Kuliner

top kuliner jogja

Kuliner Legendaris yang Wajib Dicoba di Jogja


Jogja Food

Siapa yang tidak kenal dengan kota Jogja, kota budaya yang menjadi kiblat para pencari ilmu dan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Selain sebagai pusat pendidikan dan with culture, Jogja juga identik dengan kuliner khasnya yang sangat lezat dan menggugah selera. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan referensi kuliner legendaris yang wajib kamu coba ketika berada di kota Jogja. Yuk, simak ulasan berikut!

Pertama kita akan membahas Sate Klathak Pak Pong. Jika kamu sedang kebingungan mencari lokasi kuliner yang enak dan lezat, Sate Klathak Pak Pong ini tidak boleh kamu lewatkan. Kudapan ini sangat populer di kota Jogja yang telah mendapatkan banyak penghargaan sejak tahun 2011. Sate klathak yang terbuat dari daging sapi, lemak sapi, dan bumbu rempah khas Jogja, dibakar menggunakan arang kelapa yang memberikan sensasi aroma dan rasa yang unik. Selain sate, kamu juga wajib mencicipi nasi goreng klathak yang juga menjadi menu andalan di Pak Pong. Harganya yang terjangkau membuat Sate Klathak Pak Pong menjadi salah satu kuliner legendaris di Jogja yang sangat direkomendasikan oleh warga lokal maupun wisatawan.

Keikutsertaan kedua adalah Gudeg Yu Djum, Kuliner khas Jogja lainnya yang sangat terkenal adalah gudeg. Kamu bisa menemukan gudeg di hampir seluruh penjuru kota Jogja, namun Gudeg Yu Djum adalah salah satu yang terbaik diantara gudeg-gudeg tersebut. Berdiri sejak tahun 1950, Gudeg Yu Djum selalu dibanjiri oleh wisatawan yang ingin mencicipi gudeg yang diolah dengan resep turun-temurun. Saat datang ke Gudeg Yu Djum, kamu bisa langsung mencoba paket gudeg lengkap yang terdiri dari nasi, gudeg, ayam, telur, tahu, tempe, dan sambel khas Jogja. Selain paket lengkap, Gudeg Yu Djum juga menyediakan gudeg yang dijual satuan sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

Ketiga adalah Bakmi Jawa Pak Ndut, Selain gudeg dan sate klathak, Bakmi Jawa juga menjadi kuliner legendaris yang wajib dicoba ketika berada di kota Jogja. Bakmi jawa merupakan masakan khas Jawa yang terbuat dari mie kuning, irisan ayam, sayuran dan bumbu khas. Bakmi Jawa Pak Ndut yang telah berdiri sejak tahun 1960an, merupakan bakmi jawa yang sangat terkenal dan menjadi ikon kuliner Jogja. Di sini, kamu bisa menikmati bakmi jawa yang disajikan dengan khas dan citarasa yang enak. Pak Ndut juga menawarkan bakmi jawa dengan variasi pengolahan, termasuk bakmi jawa goreng, bakmi jawa kuah, dan yang paling terkenal yakni Bakmi Jawa Rebus Lezat & Waddaap.

Keempat adalah Sate Buntel Bu Asih, Kuliner lain yang tak kalah terkenal di Jogja adalah sate buntel. Sate buntel sendiri terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dibungkus dengan bagian perut sapi yang kemudian dibumbui dengan rempah khas Jogja. Sate Buntel Bu Asih merupakan sate buntel yang wajib kamu coba. Di sini, kamu bisa menikmati sate buntel yang diolah dengan resep turun-temurun dan dihidangkan secara khas dengan sambal kacang yang pedas nan gurih. Harga yang terjangkau dan cita rasa yang benar-benar menggugah selera membuat Sate Buntel Bu Asih menempati deretan kuliner legendaris yang wajib kamu coba ketika berada di kota Jogja.

