Perhotelan

universitas yang ada jurusan perhotelan

Universitas dengan Jurusan Perhotelan di Indonesia

1. Universitas populer dengan jurusan perhotelan

Bagi para calon mahasiswa yang ingin menekuni bidang perhotelan, Indonesia menyediakan banyak pilihan universitas dengan program studi perhotelan yang terkenal. Salah satu universitas yang terkenal dengan jurusan perhotelannya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB memiliki Fakultas Pariwisata dan Perhotelan yang menawarkan program studi Sarjana (S1) dan Magister (S2) di bidang perhotelan.

Selain ITB, terdapat juga Universitas Udayana di Bali yang terkenal dengan jurusan perhotelannya. Jurusan perhotelannya bahkan masuk dalam sepuluh terbaik di Indonesia. Universitas Udayana memiliki Fakultas Pariwisata yang menawarkan program studi S1 dan S2 bidang perhotelan dan pariwisata.

Selanjutnya, Universitas Trisakti juga menjadi pilihan populer untuk jurusan perhotelan. Universitas ini memiliki Fakultas Pariwisata yang menawarkan program studi Sarjana (S1) dan Magister (S2) di bidang perhotelan. Keunggulan dari Universitas Trisakti adalah memiliki laboratorium perhotelan dan pusat pelatihan perhotelan yang lengkap, sehingga mahasiswa dapat belajar langsung di lapangan dengan menggunakan fasilitas yang lengkap dan modern.

Tak ketinggalan pula Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terkenal dengan jurusan perhotelannya. Program studi Sarjana (S1) di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan ini menawarkan dua bidang yaitu perhotelan dan pariwisata. Selain itu, UGM juga memiliki program studi Magister (S2) dan Doktor (S3) untuk bidang perhotelan.

Itulah beberapa universitas yang terkenal dengan jurusan perhotelannya. Namun, masih banyak universitas lain di Indonesia yang menyediakan program studi perhotelan dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah baik dengan universitas-universitas yang telah disebutkan sebelumnya. Beberapa universitas tersebut antara lain Universitas Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Universitas Katolik Widya Mandala di Surabaya, Universitas Negeri Malang, dan masih banyak lagi.

universitas perhotelan

Prospek Karir Perhotelan di Masa Depan

Industri perhotelan di Indonesia terus berkembang dan menjadi salah satu sektor yang menjanjikan banyak peluang karier di masa depan. Terlebih lagi, angka kunjungan wisatawan asing ke Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu, tentunya hal ini memberikan dampak positif untuk perkembangan industri perhotelan di Tanah Air.

prospek karir perhotelan

Sebagai salah satu kontributor utama dalam industri perhotelan, sektor perhotelan bersifat lintas sektoral dan melibatkan banyak bidang, termasuk manajemen, pemasaran, operasi, dan sebagainya.

Peluang untuk berkarir di industri perhotelan pun semakin terbuka lebar dengan adanya banyak perusahaan perhotelan yang beroperasi di Indonesia. Tak hanya perusahaan lokal, namun juga perusahaan asing yang masuk ke pasar Indonesia.

Bagi para calon tenaga kerja yang memiliki kemahiran dan kecakapan di bidang perhotelan, maka terdapat banyak sekali peluang-peluang kerja yang menarik di masa depan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Manajer Hotel

Manajer hotel adalah posisi yang sangat penting dan strategis, karena ia bertanggung jawab atas seluruh operasional di sebuah hotel. Oleh karena itu, waktu dibutuhkan keterampilan dan kompetensi yang tinggi dalam bidang manajemen, keuangan, pemasaran, dan sebagainya.

Banyak universitas yang memiliki program studi perhotelan yang memberikan kurikulum yang memadai untuk menyiapkan calon mahasiswanya agar siap berkarir di bidang manajemen hotel.

2. Food and Beverage Manager

Food and Beverage (F&B) manager juga merupakan posisi yang penting dalam sebuah hotel. Tugas utama mereka adalah untuk merencanakan, mengakses dan melaksanakan berbagai aspek teknis dan operasional di bidang makanan dan minuman. Tidak hanya melakukan koordinasi dengan dapur, tetapi juga melakukan perencanaan kerja sama dengan departemen lain seperti pemasaran, penjualan atau keuangan.

