Kampus

10 Universitas di Jogja yang Menyediakan Asrama untuk Mahasiswa

Daftar Universitas di Jogja yang Menyediakan Asrama


Asrama Universitas di Jogja

Jogja merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia dengan berbagai macam universitas yang terkenal di dalamnya. Banyak mahasiswa dari berbagai kota dan provinsi yang berkuliah di Jogja, karena Jogja terkenal dengan budayanya yang kental dan banyaknya kuliner yang lezat. Pada umumnya, mahasiswa yang baru kuliah di Jogja akan memilih asrama sebagai tempat tinggal mereka selama menempuh pendidikan. Hal ini dikarenakan asrama sangat memudahkan mahasiswa dalam segi lokasi, biaya, dan keamanan.

Berikut ini adalah daftar universitas di Jogja yang menyediakan asrama:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Asrama Universitas Gadjah Mada Jogja

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu universitas terkenal di Indonesia dan terletak di Jogja. UGM memiliki lima kampus dan kebanyakan asrama mereka terletak di kampus terbesar yaitu Kampus Bulaksumur. Asrama UGM dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu asrama non-AC, asrama AC, dan asrama eksekutif. Kamar asrama terdiri dari satu hingga tiga orang, dengan fasilitas yang memadai, seperti kamar mandi dalam, lemari pakaian, dan meja belajar. Biaya asrama UGM dapat disesuaikan dengan kelas dan fasilitas yang diberikan. Selain itu, asrama UGM juga sudah terintegrasi dengan fasilitas unggulan seperti kantin, masjid, minimarket, dan lainnya.

Bagi mahasiswa yang ingin bepergian ke kampus UGM dengan kendaraan umum, terdapat banyak pilihan transportasi. Mahasiswa dapat menggunakan Trans Jogja, bus kampus UGM, atau menggunakan jasa ojek online. Namun, jika mahasiswa lebih memilih kendaraan pribadi seperti sepeda motor, UGM juga menyediakan parkir motor dengan biaya yang terjangkau.

Asrama UGM dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada. Dengan pilihan fasilitas yang lengkap, mahasiswa dapat menjalankan aktivitas kampus dan kegiatan sosial lainnya dengan lebih nyaman dan efektif.

Fasilitas dan Tipe Asrama di Universitas Yogya


Asrama di Jogja

Setiap universitas di Jogja memiliki fasilitas asrama sendiri untuk menampung mahasiswanya yang datang dari luar daerah. Beberapa universitas di Jogja menyediakan asrama khusus untuk mahasiswa asing agar mereka dapat merasakan kondisi tempat tinggal yang nyaman dan bisa belajar langsung mengenai budaya Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis asrama dan fasilitas yang bisa didapatkan oleh mahasiswa yang tinggal di Universitas di Jogja.

Asrama Universitas Gadjah Mada (UGM)


Asrama UGM

UGM memiliki beberapa asrama yang terletak di kampus seperti Asrama Kusumanegara, Asrama Aliyusman, Asrama Pengabdi, dan Asrama Padjajaran. Selain itu, UGM juga menyediakan layanan asrama khusus bagi mahasiswa asing yang terletak di luar kampus. Fasilitas yang disediakan di asrama UGM meliputi kamar mandi dalam, lemari pakaian, meja belajar, kasur dan bantal. Ada juga ruang belajar bersama, ruang TV, ruang tunggu, dan dapur bersama untuk memasak. Harga sewa untuk tinggal di asrama UGM cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget mahasiswa.

Asrama Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


Asrama UNY

UNY juga memiliki beberapa asrama di kampus seperti Asrama Pringgodani, Asrama Bismo dan Asrama Lebak. Fasilitas yang ada di asrama UNY meliputi kamar mandi dalam, kasur dan bantal, meja belajar serta lemari pakaian. Terdapat juga ruang belajar bersama, ruang tunggu, dan dapur bersama sehingga setiap mahasiswa dapat memasak makanannya sendiri. Jangan khawatir, menuju kampus UNY termasuk jalur mudah dengan adanya angkutan umum yang tersedia di sekitar kampus.

Asrama Universitas Islam Indonesia (UII)


Asrama UII

UII juga menyediakan asrama untuk mahasiswa yang membutuhkan tempat tinggal. Terletak di Jalan Kaliurang, asrama UII ini dilengkapi dengan fasilitas lain seperti minimarket, tempat beribadah, kafe, dan ruang belajar bersama dengan fasilitas internet gratis. Fasilitas yang disediakan oleh UII meliputi Wifi, kamar mandi dalam, air panas dan kasur beserta bantal. Harga sewa yang ditawarkan oleh UII untuk tinggal di asrama cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget mahasiswa.

Asrama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)


Asrama UMY

UMY menyediakan beberapa asrama untuk mahasiswa, dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Terletak di sekitar kampus, asrama UMY memiliki fasilitas kamar mandi dalam, kasur dan bantal, meja belajar serta lemari pakaian. Ada juga dapur bersama dan ruang tunggu yang bisa digunakan.

Asrama Universitas Sanata Dharma (USD)


Asrama USD

USD juga menyediakan asrama untuk mahasiswa yang berada di luar kota. Asrama ini dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dalam, kasur dan bantal, meja belajar serta lemari pakaian. Terdapat juga dapur bersama, ruang tunggu dan ruang bersama sebagai tempat berkumpul dan belajar. Fasilitas internet gratis dan adanya shuttle bus yang dioperasikan oleh USD memudahkan mahasiswa untuk sampai ke kampus.

Pilihan tempat tinggal bagi mahasiswa sangat penting untuk mendukung kenyamanan selama menempuh pendidikan di kampus. Setiap universitas di Jogja menawarkan asrama dengan harga yang beragam, sehingga disesuaikan dengan kondisi mahasiswa. Selain fasilitas kamar mandi dalam, kasur dan bantal, meja belajar serta lemari pakaian, beberapa asrama juga menyediakan ruang belajar dan dapur bersama yang dapat digunakan oleh semua penghuni asrama.

Cara Mendaftar Tempat Tinggal di Asrama Universitas di Jogja


Asrama Universitas di Jogja

Bagi mahasiswa yang akan mengenyam pendidikan di Universitas di Jogja, mencari tempat tinggal bisa menjadi pilihan yang cukup menyulitkan. Oleh karena itu, banyak mahasiswa memilih untuk bekerja paruh waktu untuk biaya makan dan tempat tinggal. Namun, bagi mahasiswa yang ingin hidup hemat dan nyaman, tempat tinggal di asrama Universitas di Jogja bisa menjadi pilihan tepat.

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar tempat tinggal di asrama Universitas di Jogja, berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan:

Langkah pertama

Langkah pertama: Cari Tahu Persyaratan yang Diperlukan

Sebelum mendaftar tempat tinggal di asrama Universitas di Jogja, pastikan kamu mengetahui persyaratan yang diperlukan. Biasanya, persyaratan tersebut meliputi surat keterangan dari perguruan tinggi, identitas diri, dan surat sehat. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah kedua: Buat Akun Pendaftaran

Setelah mengecek dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah membuat akun pendaftaran untuk asrama. Buka situs resmi Universitas di Jogja dan daftarkan diri kamu. Pastikan informasi yang kamu berikan sudah tepat dan lengkap. Setelah selesai mendaftar, kamu akan mendapatkan email untuk konfirmasi akun. Saat konfirmasi email, pastikan kamu telah memasukkan email yang benar.

Daftar asrama

Langkah ketiga: Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah berhasil membuat akun, gunakan informasi akun untuk masuk ke laman pendaftaran. Kemudian, isi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Universitas di Jogja. Guna memudahkan proses pendaftaran, pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Setelah selesai mengisi formulir, jangan lupa untuk mencetak formulir pendaftaran tersebut. Formulir tersebut digunakan untuk tahap berikutnya.

Langkah keempat: Bayar Biaya Pendaftaran

Setelah mengisi formulir pendaftaran, langkah selanjutnya adalah membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran untuk tempat tinggal di asrama Universitas di Jogja tidak begitu mahal, jadi kamu tidak perlu khawatir. Pastikan kamu melakukan pembayaran ke rekening bank yang telah ditentukan dan kamu juga membawa bukti pembayaran ke asrama Universitas di Jogja.

Langkah kelima: Konfirmasi Pendaftaran

Setelah melakukan pembayaran, langkah terakhir adalah konfirmasi pendaftaran. Pergi ke asrama Universitas di Jogja dan berikan formulir pendaftaran beserta bukti pembayaran pada petugas asrama. Kemudian, kamu akan menerima nomor konfirmasi pendaftaran. Dengan nomor ini, kamu bisa memastikan bahwa pendaftaranmu telah berhasil.

Itulah beberapa langkah yang dilakukan untuk mendaftar tempat tinggal di asrama Universitas di Jogja. Dengan mendaftar tinggal di asrama, kamu tidak hanya akan mendapatkan tempat tinggal yang murah, tetapi juga bisa mencari banyak teman yang seprofesi. Kamu bisa menjalin silaturahmi dan berbagi cerita dengan teman-temanmu di asrama. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah mempelajari sesuatu dan lebih rajin beribadah jika tinggal di asrama karena ada jadwal yang teratur.

Tips Menjaga Kebersihan Asrama Selama Kuliah di Jogja


Tips Menjaga Kebersihan Asrama Selama Kuliah di Jogja

Sekarang ini, banyak perguruan tinggi di Jogja yang menyediakan asrama bagi mahasiswanya. Tinggal di asrama selama kuliah memang sangat menyenangkan. Namun, mahasiswa juga harus tetap menjaga kebersihan di asrama agar tetap nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan asrama selama kuliah di Jogja.

1. Bersihkan kamar secara teratur

Kebersihan asrama sangat bergantung pada masing-masing penghuninya. Maka dari itu, mahasiswa harus lebih rajin membersihkan kamarnya secara teratur. Bukan hanya membersihkan lantai dan dinding, tetapi juga membersihkan kamar mandi serta wastafel. Mahasiswa juga sebaiknya membawa lap kering dan basah, serta alat pembersih agar lebih mudah dalam membersihkan kamar.

2. Pisahkan sampah organik dan anorganik

Ketika membuang sampah, mahasiswa sebaiknya pisahkan sampah organik dan anorganik. Sampah organik sebaiknya dibuang ke tempat sampah yang berbeda dari sampah anorganik. Dengan memisahkan sampah, diharapkan bisa membantu dalam pengurangan limbah yang tercampur dan tidak membusuk di dalam asrama akibat tertinggal penghuninya.

3. Jangan biarkan makanan mengendap di dalam kamar

Mahasiswa sebaiknya tidak menaruh makanan di dalam kamar terlalu lama. Selain berisiko menarik hewan pengerat dan diikuti infestasi serangga, bau-bauan dari makanan tersebut juga bisa menyebar ke sekitar, bahkan ke kamar-kamar lainnya. Sebaiknya, makanan segera dimakan atau disimpan dengan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Gunakan pengharum ruangan

Asrama seringkali memiliki kontur lain di dalam kebersihannya yang cukup sulit dipantau, diantaranya adalah bau tak sedap. Agar tidak risih, sebaiknya mahasiswa menggunakan pengharum ruangan yang cocok untuk asramanya. Pengharum ruangan akan membuat udara di dalam asrama lebih wangi, segar dan nyaman serta membuat semangat untuk terus belajar.

5. Jangan merokok di dalam kamar

Merokok di dalam kamar bisa berdampak buruk pada kesehatan dan juga akan mencemari asrama yang dihuni. Asap dari rokok bisa meresap ke dinding dan bau yang meninggalkan bekas sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi, sebaiknya mahasiswa yang merokok keluar dari kamar untuk menghindari ditemukan anak panlok yang dapat memberikan sanksi tegas bagi pelanggar.

Kesimpulannya, kebersihan asrama sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan selama kuliah di Jogja. Dengan menjaga kebersihan, mahasiswa juga bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama tinggal di asrama. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan kamar dan menjaga kebersihan di asrama selama kuliah di Jogja.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button