Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner Kabupaten Sleman di Yogyakarta

Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Kota Jogja


Wisata Kuliner Jogja Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Kota Yogyakarta atau Jogja, selain dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya, juga terkenal sebagai kota kuliner. Ada berbagai macam kuliner enak yang bisa kamu temukan di sini, mulai dari makanan tradisional hingga makanan trendy yang lagi hits saat ini. Tidak hanya itu, harga makanan di Jogja juga tergolong cukup terjangkau, sehingga tidak menguras kantong saat hendak mencicipinya. Jadi, untuk kalian yang ingin wisata kuliner di Jogja, berikut adalah beberapa kuliner yang wajib dicoba.

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Bagi kamu yang ingin menikmati makanan tradisional khas Jogja, maka Gudeg adalah salah satunya. Salah satu tempat yang menjual Gudeg paling terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Makanan yang satu ini terdiri dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai campuran rempah untuk menghasilkan rasa gurih yang lezat. Selain nangka muda, Gudeg juga dilengkapi dengan beberapa sayuran dan telur sebagai pendampingnya. Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Wijilan 167 Yogyakarta ini sudah ada sejak tahun 1950-an, sehingga sudah sangat terkenal di kalangan warga Jogja maupun wisatawan.

Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng

Jika kamu ingin mencicipi makanan yang tidak jauh dari rumah, maka Warung Bu Ageng wajib kamu kunjungi. Warung Bu Ageng menyajikan menu-menu masakan khas rumahan Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan segar dan berkualitas. Tidak hanya itu, suasana di dalam warungnya juga sangat nyaman dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana. Salah satu menu yang paling direkomendasikan adalah Nasi Liwet Bu Ageng yang memiliki gurihnya nasi liwet dan asia dari campuran ayam kampung, telur, ikan teri, dan sambal khas Jogja.

Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Bagi kalian yang mencari wisata kuliner ala pemuda Jogja, maka Angkringan Lik Man adalah salah satunya. Angkringan ini menjual berbagai macam makanan kecil yang terkenal dan khas sebagai makanan ala pemuda, seperti sate usus, telor ceplok, tempe mendoan, dan dawet. Selain kuliner, suasana di Angkringan Lik Man juga sangat cocok untuk bersantai-santai bersama teman, karena kamu bisa duduk di tikar sambil mendengarkan musik live dari pemusik jalanan yang sering berkunjung di sana.

Es Pletok Pak Nano

Es Pletok Pak Nano

Jika kamu ingin mencari minuman khas Jogja yang menyegarkan, maka Es Pletok adalah minuman yang tepat. Minuman ini terbuat dari bahan-bahan herbal alami seperti temulawak, serai, dan kayu secang yang dicampur dengan gula dan garam untuk menghasilkan rasa yang gurih dan manis. Salah satu tempat yang menjual Es Pletok terbaik di Jogja adalah Es Pletok Pak Nano. Warung ES Pletok Pak Nano yang terletak di Jalan Wates KM 8,5, Giwangan ini sudah cukup terkenal sejak tahun 1977.

Mari Kulineran di Sleman


Mari Kulineran di Sleman

Bagi kamu yang tengah berada di Sleman, ada beberapa kuliner yang harus kamu coba. Salah satu kuliner yang wajib dicicipi adalah bakmi jawa. Di Sleman, kamu bisa menemukan banyak tempat yang menjual bakmi jawa. Rasanya yang gurih dan tambahan ayam atau bakso menjadi pelengkap yang sempurna. Selain bakmi jawa, jangan lupakan gudeg. Gudeg memang menjadi salah satu makanan khas Jogja. Berbeda dengan gudeg di tempat lain, gudeg di Sleman memiliki rasa yang unik dan berbeda.

Selain itu, ada juga es rujak cingur. Kuliner yang satu ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang. Tetapi, es rujak cingur menjadi makanan yang banyak dicari di Sleman. Cingur sendiri adalah potongan hidung sapi. Rasa dari es rujak cingur adalah perpaduan antara manis, asam, dan pedas. Rasanya yang berbeda memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Selain itu, jangan lupakan juga nasi kucing yang bisa kamu temukan di banyak tempat di Sleman. Nasi kucing adalah makanan kecil yang banyak dijadikan camilan. Ada banyak pilihan lauk-pauk yang bisa kamu pilih di atas nasi kucing tersebut.

