Kampus

Daftar Universitas di Jogja yang Memiliki Jurusan Pertambangan

Universitas di Yogyakarta yang Menyediakan Program Studi Pertambangan


Universitas di Yogyakarta yang Menyediakan Program Studi Pertambangan

Jogjakarta atau biasa disingkat dengan Yogyakarta adalah kota yang terkenal sebagai pusat ilmu dan budaya. Dalam hal pendidikan, kota ini memiliki beberapa universitas yang terkenal di Indonesia. Salah satu bidang studi yang menjadi andalan di kota ini adalah jurusan pertambangan. Beberapa universitas di Yogyakarta menyediakan program studi pertambangan yang berkualitas bagi para calon mahasiswa.

Berikut adalah beberapa universitas di Yogyakarta yang menyediakan program studi pertambangan:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada adalah universitas yang terletak di Yogyakarta dan merupakan salah satu universitas tertua dan terbaik di Indonesia. UGM memiliki program studi pertambangan yang bergengsi, yaitu Teknik Pertambangan. Program studi ini terdapat di Fakultas Teknik dan memiliki beberapa fokus studi seperti Teknologi Mineral dan Batubara, Geoteknik, dan Teknik Pertambangan Umum. Tidak hanya itu, UGM juga dilengkapi dengan laboratorium untuk praktek pembelajaran para mahasiswa. Selain itu, UGM juga memiliki pusat studi energi baru dan terbarukan yang memungkinkan mahasiswa untuk fokus pada pengembangan energi terbarukan di masa depan.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam Indonesia atau yang biasa disingkat UII adalah universitas swasta yang terletak di kota Yogyakarta. UII memiliki program studi teknik pertambangan dengan nama Teknik Pertambangan dan Lingkungan. Program studi ini terdapat di Fakultas Teknik dan memiliki beberapa mata kuliah inti seperti Teknikendapat Pengolahan Data Penambangan, Teknik Pengolahan Mineral, dan Teknik Pengolahan Batubara dan Minyak Bumi. Selain itu, mahasiswa UII juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium untuk praktek pengolahan mineral dan batubara.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta adalah universitas negeri yang terletak di Yogyakarta dengan keunggulan di bidang pendidikan guru dan pendidikan olahraga. Namun, UNY juga memiliki program studi pertambangan yang berkualitas, yaitu Teknik Pertambangan. Program studi ini terdapat di Fakultas Teknik dan memiliki beberapa fokus program studi seperti Teknik Pengolahan Mineral dan Batubara, Geologi dan Pertambangan, dan Teknik Perminyakan. UNY juga dilengkapi dengan beberapa laboratorium untuk praktek pengolahan mineral dan batubara.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau sering disebut UMY adalah universitas swasta yang juga terletak di Yogyakarta. UMY memiliki program studi teknik pertambangan dengan nama Teknik Pertambangan. Program studi ini terdapat di Fakultas Teknik dan memiliki beberapa mata kuliah inti seperti Teknik Penambangan, Teknik Pengolahan Mineral, dan Teknik Pengolahan Batubara. Selain itu, UMY juga dilengkapi dengan beberapa laboratorium untuk mahasiswa yang ingin melakukan praktek-pelatihan dalam bidang pertambangan.

Dari keempat universitas di Yogyakarta yang menyediakan program studi pertambangan di atas, masing-masing memiliki keunggulan dan nuansa tersendiri yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa. Memiliki gelar sarjana di bidang pertambangan sangat bermanfaat dan menjanjikan di masa depan karena sektor pertambangan merupakan salah satu sektor yang sangat berkembang. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan salah satu program studi di universitas-universitas di atas, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan baik.

Sejarah Jurusan Pertambangan di Universitas di Yogyakarta


Universitas di Jogja yang ada jurusan pertambangan

Pertambangan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, kini banyak universitas yang sudah membuka jurusan pertambangan, termasuk di Yogyakarta. Berikut ini adalah sejarah dibuka nya jurusan pertambangan di universitas di Yogyakarta.

