing, tahu bontot, sate klatak, dan lain-lain. Hidangan-hidangan tersebut dijajakan di atas meja yang terbuat dari bambu, kamu bisa memilih makanan yang ingin kamu santap dan membayar dengan harga yang murah meriah.

Hampir setiap malam, tempat ini selalu ramai pengunjung. Ada beberapa meja dan kursi yang tersedia di depan angkringan, sehingga kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati makanan yang disantap. Tentunya, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan suasana makan yang unik dengan harga yang sangat terjangkau.

Jogja memang tidak habis-habisnya memberikan kejutan kuliner untuk kita semua. Selain tempat makan di atas, masih banyak pilihan kuliner khas Jogja lainnya yang bisa kamu temukan di sekitar Malioboro. Siap-siap untuk menikmati aneka kuliner yang lezat dan menggoda selera di kota Yogyakarta ini.

Melihat Budaya Kuliner Jogja Melalui Hidangan di Sekitar Malioboro


Wisata Kuliner Jogja di Sekitar Malioboro

Yogyakarta, atau yang sering disebut Jogja, memang tak lepas dari destinasi wisata kuliner. Berbagai hidangan khas Jogja telah terkenal ke seluruh Indonesia. Mulai dari Gudeg, Bakpia, hingga Sate Klathak, hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Jogja pasti ingin mencoba hidangan-hidangan tersebut.

Nah, untuk mendapatkan makanan khas Jogja, Anda sebaiknya berkunjung ke sekitar Jalan Malioboro, yang sering disebut pusat kuliner Jogja. Di sekitar Malioboro, Anda akan menemukan berbagai makanan lezat yang menggoda selera. Selain makanan, suasana khas Jogja juga sangat terasa di sekitar Malioboro. Sembari menikmati hidangan khas Jogja, Anda bisa merasakan suasana khas Jogja yang ramai dan penuh dengan keunikan.

Sate Klathak Malioboro

Salah satu hidangan khas Jogja yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Jogja adalah Sate Klathak. Sate Klathak terbuat dari daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Yang membuat sate ini berbeda dengan sate lainnya adalah cara memanggangnya. Sate Klathak diasapi dengan kayu Akasia, sehingga memberikan aroma yang khas dan membuat daging menjadi empuk dan lezat.

Untuk menikmati Sate Klathak yang paling enak, Anda harus mencoba Sate Klathak Pak Pong. Sate Klathak Pak Pong sudah berdiri sejak tahun 1956 dan memiliki cabang di sekitar Malioboro. Harga Sate Klathak di sini terbilang cukup terjangkau, yaitu hanya sekitar 20 ribu rupiah saja.

Gudeg di sekitar Malioboro

Selain Sate Klathak, Gudeg juga merupakan hidangan khas Jogja yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula aren, daun salam, dan rempah-rempah lainnya. Gudeg biasanya disajikan dengan ayam, telur, tahu, dan sambal krecek (kulit babi yang digoreng).

Untuk mencoba Gudeg di sekitar Malioboro, Anda bisa berkunjung ke Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum merupakan salah satu warung makan yang sudah terkenal di Jogja. Warung makan ini buka mulai pukul 7 pagi hingga gudeg habis, atau sekitar pukul 10 malam. Harga untuk seporsi Gudeg di sini hanya sekitar 30 ribu rupiah.

Bakpia di sekitar Malioboro

Selain hidangan utama, Anda juga bisa mencicipi makanan ringan khas Jogja, yaitu Bakpia. Bakpia terbuat dari kacang hijau yang dikukus dan dibungkus dengan kulit yang lembut. Bakpia yang enak memiliki kacang hijau yang cukup banyak di dalamnya dan kulit yang tidak terlalu tebal.

Untuk mencoba Bakpia di sekitar Malioboro, Anda bisa berkunjung ke Bakpia Kurnia Sari. Bakpia Kurnia Sari sudah terkenal sejak tahun 1986 dan memiliki berbagai varian rasa, seperti kacang hijau, cokelat, dan keju. Harga untuk satu kotak Bakpia di sini sekitar 25 ribu rupiah.

