Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner Malioboro Jogja

Kuliner Khas Malioboro yang Wajib Dicoba


Kuliner Khas Malioboro

Malioboro adalah pusat kota Yogyakarta yang memiliki banyak sekali jenis kuliner. Oleh karena itu, kita harus mencoba berbagai macam makanan ketika mengunjungi kawasan ini. Di bawah ini adalah beberapa kuliner khas Malioboro yang wajib kamu coba.

Gudeg


Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda. Karena rasanya yang lezat dan kelezatannya sudah terkenal di seluruh Indonesia, Gudeg menjadi salah satu kuliner khas Malioboro yang wajib dicoba oleh semua orang yang berkunjung ke sana. Ada banyak tempat di sekitar Malioboro yang menyediakan gudeg, mulai dari gerobak di pinggir jalan hingga tempat makan yang lebih elegan. Namun, salah satu tempat yang terkenal dengan gudegnya adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum terletak di Jalan Wijilan, Yogyakarta. Gudeg di sini terkenal karena kelezatannya dan teksturnya yang lembut. Menu yang direkomendasikan di tempat ini adalah gudeg dengan kupat tahu atau ayam suwir.

Bakso


Bakso

Inilah makanan yang sudah menjadi ikon Indonesia. Sama seperti gudeg, bakso juga bisa ditemukan di seluruh Indonesia. Namun, coba bayangkan makan bakso di tengah-tengah tempat yang penuh wisatawan, dengan suasana yang ramai dan diiringi oleh musik jalanan. Di Malioboro, ada banyak gerobak bakso yang menjual bakso yang nikmat. Namun, salah satu tempat yang wajib kamu coba adalah Bakso Gadjah Mada. Bakso Gadjah Mada terletak di Jalan Gadjah Mada, Yogyakarta. Bakso di sini terkenal karena ukurannya yang besar dan isian baksonya yang enak. Bagian yang paling nikmat dari bakso ini adalah kuahnya yang kaya rasa dan aroma bawang bombay yang khas.

Es Buah


Es Buah

Saat kamu berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mencoba the ‘es buah’ yang segar. Biasanya, es buah yang disajikan terdiri dari pilihan buah-buahan segar seperti jeruk, kelapa muda, alpukat, melon, mangga dan gula merah sebagai pengganti sirup. Ada banyak tempat di sekitar Malioboro yang menyediakan es buah, salah satu tempat yang cocok untuk menyegarkan diri di tengah-tengah kota yang ramai adalah Es Buah PK. Tempat ini terletak di Jalan Asem Gede, Yogyakarta. Es Buah PK menawarkan hidangan es buah yang lezat dan menyegarkan untuk melawan cuaca Yogyakarta yang panas.

Bakpia


Bakpia

Salah satu jajanan yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Bakpia. Bakpia biasanya diisi dengan kacang merah, keju, green tea atau coklat, dan kemudian dikukus. Ada banyak tempat di Malioboro yang menjual bakpia, tetapi nilai otentisitas dapat ditemukan di toko ‘Bakpia Pathuk 25’, yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta. Bakpia Pathuk 25 terkenal karena tekstur kulit bakpianya yang lembut dan enak, serta isian kacang merah yang tidak terlalu manis.

Sate Klathak


Sate Klathak

Banyak orang yang sudah mencoba sate di Indonesia, tetapi sate klathak jelas berbeda dengan sate lainnya. Sate ini biasanya terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis-tipis dan kemudian dimasak dengan cara dibakar. Salah satu tempat terbaik di Yogyakarta untuk mencoba sate klathak adalah di Warung Sate Klathak Pak Pong, dengan alamat di Jalan Tirtodipuran No.46, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Jangan lupa mencoba sate klathak dengan nasi gudeg atau lontong.

Sekarang kamu sudah tahu kuliner khas Malioboro yang wajib dicoba saat berkunjung ke tempat ini. Selamat menikmati makanan yang lezat dan selamat menjelajahi kota Yogyakarta yang penuh budaya dan keindahan alam!

Warung Makan Sederhana


Warung Makan Sederhana

Warung makan sederhana menjadi salah satu pilihan bagi para wisatawan yang ingin mencari makanan murah meriah di Jogja. Salah satu yang terkenal adalah Warung Makan Sederhana yang berlokasi di Jalan Jambon. Warung makan ini menyediakan berbagai menu khas Jogja dengan harga yang terjangkau.

Salah satu menu andalan Warung Makan Sederhana adalah nasi kucing. Nasi kucing adalah satu porsi nasi yang biasanya dihidangkan dengan lauk kecil seperti ikan asin atau tempe goreng. Meskipun namanya “kucing”, porsi nasi yang diberikan tetap cukup mengenyangkan. Menu lain yang bisa dicoba di Warung Makan Sederhana adalah pecel lele, sate ayam, dan mie ayam.

