Perhotelan

walk in guest adalah

“Hakikat Walk In Guest dalam Industri Perhotelan”

Pengertian Walk in Guest dalam Industri Perhotelan

Walk in guest adalah tamu yang datang langsung ke hotel tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu. Biasanya, tamu ini datang untuk memesan kamar di hotel, memperpanjang masa menginap, atau bahkan untuk mencari informasi dan menanyakan fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut.

Dalam industri perhotelan, keberadaan walk in guest sangatlah penting. Hal ini karena walk in guest dapat menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi hotel. Adanya walk in guest juga menunjukkan bahwa hotel tersebut memiliki reputasi yang baik dan menarik bagi para pengunjung.

Namun, tentu saja keberadaan walk in guest dapat mengakibatkan beberapa kendala bagi hotel. Salah satunya adalah jika jumlah walk in guest sangatlah banyak, maka hotel mungkin tidak dapat memenuhi permintaan dari setiap tamu. Oleh karena itu, hotel perlu mempersiapkan diri dengan baik dan memiliki strategi yang tepat untuk menangani keberadaan walk in guest.

Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh hotel adalah dengan menyediakan kamar yang belum terpesan sebagai cadangan untuk tamu walk in. Selain itu, hotel juga dapat menggunakan sistem manajemen kamar yang canggih untuk mengoptimalkan jumlah kamar yang tersedia.

Setiap hotel juga perlu menyusun kebijakan yang jelas mengenai penerimaan tamu walk in. Hal ini termasuk dalam kebijakan harga kamar, jenis kamar yang tersedia, dan sebagainya. Kebijakan yang jelas dan transparan akan membantu menghindari masalah dengan tamu walk in dan meningkatkan kepuasan tamu secara keseluruhan.

Selain itu, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh oleh tamu yang menjadi walk in guest. Misalnya, mereka dapat memperoleh harga yang lebih rendah dari harga kamar yang terdaftar di situs pemesanan online. Selain itu, tamu walk in juga dapat memilih sendiri kamar yang mereka inginkan dan mengecek langsung kondisi kamar sebelum memesannya.

Secara keseluruhan, keberadaan walk in guest sangatlah penting dalam industri perhotelan. Hotel perlu memiliki strategi dan kebijakan yang tepat untuk memaksimalkan potensi pendapatan dari tamu walk in, sambil tetap menjaga kualitas layanan dan kepuasan tamu secara keseluruhan.

Keuntungan dan Kerugian Walk in Guest

Walk in guest adalah tamu hotel yang datang tanpa melakukan reservasi terlebih dahulu. Pada umumnya, walk in guest datang karena keadaan mendesak atau spontanitas perjalanan. Bagi hotel, adanya tamu walk in guest bisa dianggap sebagai keuntungan dan kerugian yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail mengenai keuntungan dan kerugian walk in guest.

walk in guest

Keuntungan Walk in Guest

Menerima tamu walk in guest bisa menjadi keuntungan bagi hotel dalam beberapa hal. Pertama, hotel dapat memanfaatkan kamar yang kosong untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Dalam kondisi peak season atau peak hour, dimana seluruh kamar hotel dipenuhi oleh reservasi, penginapan tetap bisa menerima tamu walk in guest dengan tarif harga yang berbeda. Dalam hal ini, hotel mendapatkan keuntungan ekonomi dan lebih mengoptimalkan fasilitas yang tersedia.

Kedua, menerima tamu walk in guest juga menambah jumlah pengunjung hotel. Kehadiran tamu walk in guest membuat hotel semakin ramai dan banyak aktivitas yang terjadi. Hal ini dapat memberikan efek baik bagi pengalaman tamu lainnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan hotel.

Kerugian Walk in Guest

Meskipun menerima tamu walk in guest bisa dianggap sebagai keuntungan, namun tetap ada beberapa kerugian yang perlu diperhatikan. Pertama, kehadiran tamu walk in guest bisa mengganggu kelancaran sistem pemesanan kamar. Hotel harus menyeimbangkan antara kapasitas kamar dengan jumlah tamu yang datang tanpa reservasi. Jika jumlah terlalu banyak, maka hotel harus menolak adanya tamu walk in guest.