Itulah beberapa hidangan khas Jogja yang bisa Anda coba di sekitar Malioboro. Selamat menikmati kuliner khas Jogja!

Penjaja Makanan Legendaris di Sekitar Malioboro


Wisata Kuliner di Sekitar Malioboro

Wisata kuliner di Jogja pastinya tak akan lengkap tanpa mengunjungi Malioboro. Karena Malioboro adalah salah satu tempat paling top untuk mencicipi berbagai makanan khas Yogyakarta. Di sisi jalan Malioboro dan beberapa jalan di sekitarnya banyak berdiri berbagai macam penjaja makanan legendaris. Suasana arsitektur dan keindahan lingkungan Kota Jogjakarta semakin meriah dengan adanya berbagai penjaja makanan ini. Berikut beberapa di antaranya yang terkenal dan patut dicoba:

1. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu makanan legendaris di Jogja yang sudah ada sejak dulu. Sate klathak ini terbuat dari daging kambing yang dipadukan dengan cabe merah yang pedas dan disajikan dengan nasi, sambel kecap, dan irisan mentimun segar. Penjaja makanan ini berada di jalan Pabringan Lor No.5 Maliboro Yogyakarta.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo


Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo adalah Warung Makan yang berlokasi di Jalan Tirtodipuran, Yogyakarta. Warung ini sangat terkenal dengan menu andalannya yaitu Bakmi Jawa yang mirip seperti mie tetapi mempunyai bentuk yang lebar dan halus. Bakmi Jawa di tempat ini menggunakan campuran antara ayam, sayuran, dan kecap manis yang bikin penasaran. Siapapun yang makan di Warung Mbah Mo pasti akan ketagihan oleh kenikmatan Bakmi Jawa-nya.

3. Angkringan Tugu


Angkringan Tugu

Wisata kuliner di Jogja tak akan lengkap tanpa mengunjungi Angkringan. Angkringan merupakan tempat makan yang menyediakan berbagai macam makanan khas yang rasanya patut dicoba. Salah satu Angkringan legendaris yang terkenal di Jogja yakni Angkringan Tugu. Angkringan Tugu tempatnya boleh dibilang cukup strategis karena berada di dekat Monumen Tugu Jogjakarta. Angkringan ini terkenal dengan Nasi Kucing. Nasi Kucing sendiri adalah nasi kecil yang diberikan banyak lauk pendamping seperti sate, telur, dan lain sebagainya. Selain itu, masih ada berbagai makanan lain seperti sate, kupat, dan berbagai jenis minuman menyegarkan. Harganya juga murah meriah, sehingga kantong kamu bisa lebih hemat ketika travelling ke Jogja.

4. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Salah satu makanan legendaris yang ada di Jogja adalah Gudeg. Di sana kamu bisa menemukan Gudeg Yu Djum. Nama “Yu Djum“ sendiri merujuk pada nama pendirinya, yaitu Mbah Djum. Tempat makan ini buka 24 jam sehari, jadi kamu bisa mengunjunginya kapan saja kamu mau. Makanan tersebut terdiri dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas Jawa selama berjam-jam sehingga nangka muda tersebut menjadi lebih lembut dan gurih. Selain nasi, kamu juga akan mendapatkan lauk-pauk seperti ayam, telur, dan sambal goreng krecek. Kamu bisa menikmatinya di Jalan Wijilan No.16, Yogyakarta.

5. Es Poci


Es Poci

Es Poci adalah salah satu makanan khas Jogjakarta yang sangat terkenal. Terbuat dari bahan-bahan alami, tidak mengandung bahan pengawet. Rasanya segar dan cocok untuk disajikan di berbagai suasana. Meski namanya “Es Poci”, tetapi minuman ini disajikan dalam gelas yang unik, tanpa ada tutupnya yang disebut poci. Es Poci hadir dengan citarasa stroberi, melon, coklat, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan Es Poci di Jalan Mondorakan, Yogyakarta.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Malioboro dan sekitarnya untuk mencoba berbagai makanan legendaris khas Jogjakarta tersebut. Selamat mencoba!

