Kuliner

Menikmati Wisata Kuliner Jogja Tahun 2023: Sebuah Petualangan Kuliner Yang Tak Terlupakan

Rekomendasi Kuliner Wajib di Jogja Tahun 2023


Makanan Khas Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan candi-candi peninggalan kerajaan, melainkan juga dengan kuliner khasnya yang lezat. Tahun 2023 akan menjadi waktu yang tepat bagi para wisatawan untuk mengeksplor lebih jauh tentang kuliner Jogja yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Oleh karena itu, kami telah merangkum rekomendasi kuliner wajib yang harus Anda coba saat berkunjung ke Jogja pada tahun 2023.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Siapa yang tidak kenal dengan gudeg, makanan khas Jogja yang satu ini. Salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk mencari gudeg yang enak dan legit adalah Gudeg Yu Djum. Selain citarasa yang enak dan bumbu yang khas, gudeg Yu Djum juga menyediakan tempat makan yang nyaman dan bersih. Menu andalan dari tempat ini adalah gudeg manggar dan babat gudeg yang tentunya sangat lezat dan menjadi buruan banyak orang.

2. Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo Mbah Gito

Satu lagi tempat makan yang wajib dikunjungi saat mengunjungi Jogja adalah Bakmi Jowo Mbah Gito. Terkenal dengan olahan bakmi jowonya yang lezat dan empuk, tempat makan ini menjadi salah satu kuliner yang menjadi buruan para wisatawan. Harga yang murah meriah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar kuliner.

3. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jogja. Sate Klathak menjadi salah satu kuliner khas yang wajib dicoba saat mengunjungi Jogja. Sate Klathak Pak Pong adalah salah satu tempat makan yang terkenal dengan sate klathaknya yang enak dan lezat. Tempatnya yang bersih dan ramai menjadi salah satu daya tarik dari tempat makan ini.

4. Ayam Goreng Malioboro Bu Narti

Ayam Goreng Malioboro Bu Narti

Ayam goreng bukanlah makanan yang asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, ayam goreng Bu Narti adalah makanan khas Jogja yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Jogja. Ayam goreng yang diolah dengan bumbu khas Jawa dan di goreng dengan minyak kelapa membuat ayam goreng Bu Narti menjadi sangat lezat dan menjadi kuliner wajib bagi para wisatawan.

5. Es Krim Pak Dwi

Es Krim Pak Dwi

Saat udara di Jogja sedang panas-panasnya, sebuah tempat makan yang wajib dikunjungi adalah Es Krim Pak Dwi. Tempat ini menyediakan berbagai macam es krim dengan rasa yang unik dan lezat. Dari es krim durian, jackfruit, kelapa muda, dan strawberry menjadi menu favorit di tempat ini. Harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri di tempat makan es krim ini.

Kesimpulannya, kedatangan Anda ke Jogja pada tahun 2023 tidak lengkap jika Anda belum mencoba kuliner khasnya. Rekomendasi kuliner wajib yang dapat Anda jadikan sebagai referensi selama berlibur di Jogja adalah Gudeg Yu Djum, Bakmi Jowo Mbah Gito, Sate Klathak Pak Pong, Ayam Goreng Malioboro Bu Narti, dan Es Krim Pak Dwi. Pastikan untuk mencicipi makanan khas Jogja ini dan mengabadikan momen makan di tempat-tempat yang direkomendasikan di atas.

Kuliner Tradisional Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Gudeg Jogja

Mendengar nama Jogja, yang terlintas di benak kita pasti wisata kuliner yang jadi keunggulan kota ini. Kuliner khas Jogja tidak hanya lezat namun juga begitu unik. Berikut adalah beberapa kuliner tradisional Jogja yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Gudeg.

1. Gudeg

Cara membuat Gudeg

Gudeg adalah simbol kulinernya Jogja, ia merupakan masakan tradisional yang menggunakan nangka muda sebagai bahan utama. Gudeg disajikan dengan nasi serta lauk lain seperti opor ayam dan telur. Tak sulit untuk mencari Gudeg di berbagai sudut kota Jogja, namun untuk mencari yang enak dan khas tentu harus dicari dengan teliti.