Saat musim durian tiba, Warung Makan Sederhana juga menyediakan durian sebagai hidangan penutup. Durian yang disajikan di sini memiliki aroma yang kuat dan daging buah yang sangat lembut. Harga durian di Warung Makan Sederhana bervariasi tergantung ukuran buahnya. Namun, selalu pastikan untuk menawar terlebih dahulu sebelum membeli.

Warung Makan Sederhana buka sejak pagi hingga malam hari. Suasana di warung makan ini sangat sederhana dengan meja dan kursi kayu yang diatur rapi. Meskipun sederhana, Warung Makan Sederhana menjadi salah satu tempat makan favorit di Jogja karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau.

Tempat Makan Favorit Para Wisatawan di Malioboro


wisata kuliner jogja malioboro

Jogja menjadi salah satu kota yang cukup populer bagi para wisatawan. Tak heran jika banyak dari mereka yang lebih memilih untuk mencicipi wisata kuliner yang khas daripada sekadar pergi ke tempat wisata. Malioboro menjadi salah satu tempat di Jogja yang memiliki beragam pilihan kuliner. Inilah beberapa tempat makan favorit para wisatawan yang wajib dikunjungi ketika berada di Malioboro.

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang cukup populer. Gudeg Pawon menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin mencicipi gudeg. Lokasinya berada di dekat Stasiun Tugu sehingga mudah untuk ditemukan.

Gudeg di Gudeg Pawon memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan gudeg lainnya. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan masih segar dan diolah secara tradisional di dalam pawon.

Saat memasuki Gudeg Pawon, dapat terlihat bahwa tempat makan ini memiliki suasana yang berbeda dari tempat makan kebanyakan. Hiasan tumbuhan dan pernak-pernik khas Jogja pun semakin melengkapi suasana makan yang sangat khas.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo


Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin mencicipi bakmi khas Jogja. Lokasinya berada di sebelah utara Tugu Yogyakarta, sehingga mudah untuk ditemukan.

Bakmi yang disajikan di sini terkenal dengan rasa yang khas dan nikmat. Selain itu, porsinya cukup besar sehingga dapat dijadikan sebagai makan siang atau malam. Jangan lupa untuk memesan es teh manis untuk menyeimbangkan rasa pedas dari bakmi.

Selain bakmi, Bakmi Jawa Mbah Mo juga menyediakan berbagai jenis makanan khas Jogja lainnya seperti nasi gudeg dan sate.

3. Warung Bu Ageng


Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng menjadi tempat favorit para wisatawan yang ingin mencicipi masakan tradisional khas Jogja. Lokasinya berada di sebelah utara Tugu Yogyakarta, sehingga mudah untuk ditemukan.

Makanan yang disajikan di sini memiliki cita rasa yang khas dan autentik. Beberapa menu favorit di Warung Bu Ageng antara lain nasi liwet, soto ayam, dan ayam goreng. Jangan lupa untuk mencicipi teh rosela yang sangat segar dan cocok untuk menyeimbangkan rasa dari masakan yang pedas.

Selain makanan yang enak, suasana di Warung Bu Ageng juga sangat sederhana dan tradisional, membuat pengunjung merasakan atmosfer yang lebih kental secara budaya.

Dari ketiga tempat makan tersebut, mana yang jadi favorit Anda? Yuk, jangan lewatkan keseruan wisata kuliner di Malioboro saat berkunjung ke Jogja!

Kuliner malam yang menggoda di kawasan Malioboro


Kuliner malam Jogja Malioboro

Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro? Kawasan yang terkenal dengan keramaiannya ini, merupakan destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Karena selain tempat belanja oleh-oleh, Malioboro juga terkenal sebagai kawasan kuliner malam yang menggoda. Wisata kuliner jogja malioboro akan memberikan pengalaman kuliner malam yang menggoda. Berikut ini adalah beberapa tempat kuliner malam yang wajib dicoba saat berkunjung ke Malioboro.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Ketika berkunjung ke Malioboro, Gudeg Yu Djum wajib berkunjung. Kuliner khas Jogja yang terbuat dari nangka muda ini memang selalu membuat lidah bergoyang. Gudegnya sangat empuk dan gurih, cocok dinikmati di musim hujan ataupun dingin malam hari. Tak jarang banyak wisatawan yang rela antri demi mencoba nikmatnya gudeg Yu Djum. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 14 ribu saja.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo merupakan kuliner malam Jogja yang sudah terkenal sejak lama. Bakmi yang dijual di sini sangatlah digemari. Rasa kuah dengan sentuhan rempah-rempah yang pas di lidah, membuat pengunjung ingin kembali lagi membeli. Selain bakmi, Mbah Mo juga menjual berbagai jenis makanan tradisional lainnya seperti nasi rames, sate, dan masih banyak lagi. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 15 ribu saja.

3. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Jangan sampai ketinggalan menyantap makanan di Angkringan Lik Man saat mampir ke Malioboro. Angkringan ini sangat terkenal di Jogja dan sering menjadi destinasi wisata kuliner malam yang bisa membuat lidah bergoyang. Di sini, kamu bisa menikmati makanan khas angkringan seperti nasi kucing, sate usus, tahu petis, dan beberapa santapan unik lainnya. Rasanya juga sangat lezat dan murah meriah, mulai dari Rp 1.000 saja.

4. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak

Sate Klathak Pak Pong ini termasuk kedalam wisata kuliner jogja malioboro, namun, tidak begitu banyak orang yang tahu. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, membuat pengunjung tertarik untuk mencobanya. Sate ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong tipis-tipis, kemudian dibumbui dengan rempah-rempah seperti kecap manis, bawang putih, garam, dan ketumbar. Setelah itu, daging di susun diatas besi berbentuk klathak, lalu dibakar dengan arang. Sate Klathak Pak Pong bisa dinikmati dengan nasi atau ketupat. Harganya juga sangat terjangkau, hanya Rp 20 ribu saja.

Jadi, itu dia beberapa tempat wisata kuliner jogja malioboro yang wajib dikunjungi saat malam hari. Selain harga yang terjangkau, rasanya juga sangat lezat dan bikin ketagihan.

Exploring Kuliner Sekitar Malioboro dengan Budget Terbatas


Jajanan Khas Jogja

Malioboro is undoubtedly one of the busiest tourist destinations in Yogyakarta. From the vibrant street performers, cheap souvenirs, and the street foods, it is no wonder why tourists always flock to this place. Speaking of street foods, Malioboro offers a wide array of delicious dishes that suit every budget for foodies to enjoy. Even if you are traveling on a budget, you can still experience the deliciousness of Jogja’s cuisine with reasonable prices.

Here are some of the street foods around Malioboro that you need to try:

1. Bakmi Jawa Pak Mun


Bakmi Jawa Pak Mun

If you are craving delicious, filling, and budget-friendly noodle dishes, Bakmi Jawa Pak Mun is the perfect place to go. This noodle house is located in Gang 1 of Pasar Beringharjo, right next to Malioboro’s street. You can indulge in a meal of delicious noodle dishes with an average cost of around 15,000 IDR. Bakmi Jawa Pak Mun is famous for its Javanese-style fried noodles, which are a must-try for noodle lovers.

2. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

One of the famous culinary delights in Jogja is Gudeg. Gudeg is a traditional food made from young jackfruit cooked with palm sugar, coconut milk, and various spices. Gudeg Yu Djum, located in Jalan Wijilan, offers one of the best-tasting Gudeg in Jogja. They also specialize in offering a variety of side dishes such as tofu, tempeh, and chicken. You can enjoy a plate of Gudeg with fixings for around 20,000 IDR to 35,000 IDR.

3. Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Are you craving chargrilled, juicy skewered meat? Sate Klathak Pak Pong is exactly what you need. This street food joint is located near the Vredeburg fortress, offering a variety of sate dishes, including chicken and goat meat sate. You can savor each meat skewer’s succulent taste, marinated with a unique blend of spices originating from Jogja. The prices range between 1,000 IDR to 15,000 IDR per skewer, and make sure to dip them in the peanut sauce for added flavor.

4. Kopi Jos Pak Kemat


Kopi Jos Pak Kemat

No meal is complete without a cup of coffee. However, when in Jogja, ordinary coffee won’t satisfy your taste buds. Kopi Jos Pak Kemat serves unique coffee with a twist. The coffee beans are roasted and grilled with glowing coals, making it stand out from typical coffee shops. The coffee is creamy, with a bitter note, and a flavor that stays on your taste buds long after you sip it. You can try a cup of Kopi Jos for around 5,000 IDR, a price that won’t break your budget.

5. Jenang Bu Narti


Jenang Bu Narti

If you want to end your culinary journey with a sweet touch, Jenang Bu Narti is the answer. Jenang is a traditional sweet dish served as dessert. Jenang Bu Narti offers a variety of Jenang flavors, including black rice, white sticky rice, and more. The dish is perfect for sharing and satisfying your sweet tooth for a reasonable price of around 10,000 IDR per serving. The timeless Javanese dessert is warm and filled with a sweet aroma, the perfect way to end your culinary adventure around Malioboro.

With that being said, Malioboro offers tons of culinary adventures to enhance your visit to Yogyakarta. Whether you are craving sweet or savory food, you can always explore the street foods around the area with confidence that you won’t exceed your budget. So pack your things, prepare your taste buds, and head on to experience one of Indonesia’s best culinary destinations.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button