Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner Pagi di Jogja

Nikmati Sarapan Pagi ala Jogja yang Lezat dan Murah Meriah


Wisata Kuliner Jogja Pagi Hari

Bagi pengunjung dari luar kota atau wisatawan, menikmati sarapan pagi adalah hal yang sangat menyenangkan dan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di Jogja, kota yang menjadi pusat kuliner Jawa Tengah. Nggak perlu khawatir untuk merogoh kocek terlalu dalam, karena di Jogja ada banyak kuliner murah meriah nan lezat.

Ada banyak sarapan pagi ala Jogja yang bisa kamu nikmati. Berikut adalah beberapa tempat makan yang harus kamu kunjungi:

Bakmi Jowo Pak Pele

Bakmi Jowo Pak Pele

Tempat makan yang pertama adalah Bakmi Jowo Pak Pele. Terletak di daerah Prawirotaman, Bakmi Jowo Pak Pele memiliki rasa yang lezat dan harganya tergolong murah meriah. Bakmi Jowo yang disajikan sangat enak dan khas Jogja. Rasa pedas dan asin yang pas akan bikin perut kamu kenyang dan puas.

Dapur Solo

Dapur Solo

Tempat makan berikutnya adalah Dapur Solo. Terletak di Jalan C. Simanjuntak, tempat ini dikenal dengan nasi liwetnya yang sedap. Selain nasi liwet, kamu juga bisa mencicipi menu-menu lainnya seperti gudeg, sayur lodeh, dan lainnya. Suasananya juga enak karena bisa makan di luar. Walaupun harganya terbilang lebih mahal dibanding Bakmi Jowo Pak Pele, tetapi Rasanya pas di lidah dan bikin ketagihan.

Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng

Tempat makan berikutnya adalah Warung Bu Ageng. Tempat ini terletak di daerah Depok, Sleman. Menu sarapan paginya sangat lezat dan sangat pas di kantong. Warung Bu Ageng terkenal dengan menu nasi uduknya yang enak, ditambah dengan lauk pauknya seperti sambal goreng, rendang, dan lain-lain. Suasana warungnya juga enak karena bisa makan di bawah terik matahari.

Warung Padang Bu Paijo

Warung Padang Bu Paijo

Tempat makan berikutnya adalah Warung Padang Bu Paijo. Tempat ini terletak di daerah Babarsari, Sleman. Masakan Padang menjadi unggulan tempat ini. Dengan banyak variasi lauknya membuat pengunjung bebas untuk melihat-lihat dan memilih sendiri makanan yang diinginkan. Harganya terjangkau dan sangat cocok untuk sarapan pagi atau makan siang.

Es Dawet Telasih Mbah Waluyo

Es Dawet Telasih

Setelah kamu puas menikmati makanan lezat, jangan lupa untuk mengakhiri sarapan pagi dengan minuman segar yang khas Jogja. Es dawet telasih Mbah Waluyo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mencicipi minuman tradisional Jogja. Rasa dari semangka, nangka, cincau, dan sirup telasih akan menghasilkan sensasi yang berbeda di lidahmu.

Dari beberapa tempat makan yang disebutkan di atas tentunya masih banyak lagi tempat yang bisa kamu kunjungi untuk sarapan pagi di Jogja. Wisata kuliner Jogja pagi hari yang murah meriah dengan sajian di khas Jogja sangat lah memanjakan lidah dan kantongmu, jangan sampai kamu kelewatan untuk merasakan lezatnya wisata kuliner Jogja yang bisa kamu nikmati.

Makanan Soto, Gudeg, dan Nasi Langgi, Dapat Dihadirkan di Pagi Hari


wisata kuliner jogja pagi hari

Setiap orang pasti ingin memulai hari dengan suatu makanan yang lezat dan menggugah selera. Begitu juga penduduk di Yogyakarta, mereka selalu menikmati makanan tradisional seperti soto, gudeg, dan nasi langgi sebagai menu sarapan mereka setiap pagi. Yuk, kita lihat lebih detail tentang makanan-makanan tersebut!

Gudeg, Nikmati Tekstur dan Rasa yang Lezat


makanan gudeg jogja

Gudeg adalah salah satu kuliner asli Yogyakarta yang sudah terkenal sejak lama. Makanan ini terbuat dari potongan nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa. Proses memasak gudeg bisa memakan waktu yang cukup lama, yaitu hingga 12 jam lamanya. Tetapi, hasil akhirnya tak akan mengecewakan para penikmatnya.