Jurusan pertambangan pertama kali dibuka oleh Universitas Gadjah Mada pada tahun 1950 dengan nama Jurusan Teknik Tambang. Universitas Gadjah Mada adalah universitas negeri yang berlokasi di Yogyakarta dan merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia. Saat itu, Jurusan Teknik Tambang hanya memiliki satu program studi S1 dan mengambil waktu studi selama delapan semester.

Setelah itu, pada tahun 1978, Universitas Islam Indonesia juga membuka jurusan pertambangan, yaitu Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Fakultas ini berdiri atas dua program studi yaitu Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan. Selain itu, pada tahun yang sama, Universitas Negeri Yogyakarta juga membuka program studi pendidikan teknik mesin dengan konsentrasi Teknik Pertambangan.

Selanjutnya, pada tahun 1991, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang membuka program studi Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan di Yogyakarta. Pada tahun 2009, ITN Malang berubah nama menjadi Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), dan hingga saat ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan pertambangan di Yogyakarta.

Di samping universitas dan ITB, ada pula beberapa institusi pendidikan yang menyediakan program studi pertambangan, seperti Yogyakarta Academy, Politeknik Negeri Sriwijaya, dan STT Tekstil Bandung cabang Yogyakarta. Seiring dengan banyaknya perguruan tinggi yang menawarkan jurusan pertambangan, dinamika persaingan dalam dunia akademik kian menjadi menarik dan semakin berkualitas.

Dalam perkuliahan, mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan mempelajari berbagai hal mengenai tambang, seperti pemrosesan mineral, sumber daya tambang, serta teknologi pertambangan yang terbaru. Fakultas Teknik Pertambangan yang terletak di Yogyakarta memiliki pola kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan alumni atau lulusannya dalam hal persaingan di dunia kerja. Banyak lulusannya yang menjadi pegawai di pertambangan minyak dan gas (migas), atau tambang batubara.

Karena terus berkembangnya teknologi dan kebutuhan sumber daya alam, maka keberadaan jurusan pertambangan di universitas di Yogyakarta sangatlah strategis dan sangat berperan dalam merancang rencana pembangunan di masa depan. Melalui pendidikan ini, diharapkan mahasiswa bisa menjadi penggerak dalam bidang pertambangan dan energi di Indonesia.

Peluang Karir Lulusan Jurusan Pertambangan di Yogyakarta


Peluang Karir Lulusan Jurusan Pertambangan di Yogyakarta

Jurusan pertambangan merupakan salah satu dari cabang ilmu teknik yang telah berkembang pesat di Indonesia. Salah satu daerah yang menawarkan program studi pertambangan dengan baik adalah di Kota Yogyakarta. Beragam universitas di Jogja menyediakan program pertambangan yang memiliki visi dan misi untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu berkompetisi di dunia kerja khususnya di bidang pertambangan.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan dunia pertambangan, memilih universitas di Jogja yang mempunyai program studi pertambangan bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Jogja juga memiliki sejumlah perusahaan pertambangan ternama yang banyak membuka peluang kerja untuk lulusan jurusan pertambangan.

Berikut ini adalah beberapa universitas di Yogya yang memiliki program studi pertambangan:

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang mempunyai program studi pertambangan. Jurusan ini membuka program studi Teknik Pertambangan yang cukup diminati oleh mahasiswa. Melalui kurikulum yang terus disesuaikan dengan tuntutan pasar, UGM selalu berusaha meningkatkan kualitas lulusannya. Selain itu, UGM juga mempunyai hubungan yang erat dengan perusahaan pertambangan nasional dan internasional, sehingga para mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan jaringan dan mencari pekerjaan.

2. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Jogja. UII membuka program studi Teknik Pertambangan yang berorientasi kepada pengetahuan yang terintegrasi dengan kearifan lokal, sehingga membantu para mahasiswa untuk lebih memahami karakter dan masalah yang terkait dengan pertambangan di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Selain itu, UII juga memiliki program kerjasama dengan beberapa perusahaan pertambangan, sehingga para mahasiswa mempunyai kesempatan untuk melakukan magang dan memperluas jaringan.

3. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga mempunyai program studi Teknik Pertambangan yang menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa. Kurikulum yang diterapkan oleh UNY mempunyai kekhususan pada pengelolaan sumber daya mineral dan energi terbarukan sehingga para mahasiswa mempunyai keahlian khusus yang dicari oleh perusahaan-perusahaan di masa depan. Selain itu, UNY juga menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai dan didukung oleh tenaga pengajar yang berpengalaman di bidang pertambangan.