Tidak hanya itu, ada juga bakpia yang bisa kamu temukan di Sleman. Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari adonan kacang hijau. Rasa manis dari kacang hijau ini cocok dijadikan lauk pauk saat berkumpul dengan teman-teman atau keluarga. Terakhir, jangan lupakan juga sate klathak. Sate klathak sebenarnya sama dengan sate pada umumnya. Yang membedakan adalah daging yang digunakan lebih empuk dan rasanya lebih gurih. Sate klathak ini bisa kamu temukan di banyak tempat di Sleman.

Surga Rasa Kuliner di Yogyakarta


Surga Rasa Kuliner di Yogyakarta

Yogyakarta memang dijuluki sebagai kota gudeg. Namun, kuliner di Jogja tidak hanya sebatas gudeg saja. Ada banyak jenis kuliner yang beragam dan bisa kamu coba. Satu di antaranya adalah nasi kucing. Nasi kucing sendiri merupakan makanan khas Yogyakarta. Walaupun ukurannya kecil, tetapi sensasi rasanya yang beragam mampu memikat lidah para pencintanya.

Kemudian, jangan lupakan juga mie ayam. Mie ayam bisa kamu temukan di banyak tempat di Jogja. Ada beberapa tempat yang menjual mie ayam dengan ciri khas masing-masing. Rasanya yang gurih dan segar membuat mie ayam menjadi pilihan yang pas saat bingung memilih makanan.

Selain itu, ada juga bakso. Bakso menjadi makanan yang paling banyak dicari saat malam tiba. Ada banyak tempat yang menjual bakso malam yang enak dan murah di Jogja. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan nasi goreng yang pas di lidah di Jogja. Ada banyak variasi nasi goreng yang bisa kamu coba. Cobain deh nasi goreng belut yang ada di kawasan Tugu Jogja. Rasanya yang lezat bisa membuat kamu ketagihan.

Jangan lupakan juga wedang ronde. Wedang ronde sendiri terdiri dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disiram kuah jahe yang kental. Rasanya yang hangat dan manis mampu membuat badan kamu terasa lebih hangat dan nyaman. Kamu bisa menemukan wedang ronde ini di banyak tempat di Jogja. Terakhir, jangan lupakan juga sate. Sate Ayam Gondokusuman merupakan sate khas Jogja. Rasanya yang gurih dan empuk membuat sate ini menjadi salah satu kuliner wajib yang harus kamu coba.

1. Menikmati Sate Klathak di Kabupaten Sleman


Sate Klathak Jogja

Kabupaten Sleman memang menjadi salah satu destinasi kuliner di Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan adalah Sate Klathak. Sate Klathak berbeda dengan sate pada umumnya. Sate ini dibuat dari daging kambing yang diberi bumbu khas seperti kecap, bawang putih, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Kemudian, daging kambing akan disusun pada tusuk sate yang berupa tulang kambing.

Proses pembuatan sate ini cukup unik, yaitu dengan dibakar di atas gentong tanah liat yang sudah dipanasi dengan kayu bakar. Gentong yang menjadi wadah sate tersebut merupakan pusat panas yang membuat sate matang dengan cepat dan tetap empuk.

2. Nikmati Gudeg yang Legendaris di Istemewa Yogyakarta


Gudeg Jogja

Gudeg adalah kuliner khas Yogyakarta yang sangat lezat. Gudeg merupakan masakan dari nangka muda dan dimasak dengan santan dan berbagai bumbu rempah lainnya. Gudeg biasanya disajikan dengan telur, ayam, serta kerupuk.

Salah satu tempat untuk menikmati gudeg yang legendaris di Yogyakarta adalah Gudeg Yu Djum. Warung makan ini sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Rasa gudeg di warung makan ini sudah sangat terkenal di Yogya dan bahkan pengunjung dari luar kota pasti mencoba makanan ini ketika berkunjung ke Yogya.