Minat di bidang kuliner menjadi fondasi yang baik jika ingin berkembang di bidang ini. Sejumlah sekolah atau universitas menyediakan program studi yang fokus pada F&B management yang dapat mempersiapkan siswanya menguasai beragam keterampilan teknis dan manajemen umum di bidang kuliner.

3. Event Planner

Event planner di hotel bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengkoordinasikan berbagai acara yang diadakan di hotel. Acara tersebut bisa bersifat internal seperti pertemuan, seminar, hingga event besar internasional seperti konferensi atau pameran.

Tantangan dari pekerjaan ini membutuhkan kemampuan mengkoordinasi banyak pihak, mulai dari perusahaan penyewa ruang, vendor, sponsor hingga mitra kerja lainnya. Pendidikan di bidang perhotelan yang memberikan pelajaran tentang event management akan memberikan bekal yang cukup untuk berkarir sebagai event planner di hotel.

Dari ketiga pilihan karir di atas hanyalah segelintir dari peluang kerja di bidang perhotelan. Masih banyak pilihan karir lainnya seperti housekeeping, sales, bahkan chef di hotel. Semua profesi dalam industri pariwisata menjanjikan masa depan yang cerah, selama persaingan yang kompetitif dan kualifikasi yang baik.

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan karir di bidang perhotelan, maka pilihan universitas dengan fakultas perhotelan akan menjadi pilihan yang tepat untuk menambah pengetahuan dan keterampilanmu untuk meraih sukses di masa yang akan datang.

Akreditasi universitas

Pertama-tama, calon mahasiswa perlu memilih universitas yang memiliki akreditasi yang baik untuk jurusan perhotelan. Akreditasi dari lembaga terkait menunjukkan bahwa universitas tersebut telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Universitas dengan akreditasi yang baik juga dapat meningkatkan peluang lulusan untuk mendapatkan pekerjaan di industri perhotelan yang kompetitif.

Selain itu, calon mahasiswa perlu memperhatikan jenis akreditasi yang dimiliki oleh universitas tersebut. Ada dua jenis akreditasi yakni akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Akreditasi institusi menandakan bahwa seluruh program studi yang ditawarkan oleh universitas tersebut telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan akreditasi program studi menunjukkan bahwa program studi perhotelan di universitas tersebut sudah diakui oleh lembaga akreditasi yang terkait.

hotel

Fasilitas universitas

Selain akreditasi, faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah fasilitas yang tersedia di universitas tersebut. Calon mahasiswa perlu memilih universitas yang memiliki fasilitas yang memadai untuk jurusan perhotelan. Fasilitas yang baik akan membantu mahasiswa dalam mempelajari materi dan mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam industri perhotelan.

Beberapa fasilitas yang perlu dipertimbangkan seperti perpustakaan, laboratorium, ruang kelas yang dilengkapi dengan peralatan dan teknologi terkini, serta asrama yang nyaman untuk tempat tinggal bagi mahasiswa. Selain itu, universitas yang memiliki kerjasama dengan hotel atau perusahaan perhotelan juga menjadi nilai tambah, karena mahasiswa dapat mengikuti magang atau praktek kerja di tempat yang sudah memiliki reputasi baik di industri perhotelan.

student

Reputasi universitas dalam industri perhotelan

Terakhir, calon mahasiswa perlu memperhatikan reputasi universitas dalam industri perhotelan. Universitas yang memiliki alumni yang telah sukses di dunia perhotelan, atau memiliki hubungan yang baik dengan hotel atau perusahaan perhotelan, dapat meningkatkan peluang lulusan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di industri tersebut.

Tidak hanya itu, calon mahasiswa juga dapat memeriksa peringkat universitas dalam jurusan perhotelan yang diterbitkan oleh lembaga independen seperti QS World University Ranking atau Times Higher Education. Peringkat universitas dapat memberikan gambaran tentang kualitas pendidikan dan daya saing lulusannya di industri perhotelan.

Di era digital saat ini, calon mahasiswa dapat melakukan riset secara online sebelum memilih universitas. Hal ini dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih universitas yang memenuhi kriteria dan kebutuhan mereka dalam mengembangkan karir di industri perhotelan.

online research

Pembelajaran Manajemen Perhotelan

Manajemen perhotelan merupakan satu dari beberapa topik penting yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan perhotelan. Meliputi strategi, operasi, dan kebijakan dalam mengelola penginapan dan layanan pendukungnya, mata kuliah manajemen perhotelan memperkenalkan siswa pada konsep-konsep manajemen utama, termasuk manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasi, dan manajemen risiko.