Setelah lulus dari program studi pertambangan di Jogja, para lulusan mempunyai peluang karir yang cukup luas. Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan di bidang pertambangan relatif lebih kecil dibandingkan dengan bidang lainnya. Beberapa tempat kerja yang dapat ditemukan oleh para lulusan di antaranya:

a. Perusahaan Pertambangan

Setelah lulus, para lulusan program studi pertambangan di Jogja dapat langsung memasuki dunia kerja di perusahaan pertambangan, seperti PT Freeport Indonesia atau PT Vale Indonesia yang memproduksi emas dan perak. Setelah bekerja di perusahaan tersebut selama beberapa tahun, para lulusan juga bisa berkesempatan untuk memulai karir sebagai peneliti atau konsultan independen.

b. Pemerintahan

Para lulusan program studi pertambangan di Jogja dapat bergabung ke dalam berbagai instansi atau lembaga pemerintahan, seperti Badan Geologi atau Kementerian ESDM. Pemerintah juga memiliki banyak program penelitian dan pengembangan di bidang pertambangan, sehingga para lulusan juga dapat diminta untuk terlibat dalam proyek-proyek tersebut.

c. Pendidikan

Setelah memperoleh pengalaman kerja di bidang pertambangan, para lulusan juga bisa memilih karier sebagai tenaga pengajar di universitas yang memiliki program studi pertambangan, atau sebagai dosen di perguruan tinggi yang sejenis. Dalam karier ini, para lulusan memiliki kesempatan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertambangan, serta membantu para mahasiswa untuk menguasai ilmu tersebut.

Secara keseluruhan, para lulusan program studi pertambangan di Jogja memiliki banyak peluang karir yang dapat memudahkan mereka untuk meniti karir di masa depan. Dukungan dari universitas dalam mencari pekerjaan serta jaringan yang terjalin dengan perusahaan-perusahaan ternama di bidang pertambangan akan sangat membantu para lulusan dalam mencapai karir yang sukses.

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Jurusan Pertambangan di Yogyakarta

Penelitian Jurusan Pertambangan di Yogyakarta

Universitas di Jogja yang ada jurusan pertambangan ternyata aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas pertambangan di Indonesia. Berikut adalah beberapa kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh jurusan pertambangan di Yogyakarta.

1. Pengembangan Teknologi Pengolahan Mineral

Teknlogi Pertambangan Yogyakarta

Jurusan Pertambangan di Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) saat ini sedang melakukan penelitian untuk mengembangkan teknologi pengolahan mineral limbah. Proses pengolahan limbah mineral ini diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas lingkungan. Untuk itu, peneliti-peneliti dari kedua perguruan tinggi tersebut sedang bekerja untuk merancang teknologi pengolahan limbah yang lebih efektif.

2. Program Pengenalan Mineral

Program Pengenalan Mineral

Program pengenalan mineral digunakan untuk memperkenalkan jenis-jenis mineral serta batuan dan bentuk-bentuk mineral yang berbeda. Salah satu universitas di Jogja yang ada jurusan pertambangan, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melaksanakan kegiatan program pengenalan mineral untuk siswa-siswa SMA. Program ini berlangsung di kebun raya Purwodadi, yang mana di lokasi ini juga tersedia wahana edukatif yang memungkinkan siswa untuk belajar dan mempraktekan penggalian mineral yang ada secara langsung.

3. Eksplorasi Mineral

Eksplorasi Mineral

Jurusan Pertambangan di Universitas Islam Indonesia (UII) menerapkan kegiatan eksplorasi mineral yang dilakukan secara langsung di lapangan. Kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh pengetahuan tentang jenis-jenis mineral yang ada di Indonesia dan memperkenalkannya kepada mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini dilakukan juga untuk memperoleh data lapangan yang dapat digunakan untuk kepentingan industri pertambangan selanjutnya.

