Kampus

Jurusan Pariwisata di Universitas di Jogja: Peluang Menjanjikan di Bidang Pariwisata

Universitas di Jogja yang Menawarkan Jurusan Pariwisata


Universitas di Jogja yang Menawarkan Jurusan Pariwisata

Jogja, atau lebih dikenal dengan Yogyakarta, bukan hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya saja, namun juga terkenal dengan perguruan tinggi berkualitas yang dimilikinya. Salah satu yang terkenal adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dibangun pada tahun 1949. UGM juga merupakan universitas tertua kedua di Indonesia setelah Universitas Indonesia (UI). Tidak hanya itu, universitas-universitas di Jogja juga menawarkan jurusan pariwisata yang berkualitas untuk kamu yang ingin berkarir di bidang pariwisata. Berikut ini akan dijelaskan universitas di Jogja yang menawarkan jurusan pariwisata dengan kualitas terbaik.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu universitas terbaik Indonesia yang selalu masuk dalam ranking pertama dalam setiap tahunnya. Saat ini, UGM menawarkan jurusan pariwisata yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Jurusan pariwisata di UGM diberi nama Departemen Pariwisata dan Hospitality. Jurusan ini menawarkan program sarjana dan magister yang didesain untuk membuat mahasiswa menjadi ahli di bidang pariwisata dan hospitality. Dengan kurikulum yang berkualitas, tugas kuliah yang menarik dan kreatif, serta pengajar yang sudah berpengalaman di bidang pariwisata, jurusan ini cocok bagi kamu yang ingin mempelajari pengelolaan, pemasaran, dan pengembangan destinasi wisata secara detail.

2. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi seni terkemuka di Indonesia. ISI Yogyakarta memiliki jurusan pariwisata yang berada di bawah Fakultas Industri Kreatif atau yang juga dikenal dengan nama FIK. Pada jurusan ini, kamu dapat mempelajari perkembangan, pemasaran, manajemen dan perencanaan wisata secara menyeluruh. Selain itu ISI Yogyakarta juga menawarkan potensi besar bagi mahasiswanya dengan mendapatkan praktik langsung di industri pariwisata melalui program kerja praktek dan magang.

3. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta

UKDW Yogyakarta

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menawarkan program studi pariwisata yang berada di bawah Fakultas Pariwisata dan Bisnis. Jurusan pariwisata di UKDW Yogyakarta menerapkan pembelajaran yang berbasis teori dan praktik yang berpusat pada pengembangan keterampilan mahasiswa. Kurikulum jurusan pariwisata UKDW juga dirancang sesuai perkembangan industri pariwisata yang global, dengan fokus pada pengelolaan wisata berkelanjutan, branding destinasi, dan manajemen pengembangan destinasi wisata.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan program studi pariwisata yang berada di bawah Fakultas Ekonomi, dalam jurusan Manajemen Pariwisata. Jurusan pariwisata di UNY mengusung konsep pembelajaran yang berbasis pada teori dan praktik langsung di industri pariwisata. Mahasiswa akan dilibatkan secara aktif dalam kegiatan kunjungan ke berbagai destinasi wisata, event-event wisata, dan juga magang di berbagai perusahaan pariwisata. Setelah lulus dari program studi ini, diharapkan mahasiswa akan dapat berkarir di industri pariwisata dan hotel baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Itulah beberapa Universitas di Jogja yang menawarkan Jurusan Pariwisata terbaik. Jadi, bagi kamu yang sedang mencari perguruan tinggi untuk mempelajari ilmu pariwisata di Yogyakarta, silakan bahas dengan seksama setiap universitas yang sudah disebutkan tadi. Selamat mencoba!

Universitas Gadjah Mada sebagai Pilihan Utama bagi Peminat Jurusan Pariwisata


Universitas Gadjah Mada

Jogja, atau seringkali disebut dengan Yogyakarta, adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan jumlah wisatawan yang tinggi setiap tahunnya. Wisatawan dari berbagai daerah, bahkan luar negeri menyambangi kota ini. Hal ini membuat industri pariwisata di Jogja terus berkembang dan berkembang pesat. Seiring dengan perkembangan ini, semakin banyak juga mahasiswa yang tertarik dengan jurusan pariwisata. Banyak universitas di Jogja yang menawarkan jurusan pariwisata, salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM merupakan salah satu universitas yang terkenal di Indonesia, terutama dalam bidang ilmu sosial dan humaniora. UGM juga menawarkan jurusan pariwisata di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Tidak heran jika UGM menjadi salah satu pilihan utama bagi peminat jurusan pariwisata di Jogja.

UGM menawarkan program studi pariwisata dengan kurikulum yang up to date sesuai dengan perkembangan industri pariwisata saat ini. Mahasiswa diajarkan berbagai materi, mulai dari teori dasar pariwisata hingga praktik langsung seperti perencanaan perjalanan wisata, manajemen destinasi, perhotelan, dan pemasaran pariwisata.

