10 Universitas di Jogja yang Memiliki Jurusan Kedokteran

Universitas di Jogja yang Memiliki Jurusan Kedokteran Terbaik


Kedokteran di Jogja

Kedokteran adalah bidang studi yang menjadi favorit bagi banyak siswa SMA di Indonesia. Bahkan bisa dibilang, jika tidak menjadi dokter, tidak lengkap rasanya menempuh pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan terakhir-kuliah nantinya. Hal ini dikarenakan profesi dokter masih termasuk dalam profesi yang paling diidamkan di Indonesia.

Kecintaan siswa pada jurusan kedokteran juga tercermin dari pendaftaran di Universitas yang memiliki jurusan kedokteran. Di Yogyakarta, terdapat beberapa Universitas yang memberikan pilihan jurusan kedokteran diantaranya:

UGM

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tidak ada salahnya jika kita menyebut UGM sebagai institusi kebanggaan Yogyakarta. UGM merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1949. Selama berdiri, UGM sudah meluluskan banyak dokter ahli di bidangnya masing-masing.

UGM menawarkan program studi S1 kedokteran yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan juga sudah diakui oleh WHO. Di Fakultas Kedokteran UGM, para mahasiswa akan diberikan pelatihan keterampilan yang terintegrasi antara akademik dan praktik, serta memperoleh pendidikan kedokteran yang komprehensif dan berbasis riset.

Fakultas Kedokteran UGM juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti laboratorium klinik, laboratorium anatomi, perpustakaan, dan masih banyak lagi. Terdapat pula rumah sakit universitas yang menyediakan praktek bagi mahasiswa kedokteran untuk menimba ilmu secara langsung.

Terkait jumlah mahasiswa, Fakultas Kedokteran UGM setiap tahun menerima sekitar 640 mahasiswa baru yang tersebar di 7 jurusan, yakni Pendidikan Dokter, Ilmu Biomedis, Keperawatan, Gizi, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Kedokteran Jiwa, dan Kedokteran.

Tidak hanya sebagai fakultas yang memiliki kualitas di bidang akademik, Fakultas Kedokteran UGM juga aktif dalam kegiatan sosial. Beberapa program berbasis masyarakat dilakukan secara rutin oleh Fakultas Kedokteran UGM, seperti penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Dari segi prestasi, Fakultas Kedokteran UGM juga memiliki banyak pencapaian di tingkat nasional maupun internasional. Misalnya, pada tahun 2018, Fakultas Kedokteran UGM meraih juara pertama dalam ajang kompetisi medis Tingkat Internasional yang diadakan di Malaysia.

Meskipun diakui sebagai universitas terbaik dalam bidang kedokteran di Jogja, namun masuk ke dalamnya memang tidak mudah. Selain mengikuti tes seleksi nasional, calon mahasiswa yang ingin masuk di Fakultas Kedokteran UGM juga wajib mengikuti tes masuk UGM yang sangat kompetitif.

PDB UGM

Untuk memudahkan tujuh jurusan fakultas kedokteran di UGM, mereka dibagi menjadi 5 jurusan yang berada di bawah Program Pendidikan Dokter Bersama (PDB) dan 2 jurusan fakultatif masing-masing Ilmu Kedokteran Jiwa dan Ilmu Kesehatan Anak.

Program Pendidikan Dokter Bersama (PDB) merupakan program studi kedokteran yang dilaksanakan oleh lima universitas terbaik di Indonesia, salah satunya adalah UGM. Pada PDB, para mahasiswa akan diajarkan berbagai skill dasar yang dibutuhkan oleh seorang dokter. Selain itu, dosen-dosen yang mengajar juga merupakan ohh dokter profesional dan diakui di dunia.

Kesimpulannya, jurusan kedokteran di UGM adalah salah satu program terbaik yang bisa dijalani oleh para calon dokter di Yogyakarta dan sekitarnya. Selain karena kualitasnya, fakultas kedokteran UGM juga dilengkapi dengan fasilitas yang baik sehingga mahasiswa akan merasa nyaman dan mudah dalam mengejar ilmunya.

Persyaratan Masuk ke Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja


prospek-karir-dokter

Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia. Tidak hanya karena prospek karir yang cerah, lulusan jurusan ini juga memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Banyak Universitas di Jogja juga menawarkan jurusan kedokteran dengan berbagai syarat masuk yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar ke jurusan kedokteran di Universitas di Jogja.