Itulah ulasan kami tentang kuliner legendaris yang wajib kamu coba ketika mengunjungi kota Jogja. Meskipun banyak sekali kuliner khas Jogja lainnya yang terkenal dan enak, namun keempat kuliner di atas sangat layak kamu coba. Jangan lupa kunjungi keempat kuliner tersebut ketika kamu berlibur ke Jogja, semoga perjalananmu menyenangkan!

Baca Juga :   Enaknya Makan di Jogja: Temukan Spot Kuliner yang Menggoda di Kota Gudeg

Es Dawet Telasih Pak Agus


Es Dawet Telasih Pak Agus Jogja

Es Dawet Telasih Pak Agus merupakan jajanan pasar tradisional yang sangat populer dan terkenal di Jogja. Penjualnya terkenal ramah dan selalu tersenyum yang membuat pelanggan merasa lebih nyaman. Warung yang hanya buka pada malam hari ini terletak di Jalan Kenari, Timoho, Yogyakarta.

Tekstur dawet yang kenyal dan lembut, divariasikan dengan sirup telasih yang khas dengan tambahan serutan es batu yang menyegarkan. Selain itu, Es Dawet Telasih Pak Agus juga disajikan dengan campuran santan yang kental dan manis membuat es ini memiliki rasa nikmat yang sangat khas.

Warung ini sudah berdiri sejak 1970-an dan dibuka oleh Pak Agus dan istrinya. Hingga saat ini, es dawet dengan telasih khas Pak Agus masih tetap menjadi primadona bagi para penggemar kuliner. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, datanglah ke Jalan Kecik No 8, Kenari Timoho Yogyakarta.

1. Gudeg Yu Djum


Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat makanan yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Jogja. Warung makan murah meriah ini menyajikan gudeg yang sangat lezat. Gudeg ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dan dikentalkan dengan bumbu khas Jogja seperti daun salam, kelapa, dan rempah-rempah lainnya. Biasanya, gudeg ini disajikan dengan ayam atau telur, membuatnya semakin nikmat.

2. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo

Warung bakmi ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu dan sangat dicari oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Jogja. Harganya yang terjangkau dan rasa mi yang lezat adalah daya tarik utama warung ini. Varian mi yang dijual pun beragam, mulai dari mi goreng, mi kuah, hingga mi pangsit. Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah warung ini sangat ramai, jadi kamu perlu sabar menunggu giliranmu untuk bisa menikmati olahan mi dari warung ini.

3. Angkringan Sastro


Angkringan Sastro

Buat kamu yang ingin merasakan kuliner khas Jogja dengan suasana yang unik, kamu perlu berkunjung ke Angkringan Sastro. Warung makan ini menyajikan berbagai macam kuliner khas Jogja, seperti nasi kucing, sate, bakso, dan masih banyak lagi. Harganya pun terjangkau, sehingga pasti cocok untuk kamu yang ingin makan murah meriah. Yang membuat warung ini istimewa adalah tempat duduknya yang unik, yaitu menggunakan tikar dan bantal di atas trotoar. Kamu juga bisa menikmati minuman khas Jogja seperti wedang jahe dan es dawet di sini.

4. Sate Klatak Pak Pong


Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong adalah salah satu kuliner khas Jogja yang wajib kamu coba. Sate ini berbeda dengan sate biasanya, karena sate klatak tidak menggunakan tusuk sate, melainkan menggunakan kayu jelutung. Namun, yang menjadi ciri khas paling utama dari sate klatak Pak Pong adalah saus kacangnya yang sangat lezat. Saus kacang ini terbuat dari bahan-bahan pilihan dan bumbu khas Jogja, sehingga mampu menimbulkan sensasi rasa yang berbeda dengan saus kacang sate pada umumnya. Untuk harga, warung makan ini cukup terjangkau, sehingga kamu bisa menikmati sate klatak sepuasnya tanpa khawatir merogoh kocek terlalu dalam.