Mahasiswa akan mempelajari bagaimana merancang program pemasaran yang efektif, mengelola anggaran dan keuangan hotel dengan baik, dan memenuhi standar mutu hotel yang terbaik untuk menjaga kepuasan tamu. Selain itu, mereka juga diajarkan bagaimana melakukan manajemen operasi dan memberikan solusi atas masalah yang muncul di hotel.

Untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan dengan situasi nyata, mahasiswa perhotelan sering kali diminta untuk membangun studi kasus, melakukan penelitian pasar, dan menerapkan berbagai strategi dan taktik manajemen untuk mengelola hotel. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan berharga bagi siswa agar bisa menjabat jabatan manajemen di masa depan atau sebagai wirausaha yang pandai mengelola bisnis hotel.

Manajemen Perhotelan

Pelajaran Kuliner

Tidak ada hotel tanpa layanan makanan. Oleh karena itu, mahasiswa perhotelan juga diajarkan tentang kuliner dan teknik memasak yang sesuai dengan standar hotel. Mereka akan mempelajari tentang keragaman kuliner dari seluruh dunia, mulai dari makanan khas lokal hingga makanan barat.

Mahasiswa juga akan belajar tentang pengelolaan dapur, seperti pengaturan inventaris bahan makanan, penjadwalan staf, dan bagaimana membuat menu. Selain memasak, mahasiswa juga akan mempelajari tentang teknik menyajikan hidangan dengan tampilan yang menarik dan sesuai dengan standar hotel. Kemampuan ini sangat penting dalam industri perhotelan yang terus berkembang dan berubah.

Pelajaran Kuliner

Pembelajaran Housekeeping

Pembelajaran Housekeeping juga merupakan bagian penting dari kuliah di jurusan perhotelan. Kurikulumnya mencakup pengelolaan kamar, pengaturan ruangan, teknik membersihkan kamar, dan tidur tamu. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan tentang pengaturan peralatan, persediaan, anggaran, biaya, dan pengelolaan sumber daya manusia dalam section housekeeping.

Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengorganisir layanan kebersihan dan menjaga protokol kebersihan dengan ketat untuk memenuhi standar tertinggi agar tamu hotel merasa nyaman dan aman selama menginap. Pelajaran ini sangat penting dalam industri perhotelan karena housekeeping menjadi bagian penting dari penilaian tamu.

Pembelajaran Housekeeping

Pembelajaran Keamanan Hotel

Pemahaman tentang keamanan hotel sangat penting bagi mahasiswa jurusan perhotelan. Mereka diajarkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keamanan seperti membantu mengelola situasi yang darurat, membantu menangani situasi keamanan, dan tindakan pencegahan lainnya.

Mahasiswa juga mempelajari tentang keamanan pribadi dan keamanan tamu, serta cara untuk melaksanakan persiapan dasar jika keadaan darurat terjadi. Mereka belajar untuk mengembangkan kepercayaan dengan tamu dan menjaga aspek keamanan dengan ketat.

Pembelajaran Keamanan Hotel

Aktivitas Ekstrakurikuler untuk Mahasiswa Perhotelan

Menjadi mahasiswa perhotelan tentunya menghadirkan banyak peluang bagi para mahasiswa untuk belajar dan berpartisipasi dalam industri perhotelan yang kuat dan berkembang pesat. Memperkaya pengalaman selain melalui kuliah, mahasiswa perhotelan dapat bergabung dengan klub atau organisasi ekstrakurikuler yang berkaitan dengan industri perhotelan. Berikut adalah beberapa aktivitas ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh mahasiswa perhotelan:

1. Food and Beverage Club

Food and Beverage Club merupakan suatu klub yang dikhususkan untuk mengenalkan dengan industri makanan dan minuman (F&B) di industri perhotelan. Di dalam klub ini, mahasiswa perhotelan bisa belajar lebih dalam tentang manajemen restoran, teknik penyajian makanan dan minuman, serta memperluas pengetahuan tentang bahan dan alat yang digunakan di dapur. Klub ini juga sering mengadakan acara seperti food tasting, cooking competition, serta kuliner trip untuk mengeksplorasi tempat makan dan minum yang populer di sekitar kampus ataupun tempat lain.