Kedua, kehadiran tamu walk in guest tidak memberikan jaminan bahwa mereka akan menginap untuk jangka waktu satu atau beberapa malam. Beberapa tamu walk in guest bahkan tiba-tiba membatalkan atau pergi sebelum masa inap mereka berakhir. Hal ini akan membingungkan pihak hotel dalam mengatur jadwal kamar dan kebersihan. Jika hotel sudah menolak tamu lain karena tidak ada kamar kosong, maka adanya tamu yang membatalkan akan mengakibatkan kerugian finansial dan operasional.

Dalam hal menerima tamu walk in guest, sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan kerugian atau risiko yang mungkin terjadi. Hotel bisa menentukan jumlah kamar yang disediakan khusus untuk tamu walk in guest, atau menggunakan teknologi untuk memantau ketersediaan kamar secara real time. Dengan begitu, hotel bisa memperhitungkan besaran harga kamar yang tepat dan mengoptimalkan potensi keuntungan dan pengalaman tamu yang terbaik.

Memberikan Layanan yang Ramah

Layanan yang ramah merupakan kunci dalam menjaga kepuasan walk in guest. Saat tamu datang, sapa mereka dengan senyum dan bahasa tubuh yang ramah. Kenali nama tamu dan gunakan ketika berinteraksi dengannya, ini akan membuat tamu merasa lebih dihargai. Selain itu, pastikan staf hotel yang berurusan dengan tamu mengenakan seragam yang bersih dan rapi, ini akan membuat tamu merasa aman dan nyaman. Jangan lupa untuk selalu siap membantu tamu dengan memberikan informasi tentang hotel dan lingkungan sekitar.

memberikan layanan yang ramah

Mengikuti standar pelayanan yang baik dan menerapkan etika yang baik saat melayani tamu adalah kunci dalam mendapatkan hotel yang memiliki banyak repeat customer. Jangan biarkan tamu menunggu terlalu lama, apabila ada antrian yang terlalu panjang pastikan untuk memberikan beberapa kursi agar tamu bisa duduk dan menunggu sesuai dengan kenyamanannya.

Memberikan Informasi yang Jelas

Memberikan informasi yang jelas adalah hal penting dalam memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para tamu. Pastikan staf hotel memiliki informasi yang akurat tentang hotel seperti fasilitas, harga kamar, dan promosi yang sedang berjalan. Informasi tersebut harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh para tamu sehingga mereka tidak merasa bingung atau salah memahami informasi yang diterima.

memberikan informasi yang jelas

Untuk memudahkan tamu dalam memperoleh informasi, hotel dapat memasang signage atau brosur di area umum yang mudah dilihat oleh tamu. Jangan lupa, selalu memberikan informasi terkait fasilitas terbaru dari hotel, seperti wifi, kolam renang dan lain-lain.

Memenuhi Kebutuhan Tamu Dengan Cepat dan Baik

Ketika para tamu membutuhkan sesuatu seperti air minum, handuk, atau bantal ekstra, serta terkadang permintaan yang serupa, maka tidak ada salahnya jika hotel dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan cepat dan baik. Pastikan staf hotel terlatih dengan baik dan siap dalam memenuhi permintaan para tamu dengan segera. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh tamu setiap saat untuk memudahkan mereka menjalani kegiatan.

memenuhi kebutuhan tamu

Di samping itu, pastikan bahwa kamar hotel selalu bersih dan nyaman. Kebersihan kamar menjadi prioritas utama karena tamu pasti menghabiskan sebagian waktunya disana. Tidur di tempat yang bersih, kamar mandi yang rapi, dan fasilitas yang memadai akan membuat para tamu merasa betah dan nyaman selama berada di hotel.

Dalam upaya menjaga kepuasan walk in guest, hotel selalu menempatkan para tamu sebagai fokus utama. Mengutamakan kenyamanan tamu menjadikan pelayanan dalam industri perhotelan harus mengutamakan kualitas. Dengan mengikuti beberapa tips, hotel dapat meningkatkan kepuasan tamu dan menjadi pertimbangan untuk tamu yang ingin menginap kembali.