Kuliner Modern yang Memikat di Sekitar Malioboro


kuliner modern di sekitar Malioboro

Wisata kuliner di Jogja tak ada habisnya. Terdapat banyak sekali makanan khas daerah yang bisa dijajal oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke Jogja. Selain kuliner khas termasuk nasi kucing, gudeg, dan seblak, kini ada beberapa tempat kuliner modern yang juga patut dijajal. Berikut adalah beberapa tempat kuliner modern di sekitar Malioboro yang patut kamu kunjungi saat mengunjungi kota Yogyakarta:

Kuliner Burger Modern di Burgreens Yogyakarta

Burgreens Yogyakarta

Hampir di setiap kota di Indonesia, sekarang ini sudah banyak restoran yang menyediakan menu burger. Namun, Burgreens Yogyakarta menyajikan burger yang berbeda. Burger yang dipesan di restoran ini diklaim sebagai burger sehat, tanpa bahan aditif atau pengawet. Menggunakan bahan-bahan organik, restoran ini memberikan pengalaman baru bagi para penikmat burger. Disebutkan bahwa restoran ini mengutamakan bahan-bahan dari petani lokal hingga lebih sehat dan memberikan dampak positif pada surrounding area.

Kuliner Ala Korea di Kyochon 1991 Malioboro

Kyochon 1991 Malioboro

Kyochon 1991 bukanlah restoran baru yang hanya fokus pada makanan ala Korea. Restoran ini mendapat juara A Favorite Fried Chicken of Seoul Award, dan merek tersebut telah diakui oleh banyak orang di seluruh dunia. Di Jogja, tentunya, Kyochon 1991 tersebut membuat para pecinta kuliner Korea bisa datang dan menikmati mbak-hendieiskan ayam goreng renyah serta saus bumbu spesial yang memanjakan lidah. Selain itu juga menyediakan berbagai menu seperti milk tea yang bisa dinikmati saat kamu nongkrong di sini.

Kuliner Jepang di Hachicko Malioboro

Hachicko Malioboro

Hachicko Malioboro adalah restoran kuliner Jepang yang menyajikan menu khas Jepang hingga menu fusion. Terdapat sashimi, yakimeshi dan makanan lainnya. Namun, fitur terbaik dari Hachicko Malioboro adalah interiornya. Sebab, tempat ini memiliki interior yang tidak biasa untuk restoran kuliner Jepang. Kamu bisa menikmati makanan khas Jepang dengan ditambah suasana yang unik hingga cocok sebagai tempat bersama teman-teman.

Kuliner Pasta dan Sushi di The Fat Cow Malioboro

The Fat Cow Malioboro

The Fat Cow Malioboro, namanya saja sudah unik, tempat makan ini menyajikan menu pilihan seperti pasta, sushi, steak, hingga berbagai siap saji dan es krim. Jika kamu adalah penggemar steak yang juicy dan lezat, kamu bisa menemukan menu steak dan pasta di tempat tersebut dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu juga bisa mencoba sushi-nya yang enak atau es krimnya yang creamy. The Fat Cow Malioboro cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman atau keluarga di Jogja.

Kuliner Western dan BBQ di Leo’s Lombok Grill Bar

Leo's Lombok Grill Bar

Leo’s Lombok Grill Bar adalah restoran kuliner barat yang menyajikan berbagai menu western. Ada pilihan seperti BBQ, steak, pasta, dan masih banyak lagi menu western lainnya yang bisa dicoba. Dengan penggunaan bahan-bahan utama lokal, kamu bisa menikmati hidangan yang terbuat dari sajian BBQ dengan cita rasa yang khas. Dengan suasana bar bebas dan santai, Leo’s Lombok Grill Bar akan membuat kamu merasa seperti sedang liburan di bar yang nyaman.