2. Hospitality Management Club

Hospitality Management Club merupakan klub yang didedikasikan bagi mahasiswa perhotelan yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang manajerial perhotelan. Di dalam klub ini, mahasiswa perhotelan dapat mempelajari berbagai hal tentang manajemen hotel, termasuk manajemen operasional dan pemasaran. Klub ini juga sering menyelenggarakan seminar dan forum diskusi yang melibatkan para ahli di industri perhotelan.

3. Housekeeping Club

Housekeeping Club adalah klub yang fokus pada hal-hal yang terkait dengan perawatan dan pembersihan kamar hotel. Di dalam klub ini, mahasiswa perhotelan diajarkan tentang teknik membersihkan dan merawat kamar hotel, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan tamu di dalam hotel. Selain itu, klub ini juga menawarkan kesempatan untuk belajar tentang manajemen linens dan kelembutan yang dibutuhkan oleh tamu saat menginap

4. Front Office Club

Front Office Club merupakan klub yang didedikasikan bagi mahasiswa perhotelan yang berminat dalam manajemen resepsionis dan pemasaran kantong tamu. Di dalam klub ini, mahasiswa perhotelan dapat mempelajari cara menjalankan layanan resepsionis dengan baik, seperti menangani tamu hotel, melakukan pemesanan kamar, mengatur sistem reservasi, serta persiapan dan penanganan tamu saat check-in dan check-out.

5. Club Kepemimpinan dan Pengembangan Diri

Club Kepemimpinan dan Pengembangan Diri adalah organisasi ekstrakurikuler untuk mahasiswa perhotelan yang ingin mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan komunikasinya. Di dalam klub ini, mahasiswa perhotelan dapat mengikuti program pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kemampuan soft skill seperti public speaking, manajemen waktu, penyelesaian konflik, serta kepemimpinan dan pengembangan diri secara umum.

Bergabung dalam klub atau organisasi ekstrakurikuler yang berkaitan dengan industri perhotelan merupakan cara yang bagus bagi mahasiswa perhotelan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman di luar kelas. Aktivitas-aktivitas ini dapat membuka peluang untuk mahasiswa perhotelan mengenal orang-orang baru, jaringan, serta membangun kerjasama dengan industri perhotelan secara riil. Selain itu, bergabung dalam klub atau organisasi ekstrakurikuler ini juga dapat meningkatkan nilai dan kredensial di mata calon employer dan masa depan karier Anda di industri perhotelan.

Peluang kerja setelah lulus jurusan perhotelan

Bagi anda yang mungkin tertarik untuk mengejar karir di industri perhotelan, tentu saja jurusan perhotelan bisa menjadi solusi terbaik. Selain terdapat peluang kerja yang luas, pilihan jalur karirnya juga cukup menarik.

1. Manajer Hotel

Pekerjaan ini tentu saja menjadi pilihan utama dan paling umum bagi para lulusan jurusan perhotelan. Seorang manajer hotel bertanggung jawab untuk menjalankan semua operasional hotel, termasuk pemasaran, pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, dan lainnya. Seorang manajer hotel yang sukses dapat menghasilkan penghasilan yang cukup besar.

Manajer Hotel

2. Chef

Banyak lulusan jurusan perhotelan yang memilih untuk menjadi seorang chef di hotel, restoran atau kafe. Seorang chef bertanggung jawab untuk mempersiapkan makanan dan minuman, serta merancang menu dan mengawasi dapur. Peluang kerja sebagai chef cukup besar, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Chef

3. Manajer Restoran

Jika anda lebih tertarik dengan bisnis restoran, maka karir sebagai seorang manajer restoran bisa menjadi pilihan yang menarik. Anda akan bertanggung jawab untuk menjalankan operasional restoran, termasuk menyediakan makanan dan minuman yang baik, serta pelayanan yang sopan dan profesional. Peluang kerja sebagai manajer restoran cukup banyak terutama di kota-kota besar.

Manajer Restoran

4. Agen Perjalanan

Berbagai perusahaan travel mempekerjakan lulusan jurusan perhotelan sebagai agen perjalanan. Tugas agen perjalanan antara lain mempersiapkan paket perjalanan untuk klien, melakukan reservasi penerbangan dan penginapan, dan memberikan informasi lebih lanjut tentang tempat wisata yang akan dikunjungi. Peluang untuk bekerja di bidang ini cukup baik, termasuk dalam bidang traveling online.