1. Lulus Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Negeri


usm-ptn

Syarat pertama yang harus dipenuhi jika ingin masuk ke jurusan kedokteran di Universitas di Jogja adalah lulus Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau USMPTN. USMPTN merupakan seleksi nasional yang diadakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia, termasuk di Jogja. Materi yang diujikan di dalam Ujian Saringan Masuk meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

2. Menguasai Ilmu Pengetahuan Alam


Ilmu Pengetahuan Alam

Selain lulus USMPTN, untuk masuk ke jurusan kedokteran di Universitas di Jogja calon mahasiswa juga harus menguasai ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan baik. IPA menjadi mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Seleksi Mandiri (USM) yang diselenggarakan oleh masing-masing universitas. Calon mahasiswa harus menunjukkan kemampuannya dalam memahami konsep materi pelajaran IPA seperti fisika, kimia, dan biologi. Menguasai IPA juga penting agar mahasiswa dapat memahami lebih dalam pengetahuan mengenai anatomi tubuh manusia serta penyakit dan pengobatannya.

Selain itu, keahlian dalam matematika, terutama dalam menganalisis data dan statistik, juga menjadi faktor penting yang harus dikuasai oleh calon mahasiswa jurusan kedokteran. Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan matematika yang baik cenderung lebih berhasil dalam menguasai konsep-konsep dasar dari ilmu kedokteran, seperti farmakologi dan fisiologi.

3. Lulus Ujian Kesehatan


medical-check-up

Persyaratan penting lainnya untuk masuk ke jurusan kedokteran di Universitas di Jogja adalah lulus ujian kesehatan. Calon mahasiswa harus membuktikan bahwa ia dalam keadaan sehat dan tidak mengidap penyakit-penyakit tertentu yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat sekitarnya. Ujian kesehatan ini mencakup pemeriksaan kesehatan fisik dan rontgen, serta tes klinis, seperti tes darah dan urine. Calon mahasiswa yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit jantung atau diabetes, harus memperoleh surat keterangan sehat dari dokter spesialis terkait.

4. memiliki Nilai UN yang Tinggi


nilai-un-tinggi

Last but not least, calon mahasiswa jurusan kedokteran juga harus memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) yang tinggi. Dalam setiap tahunnya, nilai rata-rata UN nasional dibutuhkan untuk mendaftar ke jurusan kedokteran setidaknya adalah 8,25. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan dirinya sejak dini dengan belajar secara tekun dan konsisten terutama dalam mata pelajaran yang yang diujikan pada saat Ujian Nasional.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran di Universitas di Jogja. Bagi yang memiliki tekad dan kerja keras yang tinggi otomatis akan memiliki kemampuan akademis yang memadai dalam menguasai ilmu pengetahuan alam dan juga dapat meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Fasilitas dan Laboratorium di Universitas di Jogja yang Menyediakan Jurusan Kedokteran


Laboratorium

Bagi calon mahasiswa yang berniat untuk memasuki jurusan kedokteran di Jogja, penting untuk mengetahui fasilitas dan laboratorium yang disediakan oleh universitas. Laboratorium yang lengkap dan canggih akan memberikan pengalaman belajar yang lebih maksimal.

Laboratorium Anatomi

Laboratorium Anatomi

Laboratorium Anatomi biasanya dilengkapi dengan mannequin dan model tubuh manusia yang realistis. Fasilitas ini membantu mahasiswa belajar anatomi manusia secara detail. Universitas terkenal di Jogja dengan laboratorium Anatomi yang lengkap dan modern antara lain Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia.

Laboratorium Mikrobiologi

Laboratorium Mikrobiologi

Laboratorium mikrobiologi berfungsi sebagai pusat penelitian dan pengembangan dalam bidang pengobatan. Mahasiswa kedokteran akan belajar tentang mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit dan cara merawat pasien. Universitas di Jogja yang menyediakan laboratorium mikrobiologi yang lengkap antara lain Universitas Negeri Yogyakarta dan UIN Sunan Kalijaga.

Simulasi Klinik

Simulasi Klinik

Simulasi klinik terdiri dari ruang perawatan dan ruang operasi yang dibuat secara realistis. Mahasiswa kedokteran akan secara langsung mengalami bagaimana proses perawatan pasien, mulai dari pemeriksaan hingga tindakan bedah. Universitas yang terkenal dengan simulasi klinik terbaik di Jogja antara lain Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. Fasilitas ini ditujukan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan mendalam bagi mahasiswa kedokteran.

Laboratorium Farmakologi

Laboratorium Farmakologi

Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai jenis obat dan alat uji, mahasiswa kedokteran akan belajar tentang interaksi obat dengan tubuh manusia. Universitas di Jogja yang menyediakan laboratorium Farmakologi yang lengkap antara lain Universitas Islam Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Laboratorium ini penting dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih detail dan praktis mengenai penggunaan obat dalam bidang pengobatan.

