Kuliner

Menikmati Kuliner Lezat di Sekitar Malioboro, Jogja

Makanan Khas Yogyakarta di Sekitar Malioboro


wisata kuliner jogja dekat malioboro

Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan wisata kuliner khasnya. Banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta untuk mencicipi makanan khas yang dapat ditemukan di berbagai tempat, terutama di sekitar Malioboro. Ada banyak sekali pilihan hidangan lezat yang dapat dinikmati di sini.

Salah satu hidangan yang wajib dicicipi adalah Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam waktu yang lama dengan bumbu rempah yang khas seperti daun salam, lengkuas, dan santan. Rasanya manis dan gurih, cocok disajikan dengan nasi dan lauk pauk seperti ayam goreng atau telur bacem. Ada banyak warung gudeg yang dapat ditemukan di sekitar Malioboro dan harganya pun terjangkau.

Selain Gudeg, ada juga Bakmi Jawa yang juga menjadi hidangan khas Yogyakarta. Bakmi Jawa terbuat dari mie tebal dengan bumbu kacang yang sangat gurih. Biasanya ditambahkan dengan irisan daging ayam, tauge dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Bakmi Jawa ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan sarapan karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah.

Bagi pecinta masakan pedas, Ayam Goreng Kalasan bisa menjadi pilihan makanan yang pas. Ayam goreng merebus dengan bumbu rempah-rempah yang kaya akan rempah seperti serai, ketumbar, dan jahe sehingga memberikan aroma yang khas. Kemudian, ayam digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan dan terlihat renyah. Ayam goreng kalasan biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan sayur asam.

Selain hidangan utama, jangan lupa mencicipi jajanan tradisional Yogyakarta seperti Jadah Tempe yang terbuat dari ketan putih dan diisi dengan irisan tempe. Jadah Tempe ini biasanya dijual di pasar tradisional Yogyakarta dan harganya sangat terjangkau. Ada juga Wedang Ronde, minuman tradisional yang terbuat dari bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disajikan dengan kuah jahe yang hangat.

Terakhir, ada juga Sate Klathak yang juga menjadi hidangan khas Yogyakarta. Sate Klathak berasal dari daerah Wonosari dan terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk pada tusukan bambu. Sate Klathak biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kaya akan rempah yang disiram pada sate. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai hidangan makan malam.

Demikianlah beberapa hidangan khas Yogyakarta yang dapat dinikmati di sekitar Malioboro. Harga dari makanan-makanan tersebut juga cukup terjangkau dan cocok bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Selamat menikmati kuliner khas Yogyakarta!

Sensasi Kuliner Malam di Kawasan Malioboro


malam kuliner jogja dekat malioboro

Malam hari di kawasan Malioboro sangat ramai dan bersemangat. Selain wisata malam dan belanja, kuliner malam di sini menjadi pilihan menarik untuk mengisi perut dan merasakan sensasi makanan yang lezat. Menjelang malam, banyak warung makanan yang buka di sepanjang kawasan Malioboro, dari yang khas hingga internasional.

malam kuliner jogja dekat malioboro

Salah satu kuliner malam paling populer di kawasan ini adalah angkringan. Anda dapat melihat deretan meja dan kursi di sepanjang jalan Malioboro serta orang-orang yang menikmati kuliner malam ini dengan penuh antusias. Angkringan menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman yang nikmat dengan harga yang terjangkau, mulai dari nasi kucing, sate kambing, telur asin, hingga tahu bacem. Anda bisa memilih sendiri menu yang ingin dicicipi dan menikmatinya di tengah suasana yang ramah dan penuh semangat.

warung jogja dekat malioboro

Di sepanjang jalan Malioboro, Anda juga dapat menemukan banyak warung makanan tradisional Jogja. Salah satunya adalah Gudeg Mbah Lindu yang terletak dekat dengan Stasiun Tugu Jogja. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun, warung ini menjadi salah satu tempat kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Jogja. Menawarkan gudeg dengan cita rasa yang khas dan unik dengan harga yang terjangkau.

gudeg kering Malioboro

Tidak hanya Gudeg Mbah Lindu yang menyajikan gudeg, namun di Malioboro terdapat beberapa pilihan gudeg kering maupun basah dengan cita rasa yang berbeda-beda. Seperti halnya Gudeg Pawon yang terkenal dengan sensasi kuliner yang sangat unik. Warung ini cukup diminati karena pengalaman menikmati gudeg dengan sensasi langsung dari dapur menuju meja. Pengunjung dapat melihat langsung pembuatan gudeg yang sangat menarik dan dipesan dalam porsi kecil, sedang dan besar.

lesehan jogja dekat malioboro

Selain angkringan, kuliner malam lain yang menjadi favorit adalah lesehan makanan tradisional Jogja. Seperti halnya Warung Leko yang menawarkan berbagai menu kuliner seperti sate ayam, sate kambing dan sosis solo. Warung ini memiliki beberapa cabang yang tersebar di area Malioboro, sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Lesehan di tempat ini sangat nyaman dan menenangkan, cocok untuk menghilangkan lelah setelah berkeliling Malioboro sepanjang hari.

nasi lemak jogja dekat malioboro

Kuliner lainnya adalah nasi lemak yang juga mulai menarik perhatian para pelancong. Warung Nasi Lemak Pak Kasim menjadi salah satu tempat kuliner yang cukup populer. Menawarkan sajian nasi lemak lengkap dengan ayam goreng, telur dadar, kacang, dan sambal dengan harga yang cukup terjangkau. Nasi lemak yang disajikan dengan aroma pandan yang khas, membuat sensasi kuliner yang tak terlupakan.