Agen Perjalanan

5. Pihak Pemasaran Hotel

Anda juga bisa menjalankan karir di bidang pemasaran atau marketing di hotel atau perusahaan travel. Tugasnya antara lain mencari cara untuk meningkatkan jumlah tamu dan mendapatkan keuntungan lebih dari penjualan produk dan layanan hotel. Peluang bekerja dalam bidang ini semakin meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Pemasaran Hotel

6. Asisten Manajer Operasional

Berbagai hotel besar biasanya memiliki seorang asisten manajer operasional. Tugasnya adalah membantu manajer operasional untuk menjalankan tugas-tugas sehari-hari. Seorang asisten manajer operasional harus mampu bekerja secara efektif dengan manajemen hotel, memastikan standar pelayanan yang baik kepada tamu, serta mengawasi semua operasional hotel baik itu dalam hal manajemen, keuangan, maupun human resources.

Asisten Manajer Operasional

Jangan ragu untuk mengejar karier sebagai lulusan jurusan perhotelan. Anda memiliki banyak pilihan karier yang menarik dan potensi penghasilan yang baik di masa depan. Ayo berkarier di bidang perhotelan dan jangan ragu untuk belajar dan berinovasi agar bisa mendapatkan posisi dan gaji yang lebih baik.

Manfaat program magang bagi mahasiswa perhotelan

Banyak mahasiswa perhotelan yang memiliki cukup pengetahuan teori dan konsep dalam bidang perhotelan, namun kurang memiliki pengalaman dalam praktek lapangan. Untuk itulah, program magang dalam industri perhotelan sangat membantu dalam memberikan pengalaman kerja yang berharga.

Manfaat program magang antara lain:

1. Pengalaman kerja yang berharga

Dengan program magang, mahasiswa perhotelan dapat langsung bekerja di lapangan dan merasakan langsung suasana kerja di industri perhotelan. Pengalaman kerja ini sangat berharga bagi mahasiswa karena dapat menjadi modal yang kuat saat mencari pekerjaan di masa depan.

2. Meningkatkan keterampilan

Program magang memberikan kesempatan bagi mahasiswa perhotelan untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam bidang perhotelan. Hal ini dapat membantu mahasiswa perhotelan dalam mengembangkan karirnya di masa depan.

3. Memperluas jaringan profesional

Ketika bekerja di industri perhotelan, mahasiswa perhotelan dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang dan bidang pekerjaan. Dengan memperluas jaringan profesional, mahasiswa perhotelan dapat mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang industri perhotelan dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.

4. Meningkatkan kemandirian

Dalam program magang, mahasiswa perhotelan harus mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Hal ini dapat membantu mahasiswa perhotelan dalam meningkatkan kemandirian serta rasa percaya diri dalam bekerja di industri perhotelan.

5. Memperoleh referensi yang baik

Jika mahasiswa perhotelan berhasil menyelesaikan program magang dengan baik, ia dapat memperoleh referensi yang baik dari tempat magang. Referensi ini dapat membantu mahasiswa perhotelan dalam mendapatkan pekerjaan di industri perhotelan di masa depan.

6. Menambah nilai CV

Pengalaman magang yang tercatat dalam CV mahasiswa perhotelan dapat menambah nilai CV mereka. Hal ini dapat membantu mahasiswa perhotelan dalam bersaing dengan orang lain dalam mencari pekerjaan di masa depan.

7. Meningkatkan pemahaman tentang industri perhotelan

Program magang membantu mahasiswa perhotelan untuk lebih memahami bagaimana industri perhotelan beroperasi. Dalam program magang, mahasiswa perhotelan dapat mempelajari praktik terbaik dalam industri perhotelan dan memperoleh wawasan tentang berbagai aspek dari industri perhotelan.

Program magang perhotelan

Program magang dalam industri perhotelan merupakan kesempatan unik bagi mahasiswa perhotelan untuk memperoleh pengalaman kerja dan wawasan yang berharga tentang industri perhotelan. Dengan menyelesaikan program magang, mahasiswa perhotelan dapat memiliki keunggulan dalam mencari pekerjaan di masa depan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button