Laboratorium Radiologi

Laboratorium Radiologi

Laboratorium Radiologi dilengkapi dengan berbagai jenis alat radiologi seperti X-ray dan CT-scan. Mahasiswa akan belajar bagaimana melakukan diagnosis penyakit dan merawat pasien dengan menggunakan alat radiologi. Universitas di Jogja yang menyediakan laboratorium Radiologi yang lengkap antara lain Universitas Gadjah Mada dan UIN Sunan Kalijaga. Laboratorium ini menjadi salah satu fasilitas yang penting bagi mahasiswa kedokteran dalam mempelajari dan memperdalam diagnosis penyakit dengan menggunakan teknologi terkini.

Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Laboratorium Kesehatan Masyarakat membantu mahasiswa kedokteran mempelajari bagaimana mempromosikan kesehatan dan mencegah penyakit di masyarakat. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai macam peralatan untuk melakukan tes kesehatan dan riset. Universitas di Jogja yang menyediakan laboratorium Kesehatan Masyarakat lengkap antara lain Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta. Laboratorium ini penting dalam mempersiapkan mahasiswa dalam menganalisis dan memecahkan masalah kesehatan masyarakat di masa depan.

Dengan fasilitas dan laboratorium yang lengkap, mahasiswa kedokteran akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih praktis dan mendalam. Bagi calon mahasiswa, penting untuk memilih universitas yang menyediakan fasilitas dan laboratorium sesuai dengan kebutuhan dan minat.

Alumni Sukses dari Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja


Alumni Sukses dari Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja

Sebagai salah satu kampus terkenal di Yogyakarta, universitas di Jogja yang ada jurusan kedokteran terkenal dengan lulusannya yang sukses. Banyak alumni yang telah mencapai prestasi luar biasa di segala bidang setelah menyelesaikan program studi kedokteran di kampus terkenal ini. Siapa saja mereka? Berikut adalah beberapa alumni terkenal dari jurusan kedokteran di Universitas di Jogja:

1. dr. Tirta Mandira Hudhi
Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjadi yang pertama menerima penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial pada tahun 2019 oleh Presiden RI. Ia juga dikenal sebagai pendiri Sekolah Sari Asih, sekolah yang memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak di desa sekitar Yogyakarta. Dr Tirta Mandira juga menulis buku yang berjudul ‘Odha Run: A Memoar’ sebagai bentuk pengalaman pengobatan dan pengalaman lain terkait HIV/AIDS.

2. dr. Aditya Wardhana
Aditya Wardhana adalah seorang pendiri Berbagi Masker, sebuah gerakan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Alumni Fakultas Kedokteran UGM ini mendirikan gerakan ini pada awal pandemi dan telah mendistribusikan jutaan masker secara gratis ke seluruh Indonesia. Aditya Wardhana juga mendirikan Pergerakan Generasi Berencana Indonesia, sebuah gerakan yang memberikan informasi dan edukasi tentang keluarga berencana kepada masyarakat.

3. dr. Teguh Santoso
Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini memenangkan penghargaan ‘Young Investigator Award’ di Kongres Internasional Kanker tahun 2014. Ia bekerja sebagai dokter ahli onkologi di RS Kanker Dharmais Jakarta dan terus aktif melakukan penelitian tentang pengobatan kanker. dr. Teguh juga memberikan kuliah di Amerika Serikat tentang praktik onkologi modern pada tahun 2019.

4. dr. Esti Nugraheni
Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, dr. Esti Nugraheni diterima untuk melanjutkan karirnya sebagai ilmuwan di lembaga penelitian biologi molecular di Inggris. Ia terus mengembangkan penelitiannya dan dikenal sebagai pemimpin dalam penelitian kanker payudara dengan Spesialisasi Fisika Medis. dr. Nugraheni diundang sebagai salah satu peneliti dan penceramah di acara konferensi internasional tentang kanker payudara di Amerika pada 2018.

5. dr. Dika Akbar
Setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, dr. Dika Akbar menjadikan bidang hematologi sebagai passionnya. Ia mendirikan Perkumpulan Dokter Hematologi Onkologi Anak Indonesia (PERDOHAI) sebagai platform untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan anak. dr. Dika juga terus mengembangkan karirnya sebagai dosen kedokteran di Fakultas Kedokteran UGM.

Banyak alumni jurusan kedokteran di Universitas di Jogja lainnya yang sukses di bidang yang mereka geluti. Mereka terus mengambil inisiatif dan membuat perubahan positif di masyarakat. Diharapkan alumni kedokteran lainnya dapat terinspirasi untuk mengikuti jejak mereka dan berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia serta membawa nama baik universitas di Jogja di kancah dunia.