2. Bakmi

Bakmi Jogja

Siapa yang tidak suka mie? Kuliner khas Jogja yang satu ini memang tidak sepopuler Gudeg, tapi rasanya tidak kalah nikmat. Bakmi Jogja menggunakan mie kuning yang lebih lebar dari mie instan. Mie tersebut akan dicampur dengan bumbu yang terdiri dari saus kecap, minyak wijen, bawang putih dan ebi. Tak lupa, potongan ayam, bakso, pangsit dan sawi akan menambah cita rasa dari Bakmi Jogja. Bakmi tersebut biasanya disajikan dengan kuah gulai kikil Jawa, namun jika Anda tidak suka kuah kikil, bisa memesan tampa kuah.

3. Jadah Tempe

Jadah Tempe

Jadah Tempe merupakan makanan khas dari Jogja yang belakangan ini banyak bermunculan di beberapa restoran dan warung makan. Jadah Tempe merupakan sejenis makanan ringan yang terdiri dari nasi ketan dan tempe. Nasi ketan ini dibungkus dengan daun pisang, dan nantinya akan diisi dengan tempe yang telah dilumatkan dan dibumbui. Jadah Tempe ini sangat pas untuk cemilan, karena rasanya unik dan gurih.

Baca Juga :   Kuliner Jogja yang Patut Dicoba

4. Wedang Ronde

Wedang Ronde

Wedang Ronde biasanya sering dijual saat terjadi perayaan-perayaan tertentu seperti pada acara syukuran, pernikahan maupun saat menyambut malam tahun baru. Wedang Ronde ini terbuat dari beberapa bahan yaitu, tepung kelapa, biji wijen, myangka, kacang tanah dan kolang kaling. Wedang Ronde ini bisa dihidangkan dalam keadaan hangat disajikan dengan potongan pisang atau ketela rebus yang manis. Wedang Ronde mudah ditemukan di Jogja, baik di penginapan, warung makan atau jajanan kaki lima.

5. Soto

Soto

Soto sama dengan Bakmi Jogja, sangat mudah ditemui di Jogja, namun sulit untuk menemukan yang memiliki rasa yang pas. Soto yang dijual di Jogja terdiri dari kuah bening, potongan ayam dan telur rebus. Ia juga disajikan dengan perkedel, tauge, tomat dan kerupuk. Soto adalah makanan yang jadi favorit banyak orang, terutama pada saat musim hujan atau ketika mengalami flu.

Nah, itulah beberapa kuliner tradisional Jogja yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Gudeg. Selamat mencoba!

Kuliner Kekinian Jogja yang Jadi Tren Tahun 2023


Sate Klathak

Jogja selalu menjadi destinasi wisata kuliner yang tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya menyajikan makanan tradisional, tapi Jogja juga terkenal akan kuliner modern yang kekinian serta nikmat di lidah. Nah, berikut beberapa makanan kekinian Jogja yang akan menjadi tren tahun 2023.

Sate Klathak


Sate Klathak

Sate Klathak adalah variasi sate kambing yang kini tengah menjadi favorit di Jogja, bahkan hampir di seluruh Indonesia. Sate Klathak terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan dibakar dengan terasi. Keistimewaan dari sate Klathak adalah bumbu kacang yang pedas dan cukup kental dengan irisan bawang goreng dan mentimun sebagai pelengkapnya. Rasanya yang kuat serta cita rasa asap dari kayu bakar yang digunakan dalam pembuatan sate menjadi salah satu kelebihannya.

Rekomendasi tempat makan yang menyajikan sate klathak di Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong yang berada di Jalan Pakem Turi, Sleman, dan Sate Klathak Pak Man yang berada di Jalan C. Simanjuntak, Yogyakarta.

Tahu Gimbal


Tahu Gimbal

Tahu Gimbal adalah makanan kekinian Jogja yang terdiri dari tahu goreng, parutan lobak merah, dan mie kuning sebagai bahan utama yang disajikan dalam mangkuk. Lalu ditambahkan kuah kental dari bumbu kacang yang kaya rempah. Tak lupa tambahan sambal dan kerupuk sebagai pelengkap. Tahu Gimbal sangat cocok dengan lidah orang Jawa yang doyan makanan dengan cita rasa asin dan sedikit pedas.