Itulah beberapa tempat wisata kuliner modern di sekitar Malioboro, Jogja dengan menu makanan yang unik dan berbeda. Kamu bisa mencoba salah satu dari restoran-restoran di atas untuk menikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Pastikan jangan lupa juga untuk mengabadikan momen kamu tersebut bersama teman atau keluarga dengan mengambil foto-foto dan di-share di media sosial.

Mengenal Lebih Dekat Ragam Warna Kuliner di Sekitar Malioboro


Ragam Warna Kuliner Jogja Sekitar Malioboro

Jogja dikenal sebagai salah satu kota yang sangat populer dengan kuliner tradisionalnya. Banyak sekali kuliner-kuliner khas Jogja yang bisa ditemukan di sepanjang Malioboro. Dari mulai makanan ringan hingga makanan berat, semua bisa kamu temukan di sini dengan harga yang terjangkau. Berikut ini adalah beberapa kuliner yang wajib dicoba saat berwisata kuliner di sekitar Malioboro:

Bakmi Jowo Senopati


Bakmi Jowo Senopati

Bakmi Jowo atau mi jawa adalah salah satu kuliner yang paling banyak ditemukan di Jogja. Bakmi Jowo Senopati adalah salah satu dari sekian banyak tempat makan bakmi jawa yang bisa kamu coba. Di sini, kamu bisa menemukan bakmi jawa yang disajikan dalam porsi yang besar dengan harga yang terjangkau. Bakmi jawa di sini khas dengan rasanya yang gurih dan disajikan dengan kuah kaldu yang kental. Selain itu, di sini juga menyajikan nasi goreng dan mie goreng yang tidak kalah enak.

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Gudeg Yu Djum adalah salah satu tokoh yang pertama kali mempopulerkan gudeg di Jogja. Meski sudah terkenal, tempat ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun orang lokal. Rasa gudeg di sini sangat lezat, dengan bumbu yang pas dan nangka yang empuk. Untuk menikmati gudeg yang lengkap, kamu bisa memesannya dengan menu lengkap yang terdiri dari nasi, ayam, telur, tahu dan tempe.

Es Krim Pak Poer


Es Krim Pak Poer

Es krim Pak Poer sudah menjadi legendaris di Jogja. Toko es krim ini didirikan pada tahun 1958, sehingga sudah berdiri selama lebih dari 60 tahun. Es krim buatan Pak Poer terkenal dengan citarasanya yang khas dan tekstur es krim yang lembut. Ada banyak varian es krim yang bisa kamu coba di sini, mulai dari rasa coklat, vanilla, hingga mangga. Kamu juga bisa membeli es krim take away dengan kemasan yang lucu untuk dijadikan oleh-oleh.

Jajan Pasar Bringharjo


Jajan Pasar Bringharjo

Di sekitar Malioboro, kamu bisa menemukan banyak sekali jajanan pasar tradisional. Jajanan pasar di sekitar Malioboro sangat beragam, mulai dari yang manis hingga yang gurih. Beberapa jajanan pasar yang wajib dicoba adalah onde-onde, kue lapis, klepon, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba membeli jajanan pasar ini di Pasar Bringharjo yang buka setiap hari. Pasar Bringharjo menyediakan berbagai macam jajanan dari pagi hingga malam hari, sehingga kamu bisa puas mencicipinya.

Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak adalah salah satu kuliner yang unik dan sangat terkenal di Jogja. Sate Klathak dibuat dari daging sapi dengan cara dicampur rempah-rempah dan disajikan dengan lontong dan sambal kacang. Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu tempat makan sate klathak yang terkenal di Jogja. Di sini, kamu bisa mencicipi sate klathak yang empuk dan lezat dengan harga yang terjangkau. Lokasi tempatnya juga cukup strategis karena dekat dengan Malioboro.

Nah, itulah beberapa kuliner yang wajib kamu coba saat berwisata kuliner di sekitar Malioboro. Semoga artikel ini bisa memberikan ide kuliner kamu saat berkunjung ke Jogja selanjutnya. Selamat mencicipi!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button