4. Pengembangan Tebu sebagai Sumber Biomassa

Pengembangan Tebu

Jurusan Teknik Pertambangan dan Petroleum di Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian untuk mengembangkan Tebu sebagai sumber biomassa. Pentingnya pengembangan biomassa ini adalah untuk meminimalkan penggunaan batubara atau bahan bakar fosil lainnya dalam proses pembangkitan listrik. Selain itu, penggunaan biomassa juga merupakan salah satu cara yang efektif dalam upaya pengurangan emisi karbon.

Itulah beberapa kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di jurusan pertambangan di Yogyakarta. Semoga kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas industri pertambangan dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih baik.

Kerjasama Industri dan Jurusan Pertambangan di Yogyakarta


Jurusan Pertambangan di Yogyakarta

Yogykarta, salah satu kota budaya di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan lumpia dan Borobudur. Kota ini juga memiliki universitas yang unik, salah satunya adalah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Universitas ini memiliki program studi yang terkait dengan sektor pertambangan dan energi, termasuk Jurusan Teknik Pertambangan (JTP) yang menghasilkan banyak lulusan berkualitas dalam bidang pertambangan.

Sebelumnya, universitas ini bernama Sekolah Tinggi Teknik Yogyakarta, dan pada tahun 1968 menjadi salah satu fakultas Universitas Gadjah Mada. Dalam perkembangannya, fakultas ini memisahkan diri dan berdiri sendiri dengan nama UPN “Veteran” Yogyakarta. Sejak didirikan, UPNVY telah mencetak banyak lulusan di bidang ekonomi, manajemen, dan teknik yang telah berhasil menembus industri, termasuk industri pertambangan.

Salah satu keunggulan UPNVY JTP adalah pengalaman kurikulum yang terintegrasi dengan kegiatan lapangan, sehingga para mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar langsung di pertambangan dan sektor energi. UPNVY bersama dengan industri juga sering melakukan kegiatan kerja sama, termasuk magang, beasiswa, kunjungan ke pabrik, seminar, workshop, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian praktis mahasiswa. Salah satu industri yang berkolaborasi dengan UPNVY JTP adalah PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

PT. Semen Gresik (Persero) Tbk adalah perusahaan penghasil semen paling terkemuka di Indonesia. Sebagai industri berorientasi pengolahan mineral, PT. Semen Gresik merasa perlu mengembangkan kerja sama dengan universitas yang memiliki prodi (Jurusan) terkait mineral dan energi untuk membangun kompetensi dan kualitas sumber daya manusia di perusahaan. Salah satunya adalah JTP UPNVY. Dalam kerjasama ini, PT. Semen Gresik menyediakan tenaga ahli dan peneliti di bidang material semen untuk membantu kegiatan riset dan pengembangan di UPNVY JTP.

Program kerjasama ini untuk memanfaatkan sumber daya PT. Semen Gresik dalam memberikan materi-materi terkait semen kepada mahasiswa JTP UPNVY dan juga untuk melibatkan para ahli PT. Semen Gresik mengisi kuliah umum dan kegiatan kuliah lainnya. Untuk melaksanakan kerjasama ini, UPNVY dan PT. Semen Gresik berkomitmen membangun pembelajaran yang lebih baik dan bermanfaat sekaligus memecahkan masalah yang terjadi di industri semen di masa sekarang dan kedepannya.

Untuk mendukung kerjasama antara industri dan universitas, UPNVY JTP memiliki laboratorium modern dan peralatan canggih. Laboratorium utama ini dipergunakan untuk penyelidikan dan riset ilmiah untuk suatu produk tertentu. UPNVY JTP juga memiliki beberapa laboratorium belajar di mana para mahasiswa dapat mempraktikkan dan mengevaluasi teknologi tertentu sesuai dengan kebutuhan mereka. Laboratorium UPNVY JTP juga membantu untuk mempercepat penelitian dan pengembangan untuk menemukan teknologi dan inovasi baru di sektor pertambangan dan energi.

Inovasi yang dihasilkan oleh kerja sama antara UPNVY JTP dan industri juga untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bertanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya alam. Diharapkan dengan kerjasama yang baik ini dapat menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki keahlian akademik, tetapi juga keterampilan praktis sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu, para lulusan juga diharapkan dapat membantu dalam pengelolaan sumber daya mineral dan energi di masa depan dengan lebih efektif dan bertanggung jawab.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button