Nah, itulah sensasi kuliner malam yang dapat Anda nikmati di kawasan Malioboro. Jangan lupa untuk mencoba dan menikmati menu-menu kuliner yang lezat di sini. Selamat mencoba dan menikmati!

Kuliner Hemat Meriah di Jogja Dekat Malioboro


Wedang Ronde Jogja Dekat Malioboro

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang kaya akan budaya dan kuliner. Salah satu tempat kuliner yang terkenal adalah dekat Malioboro. Berikut beberapa pilihan kuliner hemat meriah di Jogja dekat Malioboro yang dapat memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

1. Gudeg Pawon


Gudeg Pawon Jogja

Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta yang wajib dicoba. Salah satu tempat terkenal yang menyajikan gudeg adalah Gudeg Pawon. Tempat ini punya ciri khas di mana pengunjung memesan kerupuk sebagai tanda telah memesan. Selain itu, tempat ini menggunakan alas daun pisang dan wadah dari tanah liat untuk menyajikan gudeg. Rasanya yang gurih dan manis dengan tekstur yang lembut sangat cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp 10 ribuan per porsi.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo


Bakmi Jawa Mbah Mo Jogja

Bakmi Jawa adalah salah satu menu kuliner yang menjadi favorit masyarakat Yogyakarta. Di Jogja dekat Malioboro, ada tempat makan legendaris bernama Bakmi Jawa Mbah Mo yang sudah berdiri sejak tahun 1946. Kuliner yang satu ini memiliki ciri khas adanya kerupuk udang yang membuat rasa bakmi semakin nikmat. Bakmi Jawa Mbah Mo juga menjual menu-menu lain seperti nasi goreng, mi goreng, dan masih banyak lagi dengan harga mulai dari Rp 7 ribuan per porsi.

3. Wedang Ronde Bakmi Karang


Wedang Ronde Bakmi Karang Jogja

Jika kamu ingin mencicipi kedua kuliner sekaligus, datanglah ke Wedang Ronde Bakmi Karang yang terletak di Jl. Pasar Kembang No. 17. Tempat kuliner Jogja dekat Malioboro yang satu ini menyajikan wedang ronde dengan rasa yang nikmat dan bergizi. Selain itu, Bakmi Karang yang berada di dekatnya juga memiliki rasa yang lezat dan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan seporsi Bakmi Karang mulai dari Rp 8 ribuan. Satu porsi wedang ronde seharga Rp 5 ribuan.

Itulah beberapa referensi kuliner hemat meriah di Jogja dekat Malioboro yang bisa dicoba. Selain itu, tempat-tempat kuliner di Jogja juga sering menjadi tempat berkumpul dan bersantai bersama teman-teman. Bagi kamu yang sedang berwisata ke Jogja, jangan lupa mencoba kuliner-kuliner tradisional yang menggugah selera.

Jajanan Legendaris di Sekitar Malioboro


Gudeg Jogja

Malioboro memang tak pernah sepi, tapi bukan hanya wisata perbelanjaan yang bisa kamu dapat di sana. Di sekitar area, ada banyak kuliner lezat yang layak kamu coba, salah satunya adalah jajanan legendaris yang akan kita bahas berikut ini.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Bagi pecinta kuliner, nama Gudeg Yu Djum sudah tak asing lagi. Kuliner legendaris ini berada di Jalan Wijilan No.1, Wijilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terkenal dengan rasanya yang enak dan aromanya yang menggugah selera, gudeg Yu Djum selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung dari luar kota atau bahkan luar negeri.

Bu Yu Djum sendiri mengaku telah memulai usaha kuliner ini dari tahun 1957, dan hingga saat ini usahanya masih berjalan dengan sukses. Menu yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari gudeg basah, gudeg telur, dan lain sebagainya. Tertarik mencobanya?

2. Angkringan Tugu


Angkringan Tugu

Angkringan adalah salah satu kuliner khas daerah, bahkan di beberapa daerah barat hingga timur Indonesia sudah banyak yang berlomba-lomba memasak dan menjajakan angkringan ini.

Di Jogja, salah satu angkringan yang legendaris adalah Angkringan Tugu, terletak di Jl. Diponegoro No.99, Tugu, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari waktu ke waktu, angkringan Tugu selalu menjadi tempat favorit penikmat jajanan khas Jogja, mulai dari nasi kucing, sate usus, hingga bir pletok, kamu bisa menemukannya di sini.