1. Memberikan Penawaran Khusus atau Diskon

Salah satu cara untuk meningkatkan kehadiran walk in guest dalam hotel adalah dengan memberikan penawaran khusus atau diskon. Hal ini dapat membuat para tamu lebih tertarik untuk menginap di hotel tersebut ketimbang hotel lainnya yang tidak memberikan penawaran serupa. Penawaran khusus atau diskon juga dapat diberikan untuk tamu yang menginap dalam jangka waktu yang lebih lama atau ketika hotel sedang mengadakan promo khusus.

Memberikan diskon melalui iklan-iklan di berbagai platform media sosial juga dapat membantu meningkatkan awareness hotel anda. Pastikan diskon yang diberikan sesuai dengan budget keuangan hotel sehingga tak merugikan hotel sendiri dalam jangka waktu yang lama.

Namun, dalam memberikan penawaran khusus atau diskon, perlu diperhatikan juga agar tidak merugikan bisnis hotel pada waktu yang akan datang. Jangan terlalu banyak memberikan potongan harga yang bisa membuat hotel tidak menguntungkan dan jangan terlalu sering menyediakan promo yang sama saat walk in guest datang.

penawaran diskon

2. Melakukan Promosi pada Tempat-Tempat Strategis

Promosi di jalur retail , seperti koran lokal atau majalah lokal, juga dapat bermanfaat untuk mendapatkan tamu walk in. Selain itu, tempat strategis seperti objek wisata, pusat keramaian, bahkan tempat tempat pabrik atau universitas bisa menjadi tempat yang strategis untuk mempromosikan hotel anda.

Pastikan pegawai hotel dapat memberikan promosi dan menjelaskan fasilitas hotel dengan baik kepada tamu walk in yang datang saat bertanya untuk mempertimbangkan pilihannya.

promosi tempat strategis

3. Memperbaiki Kualitas Layanan Secara Keseluruhan

Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kehadiran tamu walk in adalah kualitas layanan yang diberikan oleh hotel. Semua elemen layanan yang dimiliki seperti kamar yang nyaman, sejuk, dan bersih, makanan yang enak dan sehat serta pelayanan yang ramah dan responsif menjadi hal yang penting.

Apabila tamu walk in merasakan ketidaknyamanan dalam setiap aspek, baik itu karena kamar yang tidak bersih, pelayanan yang buruk, atau fasilitas yang tidak berfungsi dengan baik, mereka akan cenderung tidak mau kembali lagi pada hotel tersebut, bahkan melakukan brand reputation damage dengan memberitahu pengalaman buruk mereka kepada orang lain.

Jadi, pastikan hotel berperan aktif mengecek dan memperbaiki setiap masalah yang timbul pada hotel. Terutama, fasilitas yang dibanderol tinggi harus terjaga kualitasnya dengan baik.

kualitas layanan

4. Memberikan Pengalaman yang Berbeda dan Terbaik

Pengalaman yang memang dirasa sangan spesial oleh wisatawan di luar kamar dan pelayanan yang baik adalah pengalaman yang berbeda dari pengalaman stay di hotel lain. Sebuah kopi pribadi dalam kamar? Diskon makanan lokal terkenal? Semua hal kecil yang tidak dapat dilupakan oleh tamu walk in.

Pikirkan pengalaman yang dapat diberikan dengan mengedepankan keunikan – misalnya penginapan dilengkapi rooftop khusus, kamar diintegrasikan dengan desain khusus di sekitarnya, memberikan tamu kesempatan untuk mengungkapkan saran dan pandangan untuk hotel, dan masih banyak lagi.

Dalam menyediakan pengalaman terbaik, hotel harus memperhatikan kualitas layanan yang diberikan dan mengurus semua kebutuhan tamu dengan baik. Sepanjang pengalaman yang diberikan baik oleh kualitas layanan maupun fasilitas yang ada, tamu lebih cenderung untuk kembali lagi ke hotel dan bahkan memberikan rekomendasi ke teman dan keluarga mereka.

pengalaman yang berbeda

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button