Baca Juga :   Kampus di Jogja dengan Jurusan Akuntansi yang Terbaik

Di samping itu, UGM juga memiliki fasilitas yang mendukung perkuliahan para mahasiswa jurusan pariwisata. Terdapat banyak ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan juga bengkel pariwisata yang dilengkapi dengan berbagai peralatan pendukung seperti mobil wisata, alat permainan dan alat musik tradisional.

Tidak hanya itu, mahasiswa jurusan pariwisata di UGM juga mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam program magang. Program magang ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman praktik langsung di berbagai perusahaan ataupun destinasi wisata. Hal ini membuat mahasiswa jurusan pariwisata UGM siap berkompetisi secara global dalam industri pariwisata.

Menjadi mahasiswa jurusan pariwisata di UGM tidak hanya terfokus pada materi akademik, namun juga melibatkan pengembangan soft skill. Mahasiswa diajarkan keterampilan communication, leadership, teamwork, dan interpersonal skill. Dengan menguasai keterampilan ini, diharapkan para lulusan jurusan pariwisata UGM siap untuk tampil dan berkompetisi dalam dunia kerja.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kesuksesan karir, alumni jurusan pariwisata UGM menjadi bagian dari komunitas alumni yang aktif. Komunitas ini memberikan dukungan dan fasilitas bagi para alumni untuk mengembangkan karirnya di industri pariwisata.

Sebagai kesimpulan, jika ingin menjadi mahasiswa jurusan pariwisata di Jogja, Universitas Gadjah Mada adalah pilihan utamanya. Dengan fasilitas yang memadai dan kurikulum yang selalu up to date, mahasiswa jurusan pariwisata UGM siap untuk terjun ke dunia industri pariwisata. Selain itu, tenaga koreknya juga sangat berpengalaman yang memudahkan mahasiswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang berguna.

Siklus Studi Jurusan Pariwisata di Universitas Atma Jaya Yogyakarta


Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyediakan jurusan pariwisata sebagai salah satu fakultasnya. Jurusan pariwisata memiliki banyak peminat di Indonesia karena Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak objek wisata bernilai sejarah, budaya, dan alam yang memukau.

Jurusan Pariwisata di Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki siklus studi 4 tahun dengan sistem kredit semester yang dilengkapi dengan kurikulum yang mengacu pada standar nasional. Kurikulum yang disajikan mencakup mata kuliah yang menjelaskan tentang berbagai teori dalam industri pariwisata, manajemen, marketing, dan lain sebagainya.

Semester I dan II, mahasiswa diharuskan untuk menempuh mata kuliah pendidikan umum dan dasar-dasar bisnis. Tema yang dibahas pada semester I meliputi pengenalan pariwisata, sejarah pariwisata global dan lokal, kebudayaan Indonesia, bahasa Inggris, dan pengenalan manajemen. Sedangkan pada semester II, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar ekonomi dan bisnis, statistik, akuntansi, hukum dan analisis manajemen pariwisata.

Setelah selesai menyelesaikan mata kuliah dasar pada semester I dan II, mahasiswa akan lebih fokus pada mata kuliah manajemen pariwisata pada semester III hingga VIII. Berbagai mata kuliah yang diambil pada semester III sampai IV, diantaranya adalah perkembangan pariwisata, etika dan budaya dalam pariwisata, manajemen sumber daya manusia, sistem informasi manajemen, dan lainnya.

Pada semester VI, mahasiswa akan menjalankan magang selama 3-6 bulan. Magang di sini bertujuan memperkenalkan mahasiswa pada lingkungan bisnis pariwisata secara lebih mendalam dan mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan. Pada waktu magang ini, mahasiswa bisa bekerja di hotel, restoran, biro perjalanan, objek wisata, atau lembaga pariwisata lainnya.

Setelah selesai magang, mahasiswa pada semester VII dibekali dengan mata kuliah yang lebih spesifik seperti pemasaran dalam bisnis pariwisata, studi kasus bisnis pariwisata, manajemen event dalam pariwisata, dan lain-lain. Mata kuliah pada semester VIII adalah capstone project atau penelitian tindakan yang berfokus pada pengembangan bisnis pariwisata.

Setelah berhasil menyelesaikan perkuliahan, mahasiswa akan meraih gelar Sarjana Pariwisata (S.Par) yang diakui oleh pemerintah. Dengan lulus dari jurusan pariwisata UAJY, mahasiswa diharapkan dapat melanjutkan karirnya di berbagai bisnis pariwisata seperti manajemen hotel, marketing pariwisata, penelitian dan pengembangan, dan lainnya.

Jurusan Pariwisata di Universitas Atma Jaya Yogyakarta memang menjanjikan banyak peluang karir dan kesempatan untuk memperluas jaringan bisnis, juga menawarkan pembelajaran yang menarik serta kurikulum yang mengacu pada standar nasional untuk memastikan keamanan dan kualitas pendidikan bagi mahasiswa.