Baca Juga :   Kuliner Jogja Hits yang Wajib Dicoba

Rasa gudeg sangat unik karena terdiri dari banyak bumbu rempah-rempah seperti garam, bawang merah, kecap manis, dan juga daun salam. Selain itu, makanan ini juga memiliki tekstur yang kenyal namun lembut. Jadi, pantas saja jika gudeg menjadi salah satu kuliner yang paling digemari oleh penduduk lokal dan wisatawan.

Jika kamu ingin mencoba makanan gudeg, maka kamu bisa mencari warung-warung makan yang buka pada waktu pagi. Biasanya, gudeg disajikan dengan tambahan ayam atau telur sebagai pelengkap. Selain itu, kamu bisa menambahkan sambal goreng krecek sebagai penyedap.

Makanan Soto, Cocok sebagai Sarapan Pagi


makanan soto jogja

Soto adalah makanan berbahan dasar sup yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Namun, Soto Jogja memiliki ciri khas tersendiri karena bisa disajikan dengan berbagai macam lauk-pauk yang lezat seperti daging sapi, ayam, atau jeroan.

Makanan soto sangat cocok untuk kamu nikmati sebagai sarapan di pagi hari. Hangatnya kuah soto yang kental cukup membuka selera kamu di pagi hari. Selain itu, daging-daging yang terdapat di dalam soto juga enak dan lezat.

Sumber: HonestDocs

Nasi Langgi, Lewatkan Sarapanmu dengan Kuliner yang Ini


makanan nasi langgi jogja

Jika kamu ingin merasakan kelezatan sarapan di pagi hari dengan sesuatu yang berbeda dan unik, maka kamu bisa mencoba nasi langgi. Nasi langgi adalah makanan asli Yogyakarta yang berisi lauk-pauk yang beragam, dan disajikan dengan tambahan daun pisang sebagai tenggara. Nasi langgi bisa ditemukan di berbagai pasar tradisional di Yogyakarta, dan harga yang ditawarkan pun cukup ramah di kantong.

Jika kamu kebetulan sedang berada di Yogyakarta, maka jangan lupa untuk mencicipi makanan sarapan pagi seperti soto, gudeg, dan nasi langgi. Rasakan citarasa khas Jogja yang begitu dijamin akan membuatmu ketagihan. Nikmatilah sarapanmu dengan kuliner yang tradisional ini dan jangan lupa untuk berbagi pengalamanmu dengan rekan-rekanmu!

Nampingi Kopi atau Teh dengan Jajanan Khas Jogja di Pagi Hari


Wisata kuliner Jogja pagi hari

Menikmati segelas kopi atau teh di pagi hari merupakan aktivitas yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tidak terkecuali di kota Jogja, yang memiliki banyak tempat wisata kuliner dengan jajanan khasnya yang lezat. Dari sekian banyak jajanan khas Jogja yang bisa dinikmati di pagi hari, berikut beberapa yang patut dicoba saat Anda berkunjung ke Jogja:

Roti Bakar

Roti bakar Jogja

Roti Bakar merupakan menu sarapan yang populer di Jogja. Kebanyakan warung kopi dan resto-ran yang menyediakan sarapan pagi akan menyajikan Roti Bakar sebagai menu andalan. Roti Bakar di Jogja berbeda dengan Roti Bakar di daerah lain karena rotinya lebih tebal dan diisi dengan selai kacang atau meses. Untuk menikmati Roti Bakar ini, Anda bisa mencari toko atau warung yang menyajikan Roti Bakar di sepanjang jalan Malioboro atau sekitarnya.

Klepon

Klepon Jogja

Klepon adalah salah satu jajanan tradisional yang sering ditemukan di pasar atau pusat kuliner di Jogja. Klepon terdiri dari bola ketan yang diisi dengan gula merah dan diberi taburan kelapa parut. Rasanya yang manis dan lezat menjadi ciri khas dari jajanan ini. Untuk menemukan Klepon yang authentic, Anda bisa mengunjungi Pasar Beringharjo atau Pasar Kranggan yang dikenal sebagai pusat kuliner tradisional di Jogja.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa Jogja

Bakmi Jawa adalah hidangan mie yang populer di Jogja. Mie-nya dibuat dari tepung terigu yang diolah dengan bumbu-bumbu khas dan disajikan dengan potongan ayam, irisan telur, dan kerupuk. Bakmi Jawa biasanya disajikan dalam mangkuk dan dicampur dengan kuah kaldu. Untuk menikmati Bakmi Jawa yang lezat, Anda bisa datang ke Warung bakmi Jawa Mbah Gito, yang terletak di Jl. Tijulutan No. 1, Suryodiningratan, dan beroperasi mulai pukul 06:30 hingga 12:00.