3. Rasakan Kelezatan Bakpia yang Gurih dan Manis di Sleman


Bakpia Sleman

Bakpia merupakan camilan khas Yogyakarta yang sangat terkenal. Bakpia Sleman diproduksi dari tepung terigu yang dibentuk bulat dan di dalamnya diisi dengan kacang hijau. Bakpia yang populer biasanya terdiri dari dua macam rasa, yaitu kacang hijau dan kacang hijau keju.

Ada banyak toko bakpia di Jogja tapi yang paling terkenal dan paling enak adalah Bakpia Kurnia Sari. Toko ini sangat terkenal hingga sering kali dikunjungi oleh artis dan pejabat tinggi. Bakpia Kurnia Sari terkenal dengan citarasa kacang hijau dan keju yang gurih dan manis. Bayangkan, di dalam satu bungkus bakpia ini, terdapat 14 potong bakpia! Pastinya akan membuat selera makan kalian bertambah.

4. Lekas Digoyang dengan Kopi Joss di Umbulharjo


Kopi joss yogyakarta

Kopi Joss adalah minuman khas Yogyakarta yang sangat unik. Kopi ini memiliki keunikan pada saat pengolahannya. Kopi Joss dibuat dengan mencampurkan bubuk kopi, gula, dan arang. Yup, arang! Arang tersebut kemudian dicelupkan ke dalam cangkir kopi yang telah disajikan dan digoyang-goyangkan hingga mengeluarkan suara yang khas “Joss”.

Salah satu tempat yang sangat terkenal dengan kopi joss adalah Angkringan Kopi Joss Pak Agus di Jalan Wongsodirjan. Angkringan ini menjadi tempat wajib bagi para penggemar kopi joss dan pada malam hari angkringan ini selalu ramai.

Warung Makan Murah Meriah yang Populer di Daerah Istimewa Yogyakarta


Jogjanese Cuisine

Jogja merupakan surganya wisata kuliner. Setiap sudut kota yang dikunjungi akan selalu memiliki daya tarik kuliner tersendiri. Salah satunya adalah di Kabupaten Sleman. Ada banyak sekali warung makan murah meriah di daerah ini yang harus dicoba. Berikut ini beberapa di antaranya yang populer:

1. Warung Sego Kucing Suka-Rasa


Warung Sego Kucing Sleman

Warung Sego Kucing Suka-Rasa terletak di Jalan Candi Gebang, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Seperti namanya, warung ini dihiasi dengan aneka “sego kucing” atau nasi yang diatur kecil-kecil dalam piring saji. Biasanya pengunjung harus memesan minimal 5 piring sego kucing dan memilih lauk pauknya. Rasanya yang enak, harga yang murah, serta tempatnya yang unik, membuat warung ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Warung Tamanan


Warung Tamanan Sleman

Warung Tamanan terletak di Jalan Magelang Km 6 Depok, Sleman, Yogyakarta. Warung ini menjadi tempat nongkrong yang hits bagi para pelajar dan mahasiswa karena makanan yang dihidangkan sangat murah, tetapi tidak murahan. Ada banyak jenis makanan yang dapat dijadikan pilihan, mulai dari nasi goreng, mie goreng, sate, hingga sop, semuanya dibanderol dengan harga terjangkau.

3. Warung Steak Mbah Jingkrak


Warung Steak Mbah Jingkrak Sleman

Warung Steak Mbah Jingkrak terletak Jl. Magelang Km 4,5 Kridosono, Sleman, Yogyakarta. Warung ini sudah terkenal sejak lama dengan sajian olahan daging sapi yang enak. Mbah Jingkrak menawarkan steak dengan daging sapi pilihan, disajikan dengan saus dan bumbu yang khas. Rasanya empuk dan nikmat, cocok untuk memuaskan selera pengunjung yang mencari kuliner yang unik dan berbeda.

4. Warung Ayam Goreng Mbok Giyem


Ayam Goreng Mbok Giyem Sleman

Warung Ayam Goreng Mbok Giyem terletak di Pingit, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini menawarkan pilihan menu utama ayam goreng lengkap dengan sambal yang menggoda selera, nasi putih, dan sayuran mentah. Resep rahasia dan teknik memasak ayam Mbok Giyem telah melegenda, yang membuat cita rasa ayam gorengnya sulit untuk ditandingi oleh tempat makan lain. Belum lagi harganya yang cukup terjangkau.

