Kuliner

video wisata kuliner jogja

Spot wisata kuliner wajib dikunjungi di Jogja


Gudeg Jogja

Jogja selalu menghadirkan segudang wisata kuliner yang menarik perhatian para pelancong. Kuliner-kuliner Jogja terkenal dengan cita rasa yang khas dan nikmat. Banyak sekali restoran atau warung yang menyediakan sajian kuliner khas Jogja yang sayang kalau tidak dicoba saat berkunjung ke Jogja. Berikut ini adalah beberapa spot wisata kuliner wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja:

Gudeg Jogja Bu Ageng

1. Gudeg Bu Ageng

Mengambil tagline “gudeg terenak”, Gudeg Bu Ageng ini memang merupakan salah satu tempat makan yang disarankan bagi kamu yang pecinta gudeg. Letaknya yang berada di jalan Wijilan membuat tempat ini ramai dikunjungi para pelancong. Di warung ini kamu dapat menikmati gudeg yang disajikan dengan daun singkong melalui beberapa pilihan menu seperti gudeg kering, basah, atau yang paling spesial yaitu gudeg mbok ndoro. Selain gudeg, Bu Ageng juga menyediakan aneka lauk dan menu dari masakan Jawa lainnya seperti sate klathak dan opor ayam.

Tiwul Pak Jumin

2. Tiwul Pak Jumin

Setelah puas makan gudeg, coba juga datang ke Tiwul Pak Jumin. Warung ini terletak di daerah Kotagede. Sepintas terlihat sederhana, namun kuliner yang disajikan sangat cocok dengan selera orang Indonesia. Tiwul Pak Jumin ini menyajikan makanan tiwul dengan aneka lauk yang disajikan dalam porsi besar. Tiwul sendiri terbuat dari singkong yang dihaluskan menjadi bubur yang kemudian dikukus. Ada beberapa pilihan lauk seperti tahu goreng, tempe bacem, dan ayam goreng. Pilihan menu yang mengenyangkan dengan harga yang terjangkau.

Bubur ayam

3. Klinik Bubur Ayam

Bubur ayam di Jogja memang terkenal enak dan nikmat. Namun yang membedakan dengan tempat makan Bubur Ayam lainnya di Jogja yaitu Klinik Bubur Ayam. Klinik Bubur Ayam terletak di Tirtodipuran, Yogyakarta. Tempat makan yang nyaman tapi sederhana ini memiliki variasi bubur ayam yang lumayan banyak, mulai dari bebek, jamur, hingga organ dalam serta begitu banyak pilihan lauk.

Sate klathak

4. Sate Klathak Pak Pong

Restoran ini menawarkan cita rasa sate yang beda dari sate kebanyakan. Sate klathak dibuat dari daging ayam atau sapi yang diiris tipis dan digoreng kering. Sate Klathak Pak Pong ini cukup terkenal, makanan yang satu ini banyak dikenal oleh wisatawan yang datang ke Jogja. Sate Klathak Pak Pong ini memberikan sensasi saat dicocol dengan sambal kecap pedas.

Bakmi jowo

5. Bakmi Jowo Mbah Gito

Bakmi Jowo memang sudah terkenal di Jogja. Salah satu tempat Bakmi Jowo yang terkenal yaitu Bakmi Jowo Mbah Gito yang terletak di daerah Patuk, Gunungkidul. Warung ini terkenal dengan bakmi jowonya yang sangat gurih dan nikmat dengan potongan daging ayam atau suwir-suwir ayam yang lezat. Bakmi Jowo Mbah Gito ini membuka tempat makan di rumahnya yang cukup unik dan asri.

Jika kamu berada di Jogja, jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Jogja. Selamat mencoba!

Ragam kuliner khas Jogja yang menggugah selera


Bakmi Jawa Jogja

Setelah membahas tentang delapan kuliner khas Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kuliner paling populer di Jogja, yaitu bakmi jawa. Bakmi Jawa yang biasanya dihidangkan dalam mangkuk besar dengan kuah bening yang gurih ini memang merupakan salah satu pelopor kuliner khas Jogja yang pertama kali dikenal oleh masyarakat luas.

Bakmi jawa sendiri terdiri dari mie pangsit dan daging ayam atau sapi yang direbus bersama dengan sayuran seperti tauge dan sawi putih. Rasanya yang gurih dan kaya rempah sangat cocok untuk disantap sebagai penghangat di pagi atau sore hari. Anda bisa menikmati bakmi jawa di beberapa tempat yakni di kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo dan lain-lain. Namun jika ingin mencoba bakmi jawa yang dibuat dengan resep turun-temurun, maka sebaiknya mencoba di Warung Bakmi Joko Siswanto atau Bakmi Jogja Suryo.

Sate Klatak Jogja

Setelah mencicipi bakmi jawa, Sate Klatak bisa menjadi pilihan berikutnya untuk Anda yang ingin mencoba kuliner khas Jogja yang lain. Sate klatak merupakan sate yang berbeda dengan sate biasanya, yakni terlihat lebih hitam karna dibalur dengan bumbu khusus dan terlihat lebih berisi serta besar dari sate pada umumnya. Sate klatak biasanya dibuat dari daging kambing dan disajikan dengan nasi kecil, irisan mentimun, dan sambal kecap yang pedas. Anda bisa mencicipi kuliner ini di banyak tempat di Jogja seperti di Sate Klatak Pak Pong dan Warung Sate Klathak Pak Bari.

Ayam Goreng Gudeg

Selain itu, Ayam Goreng Gudeg juga bisa menjadi pilihan berikutnya untuk Anda mengeksplorasi kuliner khas Jogja. Ada banyak warung yang menjual Ayam Goreng Gudeg di Jogja, namun yang paling populer dan banyak didatangi oleh wisatawan adalah Warung Ayam Goreng Bu Tumini dan Warung Ayam Goreng Mbok Sabar. Ayam goreng ini mempunyai ciri khas kuliner khas Jogja, yaitu rasa bumbu yang pedas dan manis, yang disajikan bersama nasi putih, sambal dan kecap khas Jogja.

Di Jogja, Anda tak perlu khawatir akan kehabisan aneka kuliner yang bisa Anda cicipi. Ada banyak pilihan kuliner khas Jogja yang bisa memanjakan hidangan Anda. Baik itu Bakmi Jawa, Sate Klatak, Ayam Goreng Gudeg dan masih banyak lagi kuliner khas Jogja lainnya yang harus Anda coba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button