Baca Juga :   Menikmati Kuliner Legendaris di Malioboro Jogja

Selain sate klatak, Pak Pong juga menyajikan berbagai macam menu sate yang lainnya, seperti sate kambing, sate usus, sate ayam, dan sate telur. Kamu juga bisa memesan nasi goreng sebagai lauk pendamping sate klatak. Warung makan ini selalu ramai oleh pengunjung domestik dan wisatawan asing, jadi pastikan kamu datang lebih awal atau sabar menunggu giliranmu untuk mencicipi kelezatan sate klatak Pak Pong.

5. Nasi Kucing Bakmi Jowo Mbah Gito


Nasi Kucing Bakmi Jowo Mbah Gito

Masih ada lagi warung makan murah meriah yang cukup terkenal di Jogja, yaitu Nasi Kucing Bakmi Jowo Mbah Gito. Warung makan ini menyajikan aneka pilihan nasi kucing yang cocok untuk kamu yang ingin makan dengan porsi kecil namun variasi menu yang beragam. Nasi kucing di Bakmi Jowo Mbah Gito dihidangkan dengan daun pisang dan terdapat banyak pilihan lauk seperti sate ayam, woku-woku, dendeng, dan lain-lain.

Tidak hanya nasi kucing, Bakmi Jowo Mbah Gito juga menyajikan bakmi jowo yang cukup terkenal di Jogja. Bakmi Jowo yang disajikan juga beragam, dari bakmi goreng hingga bakmi kuah. Kelebihan dari warung makan ini adalah harga yang terjangkau dan letaknya yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan.

Kuliner Sayuran Enak yang Melegenda di Jogja


Sayuran Jogja

Jogja adalah tempat yang terkenal dengan kuliner khasnya. Selain kuliner yang berbahan dasar daging, Jogja juga memiliki kuliner sayuran yang sangat nikmat. Berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa kuliner sayuran enak yang melegenda di Jogja:

Gudeg


Gudeg Jogja

Siapa yang nggak kenal dengan kuliner khas Jogja yang satu ini? Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak selama beberapa jam dalam kelapa muda. Gudeg biasa disajikan dengan ayam kampung, telur, sambal, dan nasi. Rasanya manis dan lezat, membuat lidah Anda tidak bisa berhenti untuk mencicipinya.

Tiwul


Tiwul Jogja

Tiwul adalah makanan dari ketan yang disangrai dan ditumbuk halus. Tiwul biasanya disajikan dengan sayuran seperti tahu, tempe, atau oseng-oseng tempe. Rasanya gurih dan sedikit pedas sehingga cocok untuk Anda yang suka dengan makanan pedas.

Sambal Goreng Kentang


Sambal Goreng Kentang Jogja

Sambal Goreng Kentang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang dikombinasikan dengan sayuran kentang. Tapi, Anda juga bisa mencicipi Sambal Goreng Kentang khas Jogja yang biasanya disajikan dengan telur ceplok, tahu, tempe, dan sambal khas Jogja. Rasanya sangat pedas dan nikmat.

Pecel


Pecel Jogja

Pecel adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari sayuran rebus seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge, yang disajikan dengan sambal kacang. Di Jogja, Pecel biasanya disajikan dengan ketupat, tahu goreng, dan sate telur puyuh. Sambal pecel khas Jogja memiliki aroma bawang putih yang sangat terasa dan rasanya yang pedas dan nikmat.

Oseng Mercon


Oseng Mercon Jogja

Oseng Mercon adalah makanan yang terbuat dari sayuran seperti kangkung, cabai rawit, dan daun kemangi yang dioseng dengan bumbu mercon. Mercon sendiri artinya petasan, sehingga makanan ini sangat pedas dan bisa membuat lidah Anda terbakar. Jangan lupa memesan minuman segar selagi Anda menikmati Oseng Mercon.

Itulah beberapa kuliner sayuran enak yang melegenda di Jogja. Bagi Anda yang ingin mencoba kuliner-kuliner ini, Jogja selalu siap meleburkan lidah Anda dengan kelezatannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button