3. Bakmi Jawa Gajah Mada


Bakmi Jawa Gajah Mada

Bakmi Jawa adalah salah satu kuliner yang juga tak kalah populer di Jogja. Bila kamu mencari referensi sesuai tema artikel ini, maka Bakmi Jawa Gajah Mada bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak di Jl. Gajah Mada No.14, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Banyak masyarakat lama Jogja yang mengaku bahwa mereka pernah makan di sini dan rasanya masih sama dengan yang dulu.

Menu yang ditawarkan di sini pun tak berbeda jauh dengan yang lain, seperti bakmi jawa kuah, soto ayam, mie goreng, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menikmati suasana retro Jogja yang kental di tempat ini, mulai dari meja, kursi, hingga sajian makanan yang berada di atas piring dan nampan vintage.

4. Es Krim Gadjah


Es Krim Gadjah

Suasana Jogja memang tak lengkap jika belum menemukan tempat jual es krim yang kenyal dan lezat. Salah satunya adalah Es Krim Gadjah. Dengan cabang tersebar di beberapa tempat, salah satu yang populer adalah cabang di Jl. Parsiyan No.36, Pasar Kembang, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Es krim yang ditawarkan pun sangat variatif, mulai dari es krim vanila, coklat, stroberi, mangga, hingga durian. Sajian ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga setelah puas berkeliling Malioboro atau selesai berbelanja di pasar tradisional Yogyakarta.

Itulah beberapa jajanan legendaris yang bisa kamu temukan di sekitar Malioboro. Jangan ragu untuk mencoba, siapa tahu kuliner tersebut menjadi favoritmu selanjutnya.

Warung Makan Wajib di Jogja Dekat Malioboro


Wisata Kuliner Jogja Dekat Malioboro

Kuliner di Jogja memang sangat terkenal, terutama yang berada di dekat Malioboro. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai warung makan yang berkualitas, dengan harga terjangkau dan cita rasa yang lezat. Namun, tidak semua warung makan di Jogja bisa menjadi warung makan wajib. Kami akan memberikan daftar lima warung makan wajib di Jogja dekat Malioboro yang patut Anda coba saat mengunjungi tempat ini.

Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Didirikan pada tahun 1957, warung makan Gudeg Yu Djum menjadi warung makan wajib di Jogja dekat Malioboro yang sangat popular di masyarakat lokal maupun wisatawan. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda. Memiliki rasa yang sangat gurih dan manis, sangat cocok disantap dengan nasi dan lauk pauk lainnya. Di Gudeg Yu Djum, Anda akan menemukan gudeg yang lezat dengan cita rasa khas.

Angkringan Lik Man


Angkringan Lik Man

Angkringan adalah warung makan kecil yang populer di Jogja, dengan meja yang rendah dan biasanya terbuat dari bambu. Warung makan ini sudah menjadi bagian dari budaya Jogja, dan menjadi tempat yang populer untuk berkumpul dan makan malam bersama teman-teman. Angkringan Lik Man sangat terkenal dengan menu nasi kucing nya, yakni nasi kecil yang disajikan dengan lauk pauk kecil. Anda dapat memilih lauk pauk sesuai dengan selera Anda. Selain itu, Angkringan Lik Man juga menyediakan teh poci panas yang sangat nikmat.

Bakmi Jowo Mbah Gito


Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo adalah salah satu makanan khas Jogja yang sangat terkenal. Sama seperti gudeg, bakmi Jowo juga memiliki cita rasa yang khas. Bakmi Jowo Mbah Gito adalah salah satu dari sekian banyak warung makan yang menyediakan bakmi Jowo dengan cita rasa yang nikmat. Jangan lupa untuk mencoba lauk pauk yang lainnya seperti sate kelinci, mangut ikan atau nasi kucing.

Warung Makan Bu Tjitro


Warung Makan Bu Tjitro

Warung Makan Bu Tjitro menjadi salah satu warung makan wajib di Jogja dekat Malioboro yang menawarkan ragam kuliner tradisional Jawa. Dari nasi pecel hingga nasi campur, Anda akan menemukan hidangan yang nikmat dan lezat. Satu menu yang sangat direkomendasikan adalah nasi pecelnya yang dihidangkan dengan sayuran segar dan sambal khas Jawa.

Brekecek Khas Mbah Karto


Brekecek Khas Mbah Karto

Brekecek adalah masakan laut tradisional dari Jogja. Terbuat dari ikan, bumbu khas Jawa dan sayur-sayuran yang segar, masakan ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan nikmat. Brekecek Khas Mbah Karto adalah salah satu warung makan wajib di Jogja yang menyajikan hidangan ini dengan sangat lezat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi masakan laut yang lembut dan gurih ini.

Itulah daftar warung makan wajib yang harus Anda coba saat berkunjung ke Jogja dekat Malioboro. Semua warung makan tersebut memiliki cita rasa yang khas dan menyajikan hidangan yang nikmat. Semoga daftar ini dapat membantu Anda menemukan warung makan yang sesuai dengan selera Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button