Rekomendasi tempat makan yang menyajikan Tahu Gimbal di Jogja antara lain Tahu Gimbal Mbak Tum yang berada di Jalan Dharmawangsa, Tugu, dan Warung Tahu Gimbal Mlieh yang berada di Jalan Abu Bakar Ali, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Pempek Jogja


Pempek Jogja

Pempek Jogja adalah salah satu makanan kekinian yang paling di gemari oleh wisatawan maupun warga Jogja sendiri. Terbuat dari ikan tenggiri yang diaduk dengan tepung sagu dan bahan lain, lalu dicetak kecil-kecil dan digoreng dalam minyak panas. Kemudian disajikan dengan kuah cuka yang pedas dan gurih.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak warung Pempek Jogja yang bermunculan di kota Jogja. Namun beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan Pempek Jogja di Jogja antara lain Pempek Putri yang berada di Jalan Krasak Selatan, dan Pempek Boy yang berada di Jalan AM Sangaji.

Tempat Makan Instagramable dan Unik di Jogja


Wisata Kuliner Jogja

Kota Jogja selalu menjadi magnet bagi para pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Terlebih lagi, Jogja memiliki ragam kuliner yang dapat memanjakan lidah para pengunjung. Tempat makan yang Instagramable dan unik menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, disamping selera makanan yang enak dan harga yang terjangkau. Di bawah ini adalah beberapa tempat makan yang Instagramable dan unik di Jogja yang wajib Anda kunjungi pada saat liburan ke Jogja.

1. Kedai Hj. RASINDO Restaurant, Jalan Wates

Kedai Hj. RASINDO Restaurant

Kedai Hj. RASINDO Restaurant adalah salah satu tempat makan yang ampuh untuk mempamper lidah Anda dengan makanan khas Jogja. Tempat makan yang biasanya ramai pengunjung ini menyajikan berbagai macam menu seperti Ayam Bakar, Sop Buntut hingga Nasi Goreng Gila. Tidak hanya itu, Kedai Hj. RASINDO Restaurant juga memberikan nuansa khas Jogja dengan interior yang sederhana dan tempat makan yang unik. Tidak perlu khawatir soal harga, disini Anda akan merasakan kenyamanan dan juga harga yang terjangkau.

2. Jejamuran Resto, Jl. Magelang Km 12.5

Jejamuran Resto

Jejamuran Resto menyajikan hidangan yang mengutamak bahan dasar jamur. Terletak di kawasan dataran tinggi yang sejuk dan nyaman, tempat makan yang cocok untuk acara makan bersama keluarga ini memiliki interior yang Instagramable dengan nuansa kayu dan elemen retro yang kental. Anda akan merasa terkesan sejak pertama kali memasuki tempat makan ini. Soal rasa, Jejamuran Resto menggunakan bahan jamur organik sendiri yang melimpah sehingga membuat cita rasa hidangan menjadi lebih enak dan alami. Sangat disarankan bagi para vegetarian untuk mencicipi berbagai macam menu yang ada di Jejamuran Resto. Menu andalan mereka adalah aneka olahan jamur seperti Jamur Crispy, Jamur Tiram Goreng, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Enaknya Kuliner Malam di Jogja

3. Tiga Tjeret, Jalan Adi Sucipto

Tiga Tjeret

Bagi pecinta kuliner yang hendak mencari suasana romantis, Tiga Tjeret bisa menjadi pilihan tepat. Berlokasi di jalan Adi Sucipto, Tiga Tjeret menawarkan hidangan khas Betawi dengan nuansa makanan tradisional yang sarat budaya. Tempat makan ini cocok untuk acara makan romantis, bahkan terdapat ruang VIP yang lebih private. Menu andalan di tempat ini adalah Kambing Guling dan Kerang Hijau yang dipadu dengan sajian sambalnya yang khas. Tempat makan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan wisata kuliner yang berbeda dengan nuansa yang unik.

4. R&J Mbah Satinem, Jalan Sorowajan

R&J Mbah Satinem

R&J Mbah Satinem adalah salah satu tempat makan yang memiliki nilai sejarah tinggi di Jogja. Tempat makan ini bukanlah sebuah cafe atau resto yang mementingkan tampilan Instagramable atau unik, namun tempat makan ini memiliki kesan yang berbeda, yaitu suasana tradisional dan nostalgia yang sarat sejarah. R&J Mbah Satinem adalah sebuah rumah yang digunakan sebagai tempat makan oleh keluarga Mbah Satinem. Tempat makan ini tidak seperti tempat makan modern yang biasa ditemui di perkotaan, namun di tempat makan ini Anda akan seperti memasuki sebuah kampung tua, dengan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian. Anda akan disajikan menu masakan tradisional sederhana yang rasanya akan membuat Anda kembali kepada masa lalu. Tidak ada tempat duduk yang nyaman, namun suasana yang berbeda akan membuat Anda terkesan dan tidak terlupakan.