Baca Juga :   Kuliner Jogja Dekat UNY Yang Wajib Dicicipi

Lontong Sayur

Lontong Sayur Jogja

Lontong Sayur adalah sebuah hidangan yang berisi nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang, sayur labu siam, tauge, dan daging ayam atau suwir. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari kuah kaldu yang diberikan bumbu rempah khas Jogja. Jika Anda ingin mencoba Lontong Sayur yang terkenal di Jogja, bisa mencoba di Warung Lontong Sayur Hj. Eni yang berlokasi di Jl. Sosrowijayan Wetan, Gang 1 No. 5. Warung ini buka mulai pukul 06:00 hingga 11:00.

Itulah beberapa jajanan khas Jogja yang cocok dinikmati sebagai pengganti sarapan pagi. Tidak hanya enak tapi juga murah meri-aah. Selamat mencoba!

Mendapatkan Sarapan Sehat dan Murah di Jogja yang Mudah Ditemukan Pagi Hari


Sarapan Sehat dan Murah di Jogja

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memulai hari dengan sarapan sehat namun murah. Kota Yogyakarta atau Jogja menawarkan beragam pilihan wisata kuliner pagi hari yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan sarapan yang lezat, kaya nutrisi, dan ramah kantong. Berikut adalah beberapa tempat yang mudah ditemukan di Jogja untuk mendapatkan sarapan sehat dan murah di pagi hari:

1. Warung Makan Klengkeng


Warung Makan Klengkeng jogja

Jika Anda ingin mencari sarapan sederhana namun lezat, Warung Makan Klengkeng bisa menjadi pilihan tepat. Tempat ini menyajikan menu nasi pecel dengan lauk ayam geprek, capcay, atau tahu tempe. Rasanya yang enak dan harga yang terjangkau membuat warung ini menjadi tempat favorit bagi banyak orang. Anda bisa menikmati sarapan sehat dengan harga kurang dari Rp 20.000.

2. Angkringan Kopi Joss


Angkringan Kopi Joss jogja

Angkringan Kopi Joss adalah salah satu tempat sarapan pagi yang terkenal di Jogja. Menu andalannya adalah nasi kucing, sate goreng, dan sosis bakar yang dinikmati dengan sambal dan minuman kopi joss. Kopi joss adalah kopi hitam yang dicampur dengan arang yang sudah dipanaskan sehingga terdapat efek suara yang unik ketika diminum. Meskipun tempat ini terkenal, harga yang ditawarkan tetap terjangkau, yaitu kurang dari Rp 10.000.

3. Warung Nasi Gudeg Mbah Lindu


Warung Nasi Gudeg Mbah Lindu jogja

Warung Nasi Gudeg Mbah Lindu sudah menjadi ikon wisata kuliner Jogja selama bertahun-tahun. Tempat ini menyajikan sajian khas Jogja, yaitu nasi gudeg. Nasi gudeg ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan daging, krecek, telur, dan sambal goreng krecek. Rasanya sangat enak dan cocok untuk sarapan pagi. Harga yang ditawarkan adalah kurang dari Rp 20.000.

4. Soto Kadipiro Pak Kempleng


Soto Kadipiro Pak Kempleng jogja

Jika Anda ingin mencari sarapan yang kaya protein, Soto Kadipiro Pak Kempleng bisa menjadi pilihan tepat. Soto yang disajikan menggunakan daging ayam atau sapi, koya, dan kerupuk. Rasanya yang enak dan bumbu kacangnya yang khas membuat banyak orang ketagihan untuk kembali lagi. Harga yang ditawarkan adalah kurang dari Rp 25.000.

5. Bakmi Jowo Mbah Gito


Bakmi Jowo Mbah Gito jogja

Bakmi Jowo Mbah Gito menyajikan menu bakmi jawa dengan bahan-bahan segar dan berkualitas. Bakmi diolah dengan campuran daging ayam atau sapi, sayuran, dan bumbu-bumbu rempah khas Jawa. Rasanya sangat enak dan cocok untuk membuat Anda energik sepanjang hari. Bakmi yang ditawarkan memiliki harga yang sangat terjangkau, yaitu kurang dari Rp 20.000.

Itulah beberapa pilihan sarapan sehat dan murah yang bisa Anda temukan di Jogja pagi hari. Selamat menikmati kuliner Jogja dan semoga berenergi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button