Bidang Spesialisasi yang Ditawarkan oleh Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja


Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang dokter, Universitas di Jogja memiliki beberapa jurusan kedokteran yang bisa menjadi pilihan. Setiap jurusan memiliki keunikan tersendiri dalam mencetak dokter yang professional dan berkualitas. Berikut adalah beberapa bidang spesialisasi yang ditawarkan oleh Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja:

1. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada


Fakultas Kedokteran di Universitas Gadjah Mada

Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (FK UGM) merupakan salah satu fakultas terbaik di Indonesia yang telah terakreditasi A. Fakultas ini menawarkan program studi pendidikan dokter yang bertujuan untuk mencetak dokter yang professional dan berkualitas dalam bidang ilmu kedokteran. Program ini merupakan program studi perguruan tinggi yang berlangsung selama 6 tahun dan terdiri dari tiga tingkat pendidikan. Selama kuliah, mahasiswa akan belajar materi-materi yang berkaitan dengan ilmu kedokteran, termasuk pula praktik di rumah sakit dan klinik.

2. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menawarkan program studi pendidikan dokter dengan kurikulum yang modern dan terintegrasi. Program ini ditujukan untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas dalam pelayanan kesehatan, kepemimpinan, dan penelitian. Program ini terdiri dari 12 semester dengan jumlah SKS 240. Selain itu, UMY juga menawarkan program studi spesialisasi kedokteran dengan beberapa pilihan, seperti bedah, penyakit dalam, anestesiologi, dan mata.

3. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta


Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN) menawarkan program studi pendidikan dokter dengan kurikulum yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki karakter, moralitas, dan profesionalisme yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan. Program ini mencakup materi-materi yang berkaitan dengan ilmu kedokteran serta praktik di rumah sakit dan klinik. Selain itu, FKK UIN juga menawarkan program studi spesialisasi kedokteran dengan beberapa pilihan, seperti bedah, penyakit dalam, anestesiologi, dan banyak lagi.

4. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Duta Wacana


Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Duta Wacana

Fakultas Kedokteran, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menawarkan program studi pendidikan dokter dengan kurikulum yang holistik, integratif, dan berorientasi pada pelayanan kesehatan. Program ini bertujuan untuk mencetak dokter yang memiliki kualitas, integritas, dan moral yang tinggi dalam melayani masyarakat. Kurikulum yang diterapkan mencakup materi-materi yang berkaitan dengan ilmu kedokteran serta praktik di rumah sakit dan klinik. Selain itu, UKDW juga menawarkan program studi spesialisasi kedokteran dengan beberapa pilihan, seperti obstetri dan ginekologi, bedah, serta penyakit dalam.

5. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Ahmad Dahlan


Universitas Ahmad Dahlan

Fakultas Kedokteran, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menawarkan program studi pendidikan dokter dengan kurikulum yang mengkombinasikan ilmu kedokteran modern dengan nilai-nilai Islam. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional dalam bidang kesehatan serta menguasai nilai-nilai keagamaan untuk menerapkan pelayanan kesehatan holistik. Program ini mencakup materi-materi yang berkaitan dengan ilmu kedokteran seperti anatomi, fisiologi, dan patologi serta praktik di rumah sakit dan klinik. Selain itu, UAD juga menawarkan program studi spesialisasi kedokteran dengan beberapa pilihan, seperti bedah, penyakit dalam, anestesiologi, dan banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa bidang spesialisasi yang ditawarkan oleh Jurusan Kedokteran di Universitas di Jogja. Pilihlah jurusan yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu serta pastikan untuk mempersiapkan diri secara maksimal dalam menggapai cita-citamu menjadi seorang dokter yang professional dan berkualitas.

Kampus di Jogja yang Menerima Mahasiswa Pindahan

Kriteria Kampus di Jogja yang Menerima Mahasiswa Pindahan Bagi sebagian orang, mungkin memutuskan untuk pindah ke universitas yang lain adalah hal yang lumrah. Entah...
Ar Rayan Alif
5 min read

Jual Tanah Strategis Dekat Kampus-kampus Favorit di Jogja

Keuntungan Membeli Tanah Dekat Kampus di Jogja Membeli tanah dekat kampus di Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para calon investor. Jogja adalah...
Ar Rayan Alif
5 min read

Kampus di Jogja dengan Jurusan Manajemen

Program Studi Manajemen di Kampus Jogja Yogyakarta atau Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal sebagai kota pelajar. Kota ini memiliki beberapa...
Ar Rayan Alif
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *