Kampus

universitas di jogja jurusan farmasi

Sejarah farmasi sebagai jurusan di Universitas di Jogja


Universitas di Jogja jurusan farmasi

Farmasi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia. Jurusan ini menawarkan berbagai macam peluang karir yang menarik serta dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan. Salah satu universitas yang terkenal dengan jurusan farmasinya adalah Universitas di Jogja.

Sejarah farmasi sebagai jurusan di Universitas di Jogja bermula pada tahun 1946, saat universitas tersebut masih bernama Akademi Kimia Industri. Pada saat itu, program pendidikan farmasi hanya ditujukan untuk para tenaga medis di lapangan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, akhirnya program tersebut dibuka untuk umum.

Awalnya, program pendidikan farmasi di Universitas di Jogja hanya menawarkan sekolah farmasi yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga farmasi yang berkualitas tinggi. Namun, lambat laun, jurusan ini berkembang pesat sehingga menjadi salah satu bidang penelitian terkemuka di Indonesia.

Universitas di Jogja terus mengembangkan program pendidikan farmasinya dan bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga farmasi yang memiliki kualifikasi tinggi dan mampu bersaing di pasar nasional dan bahkan global. Oleh karena itu, universitas ini melakukan berbagai macam inovasi dalam program pendidikan farmasi, termasuk pengembangan teknologi dan penelitian.

Saat ini, Universitas di Jogja memiliki beberapa prodi farmasi, termasuk program studi S1, S2, dan S3. Selain itu, universitas ini juga memiliki kegiatan penelitian dan pengembangan yang aktif di bidang farmasi. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pengembangan obat-obatan dan terapi pengobatan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, sejarah farmasi sebagai jurusan di Universitas di Jogja menunjukkan bahwa adanya tekad dan semangat untuk terus berkembang dan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat.

Program Studi Farmasi yang Ditawarkan di Universitas di Jogja


Farmasi Jogja

Universitas di Jogja menjadi salah satu perguruan tinggi favorite bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Farmasi. Berbagai program studi farmasi ditawarkan oleh universitas ini dengan kualitas terbaik serta didukung oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkualitas. Adapun program studi farmasi yang ditawarkan di Universitas di Jogja adalah sebagai berikut:

1. Program Studi Farmasi S-1


Program Studi Farmasi

Program Studi Farmasi S-1 adalah program studi yang ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar Sarjana Farmasi. Program studi ini memiliki kurikulum yang luas dan komprehensif yang akan memberikan pengetahuan dan keterampilan konsep farmasi yang dasar serta aplikasinya dalam dunia nyata. Mahasiswa yang lulus dari program studi ini akan berkualifikasi untuk melanjutkan pendidikan pada level magister atau doktor di bidang Farmasi serta mendapatkan sertifikat profesional Farmasi yang diakui secara internasional.

2. Program Studi Farmasi Profesi S-1


Program Studi Farmasi

Program Studi Farmasi Profesi S-1 adalah program studi yang ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin menjadi Apoteker profesional. Program studi ini memiliki kurikulum yang menitikberatkan pada pengetahuan dan keterampilan aplikatif dalam praktik perawatan kesehatan, penggunaan obat-obatan, dan manajemen sistem kefarmasian. Program studi ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke farmasi dalam kerja praktik atau magang di institusi atau perusahaan kefarmasian baik di dalam maupun luar negeri. Setelah lulus, para mahasiswa akan mendapatkan gelar farmasis S-1 dan sertifikat dari Badan POM sebagai Apoteker Profesional.

Sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi Universitas di Jogja untuk menawarkan berbagai program studi farmasi yang berkualitas baik. Mahasiswa yang lulus dari program studi farmasi ini memiliki kesempatan yang lebih baik untuk memasuki pasar kerja di berbagai bidang di sektor kefarmasian seperti rumah sakit, industri obat atau menciptakan teknologi baru dalam bidang kefarmasian.

Fasilitas Pendukung Pembelajaran di Jurusan Farmasi Universitas di Jogja


Fasilitas Pendukung Pembelajaran di Jurusan Farmasi Universitas di Jogja

Menjadi mahasiswa di salah satu jurusan farmasi universitas di Jogja memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki banyak fasilitas pendukung pembelajaran yang sangat baik. Hal ini memberikan keuntungan bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar dan memperluas wawasan mereka di bidang farmasi.

Berikut adalah beberapa fasilitas pendukung pembelajaran di jurusan farmasi Universitas di Jogja:

Baca Juga :   5 Universitas di Jogja dengan Jurusan Sistem Informasi Terbaik

1. Laboratorium Modern


Laboratorium Modern

Jurusan farmasi di Universitas di Jogja dilengkapi dengan laboratorium modern yang sangat lengkap. Dalam laboratorium ini, mahasiswa dapat berlatih dan menguji keterampilan yang telah dipelajari saat kuliah dengan menggunakan perlengkapan modern yang disediakan seperti mikroskop, alat pengukur konsentrasi obat, dan lain-lain. Selain itu, mahasiswa juga dapat melakukan riset di laboratorium dalam pengembangan obat baru. Hal ini memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa dan meningkatkan kualitas lulusan jurusan farmasi di Universitas di Jogja.

2. Perpustakaan


Perpustakaan di Jurusan Farmasi

Salah satu fasilitas yang sangat penting dalam pendidikan adalah perpustakaan. Di jurusan farmasi Universitas di Jogja, tersedia perpustakaan yang lengkap dengan berbagai macam buku dan jurnal terkait ilmu farmasi. Seluruh mahasiswa memiliki hak untuk mengakses perpustakaan dan membaca buku-buku yang tersedia di dalamnya. Perpustakaan di jurusan farmasi triwulan selalu mengupdate buku-buku dan jurnal-jurnal terbaru sehingga mahasiswa dapat memperbaharui pengetahuan mereka tentang obat-obatan dan farmasi.

3. Ruang Baca 24 Jam


Ruang Baca 24 Jam

Terdapat fasilitas ruang baca 24 jam di jurusan farmasi Universitas di Jogja yang memungkinkan para mahasiswa untuk belajar dan membaca buku-buku serta jurnal-jurnal kapan saja, tanpa takut terbatas oleh waktu. Ini akan sangat membantu mahasiswa yang mengharapkan hasil belajar yang optimal, k orangan atau kelompok. Ruang baca yang ruangannya disiapkan untuk kegiatan belajar dan ruangannya juga sangat nyaman dengan fasilitas AC serta pencahayaan yang baik.

4. Soft Skill Training


Soft Skill Training

Di jurusan farmasi Universitas di Jogja, tersedia program soft skill training. Program ini berfokus pada pengembangan keterampilan interpersonal, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan keterampilan umum lainnya. Para mahasiswa akan belajar tentang keterampilan-keterampilan ini dan bagaimana mempraktekkan nya di dunia kerja. Program ini memberikan pelatihan yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa ketika mereka masuk ke dunia kerja di masa depan.

5. Organisasi Mahasiswa


Organisasi Mahasiswa

Organisasi mahasiswa di jurusan farmasi Universitas di Jogja memberikan pengalaman yang unik bagi mahasiswa. Organisasi mahasiswa ini menyediakan kesempatan untuk mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, ekstrakurikuler dan pembelajaran di luar kelas. Ini adalah kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan sosial mereka dan belajar tentang kepemimpinan. Selain itu, komite-komite ini dapat membantu mengembangkan minat mahasiswa dalam bidang farmasi atau kegiatan yang related baik langsung maupun tidak langsung.

Secara keseluruhan, fasilitas pendukung pembelajaran di jurusan farmasi Universitas di Jogja sangat lengkap dan baik. Hal ini akan memberikan keuntungan besar bagi para mahasiswa dalam memperoleh pengalaman belajar yang optimal dan menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik di bidang farmasi.

Profil Lulusan Jurusan Farmasi di Universitas di Jogja


Farmasi Universitas Jogja

Jurusan Farmasi di Universitas di Jogja atau yang lebih dikenal sebagai UGM, menjadi salah satu pilihan jurusan favorit bagi mahasiswa yang ingin menekuni bidang farmasi. Jurusan Farmasi di UGM berkembang pesat sejak didirikan pada tahun 1946, dan telah meluluskan ratusan ribu alumni yang tersebar di berbagai bidang kerja. Berikut ini adalah profil lulusan jurusan Farmasi di Universitas di Jogja.

Kompetensi Lulusan Farmasi UGM


Farmasi Universitas Jogja

Lulusan jurusan Farmasi UGM memiliki kompetensi yang sangat baik di bidang farmasi dan dapat bekerja di berbagai industri obat-obatan, baik di dalam maupun luar negeri. Setelah menjalani pendidikan selama enam semester, lulusan Farmasi UGM diharapkan memiliki kemampuan untuk:

  • Mengenal baik tentang obat-obatan mulai dari bahan baku hingga efeknya
  • Mengidentifikasi dan memahami proses produksi obat-obatan serta kebijakan-kebijakan yang terkait dengan industri farmasi
  • Mampu meracik obat-obatan sesuai dengan resep dokter
  • Mampu melakukan pemeriksaan laboratorium yang berkaitan dengan bidang farmasi

Prospek Kerja Lulusan Farmasi UGM


Farmasi Universitas Jogja

Lulusan Farmasi UGM memiliki prospek kerja yang menjanjikan di berbagai industri farmasi. Dalam industri farmasi, lulusan Farmasi UGM dapat bekerja di berbagai bagian seperti produksi, penjualan, pemasaran, research, dan penelitian klinis. Selain itu, banyak alumni Farmasi UGM yang memilih untuk berkarier sebagai apoteker, baik bekerja di rumah sakit maupun membuka praktik apotek sendiri. Industri kosmetik juga menjadi pilihan karier bagi lulusan Farmasi UGM karena mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam hal bahannya.