Sekian beberapa pilihan warung makan murah meriah yang populer di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan ragu untuk mencoba masakan daerah ini ketika mengunjungi Yogyakarta.

Sajian Kuliner yang Bisa Ditemukan di Pasar Tradisional Yogyakarta


Sajian Kuliner Pasar Tradisional Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi kuliner paling populer di Indonesia, terutama di kota Sleman. Kabupaten Sleman yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan banyaknya kuliner tradisional khas yang bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional. Berikut adalah daftar beberapa sajian kuliner yang bisa ditemukan di pasar tradisional Sleman.

1. Gudeg


Gudeg

Salah satu kuliner khas Jogja yang terkenal hingga mancanegara adalah gudeg. Gudeg merupakan kuliner yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah dan santan. Gudeg bisa kita temukan di banyak tempat, salah satunya di pasar tradisional Sleman. Ada beberapa warung yang menyajikan gudeg dengan topping yang berbeda-beda, seperti telur, ayam, dan sambal goreng krecek. Harga gudeg di pasar tradisional lebih terjangkau dibandingkan dengan di tempat-tempat wisata tertentu.

2. Bakpia


Bakpia

Bakpia merupakan kue yang terbuat dari campuran kacang hijau, gula, dan tepung terigu yang dibungkus dengan kulit yang tipis dan renyah. Bakpia menjadi oleh-oleh khas dari Jogja dan menjadi salah satu kuliner wajib yang harus dicoba ketika berkunjung ke sana. Bakpia bisa kita temukan di banyak tempat, tapi jika ingin mencari varian rasa yang berbeda, pengunjung bisa mencoba mencari di pasar tradisional Sleman. Ada banyak sekali varian rasa bakpia yang bisa kita temukan di sana, seperti rasa coklat, kopi, keju, dan masih banyak lagi.

3. Sate Klathak


Sate Klathak

Sate Klathak adalah salah satu sajian kuliner tradisional dari Sleman. Sate ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dicampur dengan bumbu rempah dan garam yang kemudian dipanggang di atas arang. Cara penyajiannya yang berbeda dengan sate kebanyakan (sate Klathak dihidangkan tanpa tusuk sate) membuat sate ini semakin terkenal dan menjadi primadona di Sleman. Sate Klathak bisa kita temukan di pasar tradisional Sleman dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Soto Klenger


Soto Klenger

Soto Klenger menjadi salah satu kuliner yang juga sangat terkenal di Sleman, Yogyakarta. Secara penampilan, soto Klenger cukup berbeda dengan soto biasanya. Soto ini terlihat lebih ‘berantakan’ karena biasanya disajikan dengan daging, isian telur pindang, kubis, toge, dan lontong, semuanya dicampur hingga terlihat sedikit acak-acakan. Namun, rasanya sangat nikmat terutama jika disajikan dengan sambal yang pedas. Soto Klenger bisa kita temukan di banyak warung-warung di pasar tradisional Sleman.

5. Tempe Mendoan


Tempe Mendoan

Tempe mendoan adalah kuliner khas yang juga terkenal di Yogyakarta. Tempe mendoan terbuat dari tempe yang dicampur dengan tepung dan bumbu yang kemudian digoreng. Keunikan dari tempe mendoan adalah teksturnya yang renyah di luar tapi lembut di dalam, serta rasanya yang sangat gurih dan renyah. Kita bisa menemukan tempe mendoan di banyak tempat, tapi jika ingin mencari varian rasa yang berbeda, kita bisa mencari di pasar tradisional Sleman karena ada beberapa toko yang menyajikan tempe mendoan dengan topping berbeda-beda, seperti keju, saus, sambal, dan lain-lain. Harga tempe mendoan di pasar tradisional Sleman sangat terjangkau, jadi kita bisa mencoba banyak varian rasa tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam.

Itu tadi daftar beberapa sajian kuliner yang bisa ditemukan di pasar tradisional Sleman, Yogyakarta. Selain harga yang sangat terjangkau, sajian-sajian ini tentunya juga memiliki citarasa yang tidak bisa kita temukan di tempat lain. Jangan lupa mencoba semua sajian yang ada ketika berkunjung ke Jogja, karena setiap kuliner memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda-beda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button