Jogja sangat cocok bagi Anda yang menginginkan liburan yang murah meriah namun tidak meninggalkan satisfaksi karena ragam kuliner yang dapat Anda temukan di Jogja menjadikan liburan Anda tak terlupakan.

Wisata Kuliner Jogja Tahun 2023

Jogja merupakan salah satu kota terkenal di Indonesia karena memiliki banyak wisata kuliner yang menggoda lidah perut. Tak hanya populer di kalangan lokal, wisata kuliner di Jogja juga menjadi incaran banyak wisatawan mancanegara. Pada tahun 2023, diprediksi Jogja akan semakin eksis dalam dunia kuliner Indonesia. Berikut merupakan wisata kuliner halal terbaik di Jogja tahun 2023.

CucaKrowi


CuCakKrowi Jogja

CucaKrowi merupakan olahan makanan rakyat Jogja yang terbuat dari ayam yang dipanggang hingga kecoklatan dan berbalut bumbu rempah khas Jogja. Tidak hanya ayam, ada juga kulit ayam dan usus ayam yang bisa dipanggang dengan cara serupa. Walau terkenal sebagai makanan jajanan, namun CucaKrowi mulai dijadikan menu di rumah makan pilihan Jogja dalam beberapa tahun kebelakang ini. Di Jogja tahun 2023, CucaKrowi akan menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba oleh para wisatawan.

Tongseng Kambing Kebon Sari Utara


Tongseng Kambing Kebon Sari Utara

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi tongseng kambing. Merupakan salah satu kuliner tradisional yang legendaris di Jogja. Tongseng kambing Kebon Sari Utara menjadi salah satu rekomendasi wajib ketika kamu berkunjung ke Jogja. Diprediksi tahun 2023, tongseng kambing dari Kebon Sari Utara semakin populer dan menjadi kuliner yang banyak diincar oleh wisatawan.

Gudeg Pawon


Gudeg Pawon

Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu khas Jawa. Gudeg yang diolah secara tradisional menjadi salah satu daya tarik wisata kuliner Jogja. Gudeg Pawon merupakan salah satu tempat kuliner yang menjajakan gudeg dengan rasa dan kualitas terbaik. Di tahun 2023, Gudeg Pawon diprediksi akan menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang paling banyak dikunjungi wisatawan tak hanya dalam negeri tetapi juga manca negara.

Sate Klathak Pak Pong


Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak merupakan kuliner unik dari Jogja yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dipotong kecil-kecil, dan dimasak dengan bumbu khas Jogja. Sate Klathak Pak Pong menjadi salah satu rekomendasi sate klathak terbaik di Jogja. Selain rasanya yang lezat, lokasi Sate Klathak Pak Pong yang berada di pinggiran Jogja juga menambah kesan eksotis bagi para wisatawan. Di tahun 2023, Sate Klathak Pak Pong diprediksi menjadi salah satu warung sate klathak yang paling banyak dijejali oleh para wisatawan.

Tengkleng Klewer Pak Soleh


Tengkleng Klewer Pak Soleh

Tengkleng Klewer merupakan kuliner khas Jogja yang terbuat dari tulang iga sapi atau kambing yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah khas Jawa. Tengkleng Klewer Pak Soleh menjadi salah satu warung makanan yang menjajakan tengkleng dengan rasa paling enak dan legit. Dicampur dengan nasi putih dan sambal, tengkleng klewer menjadi salah satu kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Jogja. Di tahun 2023, Tengkleng Klewer Pak Soleh diprediksi semakin populer dan menjadi sorotan besar di dunia kuliner Jogja.

Itulah beberapa kuliner wajib yang harus dicicipi saat berkunjung ke jogja di tahun 2023. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner lainnya yang tak kalah lezat seperti nasi gudeg, bakmi Jawa, dan masih banyak lagi. Selamat menikmati wisata kuliner di Jogja!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button