Baca Juga :   kampus di jogja yang ada jurusan hubungan internasional

Alumni Terkenal Jurusan Farmasi UGM


Farmasi Universitas Jogja

Jurusan Farmasi UGM telah melahirkan banyak alumni terkenal yang berhasil di berbagai bidang kerja. Beberapa alumni terkenal yang berhasil meraih kesuksesan setelah lulus dari Farmasi UGM antara lain:

  • Prof. Dr. Nafsiah Mboi, M.P.H, dokter spesialis penyakit dalam dan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Indonesia pada periode waktu 2005 sampai dengan 2009
  • Prof. Dr. Susi Ari Kristina, M.Si, terpilih sebagai rektor Universitas Negeri Jakarta pada 2020-2024
  • Dr. Cholil Nafis, S.Pi., M.Sc., Direktur P3E(Laboratorium Pengujian Pusat dan Pengujian Ekspedisi) tanggal 9 Januari 2012 hingga 1 Februari 2017
  • Dr. dr. Choirul Anam, M.Si., guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta & Kepala Unit Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat FK UGM

Itulah sedikit profil lulusan jurusan Farmasi di Universitas di Jogja. Jurusan Farmasi UGM dipercaya dapat memberikan pemahaman yang luas tentang industri farmasi dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin meniti karier di bidang ini.

Peluang Karir dan Pengembangan Karir Jurusan Farmasi di Universitas di Jogja


Peluang Karir di Jurusan Farmasi di Universitas di Jogja

Bagi para calon mahasiswa yang tertarik untuk menempuh jurusan farmasi di Universitas di Jogja, banyak peluang karir menarik yang bisa diambil. Jurusan farmasi di Universitas di Jogja memiliki berbagai macam program studi yang dapat diikuti seperti S1, S2 hingga S3. Program studi yang dihadirkan juga beragam seperti Kimia Farmasi, Teknologi Farmasi, dan Farmakologi. Sehingga dengan begitu, para lulusan dari jurusan farmasi dapat menemukan banyak peluang karir yang bervariasi.

Para lulusan bisa menemukan peluang karir mulai dari menjadi apoteker, menjadi peneliti obat-obatan, hingga menjadi pengajar. Pilihan karir yang beragam ini disebabkan oleh keluasan program studi jurusan farmasi yang didapat. Oleh karena itu, banyak perusahaan farmasi, apotek, rumah sakit, atau bahkan laboratorium riset yang membutuhkan tenaga kerja dari lulusan jurusan farmasi.

Tak hanya sebatas peluang karir, para lulusan jurusan farmasi di Universitas di Jogja juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir mereka. Tersedia banyak program pengembangan yang disediakan oleh fakultas farmasi. Beberapa cara untuk mengembangkan karir adalah dengan mengikuti program magang, pelatihan, maupun program pertukaran pelajar ke luar negeri.

Program magang umumnya memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berinteraksi dengan dunia kerja. Selama proses magang, para mahasiswa akan diberikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan bidang yang mereka tekuni. Sehingga dengan begitu, para mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan nasihat dari para mentor mereka seputar taktik dan strategi praktik yang umumnya diterapkan dalam pekerjaan mereka.

Program pelatihan juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan karir para mahasiswa. Melalui program pelatihan, para mahasiswa dapat memperdalam pengetahuan mereka dalam bidang tertentu seperti riset atau pengembangan produk. Dengan begitu, para mahasiswa menjadi lebih siap ketika harus menghadapi tantangan di dunia kerja.

Program pertukaran pelajar ke luar negeri adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan karir dan mencari pengalaman baru. Dalam program tersebut, para mahasiswa akan ditempatkan di luar negeri dan menghabiskan waktu hingga satu semester di universitas lain. Selama di sana, para mahasiswa akan mengambil mata kuliah dan bergaul dengan para mahasiswa dari latar belakang yang berbeda. Dengan begitu, mereka dapat memperluas wawasan dan menambah pengalaman interkultural.

Dalam kesimpulannya, jurusan Farmasi di Universitas di Jogja memiliki banyak peluang karir dan pengembangan karir yang menarik. Para lulusan jurusan farmasi di Universitas di Jogja dapat menempati posisi yang beragam seperti apoteker, peneliti, atau bahkan pengajar. Selain itu, para mahasiswa juga dapat mengembangkan karir mereka melalui berbagai pilihan program yang disediakan oleh fakultas farmasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button