Kualitas Lulusan Jurusan Pariwisata Universitas Negeri Yogyakarta


Lulusan Jurusan Pariwisata Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki jurusan pariwisata yang sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal ini menunjukkan bahwa jurusan pariwisata di universitas ini memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar nasional dalam bidang pendidikan pariwisata.

Baca Juga :   Kampus di Jogja dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Lulusan jurusan pariwisata Universitas Negeri Yogyakarta memiliki reputasi yang baik di dunia kerja. Mereka sangat dibutuhkan oleh industri pariwisata di berbagai tempat di Indonesia. Lulusan ini telah dilengkapi dengan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan untuk menjadi profesional di industri pariwisata.

Keunggulan lulusan jurusan pariwisata Universitas Negeri Yogyakarta adalah kemampuan dalam manajemen pariwisata. Lulusan ini dilatih untuk dapat merencanakan, mengembangkan, dan mengelola bisnis pariwisata. Mereka juga dilatih dalam mengidentifikasi peluang ekonomi dan melakukan analisis pasar untuk meningkatkan industri pariwisata. Di samping itu, lulusan ini juga dilatih dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pelayanan pariwisata.

Universitas Negeri Yogyakarta secara aktif bekerja sama dengan industri pariwisata untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam bentuk magang dan pelatihan di tempat kerja. Hal ini membantu mahasiswa memahami praktik terbaik dalam industri pariwisata dan meningkatkan keterampilan mereka di dunia kerja.

Lulusan jurusan pariwisata Universitas Negeri Yogyakarta juga dilengkapi dengan kemampuan bahasa asing, yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan wisatawan dari berbagai negara. Bahasa-bahasa yang diajarkan di jurusan ini meliputi bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Mandarin, bahasa Korea, bahasa Arab, dan bahasa Jerman.

Untuk meningkatkan kualitas lulusannya, Universitas Negeri Yogyakarta juga memiliki program sertifikasi internasional, seperti Les Roches International School of Hotel Management di Swiss. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi internasional dalam manajemen perhotelan dan pariwisata.

Terakhir, alumni jurusan pariwisata Universitas Negeri Yogyakarta telah berkarir di berbagai sektor pariwisata, termasuk di hotel, restoran, perusahaan penerbangan, agen perjalanan, dan tempat wisata. Mereka telah sukses dalam karir mereka dan banyak di antaranya menjadi pemimpin di bidang pariwisata.

Potensi Karir Bidang Pariwisata bagi Lulusan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta


pariwisata Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia Yogyakarta memiliki program studi pariwisata yang menawarkan banyak potensi karir bagi para lulusannya. Berikut ini beberapa potensi karir bidang pariwisata bagi lulusan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

1. Karir di Hotel dan Resort


hotel resort

Lulusan program studi pariwisata dapat bekerja di hotel dan resort sebagai front office, housekeeping, hingga food and beverage manager. Hotel dan resort di jogja seperti The Atrium Hotel & Resort, Hotel Tentrem Yogyakarta, dan INNSiDE by Melia Yogyakarta selalu mencari karyawan dengan latar belakang pendidikan pariwisata yang handal dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.

2. Karir di Industri MICE


industri MICE

Industri MICE (Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions) semakin berkembang di Yogyakarta. Para lulusan program studi pariwisata dapat bekerja di industri ini sebagai account executive atau event manager. Beberapa perusahaan yang bergerak di industri MICE di Jogja antara lain RajaMICE, Remarka, dan Ignite.

3. Karir di Objek Wisata


wisata jogja

Jogja memiliki banyak objek wisata yang menarik dan lulusan program studi pariwisata dapat bekerja di objek-objek wisata tersebut sebagai tour guide, customer service, atau marketing. Objek wisata di Jogja yang populer antara lain Candi Borobudur, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan Hutan Pinus Mangunan.

4. Karir di Perusahaan Travel


travel

Perusahaan travel di Jogja seperti AdventureLOKA, Scorpio Tour & Travel, dan Jogja Travelindo selalu membutuhkan karyawan dengan latar belakang pendidikan pariwisata untuk mengembangkan bisnis mereka. Lulusan program studi pariwisata dapat bekerja sebagai tour planner, tour operator, atau travel consultant di perusahaan-perusahaan travel tersebut.

5. Karir di Event Organizer


event organizer

Event organizer seperti DM Event Organizer dan Kreative Works terus membutuhkan karyawan dengan latar belakang pendidikan pariwisata untuk menyelenggarakan acara-acara besar di Yogyakarta seperti music festival dan konferensi internasional. Lulusan program studi pariwisata dapat bekerja sebagai event coordinator, event planner, atau public relations di perusahaan-perusahaan event organizer tersebut.

Itulah beberapa potensi karir bidang pariwisata bagi lulusan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Lulusan program studi pariwisata dapat memiliki banyak kesempatan karir di industri pariwisata yang terus berkembang di Yogyakarta.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button